7 Cara Menurunkan Berat Badan Paling Efektif dan Mudah Dilakukan

7 Cara Menurunkan Berat Badan - Setiap wanita maupun pria tentunya menginginkan memiliki tubuh yang ideal. Namun tidak semua orang mampu untuk mendapatkannya. Banyak sekali orang-orang berbondong-bondong untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang tidak berhasil melakukan hal ini.

Biasanya, banyak yang merekomendasikan diet sebagai satu-satunya cara menurunkan berat badan. Padahal banyak sekali cara mudah yang bisa Anda lakukan dirumah dan juga efektif untuk menurunkan berat badan.

7 Cara Menurunkan Berat Badan Paling Efektif dan Mudah Dilakukan

Lalu, bagaimana cara agar dapat menurunkan berat badan secara efektif dan mudah dilakukan? Yuk simak artikel ratutips.com hingga selesai!

1. Kurangi Konsumsi Karbohidrat dan Ganti dengan Protein

Mengurangi konsumsi karbohidrat sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Banyak sekali manfaat mengurangi konsumsi karbohidrat seperti nasi, salah satunya adalah mengurangi resiko terjadinya diabetes.

Selain itu, Anda bisa ganti konsumsi karbohidrat yang biasa Anda makan dengan menu lain. Contohnya menggunakan nasi merah.

Nasi merah sangat dianjurkan untuk yang ingin melakukan diet. Saya pun dulu ketika masih sering nggym, instruktur selalu mengingatkan untuk membiasakan makan nasi merah.

Nasi merah selain rasanya kurang enak, tentu berdampak positif bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Karena rasanya yang kurang enak itulah yang bisa menimbulkan nafsu makan berkurang dan akhirnya konsumsi karbohidrat menjadi berkurang.

Jika Anda masih lapar, Anda bisa gado protein ketimbang menambah jumlah nasi dalam piring makan Anda. Anda bisa gado tahu goreng atau tempe goreng untuk mengganjal perut Anda ketimbang makanan junk food atau cemilan yang kurang bergizi.

2. Perbanyak Konsumsi Serat

Memperbanyak konsumsi serat tentunya banyak sekali manfaat yang akan didapat, salah satunya adalah mencegah wajah berjerawat. Selain menyehatkan tubuh dan menjaga keseimbangan kulit, konsumsi serat seperti sayuran dan buah-buahan efektif untuk mencegah sembelit alias konstipasi.

Dengan demikian, tidak akan ada lagi lemak yang menimbun pada tubuh Anda sehingga badan pun tidak akan gemuk bahkan akan kurus atau langsing dengan kulit yang sehat.

Anda pun bisa membedakan mana wanita atau pria yang kurus namun terlihat sehat kulitnya dengan yang kurus tapi memiliki wajah kusam. 

Biasanya, itu terjadi karena stress yang berlebih dan juga kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran.

Sehingga mengkonsumsi serat secara teratur sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Dan tentunya mudah sekali dilakukan.

Jika Anda mau mencoba, biasakan mengkonsumsi buah dipagi hari sebagai pengganti sarapan. Namun, jangan buah yang asam yaa! Anda bisa mencoba mengkonsumsi pisang yang memiliki kadar asam amino yang tinggi dan baik untuk ibu hamil. Atau bisa mencoba buah yang lain yang rasanya manis.

3. Kurangi Stok Makanan di Rumah

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah mengurangi kebiasaan untuk stok makanan enak dirumah. Jika Anda sering sehari-hari dirumah, Anda bisa mengurangi stok makanan atau cemilan yang ada dirumah.

Dengan demikian, karena tidak ada makanan dirumah, Anda akan terbiasa dengan hal tersebut dan mengurangi asupan cemilan atau junk food yang bisa membuat berat badan Anda naik.

Jika Anda memang benar-benar lapar, Anda bisa ganti cemilan dengan buah yang bisa mengenyangkan. Contohnya adalah pisang, apel, pir atau buah lain yang memiliki kadar vitamin yang tinggi dan juga menyehatkan.

4. Ganti Sarapan Anda dengan Telur atau Sereal

Mengganti sarapan yang awalnya nasi menjadi telur rebus atau sereal seperti oatmeal merupakan salah satu cara menurunkan berat badan paling efektif ketimbang cara lain.

Anda bisa merebus dua buah telor ayam, kemudian Anda sarapan menggunakan telor rebus. Anda bisa menambahkan roti sebagai tambahan karbohidrat atau tidak sama sekali. Jika Anda masih lapar, Anda bisa memperbanyak asupan air putih dan sebisa mungkin cukupi hingga dua liter per harinya.

Anda juga bisa membiasakan diri untuk makan oatmeal sebagai pengganti sarapan Anda. Oatmeal atau sereal terbukti ampuh mengurangi rasa lapar. Selain itu, sereal pun mengenyangkan dan juga enak rasanya.

5. Aktif Bergerak dan Olahraga Ringan

Jika Anda pekerja kantoran dan jarang bergerak, saatnya Anda membiasakan diri untuk tidak diam duduk manis diatas kursi. Minimal, setiap 15 menit sekali Anda bisa mencoba mondar mandir atau jalan santai agar sesering mungkin bergerak.

Seringnya melakukan pergerakan cukup efektif membakar kalori dalam tubuh, sehingga tidak ada lemak yang menimbun dan tersisa pada tubuh Anda.

