Bunda, Ini Dia Cara Efektif Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi

Bunda, Ini Dia Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi

Memiliki bayi yang mungil dan juga menggemaskan tentunya merupakan idaman setiap keluarga. Maka tak heran, ketika keluarga kecilnya diberikan bayi yang mungil yang lucu nan menggemaskan, pastinya seorang Ibu akan memberikan yang terbaik untuk kesehatan bayinya, salah satunya adalah imunisasinya.

Selain imunisasi, perlu sekali bagi Bunda untuk mengetahui keadaan bayi setiap waktunya, termasuk soal penanganan kulit bayi yang sensitif, seperti adanya biang keringat pada bayi. Biang keringat pada bayi terlihat dari banyaknya tanda-tanda merah pada tubuhnya, baik pada bagian dada, perut, lipatan-lipatan leher dan bagian lain yang sering terkena keringat berlebih.

Biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi dan menimbulkan warna kulit merah pada bayi. Umumnya ciri biang keringat pada bayi adalah terlihatnya kulit bayi yang memerah dan seperti gatal-gatal. Bayi yang terkena biang keringat biasanya adalah bayi yang aktif dan sering bergerak sehingga produksi keringatnya sangat banyak.

Yang pada akhirnya keringat tersebut menimbulkan biang keringat pada bayi. Ada beberapa cara menghilangkan biang keringat pada bayi selain dengan sering mengganti baju ketika ia merasa kegerahan, juga berikan suhu yang dingin untuk bayi agar ia tak berkeringat berlebihan.

Bunda, yuk simak cara menghilangkan biang keringat pada bayi!

1. Menggunakan AC

Biasanya, bayi yang aktif bergerak pastinya akan menghasilkan keringat yang banyak dan bercururan. Apalagi jika bayi tersebut sedang aktif bergerak seperti usia 6 bulan yang sedang senang-senangnya tengkurap.

Aktivitas tengkurap pada bayi sangat bagus untuk melatih kekuatan tulangnya. Namun, karena bayi cukup membutuhkan tenaga untuk melakukan aktivitas tengkurap dan hal lainnya, biasanya ia akan mengeluarkan keringat yang bercucuran. Untuk menghindari hal tersebut, tempatkanlah bayi di tempat yang dingin dan ber-AC. Namun gunakan AC dengan temperatur yang sesuai dan aman.

Dengan demikian, udara akan lebih segar dan bayi akan terhindar dari biang keringat yang berlebih. Usahakan angin pada AC pun tidak langsung mengarah pada bayi, agar bayi tidak masuk angin. Berikan suhu yang ideal sesuai dengan tingkat dingin yang normal agar bayi tidak kepanasan maupun kedinginan.

2. Menggunakan Bedak Bayi

Ketika bayi sedang mengalami biang keringat, biasakan untuk memberikan bedak bayi pada bagian yang terkena biang keringat. Hal tersebut cukup ampuh untuk menghilangkan biang keringat secara perlahan. Biasakan Bunda memberikan bedak bayi pada bagian yang terkena biang keringat setelah bayi mandi pagi dan sore, agar badannya dingin dan tidak lembab.

3. Menggunakan Pakaian Longgar dan Menyerap Keringat

Bayi pada umumnya akan sering berlatih tengkurap dan melakukan aktivitas yang berlebih di usianya. Pastinya dengan bertambahnya usia bayi, pastinya ia akan semakin aktif dan menimbulkan banyak keringat yang bercucuran.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi Bunda memilih pakaian yang dapat menyerap keringat dan agak longgar. Hindari baju yang terlalu ketat seperti legging, baju yang terlalu kekecilan, bahkan baju yang tidak dapat menyerap keringat. Karena baju yang ketat akan menimbulkan banyak keringat pada bayi yang memicu banyaknya biang keringat pada bayi.

Usahakan gunakan pakaian yang longgar dan mampu menyerap keringat sehingga bayi merasa nyaman dan tidak mudah untuk berkeringat berlebih.

4. Gunakan Sesekali Kaos Dalam Saja

Jika suhu udara sangat terlampau panas sedangkan Bunda tidak menggunakan AC, salah satu cara agar bayi terhindar dari biang keringat adalah bukalah baju bayi dan gunakan saja sesekali kaos dalam saja untuk bayi. Hal ini dilakukan agar bayi sesekali merasa dingin badannya dan tidak merasa kegerahan.

Atau bisa saja Bunda gunakan popok saja dan kaos dalam saja ketika siang terik yang sangat panas. Biasanya, bayi akan bahagia dan happy ketika dibuka baju luarannya, karena merasa dingin hanya menggunakan kaos dalam saja. Namun, ketika cuaca tidak terlalu panas, Bunda bisa kenakan kembali baju luar dan celananya agar bayi tidak masuk angin.

Bagaimana setelah membaca artikel diatas? Semoga dengan artikel ini dapat membantu Bunda untuk menghilangkan biang keringat pada bayi, dan biasakan untuk menghindari bayi agar tidak terlalu berkeringat berlebih dengan tips yang saya tulis diatas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

9 Komentar untuk "Bunda, Ini Dia Cara Efektif Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi"

  1. Membiarkan bayi yang aktif bergerak di ruang AC sangat membantu untuk mencegah biang keringat ya mbak, juga bagus buat sirkulasi udara, karena bayi yang aktif perlu banyak udara bersih masuk ke parunya

    BalasHapus
  2. Kalau pakai kipas angin bisa gak ya?

    BalasHapus
  3. aww, sehat2 ya dedek... kl aku biasa liat tanteku ngilangin biang keringat pakai bedak tabur, hh

    BalasHapus
  4. Dulu kecil, waktu ane biang keringat, sering dikasih bedak.. bedak obat.. lupa namanya apa.. yang pasti rasanya adem di kulit. Jadi pengen terus-terusan pake wkwkwkwkkw

    BalasHapus
  5. kasihan bayi ya kak kalau gatal-gatal dan ada bintik-bintik di tubuh nya, biasanya gara-gara keringat, terimakasih kak atas informasinya ;)

    BalasHapus
  6. Punya bayi seperti punya mainan hidup yg lucu ya Teh, tapi kalau terkena biang keringat kasian sekali, tapi poin2 yg disebut diatas saya sependapat sbg solusinya

    BalasHapus
  7. Tapi Kak Vika ... meskipun belum punya anak ... saya selalu suka menhirup aroma bayi/balita ... gimana gitu hahahahah :D

    BalasHapus
  8. bagaimana bila orang dewasa sis yang biang keringat

    BalasHapus
  9. jujurnya anak2ku ga pernah kena biang keringat. mungkin krn ac td yaaa.jd memang jrg keringetan kalo di rumah. walopun efek sampingnya, yg bungsu skr ini bnr2 ga kuat kena panas kalo keluar ato ke tempat yg non ac.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel