7 Masakan Padang Paling Enak, Murah yang Bikin Lidah Bergoyang

Masakan Padang Paling Enak - Siapa sih disini yang menyukai masakan padang yang terkenal enak, lezat, maknyos dengan harga yang murah? Saya pun salah satu penyuka masakan padang, karena masakan padang selain mempunyai bumbu yang khas, juga rasanya tak kalah jauh dengan makanan khas sunda.

Biasanya orang akan memilih masakan padang sebagai menu pengganti masakan sunda jika dirasa lidah sudah bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Selain itu, biasanya masakan padang akan disuguhi dengan berbagai teman makan lainnya, seperti sambal hijau, kuah gulai dan juga gulai nangka sebagai pelengkapnya.

Selain itu, masakan padang terkenal dengan harga yang murah dan terjangkau. Dan juga porsinya yang banyak, membuat banyak kaum adam beralih menyukai masakan padang karena porsinya yang besar dengan harga yang cukup murah.

Lantas, apa saja masakan padang paling enak, murah dan juga bikin lidah bergoyang? Lalu, darimana sih  masakan padang berasal? Yuk simak artikel ini hingga selesai!

Sejarah Masakan Padang

Dahulu sekali, masakan padang sangat terkenal dan dinamai masakan padang karena masakan ini berasal dari Minangkabau, yakni bagian barat negara kita tepatnya di daerah Padang. Seperti yang dilansir oleh wikipedia, masakan padang ini sebenarnya bukan berasal dari Padang, melainkan dari Bukit Tinggi dan kota lain yang terkenal kaya akan kuliner.

Sehingga, dengan resep kuliner yang enak dan juga lezat, masakan padang ini berkembang pesat. Yang awalnya hanya ada di daerah Sumatera saja, berkembang ke pulau Jawa dan juga pulau-pulau lainnya.

Sehingga seperti yang Anda lihat sekarang, terkadang di area dekat rumahpun. Lebih banyak Anda temui masakan padang ketimbang warteg yang menjual makanan khas sunda.

Cara penyajian masakan padang biasanya sang pelayan akan menyuguhkan belasan piring di meja makan Anda dengan menu yang berbeda. Anda tinggal ambil menu yang Anda sukai, lalu setelah beres makan. Biasanya pelayan akan menghitung biaya yang akan dikeluarkan.

Namun, cara pelayanan ini semakin berubah. Tidak semua restoran padang melakukan cara penyajian yang seperti itu. Saat ini, kebanyakan rumah makan padang hanya menyajikan makanan yang Anda pesan.

Biasanya, hanya beberapa restoran besar yang masih menggunakan cara penyajian dengan cara lama. Sedangkan untuk masakan padang dengan resto yang kecil, biasanya jarang menyajikan cara makan seperti itu. Pelayan hanya menyajikan makanan yang Anda pesan saja.

Masakan padang ini tidak hanya disajikan untuk makan ditempat saja, namun bisa Anda makan dirumah dengan membeli masakan padangnya saja. Anda cukup buat nasi dirumah. Lalu masakan padang yang enak bisa jadi teman makan Anda agar lidah Anda semakin nikmat dan bergoyang.

Diantara banyak menu masakan padang, ada beberapa masakan padang yang paling enak, murah dan bikin lidah bergoyang. Apa saja sih menunya?

7 Menu Masakan Padang Paling Enak dan Murah

1. Rendang

7 Masakan Padang Paling Enak, Murah yang Bikin Lidah Bergoyang

Rendang merupakan salah satu masakan padang yang paling khas dan paling sulit untuk dibuat. Biasanya, restoran padang membutuhkan waktu berjam-jam hingga seharian untuk membuat masakan padang rendang ini.

Harga rendang yang dibuat dari daging sapi pilihan yang diolah dengan bumbu dan rempah rahasia, biasanya memiliki rentang harga yang sedikit mahal ketimbang masakan padang lainnya.

Untuk rendang yang dijual di warung padang kecil. Anda bisa mendapatkan satu potong rendang dengan harga mulai dari 11 ribu hingga 15 ribu rupiah.

Namun, jika Anda membeli rendang di restoran yang besar, biasanya harganya pun akan jauh lebih mahal. Sekitaran 15 ribu hingga 25 ribu rupiah.

Saya pun mengalami makan masakan padang dengan menu rendang yang cukup mahal, yakni 25 ribu rupiah. Maklum saya baru mencoba makan di restoran padang yang besar yang menyajikan seluruh menu piring di meja makan.

Padahal, biasanya saya membeli rendang untuk teman makan hanya 12 ribu rupiah. Rasa tetap sama-sama enak, namun pelayanan saja yang berbeda.

Walaupun kecil, rendang ini bisa jadi teman makan nasi yang nikmat dan bikin lidah bergoyang. Jika Anda malas untuk membuat masakan padang yang membutuhkan bumbu rahasia dan menghabiskan banyak waktu membuatnya, ada baiknya Anda membeli saja rendang ini di warung padang kecil dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang membuatnya sendiri.

2. Ayam Bakar Khas Padang

Menu masakan padang selanjutnya yang menurut saya enak dan juga murah adalah menu ayam bakar khas padang. Saya pun tidak mengerti bagaimana cara membuatnya sehingga rasa ayam bakar di berbagai masakan padang ini enaknya bukan main.

Dan harganya pun tergolong murah. Bahkan ada beberapa warung makan padang yang membuat menu nasi ditambah ayam bakar saja hanya 10 ribu rupiah. Biasanya saya memesan menu ini ketika lidah sudah sangat bosan dengan masakan sunda, atau sedang malas memasak.

Hanya dengan membawa uang 10 ribu rupiah, selain rasanya yang nikmat dan juga enak. Harganya pun murah dan ramah sekali di kantong.

Walaupun tidak semua warung padang menjual harga masakan padang dengan harga murah. Anda harus selektif memilih warung padang yang menjual harga murah dengan rasa yang enak.

Jika ada yang murah, kenapa harus yang mahal? Biasanya, warung padang yang menjual berbagai masakan padang yang murah, ia mensiasatinya dengan ukuran ayamnya.

Semakin murah, memang ukurannya pun agak kecil. Namun tidak mengapa, asalkan rasa dan harga yang ditawarkan masuk di budget Anda.

3. Ikan Bakar Khas Padang

Masakan padang selanjutnya yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang murah adalah ikan bakar khas padang. Biasanya ikan bakar yang dipilih adalah berbagai macam ikan dengan kualitas yang segar dan juga enak.

Biasanya, menu ikan bakar yang disajikan di warung makan padang langganan saya adalah ikan kembung. Untuk harga ikan kembung ini dibanderol dengan harga 10 ribu rupiah. Tergantung dari harga setiap warung nasi padang.

Ukurannya pun cukup besar dan bisa untuk dua kali makan, tergantung dari cara makan Anda. Ikan bakar ini biasanya dibumbu merah dulu, baru dibakar. Sehingga rasanya semakin menusuk hidung dan enak dengan tambahkan sayur nangka, sambal hijau, dan juga daun singkong.

Untuk Anda yang ingin mencoba menu ikan bakar khas sunda, Anda bisa membaca artikelnya disini dan saya lampirkan juga resep membuat ikan bakar yang enak dan juga lezat.

4. Ikan Kakap Khas Padang

Nah, masakan padang selanjutnya yang bikin saya gagal move on setiap ingin mencoba masakan baru adalah menu masakan ikan kakap khas padang.

Ini merupakan masakan unggulan yang paling enak menurut saya. Tidak ada yang bisa membuat menu masakan padang dari ikan kakap selain masakan padang ini.

Bumbunya yang banyak, rempahnya yang banyak, membuat gulai ikan kakap sangat enak dan tidak ada bau amis yang terasa.

Walau demikian, memang tidak semua warung padang menjual ikan kakap khas padang, karena pengolahannya yang lebih rumit dan sulit ketimbang membuat rendang.

Biasanya, hanya restoran besar yang menjual menu ikan kakap di warungnya. Terakhir saya membeli menu ikan kakap ini seharga 30 ribu rupiah.

Namun, harga yang ditawarkan sebanding dengan rasa yang didapat. Malah, jika Anda mengolahnya dan membuatnya sendiri dirumah. Selain waktu habis terbuang, juga dana yang dikeluarkan melebihi dari Anda membeli ikan kakap yang sudah jadi.

5. Berbagai Menu Gulai

Hampir setiap warung nasi alias warteg jarang membuat menu gulai di berbagai masakannya. Sehingga buat pecinta gulai, ia akan mencari makanan yang berbau gulai di menu masakan padang.

Menu gulai masakan padang adalah paling enak diantara semua tempat makan. Selain tata cara pengolahan gulai yang terkesan sulit karena membutuhkan waktu memasak yang lama, juga banyak bumbu rahasia yang tidak semua orang tahu.

Sehingga masakan menu gulai merupakan masakan padang paling enak dan juga bikin lidah bergoyang. Menu gulai di masakan padang sangat banyak variasinya. Mulai dari gulai ayam, gulai ikan tongkol, ikan tenggiri, gulai kambing, gulai usus, gulai babat, gulai ikan mas, gulai ati dan berbagai macam gulai lainnya.

Namun, menu gulai yang saya sebutkan diatas hanya ada di beberapa rumah makan padang yang besar. Biasanya, rumah padang kecil dan murah, hanya menyediakan beberapa menu gulai saja sebagai pelengkap hidangannya.

Seperti gulai ayam, gulai ikan, dan juga gulai kambing. Untu menu gulai ayam dan gulai ikan, biasanya harga yang ditawarkan hampir sama dengan menu lain yang harganya murah. Mulai dari 12 hingga 15 ribu rupiah.

Sedangkan untuk menu gulai kambing, ada beberapa rumah makan padang yang membanderol gulai kambing ini dari harga 20 hingga 30 ribu rupiah. Tergantung besarnya porsian setiap masakan padang di berbagai warung makan.

6. Udang Balado

Menu selanjutnya untuk masakan padang selanjutnya adalah menu seafood seperti udang balado yang dicampur dengan petai sebagai bahan pelengkapnya. Udang balado khas masakan padang memiliki rasa yang enak dan berbeda dengan udang balado khas sunda.

Udang balado ini biasanya dibanderol dengan harga yang agak tinggi. Sekitaran 18 ribu hingga 20 ribu per porsinya. Namun, udang balado ini bisa dijadikan teman makan untuk beberapa kali makan karena porsinya yang cukup banyak.

Bahkan, ada beberapa masakan padang lain yang menjual udang goreng sate di setiap tempat makan. Biasanya, udang goreng sate ini harga per tusuknya kisaran 13 ribu rupiah.
Anda bisa mencoba berbagai macam udang yang ada di masakan padang. Namun, jika Anda ingin mencoba membuat sendiri dirumah, saya akan berikan resep membuat udang saus padang.

7.  Berbagai Menu Jeroan

Menu terakhir yang paling enak dan murah yang jarang ditemukan di rumah makan selain rumah makan padang selanjutnya adalah menu jeroan.

Banyak sekali orang yang akhirnya memilih masakan padang sebagai menu makannya, karena masakan padang banyak juga menyajikan masakan jeroan yang jarang dijual oleh tempat makan lainnya.

Masakan padang yang terkenal enak adalah menu usus sapi, otak sapi, bahkan limpa yang sangat nikmat dan juga enak.

Harga jeroan ini memang agak sedikit mahal, namun sebanding dengan rasa yang didapatkan oleh Anda. Perut kenyang, lidah pun bergoyang.

Penutup

Sebenarnya, ada beberapa masakan padang yang paling enak dan juga murah, seperti telor balado dan berbagai menu lainnya. Namun yang ditulis di artikel ini adalah 7 masakan padang yang paling enak dan juga murah. Semua menunya tidak lebih dari 20 ribu rupiah.

Jadi, masakan padang ini bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin makan masakan padang yang berbeda dan juga enak. Karena jika Anda membuat sendiri dirumah, selain menghabiskan waktu yang lama. Juga dana yang dikeluarkan mungkin lebih banyak ketimbang Anda membelinya.

Untuk Anda yang menyukai makanan khas sunda seperti sate dan lain sebagainya, Anda bisa melihat reviewnya disini ya.

Semoga artikel mengenai 7 masakan padang paling enak, murah dan bikin lidah bergoyang dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin memesan masakan padang untuk teman makan Anda dirumah.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Komentar untuk "7 Masakan Padang Paling Enak, Murah yang Bikin Lidah Bergoyang"

  1. rendang saya suka, masaknya 8 jam kalau di kotanopan sini, hahaha

    BalasHapus
  2. masakan padang memang tiada duanya ya kak, sudah menasional bahkan juga ada di luar negeri, tapi yang disayangkan kok harga nya masih tergolong mahal ya :D

    BalasHapus
  3. Meski rendang memang enak dan pernah dinobatkan sebagai masuk sebagai makanan terenak di dunia ..., aku lebih memilih udangnya kalau disodorin kedua pilihan itu, kak ...

    Tebalnya daging sate udang di kuliner Padang itu .. enaaak 😁

    BalasHapus
  4. Aku tahunya rendang, dan itu makanan terfavorit aku ��

    BalasHapus
  5. Rendang udah dabeesssssstttt pokoknyaaaaa :v

    BalasHapus
  6. rendang dan udang balado aja deh saya mah hihi

    BalasHapus
  7. rendang ini kesukaan saya kak, tapi harganya lumayan mahal juga, dan bisa bikin gigi saya selilitan hahaha :D tapi memang bikin nagih pokoknya masakan padang benar-benar merakyat ya ;)

    BalasHapus
  8. Paling suka rendang, ayam bakar sambel ijo dan lalapnya. Hayu makan padang lagi dinrumahku kwkwkwk

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel