Tips Tutorial Belajar Mengemudi Mobil dengan Baik dan Cepat - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Jumat, 12 Mei 2017

Tips Tutorial Belajar Mengemudi Mobil dengan Baik dan Cepat





Banyak sekali orang-orang yang ingin terbiasa mengendarai mobil dengan baik dan cepat, tanpa harus melalui hal-hal rumit seperti menabrak pagar tetangga, atau menabrak roda di depan mobil kita, atau menabrak kaki orang yang sedang mengendarai motor dan lain sebagainya.

Hal tersebut sangat memalukan terlebih lagi kita sudah mempunyai umur yang cukup dewasa, akan tetapi dalam hal berkendara masih sangat minim. Oleh karena itu, disini saya akan membagikan tips dan tutorial yang bermanfaat untuk Anda bagaimana cara berkendara dengan baik dan bagaimana awal mula seseorang bisa mengendarai mobil hingga benar-benar berani untuk berkendara ke jalan raya.

 

1. Fisik yang Kuat dan Bermental Baja

Mengapa harus mempunyai fisik kuat dan tahan mental baja? Karena mengemudi mobil merupakan perpaduan pembelajaran dari berbagai aspek, yakni keseimbangan antara jarak kanan dan kiri, pembacaan spion kanan, kiri dan belakang, juga kombinasi antara tangan kanan untuk mengemudi, tangan kiri untuk memindahkan gigi, kaki kanan untuk gas dan kaki kiri untuk rem dan kopling.

Jika suatu saat ketika kita belajar akhirnya menabrak pagar orang, hal tersebut biasa adanya. Karena seseorang akan mengalami kegagalan terlebih dahulu sebelum mendapatkan keberhasilan sampai ia benar-benar 100% dapat mengendalikan mobil.


2. Mempunyai Mind Set yang Positif

Keyakinan dalam diri merupakan salah satu point agar Anda dapat belajar berkendara dengan baik dan lancar dalam berbagai medan jalan yang berliku-liku. Karena banyak sekali orang yang sudah hampir 80 % lancar pada jalan yang bagus. Namun, ketika belajar pada jalan yang menanjak sering mengalami mesin mati karena kesalahan penekanan pada gas dan kopling.

3. Harus Membiasakan Diri Menguasai Jarak

Mengendarai mobil dengan mengendarai motor tentu merupakan hal yang berbeda. Jika kita membiasakan diri berkendara motor yang kecil, otomatis jika mengendarai mobil Anda harus tahu jarak aman kanan dan kiri ketika mengendarai mobil.

Anda harus terbiasa mempelajari spion mobil kanan dan kiri, agar Anda sedikit demi sedikit mahir dalam mengendalikan lajur kanan dan kiri mobil agar tidak menabrak kendaraan lain.

Dan  Anda pun harus pintar-pintar menguasai antara depan dan belakang mobil. Anda bayangkan jika Anda tidak dapat memperkirakan jarak, Anda bisa saja ketika keadaan jalan macet bisa terlalu menempel pada mobil depan atau terlalu jauh dari mobil depan.

Jika terlalu dekat bisa menabrak kendaraan depan, dan kalau terlalu jauh Anda bisa saja d klakson oleh mobil di belakang Anda.

Nah itu dia tips yang sudah saya tuliskan diatas, jika Anda sudah dapat fisik yang kuat dan mind set yang positif, langsung aja kita pelajari mengenai tutorial Belajar Mengamudi Mobil dengan Baik dan Aman, Tanpa Menabrak Lahan, pagar, atau kendaraan orang lain.


Tutorial Belajar Mengemudi Mobil Kopling

1.  Carilah tempat yang layak untuk Anda belajar mobil, seperti jalan yang besar dan sepi, atau lapangan besar yang jarang ada orang dan penduduk. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

2. Nyalakan mobil pada posisi ON, biarkan 1 hingga 2 menit hingga mobil siap untuk dikemudikan.

3. Kopling posisinya ada di sebelah kiri gas dan rem, tahan kopling pada posisi tersebut kemudian masukan gigi satu.

4. Setelah masuk pada gigi satu, kaki kiri yang menekan kopling buka sedikit demi sedikit hingga mobil melaju dengan kecepatan rendah tanpa harus menekan gas.

5. Setelah mobil melaju, tetap pada kondisi dimana kaki kiri menekan kopling pada keadaan setengah menginjak kopling sampai posisi mobil stabil, baru Anda lepas sedikit demi sedikit kopling hingga Anda benar-benar maju tanpa harus menekan kopling.

6. Setelah mobil dalam keadaan maju silahkan injak rem mobil agar mobil berhenti. Caranya adalah tekan kopling full, kemudian injak rem sedikit demi sedikit hingga mobil benar-benar berhenti.

7. Lakukan poin nomor 4 hingga 6 terus menerus hingga Anda benar-benar lancar dalam posisi gigi 1.

8. Kemudian selanjutnya jika Anda ingin beralih dari gigi 1 ke gigi 2 Anda harus menekan full kopling terlebih dahulu, kemudian pindahkan gigi 1 menuju gigi dua.

9. Kemudian kopling perlahan-lahan lepas hingga mobil melaju dengan kecepatan yang stabil. Ingat, ketika Anda memainkan kopling, kaki kanan Anda tidak boleh menekan gas ataupun rem.

9. Tidak diperkenankan untuk memindahkan gigi langsung pada gigi dua, tiga, empat, lima. Anda harus tetap memulai dari gigi satu, kemudian gigi dua, dan seterusnya.


Waktu yang diperlukan untuk belajar mobil tergantung dari diri Anda sendiri yang dapat memahaminya. Apakah Anda seseorang fast learner atau harus belajar berbulan-bulan agar dapat mengendarai mobil dengan baik.

Saran saya adalah Anda wajib membaca dulu tulisan ini sebaik mungkin, lalu praktekan dengan saudara atau kerabat Anda. Jika tulisan diatas masih sulit Anda pahami, maka cara terbaik adalah Anda mengikuti kursus mengemudi terpercaya yang sesuai dengan budget Anda. Dan tidak lupa berdoa dulu sebelum memulainya.

Jika Anda masih berada di daerah Cilegon, wanita dengan usia 17 s.d 25 tahun, ada privat mengemudi yang bagus dan terjangkau dan dijamin Anda akan cepat mengerti dan paham. Karena biasanya, wanita sering takut untuk mengendarai mobil.

Sekian ulasan dari saya, semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang belajar mengendarai mobil. Thank you...


Artikel Terkait :
  1. Apa Perbedaan antara TLO dan All Risk, Manakah Asuransi yang Menguntungkan untuk Anda?
  2. Apakah Anda Jiwa Pekerja ataukah Jiwa Pengusaha ?
  3. Bagaimana Cara Mengatur Gaji Agar Cukup untuk Satu Bulan Kedepan?
  4. Beberapa Alasan Mengapa Karyawan Terbaik Resign dari Tempat ia Bekerja
  5. Beberapa Alasan Mengapa Orang Lain Membenci Anda
  6. Cara Mendidik Anak Agar Tumbuh Menjadi Pribadi yang Mandiri dan Pekerja Keras
  7. Tips dan Syarat Agar Pengajuan KPR Disetujui oleh Bank

11 komentar:

  1. haha, gitu ya mbak, mas juga lagi belajar. susah ngatur jarak nyo coz mengendarai mobil dari dalam. takut nabrak nabrak

    BalasHapus
  2. Aku mobilnya belum ada #lahCurhat
    Nice artikel :)

    BalasHapus
  3. Aku bisa sih bawa mobil.. Tp sjk pernah tabrakan parah, lalu pindahvk jkt, nyali bawa mobil udh hilang :p. Udh serem duluan liat macetnya jkt :p.. Kalo dulu mah aku bawa mobilnya di aceh mba, yg lalu lintasnya jg ga serame jkt. Ga macet pula :p

    BalasHapus
  4. mental baca harus punya, Hihii. Aku latihan awal takut tapi trus kalau dibiasakan jadi berani nyetir sendiri mba. Hihihi

    BalasHapus
  5. bleh aku kursus nyetir pas taun 2012 skrg uda ga bawa mobil insyaAlloh pgn kursus lg hahaha emang nyetir itu perlu keberanian y mb

    BalasHapus
  6. AKu masih parno belajar mobil mbak, emang kalau mau belajar nyetir kayanya harus punya mental baja duluan yang utama.

    BalasHapus
  7. Setiap kali ingat belajar mobil, setiap kali itu juga saya ingat sama ayah saya. Ayah saya rajin dan tekun sekali mengajarkan saya menyetir mobil.
    Kata ayah saya, kalau mau belajar bawa mobil mulai dulu dengan mobil yang susah. Mirip mobil zaman dulu yang bukan otomatis persenelingnya.

    BalasHapus
  8. The biggest problem is not "PD" hehehehe, sometimes feel afraid or nervous if alone:"""

    BalasHapus
  9. hrs lngsung dipraktekin ni biar nggak lupa

    BalasHapus
  10. Kalo dulu saya belajar mobil pas malam hari mbak, karena jalanan udah sepi

    BalasHapus
  11. Kalau saya belum pernah mbk,
    kalau suami kursus, setelah kursus juga ternyata tidak langsung mahir juga.

    Masih butuh beberapa minggu untuk mahir sendiri. Itupun hari pertama pakai mobil baru, rem tangan lupa untuk diturunkan. Sehingga keluar asap mengebul seperti kebakaran...

    hhhhhh,,, orang diluar panik, kita tenang aja,,,

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..