Luka Harus Diatasi dengan Benar, Berikut Caranya

Cara cepat menyembuhkan luka

Luka, baik itu luka besar maupun luka kecil adalah salah satu resiko yang hampir setiap saat bisa terjadi. Karena itu, Anda harus membekali diri dengan pengetahuan seputar cara cepat menyembuhkan luka supaya ketika nanti Anda mengalaminya, Anda bisa menanganinya dengan cepat.

Namun sebelumnya, silahkan Anda perkirakan, apakah luka Anda itu memerlukan perawatan dari dokter ataukah tidak. Jika tidak, Anda dapat mengatasinya sendiri di rumah dengan cara yang benar seperti berikut ini.

Proses Menyembuhkan Luka yang Benar

1. Bersihkan Tangan dan Luka itu Sendiri

Sebelum mulai merawat luka, pastikan bahwa Anda sudah mencuci tangan dengan air bersih dan sabun terlebih dahulu untuk meminimalisir resiko terjadinya infeksi. Apabila luka tersebut berada di tangan, upayakan agar sabun tidak mengenai luka karena bisa mengakibatkan iritasi.  Dan setelah tangan dicuci, keringkan dengan handuk yang bersih.


2. Hentikan Pendarahannya

Dalam menghentikan pendarahan, Anda dapat menggunakan kapas yang masih bersih. Letakkan kapas tersebut pada luka, lalu ditekan sedikit selama sekitar 10 menit. Dalam menekan kapas, jangan terlalu kuat supaya tidak justru menghambat penggumpalan darah dan menyumbat sirkulasi darah.

Apabila kapas tersebut sudah basah oleh darah sementara darah masih keluar, segera ganti dengan kapas yang baru.

3. Bilas Luka

Setelah itu, bilas luka di bawah air keran yang dingin dan mengalir dengan lembut selama beberapa menit. Tujuannya adalah supaya kotoran penyebab infeksi bisa dihilangkan. Jika sudah, oles kembali luka dengan kapas yang masih bersih, dan sambil melakukannya, pastikan bahwa semua benda asing dan kotoran sudah tidak ada pada luka.

4. Bilas Luka dengan Larutan Saline

Selanjutnya, silahkan bilas luka tersebut dengan larutan saline. Cara membuatnya adalah larutkan sebanyak ½ sendok teh garam dalam 240 ml air mendidih lalu tunggu sampai dingin. Setelahnya, tuangkan pada luka lalu keringkan dengan kapas.

Ingat, selalu gunakan larutan saline yang baru setiap kali akan mencuci luka karena bakteri bisa tumbuh dalam larutan saline hanya dalam waktu 24 jam.

5. Oleskan Bahan Penyembuh Luka

Jika 4 langkah di atas sudah selesai, silahkan aplikasikan bahan-bahan yang sekiranya bisa mempercepat sembuhnya luka. Misanya, salep antibakteri atau bahan-bahan alami seperti gel lidah buaya, madu atau yang lainnya.

Setelah luka diolesi dengan salep atau bahan alami, luka tersebut bisa diperban.  Nantinya, perban ini harus diganti secara rutin dan sebelum menggantinya, harap bersihkan tangan terlebih dahulu.

Dan jika Anda sudah mempunyai buah hati, ada baiknya jika Anda membaca penyebab muntah pada anak dan penanganannya sebagai langkah antisipasi kalau-kalau nanti anak Anda mengalaminya.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "Luka Harus Diatasi dengan Benar, Berikut Caranya"

  1. Mencuci luka di air mengalir itu perih bgt ya mam, makanya banyak yg ga melakukan hal ini

    BalasHapus
  2. Bilas luka ini yang tidak tahan, perihnya itu lo, sungguh luar biasa.

    BalasHapus
  3. Asal jangan terluka hatinya. Karena luka hati susah obatnya...hehehe

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel