Tips Memasak Nasi Pulen Menggunakan Rice Cooker Cosmos Harmond

Memasak nasi pulen menggunakan rice cooker cosmos harmond tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Bunda dirumah, karena membuat sajian menu nasi pulen untuk berbuka puasa akan menambah selera makan dan nasi pun awet dan tidak rentan basi.

Ada beberapa tips dan teknik memasak nasi pulen untuk keluarga kecil Anda. Apalagi saat ini sudah memasuki bulan Ramadhan tentunya perlu menyiapkan masakan atau nasi yang baik untuk berbuka puasa.

Lantas, apa saja tips memasak nasi pulen untuk menu berbuka puasa keluarga kecil Anda? Seperti yang sudah saya sebutkan pada judul artikel, saya akan membahas juga mengapa Anda perlu menggunakan rice cooker cosmos harmond sebagai penunjang Anda membuat nasi pulen.

Namun, sebelum keinti bahasan mengenai review rice cooker cosmos harmond, Anda perlu tahu dulu mengenai tips memasak nasi pulen. Yasudah, tak perlu berlama-lama, baca artikel ini hingga selesai ya!

1. Mencuci Beras Cukup 2 Kali Saja

5 Tips Memasak Nasi Pulen untuk Menu Berbuka Puasa

Saya pada awalnya sempat sering mencuci beras hingga airnya benar-benar bersih. Namun ternyata, mencuci beras pun akan sangat berpengaruh pada hasil nasi Anda.

Nasi yang terlalu sering dicuci akan berpengaruh pada tekstur nasi nantinya. Nantinya nasi tidak akan pulen dan terkesan tidak menempel antara satu beras dengan beras lainnya.

Silahkan Anda coba mencuci beras cukup dua kali bilasan dan silahkan lihat hasil akhir nasi Anda.

2. Memberikan Beberapa Tetes Minyak 

Memberikan beberapa tetes minyak pada beras yang sudah dicuci bersih pada rice cooker tentunya akan menghasilkan nasi yang pulen dan juga gurih. Nasi akan terlihat sangat kenyal dan juga lembut.

Selain itu, memberikan beberapa tetes minyak bersih terbukti ampuh membuat nasi semakin pulen dan gurih. Silahkan Anda coba sendiri dirumah.

3. Takaran Air yang Cukup dan Seimbang

Takaran air dalam membuat nasi pun sangat berpengaruh pada hasil akhir dari nasi itu sendiri. Sebagai patokan, Anda bisa menambahkan air hingga seruas ibu jari Anda. 

Atau Anda biasakan menggunakan feeling dalam menakar air. Jangan sampai kekurangan atau kebanyakan air. Karena jika terlalu banyak air, nasi akan lembek dan tidak enak dimakan.

Bahkan, jika air terlalu sedikitpun, nasi akan menjadi tidak matang bahkan keras dan sulit Anda telan. Untuk menghasilkan nasi pulen, silahkan Anda kreasikan takaran air dengan sesering mungkin melakukan uji coba, karena setiap produk rice cooker memiliki proses masak yang berbeda.

4. Setelah Nasi Matang, Tunggu 30 Menit, Lalu Aduk

Cara ini sudah beberapa kali saya praktekan dalam membuat nasi pulen untuk menu berbuka puasa. Biasakan setelah mode rice cooker berubah dari cook menjadi warm. Anda hitung hingga 30 menit lamanya dalam mode warm.

Setelah 30 menit, buka rice cooker Anda. Aduk hingga nasi benar-benar pulan. Teknik ini sudah saya praktekan sejak lama. Dan terbukti ampuh membuat nasi menjadi pulen seperti nasi hokben. Silahkan Anda lihat sendiri perbedaan antara nasi yang diaduk dengan yang tidak.

Nasi yang diaduk akan menghasilkan nasi yang lebih pulen ketimbang tidak diaduk sama sekali.

5. Memilih Rice Cooker Terbaik

5 Tips Memasak Nasi Pulen untuk Menu Berbuka Puasa

Tips terakhir untuk memasak nasi pulen adalah pemilihan rice cooker yang mendukung Anda untuk membuat nasi pulen. Saya akui, ada beberapa rice cooker yang memiliki kinerja baik dan ada juga rice cooker yang memiliki kinerja yang biasa saja.

Untuk membedakan rice cooker yang berkualitas baik, Anda bisa lihat dari inner alias panci rice cookernya, apakah anti gores atau tidak. Apakah menghasilkan nasi yang baik atau tidak.

Karena ada beberapa kondisi dimana rice cooker tidak dapat membuat nasi menjadi awet. Bahkan ada juga yang berefek nasi menjadi kuning dan juga bau.

Salah satu rekomendasi rice cooker yang dapat menunjang Anda dalam membuat nasi pulen adalah Rice Cooker Cosmos Harmond  CRJ 6305.

Rice cooker ini merupakan teknologi terbaru dari Cosmos yang diproses dan didinginkan dalam temperature mendekati nol, sehingga panci menjadi anti gores walau disikat oleh sikat baja sekalipun.

5 Tips Memasak Nasi Pulen untuk Menu Berbuka Puasa

Dengan adanya teknologi harmond ini, Anda tak perlu takut lapisan inner atau panci termakan oleh Anda. Karena jika lapisan tersebut termakan bersamaan dengan nasi yang Anda buat, akan memicu terjadinya kanker.

Tentunya Anda pun ingin sekali mendapatkan rice cooker yang membuat Anda sehat dan menghasilkan nasi yang pulen. Dan cosmos harmond ini terbukti membuat nasi menjadi pulen dan juga sehat karena tidak akan ada sisa-sisa lapisan panci yang mengelupas.

Sehingga Anda pun akan sehat dan mendapatkan nasi yang berkualitas jika dimasak oleh rice cooker ini.

Rice cooker ini selain bisa digunakan untuk memasak dan menghangatkan, juga dapat digunakan sebagai alat kukus untuk menghangatkan makanan Anda.

Dengan demikian, pekerjaan Anda pun akan menjadi ringan dengan menggunakan Cosmos Harmond CRJ 6305. Saya pun sudah mencobanya dan membuktikan sendiri kehebatan rice cooker ini dalam membuat nasi pulen. 

Ingin mencobanya? Anda bisa membeli Rice Cooker Harmond ini di beberapa toko elektronik bahkan online sekalipun. Seperti di lazada, tokopedia, bukalapak, maupun shoope.

Untuk info lebih lanjut, silahkan Anda kunjungi www.cosmos.id untuk mendapatkan penawaran menarik dan potongan diskon dengan harga terbaik. Selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "Tips Memasak Nasi Pulen Menggunakan Rice Cooker Cosmos Harmond"

  1. Wah tips nya mantef untuk seperti saya yg masih sendiri 😃 masak sendiri tidur nyuci baju sendiri
    Bikin nasi biasa nya asal jadi saja hehe maklum mau mencoba menerapkan tips nya nih biar pulen

    BalasHapus
  2. wah akhir akhir menyematkan rice cooker cosmos hehe. btw ini bisa aku coba deh mbak, cowo harus bisa masak juga nih!

    BalasHapus
  3. Ternyata harus diberi minyak juga teh,..baru tahu saya,..bisa nambah ilmu nih 😀

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu bagian minyaknya. Bisa dicoba nih biar nasi jadi pulen dan berbuka puasanya jadi nikmat.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel