Kitchen Set Finishing HPL atau Duco, Manakah yang Lebih Baik? - ratutips.com

Latest

Selasa, 08 Januari 2019

Kitchen Set Finishing HPL atau Duco, Manakah yang Lebih Baik?

Kitchen Set Finishing HPL atau Duco, Manakah yang Lebih Baik?

Membuat kitchen set saat ini merupakan kebutuhan semua orang untuk menunjang dekorasi rumah Anda. Dengan menggunakan kitchen set, selain rumah akan terkesan lebih mewah, juga perabotan dapur akan terlihat lebih rapi dengan menggunakan kitchen set.

Saat ini, ada beberapa finishing untuk kitchen set yang cukup populer dan jadi bahan pertimbangan untuk setiap orang yang ingin membuat kitchen set, yakni kitchen set dengan finishing hpl dan kitchen set dengan finishing duco. Lantas, apa saja perbedaan diantara keduanya? Diantara hpl dan duco, manakah finishing yang terbaik untuk kitchen set agar terkesan mewah pada dekorasi interior Anda? Yuk simak perbedaan dan ulasannya dibawah ini.

1. Menggunakan Finishing HPL lebih murah

Menggunakan finishing hpl dalam pembuatan kitchen set merupakan salah satu pilihan tepat untuk Anda yang memiliki budget minim. Menggunakan finishing hpl, selain mempunyai corak lain seperti corak kayu atau batu alam, juga memiliki harga yang relatif murah per meternya.

Ada yang menawarkan jasa membuat kitchen set mulai dari harga 1,8 juta per meter hingga 2,2 juta per meter. Ada juga yang menawarkan harga diatas harga pasaran.

Menggunakan hpl selain murah, juga tahan air karena hpl sama dengan melapis kayu atau blok melamin menggunakan material hpl kualitas tinggi, sehingga pori-pori kayu aslinya tertutup dan aman jika terkena air. Namun, jika pemasangan hpl tidak rapi, biasanya akan terlihat dari sudut-sudut lemarinya seperti meletek atau bergelembung.

Dengan penggunaan perhitungan meter lari dalam membuat kitchen set, pastinya cukup membuat Anda harus keluar banyak uang dalam membuatnya. Pasalnya, banyak sekali barang yang harus Anda beli dalam menunjang kitchen set. Minimal, Anda harus memiliki budget 10 juta untuk membuat kitchen set yang minimalis. Dan harga tersebut belum termasuk cooker hood, maupun kompor tanam yang dapat mendukung tampilan kitchen set Anda terlihat lebih elegan dan juga mahal.

2. Finishing Duco Mahal, Namun Terlihat Mewah

Saya sempat beberapa kali ke workshop kitchen set yang berlokasi di Bogor. Mereka selalu membuat workshopnya menggunakan finishing duco. Saya pun terheran-heran mengapa tidak menggunakan hpl yang harganya jauh lebih murah ketimbang duco. Dan nyatanya, workshop-workshop menggunakan duco sebagai finishing kitchen set agar terlihat elegan, mewah, mahal, dan juga keren.

Saya saja dibuat terkagum-kagum ketika melihat salah satu workshop kitchen set finishing duco dengan warna yang elegan. Ketika ditanya berapa budgetnya, cukup fantastis. Minimal Anda harus punya budget diatas 20, dan normalnya di kisaran 25 juta untuk mendapatkan kitchen set ala-ala pinterest yang keren dengan dekorasi yang apik.

Harga finishing cat duco dimulai dari harga 2,6 juta per meter lari hingga 3 juta rupiah. Cukup mahal, mengingat perkalian per meternya cukup membuat saya ternganga dibuatnya. Namun kembali lagi pada Anda, karena ada harga ada rupa. Saya rasa jika Anda memiliki budget lebih pun, akan lebih tertarik jika memiliki kitchen set dengan finishing duco yang mengkilap dan juga elegan.

Mengapa menggunakan duco mahal? Selain karena hasilnya yang sangat bagus, ternyata pengerjaan menggunakan duco pun butuh ketelitian yang tinggi. Pengerjaannya pun tidak semudah menggunakan finishing hpl. Menggunakan duco pengerjaanya bisa berbulan-bulan.

Namun, karena duco merupakan lemari yang dicat dengan proses yang panjang, hanya tersedia warna-warna solid saja. Tidak seperti hpl yang bisa anda request motifnya, seperti motif kayu, solid, glossy, doff bahkan motif batu alam.

Semuanya kembali lagi pada kesukaan Anda dan juga budgetnya. Jika Anda punya fresh money yang cukup banyak, manakah finishing kitchen set yang Anda pilih? Finishing hpl dengan corak kayu atau finishing cat duco agar dekorasi rumah tampak elegan dan berkelas?

6 komentar:

  1. Duh pengen deh punya kitchen set yang shabby chic btw makasih infonya sis

    BalasHapus
  2. Duh istri saya gak bole liat ini nih hehehe

    BalasHapus
  3. Aku juga suka tampilan furniture di cat duco, kak.
    Kesannya terlihat jadi mewah dan elegan.

    BalasHapus
  4. Mewah banget dan kayaknya nggak pantas ditaruh di rumah gua mbak, karena rumah gua itu minimalis, minimal nggak sampai jadi Pengemis ckck,

    BalasHapus
  5. sha masih bingung bedain hpl sama duco, tambahin gambarnya dong teh hehehe

    BalasHapus
  6. Hwah, ini keren sekali, Kak. Tapi ya rumah saya belum cocok yang kayak gini wkwkwkwk :D minimal kompor bisa nyala Alhamdulillah haha.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..