KlikBCA : 19 Cara Mudah Amankan KlikBCA Individual

Kemajuan teknologi dimanfaatkan perbankan untuk menyediakan penawaran digital yang semakin memberikan kemudahan dalam urusan transaksi, salah satunya adalah layanan dari KlikBCA. Meski sudah dilengkapi dengan segala kecanggihan dan pengamanan, sebagai nasabah Anda harus tetap berhati-hati agar tidak terjadi kecurangan ataupun kejahatan yang tidak diinginkan.

KlikBCA : 19 Cara Mudah Amankan KlikBCA Individual

Untuk lebih mengamankan layanan KlikBCA, ratutips akan memberikan beberapa tips di bawah ini yang akan membantu Anda dalam menggunakan layanan KlikBCA dengan benar, aman dan nyaman. Langsung saja, simak dengan seksama ya, 19 cara aman dan mudah menggunakan KlikBCA individual yang wajib Anda tahu.

1. Gunakan Key BCA

Key BCA merupakan sebuah token dari BCA yang sifatnya pribadi, sehingga tidak diperbolehkan untuk dipindahtangankan atau dipinjamkan kepada orang lain termasuk memberi tahu nomor pin Key BCA dan KlikBCA Individual kepada orang lain, termasuk pada keluarga Anda sendiri.

2. Hubungi Halo BCA

Dalam proses transaksi, BCA hanya memberikan respon dari Key BCA. Jika Anda mendapati perintah yang dirasa tidak umum dan tidak biasa, sebaiknya segera hubungi Halo BCA di nomor (021)500888 dan tunda terlebih dahulu untuk melakukan transaksi sebelum dapat dipastikan keamanannya.

3. Periksa Rutin Saldo

Rajin-rajinlah untuk memeriksa secara rutin saldo terakhir yang Anda miliki, mutasi saldo serta daftar rekening tujuan transfer yang terdapat dalam KlikBCA individual Anda.

Apabila terdapat nomor rekening tertentu yang dipertimbangkan sudah tidak penting dan tidak diperlukan sebaiknya Anda menghapusnya saja. Caranya adalah dengan membuka menu Administrasi, kemudian pilih menu Hapus Daftar.

4. Pastikan Telah Memasukan Nomor Rekening dengan Benar

Bila Anda hendak melakukan transaksi, cek kembali nomor tujuan rekening dan pastikan Anda sudah memasukan tujuan nomor transfer dengan benar. Jika Anda salah transfer ke nomor rekening, maka akan sulit untuk mengurusnya agar uang Anda kembali ke rekening KlikBCA individual yang Anda miliki.

5. Pastikan Mengakses Website yang Aman

Apabila Anda mengakses KlikBCA ke website, pastikan Anda membuka alamat website yang aman dan terpercaya yaitu di alamat https://ibank.KlikBCA.com atau bisa juga di https://m.KlikBCA.com.

Jangan sampai Anda mengakses KlikBCA di website lain yang bukan merupakan website resmi KlikBCA.

6. Pastikan Menggunakan Sistem Operasi yang Compatible

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kebenaran saat menggunakan sistem operasi KlikBCA. Gunakan sistem operasi yang compatible yaitu di Microsoft Windows 7, Apple OS X 10.9, Android 4.4, dan juga iOS 8.

7. Perhatikan Tanda Pada Browser

Pada saat Anda mengakses KlikBCA individual pastikan terdapat ikon kunci atau gembok sebagai indikasi laman yang Anda akses telah terenkripsi dengan aman. Hal ini akan memastikan keamanan transaksi perbankan Anda.

Jangan nekat melakukan transaksi apabila tidak mendapati tanda kunci atau gembok pada browser tersebut atau bertuliskan not secure pada lama transaksi Anda.

8. Jangan Menggunakan Layanan Internet Publik

Hal yang sepele namun terkadang membahayakan keamanan KlikBCA Anda adalah menggunakan layanan internet publik ketika melakukan akses KlikBCA individual. Hindari membuka website layanan KlikBCA individual menggunakan akses publik seperti warnet ataupun tempat umum yang menyediakan wifi gratis yang keamanannya tidak bisa Anda jamin.

Bisa saja ketika Anda lupa untuk logout, ada orang jahil yang mengakses KlikBCA Anda, sehingga Anda akan mengalami kerugian yang cukup besar.

9. Pastikan Log Out Setelah Selesai Mengakses

Ketika Anda selesai menggunakan layanan KlikBCA individual pastikan Anda melakukan log out terlebih dahulu sebelum menutupnya dengan jalan pintas. Apalagi jika menggunakan layanan akses bukan milik pribadi. Hal ini berisiko terjadi penyusupan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

10. Perbarui Sistem Antivirus

Selalu rutin melakukan pembaruan sistem antivirus di komputer ataupun laptop pribadi Anda. Hal ini demi menyelamatkan komputer atau laptop Anda dari bahaya virus-virus jahat yang menyerang software dan dapat mengganggu kenyamanan Anda dalam proses transaksi melalui internet banking.

11. Jangan Membuka Email yang Mencurigakan

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam mengamankan KlikBCA Anda adalah lebih berhati-hati dan waspada ketika mendapat email baru yang mencurigakan. Sebaiknya tidak usah membuka email yang terlihat asing dan mencurigakan demi keamanan komputer yang masuk melalui link banking, apalagi jika email tersebut masuk ke spam.

12. Terapkan Firewall

Tips yang selanjutnya dalam mengamankan KlikBCA individual Anda adalah dengan menerapkan firewall pada komputer atau laptop Anda. Anggap saja hal ini merupakan sebagai langkah bertahap pengamanan internet banking Anda.

13. Pastikan Telah Melakukan Update SO

Pastikan juga Anda telah melakukan update Sistem Operasi pada komputer atau laptop pribadi ataupun ponsel sesuai tuntutan pemakaian internet banking. Hal ini bertujuan untuk mengupdate seluruh data yang ada pada KlikBCA Anda.

14. Jangan Mengunduh File yang Tidak Jelas

Langkah yang selanjutnya untuk mengamankan KlikBCA adalah dengan menghindari mengunduh file apa saja dari halaman website yang tidak jelas. Jikalau ada iklan yang kurang bermutu, lebih baik abaikan saja tidak perlu menanggapi terlalu serius. Hal ini dilakukan guna mencegah penyusupan atau hacker masuk pada sistem KlikBCA Anda.

15. Ubah PIN KlikBCA Secara Berkala

Yang dimaksud mengubah secara berkala dalam tips mengamankan KlikBCA individual ini adalah mengubah secara berkala kombinasi dari pin KeyBCA atau KlikBCA individual dengan rahasia angka yang sulit ditebak oleh orang lain.

Sehingga keamanan PIN KlikBCA Anda akan lebih terjamin.

16. Jangan Berbagi Pin Kepada Siapapun

Hal yang harus Anda ingat setiap saat dan setiap waktu adalah jangan pernah sekali-kali membagi data pribadi kepada siapapun seperti nomor pin baik meminta secara langsung maupun lewat media komunikasi seperti telpon, sms dan sebagainya. Pegawai bank tidak akan pernah meminta nomor pin nasabah.

Jika ada orang yang mengaku-ngaku dari pihak bank dan meminta pin untuk mengakses KlikBCA Anda, lebih baik tutup telepon tersebut dan hubungi call center BCA untuk pengamanan lebih lanjut.

Karena saya memiliki pengalaman dalam hal ini, orangtua saya pun pernah kena imbasnya dan kehilangan uang hampir 23 juta. Untuk kejadian selengkapnya Anda bisa membaca artikel hati hati dengan modus penipuan lewat telpon yang merajalela.


17. Pastikan Membuka Situs yang Benar

Pastikan alamat situs yang Anda ketik di browser sudah benar yaitu KlikBCA.com. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hal ini untuk menghindari Anda dari kesalahan ketik sehingga masuk ke alamat web KlikBCA yang palsu.

Jika Anda ingin lebih cepat ketika hendak membukanya, Anda bisa menyimpan alamat situs KlikBCA sebagai bookmark.

Sebab situs palsu juga akan menampilkan halaman yang serupa dengan situs yang asli sehingga Anda tidak sadar bahwa halaman yang Anda kunjungi adalah alamat palsu yang akan membawa banyak kerugian. Sehingga penting sekali bagi Anda untuk memastikan kebenaran alamat yang Anda inputkan.

18. Pengecekan Transaksi Transfer

Pastikan Anda secara rutin melakukan pengecekan transaksi transfer dana dari rekening Anda. Apabila Anda menemukan transaksi transfer yang asing dan tidak dikenal pada KlikBCA, berarti ada kemungkinan akun KlikBCA telah disalahgunakan oleh orang lain tanpa sepengetahuan Anda.

19. Berhati-Hati dengan Penipuan

Sekarang ini banyak sekali terjadi penipuan yang mengatasnamakan perbankan baik dari sms maupun telpon. Petugas BCA tidak akan meminta informasi apapun tentang KlikBCA individual Anda sekalipun Anda sebagai nasabah beruntung yang mendapat kemenangan undian hadiah.

Sebaiknya, jangan mempercayai apabila ada peringatan baik dari media apapun yang mengatasnamakan petugas BCA untuk meminta data pribadi KlikBCA individual Anda sebagai pemenang undian.

Abaikan saja dan tidak perlu ditanggapi karena hal demikian merupakan aksi penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Penutup

Itulah beberapa tips dan cara mudah yang wajib Anda tahu untuk mengamankan KlikBCA individual Anda agar tidak terjadi kasus kecurangan dan penipuan yang banyak merugikan.

Dengan keadaan yang aman akan membuat Anda semakin nyaman sebagai nasabah BCA yang memberikan berbagai penawaran menarik terhadap para nasabah setianya. Tetap waspada dan berhati-hati ya!

Anda pun bisa membaca artikel mengenai berbagai keunggulan dan fitur kartu kredit BCA yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membuat Anda lebih waspada untuk mengamankan KlikBCA individual Anda.

Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "KlikBCA : 19 Cara Mudah Amankan KlikBCA Individual"

  1. point nomer 8 jadi mengingatkan ku yang ceroboh ini untuk hati2..
    kalo dipikir2 iya juga yaa kalo pakai akses publik, terus lupa logout bisa bahaya urusannya..

    makaciw mba vik tips2 nya.. :)

    BalasHapus
  2. wah bagus banget nih kak tips nya cocok bagi sahabat yang punya rekening bank bca, jadi lebih praktis ya bisa transaksi dengan klikbca ini ;)

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel