Cara Mudah Agar Bisa Konsisten Menulis Hingga Menghasilkan Ratusan Artikel Tanpa Copas - ratutips.com

Latest

Senin, 28 Januari 2019

Cara Mudah Agar Bisa Konsisten Menulis Hingga Menghasilkan Ratusan Artikel Tanpa Copas

Cara Mudah Agar Bisa Konsisten Menulis Hingga Menghasilkan Ratusan Artikel Tanpa Copas

Butuh waktu dua tahun lebih lamanya agar saya bisa menghasilkan kurang lebih 400 artikel tanpa copy paste. Walaupun demikian, artikel yang ada di ratutips.com ini masih jauh dari kata sempurna dan masih butuh banyak belajar dalam membuat artikel yang baik dan menarik.

Saya ingat sekali dulu saya menulis konsisten dalam satu minggunya 2 artikel. Dan kali ini, saya konsisten menulis dalam seminggu minimal 4 hingga 5 artikel. Dan alhamdulilah, dengan semakin sering menulis, kemampuan dalam membuat artikel pun semakin terasah, walaupun masih banyak kekurangannya. Walau demikian, saya menulis artikel ini benar-benar asli tulisan saya tanpa copy paste darimanapun.

Lantas, bagaimana cara mudah agar Anda bisa konsisten menulis hingga ratusan artikel setiap tahunnya? Dan apa saja trik yang mudah agar terhindar dari jenuh dan bingung ingin nulis apa hari ini? Terkadang keinginan menulis sudah besar, namun idenya benar-benar mentok tidak ada. Saya pun demikian, namun ada cara mudah agar Anda selalu mendapat ide-ide brilian membuat artikel yang menarik tanpa perlu pusing tujuh keliling memikirkannya.

Jika Anda kebanyakan mikir, tulisan gak jadi-jadi, dan blog pun semakin menurun. So, simak terus yuk cara agar tetap konsisten menulis hingga ratusan artikel tiap tahunnya sebagai berikut.

1. Tulis Ide yang Terbesit di Benak Anda Secepatnya

Terkadang, ide datang ketika Anda melamun, bahkan ide pun datang ketika Anda menonton televisi bahkan ketika Anda sedang memikirkan kenapa jodoh tak kunjung datang (hehehe). Biasanya, ide selalu datang beberapa detik di otak Anda, lalu pergi menghilang tanpa jejak sama sekali.

Itulah yang sering saya rasakan ketika akan menulis. Pada pukul 10 saya sedang keluar dan tiba-tiba tetangga bercerita menemukan ular, lantas terbersit di pikiran saya ingin menulis tentang ular. Akhirnya sesampainya dirumah, saya lupa lagi ingin menulis apa ya tadi. Akhirnya, menulis hanya menjadi niat manis saja tanpa ada tindakan sama sekali.

Cara mudah agar ide tersebut tetap ada adalah, Anda wajib mempunyai aplikasi Notepad atau semacamnya, lalu ketika ide tersebut melintas di pikiran Anda beberapa detik saja, Anda langsung buka hp, buka aplikasi notepad, lalu tulis judul ataupun ide yang akan Anda tulis ketika ada waktu senggang.

Jadi, ketika waktu senggang telah tiba, Anda tinggal mengembangkan tulisan Anda dari judul yang ingin Anda buat. Silahkan coba hal ini, dan buktikan beberapa hari kemudian Anda akan konsisten menulis karena ide tersebut tidak pergi dan sudah Anda tulis di catatan handphone Anda.

2. Membaca Referensi Dari Website Luar

Terkadang, ketika Anda ingin menulis sesuatu biasanya da beberapa hal pengalaman atau ilmu yang tidak Anda tahu. Sebagai penulis, sah-sah saja jika Anda membaca juga artikel lain yang lebih baik untuk menambah wawasan Anda dalam menulis.

Namun hal tersebut tidak serta-merta Anda mengcopy paste artikel tersebut. Pastikan juga artikel yang Anda buat sangat original sehingga ada keunikan antara artikel Anda dengan artikel yang lain. Contohnya saja Anda ingin menulis cara agar bisa mendapatkan uang dari google Adsense. Namun, Anda hanya tahu 3 point saja dan merasa Anda masih kurang ilmu dalam membuat artikel tersebut.

Anda bisa menambahkan 1 point tambahan dari membaca artikel berkualitas yang memang sudah Anda coba dan diuji bahwa pernyataan tersebut benar adanya, sehingga Anda tidak membuat artikel hoax dan Anda pun menulis dengan tata bahasa Anda sendiri.