Dengan demikian, tubuh pun tidak akan menggemuk karena tidak ada lemak yang tersisa untuk menambah berat badan Anda. Bahkan, jika aktivitas Anda sangat padat dan sering bergerak namun makan sedikit, bisa jadi lebih cepat turun berat badan, karena energi yang dikeluarkan lebih besar dari energi yang masuk pada tubuh Anda.

6. Stress

Jika Anda mengalami stress, ada dua hal yang akan terjadi. Pertama Anda bisa naik berat badan, kedua Anda bisa turun berat badan secara drastis.

Kedua opsi ini tergantung dari si empunya tubuh dan respon tubuh ketika mengalami tekanan atau stress. Bisa jadi ketika stress, tubuh Anda malah ingin makan banyak.

Malah jika Anda stress karena putus cinta bisa jadi Anda jarang makan dan lupa makan, sehingga tubuh pun cepat kurus dan turun berat badan.

Namun cara keenam ini tentunya sangat tidak dianjurkan, karena akan menimbulkan penyakit di masa mendatang dan juga saat ini.

Jadi, pilihlah cara positif lain untuk menurunkan berat badan, salah satunya olahraga dan tidur yang cukup.

7. Olahraga, Konsumsi Air dan Tidur yang Cukup

Cara terakhir menurunkan berat badan adalah dengan membiasakan diri berolahraga di pagi hari. Tidak perlu tiap hari, namun minimalnya Anda bisa melakukan olahraga seminggu satu kali atau dua kali di pagi hari.

Anda bisa membiasakan diri setelah bangun pagi untuk melakukan push up selama 10 hingga 20 kali. Jika dirasa sudah biasa, Anda bisa tambahkan hingga 30 sampai 40 kali.

Hal ini selain sebagai cara menurunkan berat badan, juga cukup menyehatkan tubuh. Anda pun bisa mencoba gaya kucing meraung-raung sambil tidur dengan gerakan kuat. Hal ini cukup ampuh membakar kalori tubuh.

Selain itu, dengan tidur yang cukup, badan akan lebih segar dan terhindar dari stress. Karena jika Anda stress, maka akan semakin banyak penyakit yang bermunculan dan salah satu penyebab dari obesitas.

Penutup 

Sekian artikel mengenai 7 cara menurunkan berat badan secara efektif. Semoga dapat membantu Anda yang sedang ingin melakukan diet dan menurunkan berat badan. Anda bisa juga mencoba mengganti sarapan dengan makanan yang direbus sehingga Anda akan sehat dan menghindari konsumsi minyak yang berlebih.

Anda bisa mencoba mengganti sarapan dengan ubi yang sudah direbus, atau makan ubi rebus ditemani dengan telur rebus yang cukup menyehatkan dan juga mudah dibuat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

11 Komentar untuk "7 Cara Menurunkan Berat Badan Paling Efektif dan Mudah Dilakukan"

  1. Saya dulu untuk membesarkan badan sekaligus menurunkan berat badan yaitu dengan cara mengkonsumsi banyak protein seperti yang teteh katakan di atas dan hasilnya cukup memuaskan,..badan berotot dan lemak berkurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti koh kuan yu badan ya kayak ade rai nih hhhe

      Hapus
  2. haloo.. mba vik..
    minal aidzin walfaidzin yaa.. mohon maap lahir bathin..

    Kalau aku lagi kepingin menaikkan BB nih mba vik.. semenjak anak lg aktif dan lincah2 nya, bb mamak jadi turun terus.. hihi.. kapan2 bikin tips nya ya mba vik.. hehe *request

    BalasHapus
  3. Wah kayaknya saya perlu nih pakai cara ini...biarpun badan saya gak kelihatan gendut tapi berat badan saya 85 kg...mau ngapa ngapin jadi berat bawaannya

    BalasHapus
  4. Susah mbaaa susahhh udah coba malah naik 2 kggg wokwoowkkowkowokw :')

    BalasHapus
  5. Kalau saya sih paling suka berolahraga lari, tidak setiap hari sih. Kalau push up baru saya setiap hari minimal 100 kali, biasanya saya bagi jadi 20x5. 100 kali hanya minimal, saya biasanya suka lebih hehehe, ga bisa diem soalnya.

    BalasHapus
  6. Kalo naikin berat badan gimana nih Mba? Akunya malah suka dikatain kurus banget huhu. Kadang suka sebel sama yang nanyain kenapa aku kurus banget. Haha.

    BalasHapus
  7. berat badanku sebenernya masih oke, malah cendrung underweight.. tp tetep pgn aja jaga berat badan stabil... apalagi di bagian2 tertentu kayak perut, ya ttp ga bisa serata dulu wkwkwkwk... makanya olahraga kayak jogging aku banyakin mba :D.. supaya setidaknya ada lah jalan 10rb langkah sehari... skr ke kantor aku naik transj, jalan ke haltenya lumayan bikin kaki banyak gerak :D...

    BalasHapus
  8. Kalo saya malah pengin sedikit nambah berat badan mba ,soalnya saya udh kurus ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nambah berqt badan mah hal paling gampang itu hhhe

      Hapus
  9. Apakah tidak bisa kurus walau makan banyak? Ha... Ha... Mimpi kali.
    Kalau saya sendiri tipe orang yang kalau stress makannya malah banyak, jadi ketika yang lain makin kurus karena kerja saya malah makin gemuk.
    Hadeh....

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel