Dear Moms, Perhatikan Cara Ini sebelum Memilih Mainan untuk Si Kecil

Sumber : sinjoytoys.com

Mainan anak - Menentukan mainan anak laki-laki maupun perempuan dalam berbagai umur merupakan sesuatu yang penting dilakukan. Karena mainan tidak hanya digunakan untuk bermain anak saja, melainkan juga bisa menjadi salah satu cara untuk dapat mengasah kreativitas, keterampilan, dan sebagai media belajar anak.

Biasanya, Moms sering kebingungan saat berada di toko mainan dalam memilih mainan mana yang cocok untuk si kecil. Sebagai saran, jangan pernah tertarik dari bentuk yang bagus saja ya Moms. Akan tetapi alangkah lebih baik memilih mainan sesuai dengan usia si kecil, supaya mainan tersebut lebih bermanfaat.

Hal ini dapat meningkatkan suasana hati dan dapat membantu si kecil belajar hal baru serta dapat membantu perkembangan otak si kecil. Lalu, bagaimana cara memilih mainan terbaik untuk si kecil?

Pada tulisan kali ini, ratutips akan merekomendasikan jenis mainan yang cocok untuk diberikan kepada si kecil sesuai dengan umurnya. Check it out!

1. Mainan Balita 0 - 1 Tahun

Sumber : bundadanbalita.com

Jenis mainan yang cocok untuk anak ketika masih bayi hingga menginjak usia 1 tahun adalah mainan yang dapat membantu mengaktifkan panca indera si kecil. Hal ini disebut sebagai salah satu cara untuk membantu eksplorasi si kecil.

Pada dasarnya mainan yang diberikan di saat usia tersebut bertujuan agar dapat membuat si bayi untuk berlatih menggigit, meraih bahkan menjatuhkan benda.

Rekomendasi mainan yang cocok untuk anak mulai dari usia balita sampai 1 tahun adalah sebagai berikut ini.

a. Mainan yang menimbulkan bunyi, misalnya lagu dan bisa menarik perhatian si kecil lalu gantunglah mainan tersebut di bagian atas ranjang bayi. Memilih mainan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan stimulasi mata dan dapat membuat perhatian anak terlatih.

Tapi Moms juga perlu berhati-hati dalam menempatkan mainan ini dan jangan terlalu dekat dengan wajah si kecil.

b. Mainan berwujud kaca yang terbuat dari bahan plastik tetapi dapat memantulkan gambar wajah yang cukup jelas. Dengan memberikan mainan ini si kecil dapat mengidentifikasi wajah dan tubuhnya sendiri.

Memberi anak gelang berwarna yang dapat menghasilkan suara akan dapat mengasah indera pendengaran si kecil.

2. Mainan Anak Usia 1 - 3 Tahun

Sumber : haibunda.com
Ketika anak sudah menginjak usia ini, salah satu cara memilih mainan terbaik adalah yang dapat mendukungnya dalam hal mengingat sesuatu pada lingkungan sekitar. Di usia ini, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi sehingga mereka akan berusaha untuk mencari cara kerja dari sebuah benda yang ditemuinya.

Pengaruh lain dari mainan ini adalah dapat berpengaruh terhadap daya pikir, motorik halus dan juga otot anak menjadi semakin kuat.

Nah, mainan yang direkomendasikan untuk anak ketika berumur 1-3 tahun diantaranya adalah sebagai berikut.

a. Umumnya, mainan puzzle memang familiar sebagai mainan anak laki-laki di berbagai umur. Namun saat ini, banyak anak perempuan juga sangat menyukai jenis mainan edukasi ini. Selain itu, mainan puzzle juga bermanfaat untuk memicu sinkronisasi mata, tangan, bahkan dapat mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan.

b. Moms juga bisa memberikannya krayon dan buku gambar untuk melatih si kecil agar bisa menggambar. Disini moms sebelum memberikan krayon pastikan dulu apakah krayon tersebut berbahan dasar aman dan tidak berbahaya dalam pembuatannya. Permainan ini bisa membantunya dalam hal perkembangan kecerdasan dan emosi serta melatih keahliannya dalam bersosialisasi.

3. Mainan Anak di Usia 3 - 5 Tahun

Sumber : parrentingclub.co.id
Ketika si kecil menginjak usia 3 sampai 5 tahun, mereka akan mulai memanfaatkan mainan dan beberapa benda di sekitarnya untuk sesuatu yang diinginkannya. Karena di usia ini, imajinasi mereka telah muncul dan berkembang. Bahkan dengan selimut yang berada di atas meja si kecil bisa menyulapnya menjadi bahan untuk membuat rumah-rumahan.

Di usia ini, mainan yang direkomendasikan dan cocok diantaranya adalah mainan yang sebelumnya sudah mereka kenal seperti buku gambar puzzle yang bisa Moms berikan dan tentunya Moms harus menyesuaikan tingkat kesulitannya dengan kemampuan anak.

Cara kedua adalah membantu anak untuk berperan sesuai dengan kostum yang mereka gunakan. Misalnya menggunakan kostum pemadam kebakaran yang cocok untuk digunakan oleh anak laki-laki. Sedangkan untuk anak perempuan bisa berperan sebagai seorang ibu yang berada di dapur untuk menyiapkan makanan keluarga.

Nah, itulah beberapa mainan cocok untuk diberikan kepada si kecil sesuai dengan umur mereka ya moms. Semoga artikel ini dapat membantu Moms untuk memilih mainan yang terbaik untuk si kecil. Semoga bermanfaat ya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "Dear Moms, Perhatikan Cara Ini sebelum Memilih Mainan untuk Si Kecil"

  1. Wah maksih tipsnya Mom, duh mainan udah banyak dan cenderung dirusak jadi harus yang awet ya hihi tapi anak emang bosenan

    BalasHapus
  2. jadi ingat dulu waktus ering keluyuran ke pasar seringlihat di mainan ada tulisan, untuk usia tertentu. seperti diatas 3 tahun gitu. tertnyata memang ada benarnya juga,

    BalasHapus
  3. Mainan anak harus seiring dengan tumbuh kembang anak ya mbak..

    BalasHapus
  4. Ada masa dimana anak kecil lagi suka sukanya menggigit dan itu harus dibeliin mainan yg memang di desain untuk di gigit gigit sama anak anak. Karna kalau tidak bisa saja tangan kita yang kena gigit mereka hehehe, saya pernah ngalamin soalnya.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel