Tips Mempush dan Menekan Budget Pernikahan - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Rabu, 25 Januari 2017

Tips Mempush dan Menekan Budget Pernikahan




Banyak sekali pasangan kekasih yang sudah menjalin pacaran dengan waktu yang sangat lama, dan ketika ditanyakan mengapa mereka belum menikah, beberapa pasangan akan memberikan pernyataan bahwa mereka belum ada modal untuk menikah dan lain sebagainya.

Namun, jika kita memang berniat benar-benar ingin melaksanakan sunah Rasulullah, maka segerakanlah melaksanakan pernikahan agar menghindari hal-hal  yang tidak diinginkan yaitu berzina.

Banyak sekali yang bertanya, bagaimana caranya dan tips agar kita dapat melaksanakan pernikahan dengan budget yang minim, atau bisa dibilang bagaimana cara agar bisa mempush atau menekan budget pernikahan agar terlihat tetap mewah namun dengan budget yang minim.

Berikut sedikit tips dari saya untuk yang ingin melaksanakan pernikahan namun ada kendala dalam modal pernikahan, berikut tips dan triknya :


1. Pilih Catering yang Murah Tapi Enak


Memilih catering enak dan murah sebagai vendor pernikahan Anda merupakan salah satu solusi yang sangat tepat dalam menekan budget pernikahan Anda. Anda bayangkan jika Anda memesan 1000 porsi x Rp.80.000.-/ porsi = Rp.80.000.000.- dengan menu stall 2 dan dessert 2.

Jika Anda bisa memilih porsian yang sama dengan harga yang jauh lebih murah, berapa uang yang bisa Anda simpan kembali ??

Contohnya jika Anda menemukan catering dengan menu stall 2 dessert 2, rasanya sangat enak, pelayanan sangat ramah dan harganya hanya Rp.60.000./ per porsinya, Anda setidaknya bisa save money senilai Rp.20.000.000.-.

Hal yang terlihat tidak terlalu berpengaruh, namun jika ditotalkan dengan jumlah porsiannya tentu Anda akan mendapatkan banyak sisa uang lebih jika Anda bisa memilih vendor catering dengan kualitas yang excellent namun dengan harga yang sangat murah.


2. Membeli Souvenir Ke Pabriknya Langsung atau Resseler Tangan Ke-1


Yap, ini merupakan jurus ampuh untuk mendapatkan harga souvenir yang murah dan berkualitas. Caranya Anda cukup banyak bertanya kepada teman Anda yang sudah menikah, kemudian tanyakan vendor souvenir tempat ia membeli souvenir dimana. Kemudian bandingkan harga dan kualitasnya antara vendor satu dengan vendor lainnya.

Biasanya jika Anda membeli souvenir dengan jumlah yang begitu banyak, maka Anda dapat mem-push budget souvenir, dan tentunya harus sesuai dengan keuangan Anda.

Biasanya souvenir tersebut dibanderol dengan harga mulai dari Rp.2.500 hingga Rp.10.000.- per satuannya, tergantung Anda akan memberikan souvenir apa kepada tamu yang sudah datang pada acara pernikahan Anda.

Contohnya jika Anda hanya mempunyai budget Rp.1.000.000.-  saja untuk souvenir dengan total undangan sebanyak 500 orang, maka Anda harus mencari souvenir yang harganya Rp.2.000.- (Rp.1.000.000.-/500 orang = Rp.2.000.-).

Apakah ada souvenir dengan harga Rp.2.000.- rupiah saja? Jelas ada dan banyak kok. Anda cukup cari online store terpercaya, kemudian cari grosiran yang menjual souvenir pernikahan, lalu cari budget yang sesuai dengan Anda, kemudian Anda tawar dan negosiasi sesuai dengan budget yang Anda inginkan.


Tips Membeli Souvenir :

Memang agak sulit membedakan mana online store terpercaya dengan yang tidak. Anda cukup membeli souvenir tersebut pada grosir yang bekerjasama dengan online store besar terpercaya seperti tokopedia, bukalapak dsb.

Dan jangan lupa Anda harus melihat review dari banyak customer yang sudah membeli barang pada grosir itu. Apakah barangnya sesuai dengan gambar, apakah kualitasnya bagus, apakah pelayanannya cepat, apakah pengirimannya cepat dan lains ebagainya.

Intinya kita harus lebih teliti dan bijak jika Anda ingin membeli barang secara online. Agar Anda tidak mengalami kerugian, bahkan ditipu.


3. Mencari Gedung Yang Murah dan Memesan dari Jauh Hari


Lagi-lagi koneksi dan jaringan menjadi sangat penting dalam hal ini. Jika Anda mempunyai teman dan teman Anda mempunyai orangtua yang mempunyai relasi gedung untuk pernikahan. Ini bisa jadi solusi agar Anda mendapatkan harga sewa gedung pernikahan yang murah.

Dulu saya pernah beberapa kali berputar dan menanyakan pada gedung A. Namun bagian gedung tersebut tetap memberikan harga Rp.20.000.000.- per sessionnya (hanya 6 jam). Dan saya tidak tahu bahwa orangtua saya mempunyai kenalan yang mempunyai gedung tersebut dan akhirnya setelah tahu bahwa saya anak dari rekannya, akhirnya bosnya dapat memberikan harga yang miring. Harganya bisa menjadi Rp.15.000.000.- per sessionnya.

Hal yang sangat mustahil terjadi namun jika Anda mempunyai banyak relasi dan kenalan, hal tersebut bisa saja terjadi pada Anda. Bukankah save money senilai 5 juta rupiah akan berpengaruh baik untuk Anda?

Memesan gedung selain harus mempunyai relasi, Anda juga setidaknya harus memesan gedung minimal 6 bulan sebelum pernikahan. Untuk menghindari harga gedung naik terus.

Jika Anda tidak ada budget untuk menyewa gedung, Anda bisa menyewa lapangan dekat rumah, atau jika memungkinkan Anda dapat melaksanakan pernikahan di mesjid dengan budget yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan gedung ataupun hotel yang menelan budget yang sangat besar tentunya.


4. Mempunyai Relasi Vendor Dekorasi Murah Namun Elegan


Kata siapa dengan budget hanya Rp.15.000.000.- saja pernikahan Anda bisa sangat mewah? Bisa saja tentunya. Sebelumnya saya pernah mencari-cari vendor dekorasi yang sangat elegan dan mewah, kemudian saya berikan konsep yang saya inginkan. Dan mereka memberikan harga start from Rp.40.000.000.-.

Mendengar hal itu jelas membuat saya sedikit berpikir, kasihan orangtua banyak mengeluarkan uang hanya untuk pernikahan satu hari saja.

Ingat ya ladies, walaupun Anda diberikan orangtua yang berada, namun tidak seharusnya Anda sebagai anak menghambur-hamburkan uang orangtua. Sebisa mungkin kita tetap melakukan yang terbaik dengan cara mencari vendor yang memberikan budget yang minim dengan kualitas yang bagus.

Agar orangtua Anda bangga akan kerja keras Anda untuk memberikan yang terbaik pada momen pernikahan Anda.


5. Jika Anda Dapat Mengelola Run Down Pernikahan, Mengapa Harus Pakai Jasa WO?


Wedding organizer merupakan salah satu jasa yang biasanya berfungsi untuk mengatur panitia dan mengatur acara agar berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan yang sudah direncanakan.

Tentunya jika Anda memakai jasa wo, saya yakin Anda setidaknya harus mengeluarkan budget minimal 6 hingga 10 juta rupiah.

Mungkin untuk yang mempunyai uang lebih, uang sebesar itu tidak akan menjadi masalah. Namun jika Anda merupakan seseorang yang pekerja keras, cerdas dan tidak ingin membebani orangtua, pasti Anda berpikir jika Anda bisa melakukan hal tersebut, mengapa Anda harus membuang uang untuk hal yang masih bisa Anda lakukan?

Jika Anda seseorang yang briliant, coba Anda membuat contoh rundown sendiri, kemudian Anda membuat laporan pengeluaran sendiri, hingga susunan panitianya.

Anda bisa meminta bantuan tersebut dan meminta kerjasama pada Master of Ceremony (MC/ Pembawa Acara). Kemudian jika Anda membutuhkan panitia, Anda bisa meminta tolong atau mempekerjakan secara profesional pada teman terdekat Anda, atau teman adik Anda.

Kemudian Anda buat susunan acara sedetail mungkin, agar orang-orang yang Anda kelola sebagai panitia akan membantu Anda dan melaksanakan sesuai dengan rundown yang Anda buat. Membayar panitia yang Anda kelola pun tidak akan sebesar jika Anda memakai jasa wo.

Namun, jika Anda ingin memiliki acara yang mewah dan terstruktur dengan baik, memakai jasa wo adalah solusi yang tepat agar acara Anda tersusun rapi dan lebih terkoordinir.


6. Mencari Vendor Pembuat Undangan yang Murah dan Berkualitas


Mencari vendor pembuat undangan yang murah dan berkualitas tentunya sangat banyak diminati oleh sejumlah pasangan yang akan melaksanakan pernikahan. Karena membuat undangan tidak mungkin hanya 10 hingga 20 buah saja.

Minimalnya jika Anda memesan 1000 porsi catering, otomatis Anda harus membuat undangan pernikahan minimal 500 buah.

Jika satu buah undangan seharga Rp.10.000.- x 500 buah = Rp.5.000.000.-. Jadi Anda harus menyiapkan dana sebesar lima juta rupiah jika Anda memesan satu undangan dengan harga 10 ribu rupiah.

Bagaimana jika Anda mempunyai budget untuk undangan hanya 3 juta saja? Yang pastinya harga murah tentu kualitas undangan tidak akan sebaik jika Anda memesan undangan yang harganya 10 ribu rupiah per satuannya.

Jika Anda ingin keluar uang hanya 3 juta rupiah saja, itu artinya Anda harus mencari harga satu undangan dengan budget Rp.6.000.- rupiah saja. Apakah ada vendor yang menjual harga undangan sebegitu murahnya? Jelas banyak kok.

Jika Anda lebih cermat dan lebih teliti dalam masalah keuangan, Anda bisa menekan budget pernikahan hingga puluhan juta rupiah.


7. Pilih Vendor Rias Pengantin yang Berkualitas dan Memberi Harga Miring


Untuk harga ini, mungkin sebisa mungkin Anda harus memperluas jaringan. Jika Anda datang ke salah satu rias pengantin dengan tangan kosong tanpa ada seseorang yang kenal, otomatis harga nya akan susah diturunkan.

Namun, jika Anda dibawa oleh salah satu teman Anda dan teman Anda kenal dengan periasnya, bisa jadi Anda akan diberikan harga tetangga. Yang tentunya murah dan sesuai dengan budget Anda.


Kesimpulan
Sebenarnya jika sesuatu dilakukan dengan niat dan tekad yang sungguh-sungguh, pasti akan ada jalannya. Jadi jika Anda berniat untuk melaksanakan pernikahan namun budgetnya pas-pasan, semua itu bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan apa yang Anda punya.

Jangan sampai Anda memaksakan kehendak hingga akhirnya orangtua merasa terbebani dengan apa yang Anda lakukan. Lakukan sesuai dengan porsinya dan sesuai dengan budget yang Anda punya. Jangan sampai Anda menghutang sana-sini hanya untuk melaksanakan pernikahan yang mewah.

Menikahlan sesuai budget dan menikah hanya karena Allah.  Oleh karena itu, untuk mendapatkan harga yang murah tentu saja kita harus mempunyai perencanaan yang matang. Misalkan setahun sebelum menikah kita sudah siap kesana-kemari, dan melakukan down payment pada vendor-vendor. Kemudian ikat harganya sesuai dengan harga lama.

Dan masih banyak tips lainnya, yang jelas semua harus sesuai dan terstrukrur dengan baik. Agar perencanaan Anda matang, dan pernikahan Anda berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang Anda dan pasangan Anda inginkan.

Sekian penjelasan dari saya, semoga ini bisa membantu untuk pasangan yang ingin menikah, namun terhalang oleh budget yang minim. Semoga tips diatas bisa sedikit membantu Anda untuk menyesuaikan budget yang Anda punya, dengan pernikahan yang Anda inginkan.

Sekian dan terimakasih. Semoga selalu bermanfaat yaaa informasi ini. Happy nice day and stay positif ☺☺☺


Artikel Terkait :
Bagaimana Cara Mengatur Gaji Agar Cukup untuk Satu Bulan Kedepan
Pilih menjadi Wanita Karier atau menjadi Ibu Rumah Tangga
15 Tips Jitu agar Terhindar Dari Bau Badan yang Menyengat
Beberapa Alasan Mengapa Karyawan Terbaik Resign dari Tempat ia Bekerja
Tips dan Syarat Agar Pengajuan KPR Disetujui oleh Bank







6 komentar:

  1. Tfs Beb semoga gak ada lagi anak muda yang sudah mampu untuk ragu menikahi pasangannya cuma soal dana pernikahan, btw aku dan papi nikah sederhana banget, gak minta ke ortu, cuma abis 5jutaan lah (belum termasuk mas kawin) tapi alhamdulillah itu yang ngamplop 17jutaan beb hehe, yakin aja rezeki Tuhan maha luas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya say bener sekali.. Intinya semampu kita aja yaa.. Dan jangan sampai membebani orangtua kita.. Intinya jangan sampai niat menikah tertunda karena budget yang minim..

      Haturnuhun sudah berkunjung.. Semoga bermanfaat dan keluarganya samawa ya ..

      Hapus
  2. Karena saya hidup di kota kecil, dulu saya menikah dan kawin dirumah saja, acaranya di handle sendiri tanpa WO mulai dari masak-masak sampai souvenir :)

    setuju soal vendor, saya memakai jasa tetangga dekat rumah yang lebih murah :D

    BalasHapus
  3. Hehehe iya mbak.. Memang lebih baik vendor yang murah dll.. Semoga bermanfaat ya mbak.. Yang penting akadnya ya mbak.. Dan menikah dengan budget minim..

    Terimakasih mbak..

    BalasHapus
  4. nomer 1 itu masih relatif sih mbak, menurut keluarga saya enak, tapi menurut keluarga yg cewek kurang enak. . jadi bingung wkwkwk jadinya ambil aman pake makanan yg umum aja, nasi goreng jawabannya wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee iya ya mas tergantung kesepakatan antara kedua belah pihak ya.. Intinya jangan sampai merasa dirugikan satu sama lain..

      Terimakasi masukannya😊

      Hapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..