Pentingnya Imunisasi Pneumokokus untuk Mencegah Bayi dari Penyakit Pneumonia dan Meningitis

Imunisasi Pneumokokus untuk Menghindari Bayi dari Penyakit Pneumonia dan Meningitis

Mungkin sebagian besar Bunda yang sudah memiliki anak, pasti akan memberikan imunisasi lengkap bagi anak yang ia cintai. Banyak sekali jenis imunisasi yang wajib Bunda laksanakan agar bayi bisa sehat selalu, dan ada juga imunisasi yang tidak wajib. Namun jika Bunda memiliki dana lebih, alangkah lebih baik imunisasi pelengkapnya wajib dilakukan.

Salah satu imunisasi yang direkomendasikan oleh beberapa dokter untuk mencegah bayi terkena penyakit yang menyerang paru-paru dan juga otak adalah imunisasi pneumokokus. Imunisasi pneumokokus atau biasa disebut dengan imunisasi PVC adalah salah satu imunisasi yang dapat mencegah bayi terkena beberapa penyakit yang serius, salah satunya adalah mencegah bayi dari penyakit pneumonia dan meningitis.

Lantas apa pengertian diantara keduanya? Penyakit pneumonia adalah penyakit yang menyerang bayi pada bagian paru-paru, dan biasa disebut dengan paru-paru basah. Tentunya Bunda pun tidak ingin jika bayi terkena penyakit yang berbahaya, mengingat angka kematian bayi yang terkena penyakit ini sudah cukup tinggi di Indonesia.

Imunisasi PVC ini pun dapat mencegah bayi dari penyakit berbahaya lain seperti meningitis. Meningitis adalah salah satu penyakit berbahaya lain yang menyerang selaput otak. Biasanya pasien atau orang dewasa yang menderita penyakit meningitis, gejalanya hampir sulit dibedakan, karena yang ia rasakan hanya seperti gejala flu dan juga sakit kepala.

Sehingga banyak orang yang tidak menyadari mengapa bisa terkena penyakit mematikan ini yang merenggut salah satu artis kita yang sangat terkenal, yakni Almarhum Olga Syahputra.

Walaupun begitu, memang biaya imunisasi ini cukup menguras kantong Anda. Untuk imunisasi PVC yang menggunakan 10 jenis bakteri, harganya bisa mencapai 550 ribu rupiah hingga 600 ribu rupiah. Sedangkan untuk menggunakan 13 jenis bakteri, harganya bisa mencapai 850 ribu rupiah dan harga tersebut belum termasuk biaya kontrol dokter specialis anak.

Saya pun kemarin memberikan imunisasi PVC ini dengan 13 jenis bakteri untuk baby C. Imunisasi PVC ini dapat dilakukan dari bayi berusia 2 bulan hingga 5 tahun. Namun, alangkah lebih baik imunisasi ini diberikan sedini mungkin agar bayi bisa terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Dan jangan berikan obat panas terlebih dahulu jika si kecil panas, agar tidak mengurangi kinerja vaksin. Semoga bermanfaat ya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "Pentingnya Imunisasi Pneumokokus untuk Mencegah Bayi dari Penyakit Pneumonia dan Meningitis"

  1. So far baru vaksin wajib di Bidan beb, makasih infonya ya semoga anak kita sehat selalu✨

    BalasHapus
  2. wah imunisasi ini sangat penting juga ya kak ternyata manfaatnya sangat bagus banget untuk kekebalan tubuh bayi agar tidak mudah kena penyakit ;)

    BalasHapus
  3. meningitis itu yang paling mengerikan sis karena kepala sakit banget

    BalasHapus
  4. Waduh, lihat harganya imunisasi PVC mahal juga ya, 600rb itu bisa buat beli beras sekarung, minyak goreng satu derigen, Jajan anak seminggu.😂

    BalasHapus
  5. Insha Allah Baby C senantiasa sehat ya, Kak Vika. Terutama setelah diimunisasi begini.

    BalasHapus
  6. wah penting banget ternyata ya imunisasi PVC. anakku belum imunisasi ini mba, baru imunisasi wajib aja di posyandu.

    nanti kalo libur, boleh juga ah imunisasi pvc ke rs.

    makaciw info nya mba vika

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel