Mendampingi Anak Belajar di Rumah: 5 Hal Dasar yang Sering Diabaikan Orang Tua


Selama lebih dari setahun belakangan, anak-anak dan remaja harus belajar duduk di rumah di depan layar. Meskipun efisien, konsep belajar dari rumah punya sejumlah kekurangan dalam banyak aspek.

Pendidikan online, meskipun sangat mudah diakses, tidak bisa meniru pengalaman yang dapat diberikan oleh institusi sekolah fisik. Satu-satunya cara untuk menjaga minat anak Anda tetap utuh dalam studi adalah mencari cara baru untuk membuat belajar menjadi menarik bagi mereka.

Menyaksikan anak berjuang dengan pelajaran adalah salah satu hal tersulit yang dapat dialami orang tua. Karena ikut stres dengan apa yang dialami anak, orang tua pun sering membabi buta mencoba membantu proses belajar anak.

Padahal, ada sejumlah tindakan yang bisa dijalankan orang tua untuk mendampingi anak belajar di rumah dengan lebih terukur dan terstruktur. Artinya, para orang tua perlu mengambil pendekatan alternatif dan strategis agar bisa mengeksplorasi proses belajar-mengajar anak selama di rumah. Berikut ini 5 tindakan yang bisa dijalankan orang tua untuk mendampingi anak mengarungi pendidikan online:


1. Punya Area Khusus

Memiliki zona khusus untuk aktivitas tertentu dapat membantu Anda dan anak untuk melakukan aktivitas secara efisien. Rumah memiliki banyak gangguan, termasuk kenyamanan, yang mungkin mendorong Anda untuk tidak fokus memahami pelajaran.

Oleh karena itu, penting untuk menetapkan tempat khusus yang memang hanya dimanfaatkan untuk belajar. Pastikan memiliki pencahayaan yang cukup, tempat duduk yang nyaman, dan koneksi internet yang baik di area zona belajar tersebut.

 

2. Konsumsi Visual Alih-alih Teks

Indra manusia dirancang sedemikian rupa sehingga pikiran merasakan visual lebih baik daripada teks. Selain itu, pada saat pendidikan online telah menjadi paradigma yang dominan, pembelajaran dan pemahaman konsep dengan menonton video daripada membaca catatan akan terbukti efisien dalam segala hal.

Karenanya, selalu usahakan memiliki berbagai informasi visual untuk berbagai jenis pelajaran. Anda dan anak bisa mengeksplorasi internet untuk mendapat konten-konten visual tersebut.

 

3. Manfaatkan Platform dan Teknologi baru

Munculnya teknologi dalam beberapa tahun terakhir telah memunculkan cara belajar baru, seperti melalui video, permainan, musik, dan lain-lain. Dengan internet menjangkau setiap rumah tangga, Anda dan anak dapat belajar apa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Sebagai orang tua, Anda dapat membantu proses belajar anak dengan memberikan aplikasi bimbingan belajar yang menarik. Saat ini, platform atau aplikasi bimbel online memiliki berbagai daya tarik dalam pendampingan proses belajar anak.

Salah satu aplikasi bimbel online yang dikenal di Indonesia saat ini adalah aplikasi Ruang Guru. Dengan gaya pendampingan pembelajaran yang inovatif, unik, dan menyenangkan, aplikasi Ruang Guru dapat membantu anak memahami berbagai jenis pelajaran sekolah.

Dengan memanfaatkan aplikasi bimbel online Ruang Guru, anak akan menjelajahi berbagai jenis pelajaran dengan menyenangkan dan menarik. Untuk bisa mendapatkan platform bimbel online Ruang Guru, Anda cukup unduh aplikasinya di sini.

 

4. Berani Bereksperimen dengan Metode Belajar

Setiap orang memiliki gaya yang berbeda dalam memahami sesuatu dan menyerap pengetahuan yang diberikan kepada mereka. Mencoba berbagai metode pembelajaran sampai Anda menemukan metode yang tepat yang sesuai dengan pikiran anak adalah cara sempurna untuk menyempurnakan pembelajaran.

Pada awalnya, memang cukup menyulitkan mendapatkan metode belajar yang tepat untuk anak. Karenanya, Anda dapat menggunakan layanan platform bimbel online Ruang Guru sebagai asisten pendamping untuk membantu mencari resep yang tepat untuk anak.

Dengan bantuan aplikasi bimbel online, Anda tetap memegang kendali utama. Akan tetapi, Anda memiliki lebih banyak waktu dan pilihan metode belajar terbaik untuk anak.


5. Berlatih dan Evaluasi

Setelah Anda dan anak selesai belajar bersama, pastikan untuk selalu melakukan revisi pada aktivitas yang telah dijalani. Memahami kelebihan dan kekurangan aktivitas belajar akan membantu Anda menyempurnakan prosesnya untuk waktu-waktu mendatang.

Anda bisa mengajak anak untuk berdiskusi dan melakukan revisi bersama. Pastikan juga, proses diskusi dan evaluasi berjalan sehat sehingga anak tidak akan merasa semua hal hanya dibebankan kepadanya. Sebisa mungkin, berikan jeda istirahat antara proses belajar dengan waktu diskusi.

Dengan sejumlah tips di atas, semoga saja para orang orang tua memiliki lebih banyak kemampuan dan kekuatan mendampingi proses belajar anak di rumah. Pendidikan online memang memberatkan semua pihak, akan tetapi jangan sampai proses belajar di rumah jadi alasan anak menjadi abai dengan sekolah dan ilmu pengetahuan.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk " Mendampingi Anak Belajar di Rumah: 5 Hal Dasar yang Sering Diabaikan Orang Tua"

Posting Komentar

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel