5 Desain Rumah Minimalis 2 Kamar untuk Inspirasi Rumah Anda

ratutips.com - Siapa sih disini yang tidak ingin memiliki desain rumah minimalis yang membuat Anda betah berlama-lama dirumah? Saya pun adalah salah satu penyuka desain rumah minimalis yang modern dan sederhana. Namun elegant dan juga berkelas.

Maka, tak jarang saya pun sering mencari inspirasi dalam memilih desain rumah minimalis yang terbaik dengan budget yang minim.

Memang, saat ini harga rumah sudah semakin tinggi dan juga mahal. Maka dari itu, banyak orang yang beralih memilih rumah minimalis 2 kamar saja untuk keluarga kecilnya.

Harga rumah saat ini saja sudah semakin tinggi. Untuk rumah type 2 kamar saja harganya sudah mencapai 400 hingga 500 juta rupiah. Dan biasanya, rumah type 2 kamar mengharuskan Anda untuk merenovasi bagian belakangnya.

Nah, darisinilah artikel ini dibuat untuk membantu Anda memberikan desain rumah minimalis 2 kamar bagi Anda yang membutuhkan inspirasi dan bingung untuk memulainya.

Sebelum membahas mengenai 7 desain rumah minimalis, saya akan mengulas tipe rumah mana saja yang memiliki 2 kamar tidur, yakni sebagai berikut :

1. Type Rumah Ukuran 36/72

Type rumah yang Anda beli dengan ukuran luas tanah 72 meter dan luas bangunan 36 meter merupakan salah satu rumah minimalis yang bisa Anda renovasi. Jika Anda membeli rumah dengan luasan seperti itu, sudah jelas jumlah kamar yang ada dirumah tersebut hanya 2 kamar.

Anda bisa menambahkan kesan rumah minimalis dengan merenovasi di bagian belakang atau di bagian depan. Sehingga desain rumah minimalis akan terlihat semakin cantik, menarik dan juga nyaman.

2. Type Rumah Ukuran 36/60

Type rumah yang memiliki 2 kamar tidur selanjutnya adalah type 36/60. Type rumah ini biasanya ditemukan di beberapa rumah subsidi. Luas tanahnya hanya 60 meter, namun luas bangunannya sama dengan yang diatas, yakni 36 meter.

Namun, jika Anda ingin type rumah 2 kamar dengan luas tanah yang lebih besar, Anda bisa memilih di point ketiga.

3. Type Rumah Ukuran 39/72

Type rumah dengan luas tanah 72 meter, dan luas bangunan 39 meter hampir sama dengan luasan di point pertama. Yang membedakan sedikit hanya pada bagian depannya. 

Untuk ukuran 39 meter, biasanya akan terlihat ruangan lebih di bagian area depan (ruang tamu) sehingga terkesan lebih luas dan juga panjang.

Biasanya, harga type 39/72 ini lebih mahal ketimbang kedua type sebelumnya. Karena luas bangunannya pun lebih besar ketimbang kedua type diatas.

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa desain rumah minimalis 2 kamar beserta tipenya. Mari akan saya berikan sedikit inspirasi mengenai desain rumah minimalis untuk Anda yang memiliki 2 kamar.

Walaupun Anda hanya memiliki rumah dengan luasan yang kecil. Anda tak perlu berkecil hati. Sebab, banyak desain rumah minimalis yang membuat rumah Anda hangat, dan juga nyaman bak istana.

Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Kamar


1. Desain Ruang Belakang Menjadi Kolam Indoor

7 Desain Rumah Minimalis 2 Kamar untuk Inspirasi Rumah Anda
source pinterest
Desain rumah minimalis pertama yang saat ini sering dijadikan inspirasi rumah minimalis adalah dengan dibuatnya kolam air di bagian halaman belakang.

Membuat kolam ikan atau taman air di indoor merupakan salah satu inspirasi cantik yang membuat rumah Anda semakin hidup.

Adanya kolam air didalam rumah terbukti dapat mengurangi tekanan dan stress dalam hidup. Selain itu, memiliki kolam air dirumah akan membuat rumah semakin hidup dengan gemercik air yang membuat rumah semakin ramai. 

Sehingga Anda pun tidak merasa kesepian dengan adanya taman air ini. Untuk membuat kolam air ini, Anda bisa menyewa jasa kolam air. Biasanya membuat kolam air ini membutuhkan budget 2 hingga 4 juta untuk membuatnya.

Ukurannya bisa Anda sesuaikan dengan ukuran rumah. Idealnya, ukuran kolam indoor ini kisaran di 1,2 meter hingga 1,5 meter tergantung kesukaan.

Namun, saat ini Anda tak perlu susah payah karena banyak juga kolam air portable yang bisa Anda pindahkan dari satu tempat ke tempat lain tanpa perlu renovasi rumah Anda.

Untuk bagian atapnya, Anda bisa kombinasikan menggunakan solartuff agar cahaya bisa masuk. Atau menggunakan main hole agar rumah tetap terang tanpa perlu menyalakan lampu dan juga menghemat listrik Anda.

2. Desain Rumah Menjadi Terasa Luas dan Panjang

7 Desain Rumah Minimalis 2 Kamar untuk Inspirasi Rumah Anda
source pinterest
Penempatan beberapa koleksi rumah Anda, seperti sofa, meja makan dan lain-lain dengan penempatan yang sesuai dan benar akan menghasilkan luasan rumah minimalis menjadi terlihat panjang dan juga segar.

Anda bisa mengatur penempatan sofa menjadi kearah vertikal atau ke arah luasan rumah yang lebih panjang. Sehingga berkesan rumah menjadi luas dan dapat diatur sedekimian rupa agar bisa dioptimalkan dengan barang-barang yang ada.

Contoh gambar diatas membuktikan bahwa memiliki ukuran rumah hanya dengan 2 kamar saja, masih bisa Anda eksplorasi dan Anda tata sedemikian rupa sehingga menghasilkan riasan desain rumah minimalis yang apik dan indah.

Anda bisa tambahkan lantai vinyl yang memiliki corak yang searah dengan panjang rumah Anda. Sehingga berkesan rumah Anda panjang kedalam.

Gunakan warna yang cerah dan padu padankan dengan warna yang sudah ada. Jangan terlalu banyak mengkombinasikan warna agar rumah Anda terkesan memiliki tema warna yang indah sesuai dengan kepribadian Anda.

Dengan demikian, Anda bisa memiliki rumah minimalis idaman Anda dan juga keluarga.

3. Desain Ruangan Belakang dengan Cor Full

7 Desain Rumah Minimalis 2 Kamar untuk Inspirasi Rumah Anda
source pinterest
Desain rumah minimalis 2 kamar selanjutnya adalah dengan melakukan penutupan di area ruang belakang. Kebanyakan dan hampir semua rumah yang bertipe 2 kamar ini memiliki area belakang yang masih terbuka dan lantai yang masih berupa tanah.

Anda bisa melakukan renovasi full dengan men-cor bagian belakang rumah dengan full cor. Sehingga ruangan belakang bisa Anda gunakan untuk menambah kamar ataupun untuk membuat dapur yang mewah.

Dengan demikian, Anda akan tenang dan tak perlu berpikir keras bagaimana jika terjadi kebocoran karena hujan dan usia rumah. Anda bisa buat kitchen set di area belakang yang sudah dicor. Untuk pemilihan kitchen set sendiri, Anda bisa pilih finishing duco ataupun hpl tergantung dari kesukaan dan dana yang Anda miliki.

Memang, menutup belakang menggunakna atap terbuka cahaya menggunakan polycarbonat atau semacamnya akan membuat riasan rumah minimalis semakin bagus dan sangat cantik.

Namun, Anda pun harus mempertimbangkan lagi untuk kedepannya. Karena jika atapnya terbuka, besar kemungkinan akan sering terkena kebocoran sehingga Anda harus mengeluarkan dana beberapa kali untuk merenovasinya.

Untuk harga cor bagian belakang rumah dengan ukuran 3m x 3 m alias 9 meter, biasanya harga borongan akan kena di harga 18 hingga 20 juta.

Sedangkan untuk menutup menggunakan solartuff, budgetnya lebih murah di kisaran 12-15 juta tergantung dari material apa yang Anda gunakan untuk merenovasi rumah bagian belakang.

4. Desain Ruang Belakang dengan Atap Transparan

7 Desain Rumah Minimalis 2 Kamar untuk Inspirasi Rumah Anda
source pinterest
Nah, desain rumah minimalis 2 kamar selanjutnya adalah dengan menggunakan atap transparan. Maksudnya atap transparan disini Adalah, cahaya bisa masuk 100 persen dengan posisi atap tetap tertutup. Sehingga memungkinkan ruangan Anda akan terkena cahaya full dan mengurangi pemakaian lampu di siang dan sore hari.

Saat ini, memang banyak sekali yang melakukan hal ini untuk membuat desain ruang belakang semakin cantik dan hidup. Tinggal Anda padukan dengan kualitas cat terbaik untuk menghasilkan rumah yang cantik dengan riasan sempurna. Hanya saja, jika spesialis tukang bangunannya tidak dapat membuat dan merenovasi dengan baik, biasanya akan banyak terjadi kebocoran. 

Bahkan pengalaman teman saya yang menggunakan atap polycarbonate sebagai material membuat atap transparan pada halaman belakang, membuat rumahnya bocor dan semua alat eletroniknya rusak karena kebocoran tersebut.

Akhirnya ia harus merogoh kocek lagi untuk menutup area belakang dengan dicor dak. Beberapa teman sempat memberitahu material terbaik untuk membuat atap transparan adalah dengan menggunakan solartuff.

Menggunakan solartuff ini mampu menutup atap dengan baik tanpa ada kebocoran. Namun semuanya kembali lagi pada ketika renovasi tersebut dilakukan.

Silahkan pilih mana desain rumah minimalis yang baik untuk Anda dan keluarga. Demikian, Anda tak perlu kebingungan karena sudah memiliki hunian rumah yang nyaman untuk keluarga kecil Anda.

5. Rumah Minimalis dengan Desain Atap dan Carport Batu Koral 

5 Desain Rumah Minimalis 2 Kamar untuk Inspirasi Rumah Anda
source pinterest
Nah, desain rumah minimalis selanjutnya yang bisa dijadikan inspirasi bagi rumah Anda adalah dengan merenovasi bagian garasi atau bagian depan rumah dengan menggunakan batu koral.

Saat ini, batu koral sudah menjadi pilihan kedua setelah keramik untuk menjadikan riasan rumah minimalis semakin sempurna.

Karena, jika Anda menambahkan kamar di bagian depan, biasanya akan terkena pinalti oleh developer karena rumah yang Anda cicil menggunakan sistem kpr tidak memperbolehkan Anda untuk merubah tampak depan rumah.
Anda bisa melakukan desain rumah dengan cara menggunakan batu koral sebagai bahan utama dalam merenovasinya. Memang, membuat carpot dengan desain batu koral akan semakin terlihat menarik. Namun harganya pun cukup mahal.

Setelah saya tanya-tanya ke beberapa tukang batu koral, service dan jasa untuk memasang keramik batu koral adalah kisaran 200 hingga 250 ribu rupiah. Sedangkan untuk jasa memasang keramik biasa hanya 60 ribu rupiah per meter, tapi harga tersebut belum termasuk biaya keramik dan material lain.

Anda bisa tambahkan sofa untuk Anda duduk manis di halaman depan, ditambah beberapa tanaman dengan pot yang vertikal sehingga tidak banyak menghabiskan ruangan bagian depan Anda.

Dengan demikian, mempercantik ruangan tidak hanya pada area dalam saja, namun area luar pun bisa jadi bahan desain rumah Anda agar terlihat cantik dan juga mahal.

 5 Desain Rumah Minimalis 2 Kamar untuk Inspirasi Rumah Anda source pinterest
source pinterest
Selain itu, Anda bisa melakukan desain rumah bagian depan menggunakan atap yang kekinian dan terkesan mewah. Gambar diatas bisa jadi referensi bagi Anda untuk menggunakan atap transparan agar rumah tetap terlihat mewah dan juga menarik.

Untuk gambar diatas, atap menggunakan material polycarbonate ditambah menggunakan besi holow besar, sehingga kesan rumah minimalis sangat jelas terlihat dan membuat rumah semakin cantik dan menarik.

Sehingga Anda pun semakin nyaman berlama-lama dirumah Anda sendiri. Harga material untuk atap diatas di kisaran 500 hingga 600 ribu per meter tergantung dari ukuran yang Anda minta dan dana yang Anda punya.

Penutup

Sebenarnya, masih banyak lagi ide desain rumah minimalis 2 kamar untuk Anda yang punya budget minim. Namun, gambaran diatas bisa jadi inspirasi bagi Anda untuk mendesain rumah minimalis 2 kamar menjadi rumah yang serba cantik yang dipadupadankan dengan apa yang akan Anda buat.

Sehingga rumah kecil pun semakin cantik dan semakin hidup oleh si empunya rumahnya. Dan jangan lupa untuk memperhitungkan budget dan dana yang ada, sehingga semuanya disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Anda pun bisa melakukan desain rumah, mulai dari kamar mandi yang menggunakan desain kontemporer. Sehingga semua kamar semakin cantik, nyaman, dan juga membuat pemiliknya betah berlama-lama dirumah sendiri bak surga dunia.

Semoga artikel mengenai 5 desain rumah minimalis 2 kamar ini bisa jadi bahan referensi Anda dalam membuat rumah yang nyaman dan juga aman. Semoga bermanfaat!



Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "5 Desain Rumah Minimalis 2 Kamar untuk Inspirasi Rumah Anda"

  1. pasti saya mau bu karena tanah saya memang sempit jadi rumah minimalis selalu jadi pilihan utama

    BalasHapus
  2. Suka banget sama konsep rumah minimalis, serta desain-desain yang ada di pos ini, Kak Vika. Karena, rumah saya meskipun kamar utamanya cuma tiga tapi ruang tamunya kayak lapangan bola hahahah :D bosan juga ngaturnya. Pengen ganti tema tahun ini yang warna-warni begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah malah bagus itu kak, ruang tamu nya luas, jadi kalau ada hajatan bisa menampung tamu banyak ya, tamunya nggak sampai di teras getu :D

      Hapus
    2. Iya Zunif, luas ruang tamu kami ini jadi kalau cuaca panas siang-siang saya tidur di ruang tamu guling sana guling sini wkwkwkwkwk :D

      Hapus
  3. wah bener-bener minimalis nih kak desain rumah nya, sehingga bisa lebih aman nyaman dan tenang ya kak kalau kita sudah punya rumah sendiri nggak serumah dengan orang tua atau mertua kita, pasti merdeka ya :D

    BalasHapus
  4. wah kapan ya kira-kira saya bisa punya rumah sendiri, soalnya udah pengen banget hidup mandiri dan nggak merepotkan orang tua dan mertua lagi, kasihan mereka sudah sering kita repotkan sejak kita masih kecil ya kak :)

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel