Bagaimana Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan yang Sesuai dengan Passion Anda? - ratutips.com

Latest

Senin, 07 Januari 2019

Bagaimana Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan yang Sesuai dengan Passion Anda?

Bagaimana Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan yang Sesuai dengan Passion Anda?

Mencari pekerjaan di era digital seperti ini nyatanya sangat sulit, laksana seperti mencari jarum dalam jerami. Terkadang ada yang sesuai kualifikasi Anda, namun posisinya tidak sesuai dengan passion Anda atau posisi yang Anda inginkan maupun sebaliknya.

Tentunya menjadi blogger pun bisa menjadi pekerjaan utama, asalkan Anda benar-benar fokus menjalaninya. Namun sulitnya merintis blog dari nol terkadang membuat orang lelah duluan dan akhirnya pasrah dan memilih untuk mencari pekerjaan utama dan blog menjadi pekerjaan sampingan.

Tentunya hal ini tidak salah, karena setiap orang mempunyai pemikiran dan prioritas yang berbeda. Nah, lantas bagaimana sih caranya agar Anda secepatnya mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion yang diinginkan?

Tidak hanya lulusan sma saja yang merasa kesulitan dalam bekerja, namun lulusan diploma atau sarjana pun mengalami hal yang sama dalam mencari pekerjaan. Banyak juga yang sudah keterima bekerja, namun tidak cocok dari segi lokasi atau dari segi gaji. Semuanya tergantung dari penilaian Anda sendiri. Yuk baca sampai tuntas bagaimana cara mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda sbb :

1. Berdoa, Sholat 5 Waktu dan Sholat Tahajud

Mengapa saya menulis berdoa dan sholat di point pertama agar mendapatkan pekerjaan terbaik? Saya rasa semua orang mempunyai keyakinan dengan selalu berdoa dan yakin akan diberikan pekerjaan oleh yang Maha Kuasa. Dengan keyakinan tersebut, maka energi keyakinan tersebut akan menemukan jalan menuju pekerjaan terbaik seperti yang Anda inginkan.

Saya rasa bagaimanapun kita berusaha tanpa berdoa maka hasilnya nol. Berdoa kepada Allah merupakan kunci utama agar Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Dalam berdoa pun, mintalah kepadanya yang banyak, karena Allah maha mengabulkan doa. Selain berdoa agar mendapatkan pekerjaan terbaik, berdoa pula agar diberikan teman yang baik, tempat kerja yang baik, karena semuanya merupakan rezeki yang tak ternilai harganya.

Banyak sekali yang berdoa ingin mendapatkan pekerjaan, tp tidak berdoa diberikan teman yang baik, sehingga bekerja hanya bertahan dalam hitungan bulanan saja.

Jadi, selain berdoa yang banyak kepada Allah SWT, jangan lupa juga untuk melaksanakan perintahnya dengan selalu solat 5 waktu dan solat tahajud. Jangan sampai karena Anda ingin mendapatkan pekerjaan, Anda sering melakukan solat tahajud namun solat wajib yang 5 waktunya Anda lupakan.

Utamakan yang wajib terlebih dahulu, dan lebih baik lagi lakukan solat tahajud setiap hari. Dan tunggu beberapa minggu kemudian. Insya allah atas ijinnya, maka akan ada kabar pekerjaan untuk Anda yang pastinya yang terbaik untuk Anda.

2. Mencari Relasi Sebanyak Mungkin

Kontak sebanyak mungkin teman yang bisa Anda andalkan untuk mencari pekerjaan. Jangan sampai Anda malu-malu kucing dalam mencari pekerjaan. Karena lowongan pekerjaan tidak akan Anda dapatkan jika Anda tidak mencarinya.

Anda bisa bertanya pada teman kerja terdahulu, atau kenalan anda, bahkan orang yang tidak disangka-sangka pun bisa menjadi jalan rezeki bagi Anda dalam mencari pekerjaan. Seperti saya dulu ketika bekerja di salah satu perusahaan, saya mendapatkan infonya dari teman jauh yang sudah lama tidak kontak hampir 6 tahun lamanya.

Memang, rezeki pekerjaan adalah rahasia illahi. Maka dari itu, perbanyak koneksi online Anda yang sesuai dengan posisi yang Anda inginkan. Jangan sampai Anda melamar pekerjaan pada posisi yang tidak Anda inginkan, karena nantinya Anda akan bekerja tidak pakai hati dan akhirnya resign juga.

3. Update CV Disesuaikan dengan Posisi yang Anda Lamar

Alangkah lebih baik, update selalu cv Anda setiap akan melamar pekerjaan. Contohnya saja jika Anda ingin melamar pekerjaan sebagai marketing, maka tonjolkan kemampuan Anda dalam negosiasi dan menjual sesuatu. Dengan begitu, hrd akan memprioritaskan orang yang mempunyai pengalaman yang sesuai dengan apa yang Anda lamar.

Jika Anda mempunyai pengalaman bekerja di bidang keuangan dan mempunyai blog, lalu Anda ingin melamar menjadi seorang content writer di salah satu perusahaan, maka tonjolkanlah kemampuan Anda dalam menulis blog. Tonjolkan kemampuan Anda dalam menulis artikel, mengedit tema blog, mengerjakan kode html, dsb.

Dengan begitu, hrd akan mempertimbangkan kembali, walaupun Anda mempunyai pengalaman hanya dalam blogger saja, Anda mampu menjadi seorang content writer sukses pada perusahaan yang akan Anda lamar.

4. Masukan Lamaran di Semua Portal Online

Jangan lupa untuk selalu cek lowongan kerja via online, bisa melalui instagram, jobstreet, karir dot com, jobsdb dan lain sebagainya yang biasa Anda lakukan.

Karena saat ini, banyak perusahaan yang memasukan info lowongan pekerjaan ke portal online tersebut. Jadi, Anda wajib cek setiap harinya lowongan kerja yang sesuai dengan passion Anda. Dengan begitu, besar kemungkinan kesempatan Anda mendapatkan info lowongan pekerjaan yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

5. Manfaatkan Koneksi Orang Dalam

Sebenarnya, hal ini bisa dikategorikan fraud. Karena hal semacam ini terlihat tidak adil. Namun, kebanyakan perusahaan akan mencari calon pekerja dari kenalan karyawannya sendiri. Hal ini dilakukan agar tidak salah dalam memilih karyawan pada perusahaanya.

Oleh karena itu, jika Anda mempunyai teman yang bekerja di perusahaan besar, Anda bisa mencari info lowongan pekerjaan atau sekedar menitipkan lamaran pekerjaan. Biasanya, rasio keterima bekerja akan lebih mudah ketimbang Anda melamar kerja tanpa ada kenalan pada perusahaannya.

Namun semuanya kembali pada rezeki dan takdir masing-masing orang. Semuanya bisa saja terjadi namun kembali lagi pada takdir dari Allah. Maka dari itu, berusahalah dalam mencari pekerjaan, karena Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum tersebut kecuali kaum tersebut yang mengubah nasibnya. Kembali lagi pada usaha dan doa Anda, jika Anda benar-benar berusaha dan berdoa, insya allah usaha tidak akan pernah menghianati hasil.

Selamat mencari kerja untuk semua jobseeker di seluruh Indonesia!

11 komentar:

  1. ahhh jadi ingat video tentang "orang dalam" tapi sekarang kita memang harus ada koneksi setidaknya hanya untuk mengetahui ada lowongan tidak di perusahaan tsb

    BalasHapus
  2. Nyari koneksi yang susah Teh

    BalasHapus
  3. demikianlah semua harus berusaha supaya dapat kerja yang sesuai setelah itu berdoa

    BalasHapus
  4. bener banget mba vik.. cari kerja yang sesuai passion itu susah. jadi inget dulu jaman2 ngelamar kerja, udah berapa aja perusahaan yg saya datangi, tapi gak dapet2 juga. sedih.

    tapi alhamdulillah skrg udah dpt yang cocok

    BalasHapus
  5. Buat saya yg berpendidikan minim udah dapat kerja aja udah syukur alhamdulilah hehehe

    BalasHapus
  6. Subhanallah ukhti makasih ya tipsnya penting banget buat passion people kayak akuuu

    BalasHapus
  7. Thanks tipsnya mbk, bisa saya coba ni.

    BalasHapus
  8. Mami, apa kabar? setelah 2 minggu cuti dr blogging akhirnya aku kembali BW hihi.
    Biasanya koneksi orang dalam itu banyak membantu, aku pernah merasakannya hihi

    BalasHapus
  9. Update CV yang sesuai bidang itu sangat berpengaruh ya mba, walaupun pengalaman menulis blog juga bisa dimasukkan ke CV? Saya dapat pencerahan baru. Terima kasih mba :)

    BalasHapus
  10. Setuju dengan semua tipsnya di atas, namanya juga Ratu Tips kaaan, hehehe. Terutama nomor 1. Itu tips yang luar biasa.

    BalasHapus
  11. Nyari pekerjaan sesuai passion itu emang susah, harus sabar nulis surat lamaran, nunggu info, dan saat dapat belum tentu sesuai harapan.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..