Apa Itu Metode Scrum dan Kegunaanya Bagi Pengembangan Bisnis Anda


Apa itu Metode Scrum dan apa saja kegunaannya bagi pengembangan bisnis Anda? Mungkin bagi sebagian orang, tentu sangat awam mendengar istilah ini. Akan tetapi, dalam pengembangan proyek tentu hal ini sudah tidak asing lagi.


Apa Itu Metode Scrum

Metode Scrum adalah kerangka kerja atau metode kerja yang bisa memecahkan berbagai masalah dalam pengembangan bisnis maupun proyek.

Biasanya, beberapa perusahaan start up selalu menggunakan metode scrum ini. Perusahaan star up bisa dibilang merupakan perusahaan yang baru saja akan memulai pengembangan produk atau layanan bisnis yang inovatif dan efektif.

Sehingga perlu memastikan untuk mengembangkan bisnis agar menjadi solusi terbaik bagi permasalahan yang ada di pasaran.

Ada beberapa metode pengembangan bisnis yang bisa digunakan selain metode scrum ini. Akan tetapi, metode scrum ini sudah terbukti sangat ampuh untuk menyelesaikan tujuan proyek dengan lebih cepat, efektif, dan juga efisien.

Mengapa bisa demikian? Dan apa saja manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan metode scrum untuk pengembangan bisnis Anda? Berikut ini akan kami paparkan secara detail dan baca terus artikel ini hingga selesai ya.


Manfaat Metode Scrum untuk Pengembangan Bisnis/ Proyek Anda

1. Kerangka Kerja Terbaik Yang Mampu Menyelesaikan Berbagai Permasalahan

Metode ini awalnya diungkapkan oleh Agile Manifesto. Metode scrum adalah cara atau metode terbaik untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada. Dengan cara kerja yang tergolong sangat efisien, tentu sangat berpengaruh pada hasil dari pengembangan suatu produk.

Metode scrum ini pun diklaim dapat membantu memecahkan permasalahan yang ada, dengan membangun komunikasi yang kuat antar tim.


2. Menghasilkan Kualitas Produk Terbaik

Dengan metode scrum, segala sesuatu mengenai pengembangan proyek tentunya akan menghasilkan kualitas produk terbaik. Dengan tiga peranan khusus yang ada di metode scrum, akan mensukseskan kinerja dalam tim.

Ketiga peranan yang terdapat dalam Scrum adalah Product Owner, Scrum Master, dan Development Team.

Product Owner memiliki tugas untuk memastikan kinerja Scrum sesuai dengan visi dan misi keseluruhan proyek pengembangan yang ditargetkan oleh perusahaan. Bisa dikatakan product owner harus mengetahui  kebutuhan bisnis dari suatu produk, harapan pelanggan, tren pasar, hingga inovasi terbaru yang diinginkan oleh pelanggan.

Scrum Master yang termasuk dalam kerangka kerja Scrum memiliki peranan untuk memastikan kinerja tim sudah beroperasi dengan baik dan juga mengatasi beberapa hambatan yang terjadi ketika metode ini dilakukan.

Dan yang terakhir adalah Development Team. Peranan terakhir yang paling vital dalam metode scrum. Tim ini terdiri dari professional  yang memiliki tugas untuk melakukan pekerjaan untuk mencapai tujuan proyek. 

Tim ini tidak hanya menunggu pesanan dari product owner, akan tetapi tim ini berkolaborasi memetakan tujuan dan rencana untuk mencapai tujuan akhir proyek.


3. Pengeluaran Biaya Operasional Jadi Lebih Hemat

Dengan adanya metode scrum, tentunya akan memperingkas setiap pekerjaan proyek. Dengan demikian, tentunya sangat memangkas budget operasional perusahaan karena semuanya terorganisir dengan baik.


4. Angka Kepuasan Pengguna yang Lebih Tinggi

Metode Scrum ini memungkinkan untuk menghasilkan pengembangan produk bisnis yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Hal ini dikarenakan tahapan yang dijalankan sesuai dengan prosedur scrum dan membuat hasilnya lebih baik.

Dengan demikian, angka kepuasan pengguna jauh lebih tinggi dan lebih akurat.


Kesimpulan


Setelah mengetahui apa itu metode scrum dan apa saja manfaatnya bagi perkembangan bisnis Anda. Anda pastinya sudah dapat menyimpulkan bahwa metode scrum merupakan metode terbaik untuk Anda memulai bisnis.

Anda bisa terus melakukan eksperimen dengan metode tersebut untuk menghasilkan inovasi produk terbaik tiada henti. Merilis produk dengan metode ini menjadi suatu keharusan untuk  mendapatkan berbagai manfaat terbaik bagi perkembangan bisnis Anda.

Di akhir kata, tetaplah untuk membuat tim dengan ideologi, visi dan misi yang sama. Sehingga untuk mengkoordinasikan tim akan lebih mudah. Pastikan pula untuk memilih sumber daya terbaik untuk 3 posisi teratas. Sehingga dapat menghasilkan inovasi terbaik untuk masa depan bisnis Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk " Apa Itu Metode Scrum dan Kegunaanya Bagi Pengembangan Bisnis Anda"

Posting Komentar

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel