4 Game Online Jadul yang Masih Populer hingga Sekarang

 

Kualitas game zaman now tidak usah diragukan lagi. Dirancang menggunakan teknologi canggih, tidak heran kalau rata-rata video game dan game online yang banyak berkeliaran di sekitar kita kini ditampilkan dalam 4K dengan mutu gambar, animasi, dan suara yang top. Selain itu, soal penyimpanan data, kita juga tidak perlu lagi repot membawa-bawa kartu memori ke mana-mana.


Data dari berbagai permainan dapat disimpan dalam cloud yang bisa kita akses kembali kapan pun. Tapi, ingatkah Anda dengan game online jadul yang sempat booming sepuluh tahun lalu? Coba kenang lagi seperti apa penampakannya saat itu. 

Ya, dari segi visual, permainan-permainan dari era itu sudah pasti tidak ada apa-apanya dengan gim yang kita mainkan sekarang.


Namun, gim-gim klasik itu justru menginspirasi para pengembang game di era kekinian untuk mendesain permainan yang lebih baik. Bukan cuma itu, sejumlah game jadul juga menjadi pionir yang melandasi perkembangann game dewasa ini. Bahkan, beberapa di antaranya masih eksis hingga sekarang dan terus-menerus dimainkan oleh banyak orang!


Berikut lima game online jadul yang pernah mewarnai hari-hari pecinta game dari era-era terdahulu.


1. Pac-Man

Pac-Man mula-mula diperkenalkan sebagai arcade game pada tahun 1980 dan meraih popularitas tidak terduga dalam semalam. Awalnya, Pac-Man diberi nama “Puck-Man” lantaran bentuk dari karakter utamanya yang menyerupai kepingan koin (puck).Desain Pac-Man sendiri terinspirasi dari karakter “mulut” dalam bahasa Jepang.


Di era di mana pasar arkade didominasi dengan permainan menembak berlatar belakang luar angkasa, Toru Iwatani sebagai salah satu desainer Pac-Man berniat untuk mengembangkan permainan yang menarik perhatian baik gamer laki-laki maupun perempuan. Karena alasan itulah, Pac-Man pun digadang-gadang pernah menjadi game kesukaan sejuta umat.


Meraup keuntungan lebih dari satu milyar dolar dalam kuartal pertama sejak dirilis, Pac-Man merupakan permainan arkade terlaris. Tidak hanya itu, Pac-Man pun termasuk sebagai salah satu ikon budaya pop terpopuler. Pac-Man adalah game online jadul yang mula-mula mengenalkan bahwa karakter yang kuat diperlukan untuk menyukseskan sebuah video game.


2. Super Mario Bros

It’s a me, Mario!
Siapa yang tidak kenal dengan karakter game klasik yang satu ini? Ya, Mario adalah tokoh utama dari permainan konsol yang dirilis oleh Nintendo pada tahun 1985.Peluncuran Super Mario Bros berhasil memulihkan industri video game Amerika Serikat yang sempat kolaps dua tahun sebelumnya. Gim ini juga dianggap sebagai pelopor karena konsep peta dunianya yang bervariasi.


Mario, bersama dengan saudara laki-lakinya Luigi, digambarkan sebagai tukang ledeng beraksen campuran Itali-Amerika. Keduanya pun sontak menjadi karakter ikonik sejak kemunculan pertamanya lebih dari tiga dekade lalu. Sekarang, Super Mario Bros dikategorikan sebagai sebuah fenomena budaya sekaligus video game dengan penjualan terbaik sepanjang masa.


3. Tetris

Selain Super Mario Bros, Nintendo juga pernah merilis game online jadul beken lainnya. Nintendo mempublikasikan Game Boy empat tahun setelah meluncurkan Super Mario Bros, yang mana dijual dalam sistem bundle bersamaan dengan game Tetris. Sebetulnya, Tetris tidak didesain dengan tujuan entertainment.


Diciptakan oleh seorang programmer asal Uni Soviet di tahun 1984, Tetris adalah game yang dibuat untuk memamerkan potensi dari kecerdasan komputer. Tapi, siapa yang menduga jika permainan tersebut justru akan meledak dengan penjualan Game Boy. Tetris digemari oleh banyak orang dari berbagai macam kelompok usia karena cara bermainnya yang sederhana.


Tercatat hingga saat ini ada lebih dari 170 juta kopi Tetris terjual, menjadikannya sebagai salah satu gamepaling laku dalam sejarah.Gim ini sudah dimainkan di lebih dari 185 negara dan diterjemahkan ke lebih dari 50 bahasa. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang menjulukiTetris sebagai pelopor puzzle game.


4. Street Fighter II

Street Figher II mula-mula muncul pada tahun 1991 di mesin-mesin arkade.Mengetahui game-nya sangat disukai oleh banyak orang, Capcom pun pada akhirnya mengimpor Street Fighter II ke berbagai konsol selain Nintendo. Permainan ini membawa kompleksitas baru yang belum pernah dijumpai pemain arcade sebelumnya.


Masing-masing karakter dalam Street Fighter II mempunyai gaya bertarung yang khas dan gerakan-gerakan khusus. Ini menjadi tantangan bagi para pemainnya untuk berpikir strategis. Di sisi lain, dari segi visual, grafisnya pun tergolong “kaya” dan animasinya pun dibuat dengan apik. Inilah yang menjadikan Street Fighter II sebagai salah satu game jadul yang fenomenal.


Popularitasnya pun semakin bertambah seiring dengan dirilisnya game bertarung lain seperti Mortal Kombat. Pada tahun 1995, Street Fighter II diestimasikan memperoleh laba sebesar 2,3 milyar dolar Amerika.

***

Kangen dengan gim-gim di atas? Plays.org menghadirkan kembali game online jadul kesayanganmu dalam format yang sama, namun dengan keseruan yang berlipat ganda! Temukan permainan-permainan lawas yang akan membuatmu bernostalgia, contohnya Pac Rat yang terinspirasi dari Pac-Man dan Tetra Blocks dengan teknis bermain menyerupai Tetris.


Mainkan gim klasik favoritmu secara gratis di Plays.org. Untuk mengakses permainan-permainan ini, kamu cukup mengunjungi website-nya dan pilih yang mana saja yang menarik perhatianmu. Selain gratis, game oline di Plays.org  juga bisa diakses tanpa akun. Dengan kata lain, kamu bebas untuk memainkan gamemana puntanpa diributkan dengan pendaftaran apa pun.


Nah, itulah empat game online jadul yang masih populer hingga sekarang. Mulai dari Pac-Man sampai Street Fighter II, yang mana yang sempat jadi kesukaanmu? Mainkan lagi game tersebut sembari bernostalgia dengan masa kecilmu secara online di Plays.org, website yang menyediakan ratusan lebih game yang bisa dimainkan kapan saja tanpa perlu download terlebih dahulu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "4 Game Online Jadul yang Masih Populer hingga Sekarang"

Posting Komentar

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel