6 Cara Cepat Tidur untuk Anda yang Insomnia

5 Cara Cepat Tidur untuk Anda yang Insomnia

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk mengembalikan metabolisme dan kesehatan tubuh. Selain itu juga, tidur pun sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Minimal, waktu yang dibutuhkan untuk tidur idealnya adalah 7 hingga 9 jam per hari. Namun banyak orang yang bingung bagaimana cara cepat tidur untuk sebagian orang yang terkena insomnia.

Insomnia pun menjadi salah satu penyakit sulit tidur yang membuat seseorang yang merasakannya akan kesulitan untuk tidur. Sehingga ketika waktu aktivitas bekerja tiba, ia sering merasa pusing dan sakit kepala karena kurangnya tidur.

Kurang tidur pun dapat menyebabkan seseorang menjadi kelelahan dan tidak fokus. Kurang tidur pun bisa membuat Anda sering merasakan sakit kepala, badan tidak seimbang, tidak bergairah dalam bekerja dan masih banyak efek lainnya dari kurangnya tidur.

Sebelum membahas 6 cara cepat tidur untuk yang kesulitan tidur atau insomnia. Anda pun harus tahu penyebab dari Anda susah tidur. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi penyebab tidur dan belajar untuk hidup sehat.

Penyebab Sulit Tidur atau Insomnia

1. Terlalu Banyak Beban Pikiran

Orang yang terlalu banyak beban pikiran dengan membebani otak dengan semua pikiran yang melintas, baik pikiran mengenai beratnya pekerjaan bahkan urusan rumah. Biasanya ia akan kesulitan tidur dan merasa gundah gulana.

Biasanya, orang yang sering panik dan tidak tenang akan lebih sering terkena insomnia ketimbang orang yang sering cuek dan tidak terlalu memikirkan pekerjaan atau suatu hal yang lain.

Memang, memikirkan pekerjaan merupakan hal yang utama. Namun Anda pun harus tahu bahwa tubuh butuh waktu istirahat dan mengembalikan hormon maupun kesehatan tubuh dengan tidur. 

So, kurangilah untuk terlalu membebani pikiran, dan cobalah merilekskan pikiran dengan selalu tenang dan tidak panik.

2. Terlalu Sering Mengkonsumsi Kafein

Anda harus tahu bahwa makanan yang mengandung kafein membuat Anda terjaga dari tidur. Bahkan sebagian besar orang yang begadang demi menyelesaikan pekerjaan akan sering meminum kopi atau teh agar tetap bisa mengerjakan pekerjaanya.

Bagi Anda yang sering meminum kopi dan merasakan gejala insomnia, mungkin sebaiknya kurangi mengkonsumsi kopi. Batasi dalam meminum kopi, bahkan teh pun sama-sama mengandung kafein 11 mg dari 100 mg teh.

Jadi, bisa saja penyebab Anda kesulitan tidur karena terlalu sering mengkonsumsi teh atau kopi tanpa Anda sadari.

3. Lapar

Kelaparan adalah salah satu penyebab Anda sulit tidur. Bahkan penyebab ini tentunya banyak yang tidak menyadarinya. Perut yang lapar akan membuat seseorang akan sulit tidur. Karena otak akan merespon pada tubuh bahwa ia butuh asupan.

Setelah mengetahui beberapa penyebab umum Anda kesulitan tidur, ratutips akan merangkum secara lengkap 5 cara cepat tidur untuk Anda yang insomnia.

Cara Cepat Tidur dengan Mudah

1. Jangan Membebani Pikiran

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa salah satu penyebab orang kesulitan tidur adalah terlalu sering membebani pikiran dengan berbagai hal. 

Cukuplah jika Anda mempunyai berbagai macam beban di tempat kerja, janganlah membawa beban pekerjaan tersebut dibawa kerumah. Anda sudah cukup lelah oleh berbagai pekerjaan. Berikan waktu tubuh dan otak untuk istirahat dari berbagai kegiatan yang membuat Anda penat dan jenuh.

Salah satu cara agar cepat tidur adalah dengan membiasakan diri untuk membebaskan pikiran dan menenangkan diri. Sehingga tubuh dan otak menjadi rilex, dan Anda pun bisa tidur dengan pulas tanpa ada pikiran yang membuat Anda tetap tidak bisa tidur.

Jika Anda masih belum bisa tidur setelah menghilangkan kejenuhan dari berbagai beban pikiran, ada baiknya Anda mencoba untuk merilekskan tubuh dengan olah pernapasan.

2. Menarik Napas dan Buang Napas Pelan Pelan

Salah satu cara cepat tidur selanjutnya adalah dengan menarik napas panjang lewat hidung, lalu membuang napas melalui mulut secara perlahan-lahan. Lakukan hal tersebut hingga Anda merasa lebih rileks dan tenang.

Dengan demikian, Anda akan lebih tenang. Jika otak, tubuh dan perasaan lebih rileks dan tenang, Anda akan bisa tidur dengan cepat.

Karena intinya adalah kesulitan tidur pun dikarenakan pikiran yang tidak tenang. Dengan menarik napas pelan-pelan lalu membuangnya, membuat pikiran menjadi tenang dan Anda pun akan bisa cepat tidur.

3. Jangan Mengkonsumsi Kafein

Salah satu cara agar Anda cepat tidur adalah dengan tidak mengkonsumsi kafein di hari tersebut. Memang, ada sebagian orang yang sering mengkonsumsi kopi namun tetap bisa tidur. 

Akan tetapi ada pula yang jarang mengkonsumsi kopi, namun sekalinya minum secangkir kopi di siang hari akan menyebabkan ia kesulitan tidur dimalam hari.

Kenali tubuh Anda, dan rasakan efek kafein pada tubuh Anda. Jika Anda mencoba minum kopi secangkir dalam sehari dan langsung terasa kesulitan tidur. Waktunya bagi Anda untuk mengurangi bahkan jangan mengkonsumsi kafein.

Salah satu makanan yang mengandung kafein pun adalah teh. Teh, walaupun terlihat sehat namun teh pun mengandung kafein. Jadi, jaga pola makan Anda dengan mengurangi konsumsi kafein agar cepat tidur.

4. Makan, Mungkin Anda Lapar

Salah satu cara cepat tidur selanjutnya adalah dengan makan. Saya pun sempat beberapa kali kesulitan tidur karena perut berbunyi dan tak kunjung makan. Akhirnya saya tidak bisa tidur, dan waktu pun terus berjalan tanpa henti.

Akibatnya, saya kehabisan banyak waktu dan setelah makan. Saya pun bisa tidur dengan nyenyak bahkan ngorok saking enak tidurnya.

Penyebab sulit tidur memang karena Anda kelaparan. Bisa jadi tidak terasa oleh Anda, namun karena Anda lapar, gula darah rendah sehingga Anda pun kesulitan tidur.

Makan buah bisa menjadi cara agar cepat tidur. Namun, jika makan buah masih saja tidak berefek berarti bagi Anda. Anda bisa makan karbohidrat dengan jumlah yang cukup namun jangan berlebihan.

Mengkonsumsi makanan nasi ketika kesulitan tidur akan membuat Anda memiliki gula darah yang tinggi sehingga menyebabkan Anda akan ngantuk. Dan berujung Anda bisa tidur setelah makan dengan perut yang sudah kenyang.

Namun, mengkonsumsi karbohidratnya pun jangan terlalu banyak. Sebab jika terlalu banyak akan berpotensi menyebabkan obesitas.

5. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat sebelum tidur akan memberikan efek relaksasi bagi tubuh. Anda akan lebih tenang dan rileks, karena tubuh menjadi bersih dan lebih tenang dan segar setelah mandi.

Idealnya, suhu air hangat yang paling nyaman adalah di kisaran 36 derajat hingga 38 derajat. Dengan suhu yang ideal, Anda akan mendapatkan relaksasi yang nyaman dan juga segar. Dengan begitu, mempermudah Anda bisa cepat tidur.

6. Matikan Lampu dan Gadget

Terkadang, lampu yang terlalu terang pada kamar akan menjadikan si pemilik kamar akan kesulitan tidur. Terlalu nyala lampu dengan watt yang besar akan membuat orang akan kesulitan tidur dan tidak tenang.

Salah satu cara agar cepat tidur adalah dengan mematikan lampu. Hal ini berlaku juga untuk bayi agar cepat tidur. Selain membuat mata lebih rileks karena cahaya dimatikan, mematikan lampu dan gadget pun terbukti mengurangi kinerja mata untuk terus melihat.

Sehingga, mata akan lebih rileks, dan tubuh pun akan semakin tenang. Dengan demikian Anda akan dengan cepat dapat tidur dengan nyenyak.

Bagaimana setelah membaca 6 cara cepat tidur untuk Anda yang insomnia? Semoga setelah memvaa artikel ini, Anda bisa tidur dengan lebih nyenyak. Dan Anda pun akan sehat. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

13 Komentar untuk "6 Cara Cepat Tidur untuk Anda yang Insomnia"

  1. bisa dicoba nih kak, biar saya bisa tidur cepat dan nggak sering begadang ;)

    sudah sering main ke blog sobat, tapi ternyata ada yang kurang, yaitu ane belum follow blog sobat, izin follow ya kak ;)

    BalasHapus
  2. Dari artikel kesehatan yang pernah kubaca, ada baiknya menghindari ngopi minimal 5 jam sebelum tidur, kak.

    Dan aku juga baca kalau kita ngopi menjelang jam-jam tidur, bisa menyebabkan kita jadi bermimpi buruk, seperti : meninggal, dihantui dan mimpi seram lainnya.

    Seram yaaa ...
    Bukannya tidur pulas, eh malah mimpi horroooor 😱😰

    BalasHapus
  3. nah nomor 1 itu gegara ngeblog saya yg terlalu memikirkan desain postingan... nice tips.

    BalasHapus
  4. Bener benget beb waktu pas sariawan tea aku ngga bisa tidur huhu makasih beb intinya tong loba pikiran, lobakeun mah duit kwkwkkw

    BalasHapus
  5. Saya termasuk orang yang susah tidur terkadang...Dan penyebabnya mungkin Kelebihan minuman berkafein bisa jadi..😄😄

    Terkadang bila mengkonsumsi kopi atau coklat hangat saya bisa tidur jam 3 pagi..😄😄

    Ok thanks atas tipsnya intinya tidak makan dan minum secara berlebih agar kita bisa cepat tidur..😄😄

    BalasHapus
  6. Nah ini dia, hahhahah padahal di pos sebelumnya berkomentar bahwa saya insomnia. Tapi anehnya saya ini meskipun dalam sehari tidak minum kafein, misalnya, teteup saja susah tidur :(

    BalasHapus
  7. bisa dicoba ini kak, kebetulan susah banget tidur malam, kalau udah tiduran sambil pegang hp sulit untuk merem ;)

    BalasHapus
  8. patut di coba mbak, apalagi mandi air hangat sepertinya enak (bayangkanya aja udah nyaman) hehehe

    BalasHapus
  9. bagian terakhir ini yang paling ngena di saya. niat awal untuk membuat mata terlelap dengan memainkan gadget tapi setelah scroll up and down yang ada malah gak bisa tidur.

    BalasHapus
  10. wah besok sudah harus bangun pagi nih karena masuk jam 7 pagi, bahaya banget kalau sampai bangun kesiangan gara gara begadang, izin praktekan tips nya ya kak , makasih :)

    BalasHapus
  11. yg paling berasa banget itu kalo terlalu capek ;p.. aku sering saking capeknya, bukannya malah ngantuk, tp jd susah banget tidur.. kirain kalo capek bakal tidur kan yaaa... di aku ga tuh.. dan susah untuk maksain tidur.. apalagi kalo besonya kerja.. duuuh udh kayak pgn nangis deh.. kebayang mata sembab pas pagi soalnya

    BalasHapus
  12. wah tadi pagi kesiangan kak, sehingga tidak bisa ikut berangkat ke tujuan, gara gara begadang nih ngeblog hehehe ;D

    BalasHapus
  13. Yang paling ampuh ya minum susu, dijamin langsunh ngantuk ��

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel