Beberapa Alasan Mengapa Orang Lain Membenci Anda - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Selasa, 17 Januari 2017

Beberapa Alasan Mengapa Orang Lain Membenci Anda




Menjadi mahluk sosial menuntut kita untuk dapat berperilaku baik pada sesama manusia yang ada di bumi ini. Tanpa membeda-bedakan kasta, harta, suku dan ras. Walaupun berbeda-beda tetapi satu juga, sesuai dengan simbol negara tercinta ini, yakni Bhineka Tunggal Ika.

Namun, walaupun kita sudah melakukan yang terbaik di hidup ini, ada saja masalah yang silih berdatangan, antara kebahagian dan kesedihan. Termasuk didalamnya jika Anda memiliki banyak musuh atau seseorang yang membenci Anda tanpa Anda tahu apa alasannya mereka tidak menyukai Anda.

Banyak sekali orang yang tidak menyadari mengapa mereka begitu dibenci oleh orang lain. Berikut ini akan saya paparkan beberapa alasan mengapa orang bisa dibenci oleh orang sekitarnya yakni sebagai berikut :

1. Perkataan yang Membuat Orang Sakit Hati dan Iri

Nah, salah satu alasan dan sebab yang disebutkan diatas memang banyak orang yang tidak menyadari bahwasanya perkatannya tersebut sudah membuat hati orang lain terluka.

Contohnya adalah sebagai berikut. Gunawan, Rei, dan Renaldi adalah satu kawan yang bersahabat sudah lama, yakni hampir 10 tahun lamanya. Kemudian Gunawan bertamasya ke Inggris dan hanya membawa satu jam karena uangnya keburu habis, ia bingung akan memberikan jam itu untuk siapa. Apakah pada Rei atau Renaldi.

Dan akhirnya ia memberikan jam tersebut pada Rei yang menurutnya lebih baik dan lebih dekat dengannya. Padahal, Gunawan sudah mewanti-wanti pada Rei agar dapat menjaga rahasia ini, dan jangan sampai Renaldi tahu bahwa Gunawan memberikannya jam sedangkan Renaldi tidak.

Dan bodohnya, Rei malah berbicara pada Renaldi bahwa ia sudah diberikan jam mahal dari Inggris. Nah orang seperti Rei merupakan salah satu orang yang sangat berbahaya. Bukan berarti Rei adalah seorang pembunuh, melainkan dia secara tidak langsung memecah belah persahabatan antara ketiganya.

Rei membuat Renaldi menjadi membenci temannya sendiri, yakni Gunawan. Dan secara tidak langsung, Rei membuat Renaldi menjadi iri padanya. Renaldi dalam hatinya akan berkata "Saya sudah melakukan yang terbaik untuk mereka, mengapa mereka menyakiti saya?

Dalam hal ini,sedikit demi sedikit Renaldi akan merasa iri, kemudian akan membenci temannya sendiri. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka Renaldi akan benar-benar membenci Gunawan bahkan akan melakukan sesuatu dibatas kewajaran, dan akhirnya siapa yang akan dirugikan? Anda sendiri yang akan merasa rugi.

Solusi dalam permasalahan ini ada dua, yakni berperilakulah adil terhadap teman, dan jangan pernah mengabaikan amanat dari oranglain. Untuk masalah ini akan saya rincikan dan deskripsikan pada point selanjutnya.


2. Tidak Dapat Berperilaku Adil

Contohnya, jika Anda seorang Hot Mommy dan mempunyai anak dua, kemudian Anda mempunyai roti hanya satu saja. Apa yang akan Anda lakukan?? Hal yang sangat baik adalah roti tersebut dibagi dua untuk anak Anda, atau roti tersebut dibagi 3 untuk anak Anda dan Anda.

Hal kecil tersebut merupakan bentuk suatu keadilan yang sangat baik. Bayangkan jika Anda tanpa berpikir panjang memberikan roti tersebut pada anak pertama saja, karena anak kedua tidak suka roti atau anak kedua sedang tidak ada dirumah, atau anak kedua masih kecil.

Mungkin hal tersebut menurut pemikiran Anda sudah benar. Namun cobalah berkaca diri jika Anda menjadi anak kedua, apakah Anda akan berpikiran mengapa Mommy hanya memberikan roti tersebut hanya pada anak pertama saja? Apakah Mommy tidak menyayangi saya?

Pasti hal tersebut akan menjadi pikiran untuk anak kedua. Dan spekulasi akan bermunculan pada otak si anak, dan lama-kelamaan jika Anda tidak adil, anak akan sedikit demi sedikit kurang menyukai Anda, bahkan bisa saja membenci Anda.

Bagaimana solusi yang tepat untuk masalah ini? Anda cukup berbicara baik-baik, jika anak kedua memang tidak suka rotinya, apa susahnya Anda tanyakan terlebih dahuhu. Jika Anda sudah menanyakan pada anak kedua, dan anak kedua memang tidak suka dengan rotinya, Anda bisa saja memberikan potongan roti tersebut pada oranglain dengan seijin anak Anda.

Dengan begitu, anak akan merasa lebih dihargai dan tidak akan merasa iri dan benci pada kakaknya maupun pada Ibunya. Karena iri jika dibiarkan lama kelamaan akan menjadi benci. Dan benci jika dibiarkan begitu lama akan menjadi dendam.

Pernahkan Anda mendengar bahwa Anak membunuh Ayah karena dendam merasa tidak diadili keluarganya? Dan masih banyak contoh kasus lain yang sering terjadi di kehidupan kita selain hal tersebut.


3. Mengabaikan Amanat Orang Lain

Pernahkan Anda menemui seseorang yang tidak pernah menepati amanahnya? Banyak kok, saya pun sering mengalami hal tersebut, bahkan saya pun kadang lupa atas amanat saya sendiri. Banyak sekali orang yang menyepelekan mengenai amanat.

Amanat merupakan sesuatu yang sangat penting yang orang lain titipkan pada Anda. Jika Anda sering lupa atas amanat yang sudah oranglain berikan pada Anda, itu artinya Anda bukan seseorang yang mudah dipercayai dan mengabaikan sesuatu yang penting.

Orang yang sudah mempercayakan pada Anda sesuatu amanat yang besar kemudian Anda mengabaikannya, otomatis orang tersebut selain akan membenci Anda, dan juga tidak akan mempercayai Anda lagi.

Anda bayangkan jika Anda adalah seorang pegawai yang sudah diberikan amanat yang begitu besar oleh pimpinan Anda untuk menyetorkan uang ke bank untuk gaji perusahaan. Kemudian Anda abaikan dan Anda lupa mengerjakannya.

Otomatis pegawai pada perusahaan semuanya akan mengalami keterlambatan dalam penerimaan gaji. Seharusnya pegawai menerima gaji pada tanggal 23 dan karena kelalaian kita karena telat menyetorkan uang pada bank akhirnya semua pegawai yang berjumlah ratusan orang menerima gaji pada tanggal 27.

Contoh diatas mengajarkan kita bahwa walaupun hanya kesalahan sedikit saja, akan berdampak negatif pada banyak orang. Anda mungkin merasa hal tersebut tidaklah penting. Namun diluar sana pasti banyak yang menunggu gajian dan Anda yang akan disalahkan oleh semua pegawai perusahaan.

Anda akan dijauhi dan akan dibenci karena kelalaian Anda sendiri yang membuat orang lain dirugikan.

Bagaimana solusi untuk permasalahan ini? Anda cukup pegang selalu komitmen dan amanat yang sudah diberikan orang terhadap kita. Namun jika kita memang benar-benar tidak sanggup untuk melaksanakan amanat tersebut, cobalah berbicara yang baik-baik dan jelaskan secara logis alasan Anda tidak dapat melakukan amanat tersebut. Hingga orang tersebut tidak merasa sakit hati dan kecewa terhadap Anda, dan juga orang tersebut tidak membenci Anda.


4. Sering Pamer Kemesraan

Banyak dari orang-orang yang sering mengumbar kemesraaan di media sosial. Kalau untuk hanya sekali-sekali saja mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun jika takaran nya sudah melebihi ambang batas kewajaran, maka ini akan menjadi tidak wajar.

Terlalu mengumbar kebaikan istri, atau terlalu mengumbar kebaikan suami, akan banyak efek negatif yang ditimbulkan. Contohnya ingin menjadi madu yang kedua. Banyak wanita atau pria yang jomblo dan akhirnya mengganggu rumah tangga orang lain. Selain menurut dia merupakan tantangan, bisa jadi terlalu memamerkan kemesraan atau mengumbar kebaikan pasangan menjadi sebab utamanya.

Contohnya adalah sebagai berikut. Nia dan Hamdani adalah pasangan suami istri yang sudah menikah puluhan tahun lamanya. Namun Nia terlalu mengumbar kemesraan bahkan terlalu membagus-baguskan suaminya didepan tetangganya yang kala itu berstatus janda dua anak. Dan karena terlalu sering mendengar kebaikan suaminya, apakah mungkin janda dua anak itu ingin menjadi istri dari Hamdani ?

Semuanya bisa saja terjadi jika Anda melakukan sesuatu yang terlalu berlebihan. Seperti hadist Rasulullah sebagai berikut :

"Cintailah kekasihmu dengan sederhana, boleh jadi engkau akan membencinya pada suatu ketika. Dan bencilah orang yang engkau benci dengan sederhana, boleh jadi engkau akan mengasihinya pada suatu ketika (HR. At-Tirmidzi).

Karena sesuatu yang berlebihan dan Anda salah dalam penyampaiannya, akan merugikan Anda sendiri. Akhirnya ada wanita yang malah mencintai suami Anda.

Mungkin yang sudah terjadi biarlah terjadi. Namun untuk kedepannya alangkah lebih baik melakukan sesuatu sewajarnya. Dan memikirkan efek baik buruk kedepannya segala sesuatu yang kita lakukan yang akan menimbulkan kebencian dalam diri seseorang terhadap Anda.

Bisa jadi contoh kasus yang baru saja saya bahas bisa jadi tetangga akan menjadi benci karena Nia terlalu memamerkan kemesraan, dan belum tentu juga apa yang Nia ceritakan sesuai dengan kenyataannya.

Intinya, janganlah Anda melakukan sesuatu yang dapat membuat orang lain menjadi iri terhadap Anda. Karena iri adalah pangkal utama mengapa Anda menjadi dibenci oleh banyak orang.



5. Terlalu Mengumbar Harta

Yap, ini dia yang sering saya temui. Banyak sekali orang-orang yang ingin terlihat bahwa dia orang yang kaya dengan memamerkan dan mengumbar harta yang ada. Ingat ya ladies, orang yang benar-benar berada tidak mungkin mengumbar harta pada seseorang yang bukan tingkatannya.

Mana mungkin seseorang yang sering membeli tas mahal mengajak orang yang bukan levelnya untuk berbicara tentang tas mahal. Itu sama aja kita merendahkan orang tersebut, yang akhirnya orang merasa tidak dihargai kemudian mereka membenci Anda.

Atau mana mungkin seseorang yang mempunyai mobil kemudian ia membicarakan tentang mobil sport pada seseorang yang tidak mempunyai mobil? Orang yang benar-benar berada tidak akan melakukan sesuatu yang terkesan melebih-lebihkan.

Malah sebaliknya, orang yang terkesan melebih-lebihkan hartanya, berbicara tentang harta atau sesuatu yang mewah padahal lawan bicaranya tidak sedang membicarakan hal itu. Akan terlihat bodoh dan sombong jika Anda melakukan itu.