Walaupun demikian, disarankan Anda menulis sesuai dengan apa yang Anda tahu dan Anda alami, sehingga semua tulisan Anda bisa dipertanggungjawabkan kedepannya jika suatu hal terjadi diluar dugaan Anda.

3. Niat yang Benar-Benar Dilaksanakan

Salah satu cara agar bisa konsisten dalam menulis adalah, dibutuhkan niat yang benar-benar tulus dan ikhlas untuk kemajuan website Anda sendiri. Memang, menulis tidak memerlukan modal uang yang banyak, namun dibutuhkan modal niat menulis yang kencang dan benar-benar tulus.

Jika Anda masih setengah-setengah dalam menulis, tulisan Anda di blog hanya sekedar draft saja yang tak kunjung Anda publish. Yang harus Anda ingat adalah, pembaca setia Anda dengan baiknya menunggu artikel-artikel fresh yang Anda buat. Jadi semangatlah dalam membuat tulisan yang menarik agar suatu saat berguna bagi banyak orang dan jadi ladang amal dan ibadah untuk Anda ketika sudah tiada.

11 komentar:

  1. Saya tambahkan: harus bisa menulis melalui hape! Ini vital semenjak google menyarankannya

    BalasHapus
  2. Harus gercep tulis ide atau judul di hp klo aku hehhe tfs lho beb, semangat

    BalasHapus
  3. referensi dari web luar sangat membantu supaya kontinyu menulis, jamin gk bakal habis ide

    BalasHapus
  4. Memang ide kadang kayak jalangkung ya. Datang tak diundang pulang tak diatar.😂
    Saya pun juga pengen bisa nulis artikel sampai ratusan tahun ini, semoga aja, mengikuti tips di atas saya bisa mewujudkannya.
    Semoga si males nggak sering-sering dateng juga😂

    BalasHapus
  5. Menarik sekali artikel ini Teh, ...selamat ya udh nulis sampai segitu banyak artikel....ide emang harus cepat2 ditulis kalau nggak bisa kabur lagi

    BalasHapus
  6. Nomer 2 dan 3 syukurlah berhasil dijalani dengan baik
    Yang nomer 1 deh yang belum wkwkwk

    Kadang kalo dpt ide aku langsung ngedraft di blogspot via hape, terus nanti kalo udh ada kesempatan baru ngetik full di komputer / laptop

    Sayangnya jarang banget ingat untuk ngedraft hihihi

    Semoga dengan nge-note jadi lebih banyak ide gak terbuang yaa

    BalasHapus
  7. Setuju sama semua tips dari ratutips di atas hahaha. Betul, Kakak Vika, kalau ide harus segera ditulis supaya jangan menguap ke mana-mana. Kadang memang susah konsisten apalagi sehari satu tulisan, tapi lama-kelamaan terbiasa juga. Masih tergantung dari waktu kerja di kantor juga sih saya ... selama ini masih sama ritmenya, nah kalau sudah mau promosi kampus (apalagi keluar daerah) itu yang repot wkwkwkwk :D tapi kalau keluar daerah toh justru lebih banyak cerita yang didapat kan ya :D

    BalasHapus
  8. Bener banget, kalau ada ide harus langsung ditulis supaya ngga hilang. Dan tentu harus segera dituntaskan biar tidak jadi draft aja. Walau sulit, masih mencoba konsisten :")

    BalasHapus
  9. Kalau saya biasanya kemana-mana membawa buku catatan kecil, nanti coret-coret garis besar dari tema. Kalau saya membuat artikel lebih ke photo atau gambar dulu ,baru nanti mengalir dengan sendirinya tanpa persiapan.

    BalasHapus
  10. Yeachhh !!! Congratulation teh Vika. Memang awalnya agak sedikit dipaksakan, tapi makin lama kalau sudah start menulis jempol dan jari lainnya jadi lincah sendiri. Ketika jari jemari dan pikiran sudah menyatu seiya-sekata, maka artikel akan mudah tertuang dalam postingan blog. Semangat teh Vika...Mantul...hehehe

    BalasHapus
  11. Sebenarnya, kalau menulis singkat, 1 jam kurang saja bisa. Cuma yah itu, begitu ada ide langsung ditulis.

    Halu Ibu Vika apa kabar. Moga baik ya. Komentar ibu yang di blog saya setahun lalu, baru bisa dibalas tadi pagi. wkwkwkw
    Ini sekarang lagi mau blogwalking lagi. Cuma nanti mau pakai blogspot saja yang diblogwalking.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..