Tips dan Cara Agar Toko Fashion Tetap Bertahan dengan Persaingan Online Store yang Semakin Tinggi - ratutips.com

Latest

Kamis, 17 Januari 2019

Tips dan Cara Agar Toko Fashion Tetap Bertahan dengan Persaingan Online Store yang Semakin Tinggi

Tips dan Cara Agar Toko Fashion Tetap Bertahan dengan Persaingan Online Store yang Semakin Tinggi

Semakin berkembangnya teknologi jaman sekarang, membuat masyarakat semakin mengenal dan mengikuti era digital saat ini. Bukan hanya mengenai social media saja, namun tata cara berbelanja mereka pun berubah drastis. Yang asalnya menyukai untuk mengunjungi beberapa outlet fashion di mall-mall ternama. Saat ini, mereka lebih cenderung menyukai berbelanja di online store.

Karena selain harganya yang relatif lebih murah, online store pun nyatanya sangat memudahkan customer untuk berbelanja. Dengan berbagai keterangan dari suatu produk, sudah dapat menggambarkan barang aslinya.

Akan tetapi, tidak semua orang senang berbelanja online. Pasalnya, banyak sekali juga yang mengeluh kena tipu-menipu berbelanja online, baik dari segi bahan, bentuk, model, dan design gambar yang tidak sesuai dengan aslinya. Artinya masih banyak juga orang yang masih menyukai untuk berbelanja dan pergi ke toko fashion. Namun memang tidak sebanyak sebelumnya.

1. Manfaatkan Ecommerce untuk Mengembangkan Usaha Fashion

Berhubung kecenderungan masyarakat lebih menyukai berbelanja online, sedangkan banyak toko fashion yang gulung tikar karena tidak mampu bersaing dan bertahan di dunia fashion yang semakin keren dengan teknologinya. Ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan agar toko fashion tetap berjalan tanpa harus gulung tikar. Salah satunya adalah memanfaatkan adanya ecommerce.

Dengan adanya ecommerce seperti bukalapak, tokopedia, shoope, lazada dan lainnya, harus benar-benar Anda manfaatkan untuk membuka toko online juga. Jadi, Anda tidak hanya mengandalkan toko fashion saja yang belum tentu penghasilannya. Anda pun bisa menjual produk ke beberapa ecommerce yang sudah terkenal dan bagus. Anda cukup menambah 1 karyawan sebagai admin sosmed untuk melakukan chatting dengan customer, upload foto produk, memberikan keterangan di setiap produk, dan melakukan packing jika ada customer yang berbelanja secara online. Dan Anda pun membutuhkan keahlian foto produk agar terlihat lebih bagus hasilnya.

Biasanya, customer langsung kepincut jika hasil fotonya bagus. Dan jangan lupa juga disertai keterangan di setiap produknya agar customer mengerti dan paham mengenai bahannya, ukurannya dsb.

2. Punya Keahlian Mix and Match

Selain memanfaatkan ecommerce, ada beberapa keahlian yang harus Anda punya, salah satunya adalah Anda harus bisa me-mix and match-kan setiap baju yang dipasang di patung atau manequin. Karena terkadang, customer cinta dan ingin berbelanja di toko tersebut jika dirasa ada baju atau produk yang ia sukai.

Jika Anda cuma asal-asalan menempelkan baju yang tidak terlalu bagus, tidak bisa me-mix and match kan antara baju dengan bawahan, pastinya customer pun enggan untuk melirik toko Anda karena tidak ada fashion yang bisa membuatnya ingin berbelanja disana.

3. Manfaatkan Aplikasi WhatsApp

Anda pun selain bisa berjualan via instagram, ada beberapa aplikasi di handphone yang tidak kalah menarik saat ini sebagai ladang berjualan, yakni Anda bisa jualan via whatsapp! Kok bisa? Jualan via whatsapp sangat mudah dan tidak menyulitkan. Anda tinggal upload beberapa foto terbaik di status whatsapp. Jangan lupa berikan keterangan di setiap foto produknya.

Biasanya, jika relasi kontak Anda sudah banyak, pasti banyak sekali yang chat Anda untuk sekedar bertanya "Model ini berapa harganya kak, aku mau donk say 2 ya!" . Intinya adalah, jadi pengusaha harus pintar untuk membaca peluang berjualan, dan jangan pernah malu untuk mempublikasikan usaha Anda, agar usaha Anda semakin dikenal banyak orang.

Terkadang, jika Anda tidak mampu menghasilkan foto yang berkualitas, Anda bisa mempekerjakan spg yang mempunyai keahlian fotografi. Jadi, toko fashion Anda bisa ia layani dan bisa juga menghasilkan foto dengan kualitas yang mumpuni.

4. Buat Website untuk Toko Fashion Anda

Biasanya, toko fashion yang sudah ternama tentunya akan mempunyai website yang dikelola dengan baik. Namun, semuanya butuh sdm yang baik. Karena tidak semua pengusaha mengerti bagaimana cara bekerja online store, sehingga ia hanya mengandalkan toko fashion yang sepi sebagai ladang untuk mencari nafkah.

So, agar usaha tetap terjaga, kita memang dituntut untuk selalu upgrade dsn selalu berinovasi di setiap waktunya. Semoga usaha Anda selalu maju dan bisa berkembang seperti toko online yang saat ini disukai setiap orang.

7 komentar:

  1. ya intinya jangan ketinggalan zaman, ikut bersaing di e commerce, juga kembali lagi, rezeki udah ada yg atur hehe

    BalasHapus
  2. Setuju, teh. Ini yang sedang saya jalankan. Semoga hasilnya sesuai harapan.
    Terima kasih tipsnya, Teh..

    BalasHapus
  3. Toko electronik juga pas kalau punya blog, apalagi klo hobi sekalian review produk keluaran baru

    BalasHapus
  4. Aapa pun bisnis ya harus ngikuti trend pasar, ya mbak... toko baju walau kecil mesti go online juga

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat, karena memang persaingan toko fashion online sekarang semakin tinggi, belum lagi banyak juga yang jualan katalog via medsos atau grup-grup WA begitu. Nice shareeee :*

    BalasHapus
  6. Kepengen sih punya toko fashion sendiri. Nah, nanti kalau sudah mulai berjalan sambil di online kan. Jadi pelanggan yang mau lihat langsung juga bisa...begitu teh Vika...hehehe

    BalasHapus
  7. Perbanyak jumlah teman di medsos sepertinya cukup membantu Mbak, minimal banyak yang tanya2 walau belum tentu beli. :)

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..