Tetaplah low profile walau Anda seseorang yang berada. Kebanyakan orang yang mengumbar harta malah pada kenyataannya nol besar. Walaupun tidak semua orang seperti itu. Namun tidak sepantasnya kita sebagai manusia berbicara mengenai harta yang berlimpah, karena harta itu adalah titipan Ilahi yang kapan saja detik kapanpun dapat diambil kembali oleh-Nya.

Ingat ketika seseorang membenci Anda kemudian ia berkata pada banyak orang  tentang keburukan Anda, Anda sendiri yang rugi karena akan dijauhi dan dibenci oleh orang lain.

Tetaplah menjadi pribadi yang baik, rendah hati, dan tidak memamerkan harta yang berlebihan. Dengan begitu, orang akan selalu menyukai karakter Anda, bukan membenci Anda.


6. Bersikap Sombong dan Angkuh

Sombong dan angkuh adalah penyakit hati. Hal tersebut erat kaitannya dengan memamerkan harta, memamerkan sesuatu yang orang lain tidak punya dan masih banyak lagi hal yang memperlihatkan bahwa orang tersebut sombong.

Ketika Anda berlaku sombong terhadap orang lain, orang lain otomatis akan membenci Anda karena sombong adalah sikap atau ahlak yang dibenci oleh Allah.

Walaupun Anda benar-benar orang berada, tetaplah berbuat baik dan tidak sombong. Jangan membeda-bedakan seseorang karena hartanya. Toh nanti orang berada dan orang biasa saja mempunyai ukuran kuburan yang sama, bukan? Akan kembali pada-Nya kan, karena dunia hanyalah sementara. 


7. Merasa Diri Paling Benar

Ingat yaa teman-teman, walaupun kita diberikan kecerdasan yang lebih oleh Sang Pencipta, Anda tidak boleh menghakimi atau merasa Anda paling benar sedangkan orang lain selalu salah. Hal ini sama saja seperti mendominasi atau bisa dikatakan egois.

Jika Anda mempunyai sifat seperti itu, alangkah lebih baik turunkan ego Anda, coba dengarkan pendapat orang lain. Walaupun pendapat tersebut tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Tetaplah berbuat baik, karena manusia tempatnya salah.

Tidak selamanya Anda selalu benar dan orang lain salah. Kita sebagai manusia hendaklah selalu saling menghargai dan saling mengisi, bukan untuk saling menyikut. 

Karena jika Anda selalu merasa diri Anda paling benar, orang-orang tidak akan nyaman dekat dengan Anda, bahkan jika Anda melakukan itu terus-menerus, oranglain akan membenci Anda.


8. Terlalu Mendominasi dan Mengatur

Hal ini sama dengan yang saya sebutkan di point ketujuh. Karena merasa diri paling benar, akhirnya akan mendominasi dan mengatur setiap orang. Hal yang harus Anda ingat adalah, orang lain bukan boneka Anda. Selagi memang posisi Anda benar, Anda tetap harus bisa menghargai dan mengatur dengan sewajarnya.

Jangan membuat orang lain merasa diatur dan didominasi oleh Anda, dan Anda perlakukan mereka seperti budak Anda. Karena jika Anda melakukan hal tersebut, orang tidak akan merasa nyaman, mulai menjauhi dan membenci Anda.


9. Pernah Mencintai Terlalu Dalam

Sering saya lihat di berbagai berita mengenai mantan istri dibunuh oleh mantan suaminya karena ketahuan sedang bercumbu dengan pacar barunya. Nah, bagaimanapun kita harus mencintai seseorang sewajarnya, karena jika kita terlalu berlebihan mencintai seseorang, pasti suatu saat akan menjadi benci seperti contoh yang diatas.

Banyak sekali muda mudi yang pacaran sangat romantis, namun setelah putus saling mengumbar keburukan masing-masing. Atau suami istri yang saling mencintai dan mengumbar kemesraan di media sosial, akhirnya bercerai dan saling menyerang satu sama lain. Menjelek-jelekan mantan pasangan lalu menghapus foto-foto di media sosial dan masih banyak contoh lain.

Hal tersebut akan membuat malu diri kita sendiri. Oleh karena itu, ikuti sabda Rasulullah bahwa kita tidak boleh mencintai berlebihan, dan begitupun sebaliknya.


10. Perilaku yang Tidak Sesuai dengan Perkataan atau Munafik

Banyak orang yang memiliki sifat yang tidak sesuai dengan apa yang dikatakannya. Contohnya ada seseorang pria yang selalu membawa ayat ayat Al- Quran, namun perkataanya tidak sesuai dengan kelakuan, alias munafik. Malah pria tersebut sering berkencan dengan banyak wanita.

Sifat munafik seperti itu akan membuat orang yang sudah berprasangka bahwa pria itu orang yang baik, ternyata dia adalah orang yang jahat dan tidak sesuai dengan sifat aslinya. Hal ini tentu saja banyak menipu orang lain dengan kedok manis yang ia buat. Dan tentunya banyak orang yang akan membencinya.

Tetaplah kita menjadi pribadi apa adanya, tanpa melebih-lebihkan ataupun dikurangi. Agar setiap orang tetap menyukai pribadi Anda yang baik dan sesuai dengan karakter aslinya.


11. Membenci Tanpa Alasan

Ini dia bahasan yang sangat kontroversi, membenci seseorang tanpa alasan. Pernahkan Anda menemui seseorang yang sangat begitu baik namun banyak yang membenci? Membenci seseorang bisa tanpa alasan, dan menyukai seseorangpun bisa tanpa alasan.

Membenci seseorang tanpa alasan, seperti orang tersebut lebih cantik dari Anda, atau orang tersebut lebih pintar dari Anda. Atau orang lain mempunyai orangtua yang kaya raya, dan berbeda dengan keadaan Anda.

Sebenarnya, jika kita melihat terus keatas, itu tidak akan ada habisnya membandingkan kehidupan kita dengan kehidupan oranglain. Apa yang Anda punya dan apa yang orang lain punya. Intinya, tetaplah bersyukur atas semua yang sudah Allah berikan. Dan lihatlah selalu kebawah, masih banyak yang mempunyai keadaan jauh dibawah kita.

Lihatlah yang diatas kita hanya untuk memotivasi diri menjadi lebih baik, bukan untuk kita benci atau kita menjadi iri.


Bagaimana Solusi Agar Orang Tidak Membenci Anda?

Berikut akan saya paparkan bagaimana solusi agar orang tidak membenci Anda, setidaknya Anda harus mempunyai sifat-sifat sebagai berikut :
  1. Rendah hati dan tetap low profile
  2. Tidak munafik
  3. Berperilaku sewajarnya dan tidak berlebihan
  4. Tidak menyombongkan diri dan angkuh
  5. Tidak mengumbar harta, tahta dsb
  6. Hindari membuat orang lain iri terhadap Anda
  7. Menyesuaikan sesuatu sesuai dengan lingkungan yang ada
  8. Tidak terlalu mendominasi dan mengatur sesuatu
  9. Tidak terlalu ikut campur dengan urusan orang lain
  10. Tidak melakukan hal buruk seperti korupsi, dsb
  11. Selalu bersyukur, dan selalu melihat kebawah

Mungkin sekian beberapa alasan mengapa orang membenci Anda, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami hal seperti itu. Dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi Anda, agar sumber daya manusia menjadi lebih baik lagi.

Tetaplah bersyukur atas apa yang sudah Anda dapatkan, dan selalu berbuat baik terhadap sesama. Jika Anda menghargai orang lain, tentu orang lain pun akan menghargai Anda. Jika Anda menanam kebaikan, akan berbuah baik.

Dan jika Anda menanam keburukan, maka akan berbuah tidak baik. Tetaplah selalu berprasangka baik karena semua sudah yang terbaik menurut-Nya. Pernahkan Anda menemukan seseorang yang maaf miskin hartanya, namun sangat sombong?

Bayangkan apa jadinya orang miskin tersebut jika sudah Allah berikan banyak harta yang melimpah, diberi keadaan yang maaf miskin saja sudah sombong, apalagi diberikan keadaan yang berada? Tetaplah rendah hati, jangan sampai Anda sombong dan semua kenikmatan yang sudah diberikan-Nya akan diambil kembali oleh-Nya.

Dan tetaplah rendah hati dan selalu pikirkan apa yang akan Anda lakukan, dan jangan sampai apa yang Anda lakukan membuat orang lain menjadi iri terhadap Anda. Karena ujung-ujungnya Anda sendiri yang akan dirugikan. Semua seperti dinamika kehidupan, ada sebab dan ada akibat.

Mungkin sekian penjelasan dari saya, mohon maaf jika banyak kurangnya, karena saya hanyalah manusia yang selalu mencoba menjadi lebih baik dengan banyak dosa yang sudah diperbuat, karena manusia tempatnya salah.

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan isi pada kolom komentar ya. Sekali lagi terimakasih dan semoga bermanfaat ya.. ☺☺☺


Artikel Terkait :
Tips Memilih Bunga KPR Termurah, Pilih KPR Bank Konvensional Atau Syariah ?
Beberapa Alasan Mengapa Karyawan Terbaik Resign dari Tempat ia Bekerja
Hargailah Gurumu seperti kamu menghargai Orangtuamu
Pilih menjadi Wanita Karier atau menjadi Ibu Rumah Tangga ??




12 komentar:

  1. Sedapat mungkin saya selalu menghindari hal-hal yang membuat orang benci pada saya, terkadang masih sering membuat orang dengki juga meski itu tidak saya lakukan dengan sengaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gaappa mbak.. yang penting kita sudah melakukan yang terbaik dalam hidup ini dan bukan kita penyebab orang tidak menyukai kita ya mbak :)

      Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  2. Biib vika. Hahahaaa ekye nglakuin yg jd solusi kok malah d benci yakh. Dunia ni kebalik hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak miftah.. Gapapa mbak kalau penerimaan orang seperti itu.. Yang penting kita sebagai manusia sudah melakukan yang terbaik dan tidak membuat oranglain iri terhadap kita.. Semoga bermanfaat 😊

      Hapus
  3. Iya,, mba jd dr sendiri lbh baik kyknya,, noted tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak mutie.. Alhamdulilah kalau tipsnya dapat berguna ya.. Iya mbak jadi diri sendiri dan terus memperbaiki diri ya mbak :) terimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  4. Semoga nggak ada yang membenci kita ya mbak..kalau ada ya kita harus intropeksi diri juga...Buat apa juga menebar kebencian...kan berkasih2 an lebih adeem dan indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. Mbak dewi kan orang baik.. Pasti selalu menebar kebaikan untuk sesama agar menghindari orang yang membenci kita dan tetap selalu berbenah diri ya mbak agar menjadi pribaddi yang lebih baik lagi kedepannya..

      Hatur nuhun terimakasih 😊

      Hapus
  5. Itu semua emang bener-bener yang menjadi alasan kenapa kita dibenci orang lain. Untuk yang digarisbawahi, perkataan sih yang kadang membuat kita kayak nggak sadar kalau udah menyakiti dan akhirnya dibenci orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah bener sekali mas ..

      Maka dari itu sebisa mungkin kita hindari berkata yang membuat oranglain sakit hati walaupun niat kita bercanda, belum tentu penerimaan seseorang sama dengan apa yang kita pikirkan..

      Terimakasih masukannya mas :)

      Hapus
  6. Semoga tidak ada kebencian diantara kita ya sist, aduh tulisan ini bener banget. Kadang apa yang kita lakukan selalu aja ada lambe turah dan lambe nyinyir, yang penting kita tahu diri untuk tidak mengundang dosa, membuat orang iri dan dengki ama kita. Tfs darla

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak sandra.. betul sekali mbak yang penting kita tidak membuat oranglain menjadi iri dan tidak mengundang dosa..

      Sama sama mbak sukses selalu mbak

      Hapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..