Tips Agar Brand Kita Dikenal Banyak Orang - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Kamis, 12 Januari 2017

Tips Agar Brand Kita Dikenal Banyak Orang



Setiap manusia mempunyai beberapa keinginan dalam hidupnya. Ada yang mencari uang dengan bekerja sebagai pegawai di salah satu perusahaan. Dan ada juga seseorang yang sudah lelah bekerja untuk diperintah oleh atasannya, dan akhirnya ia memutuskan untuk membuka usaha sendiri.

Namun, sebagian orang yang membuka usaha tanpa ilmu, tanpa sistem, dan tanpa perhitungan yang jelas tentu akan membuat kerugian pada dirinya sendiri.

Sebelum kita membahas mengenai bagaimana agar produk kita dikenal banyak orang, Anda harus mengetahui dulu apa itu brand dan apa itu branding.

Brand adalah suatu merk yang dimiliki seseorang yang mempunyai usaha. Contoh Bapak Agus mempunyai brand produk baju muslimah yang bernama Sains Noor. Sains Noor adalah nama brand yang dikelola oleh beliau.

Sedangkan branding artinya adalah bagaimana caranya agar kita dapat menaikan brand/ merk produk kita agar dikenal banyak orang dan semua orang tahu brand kita.

Dengan begitu, jika kita sudah mempunyai nama brand yang sudah dikenal banyak orang, otomatis produk kita akan dicari oleh banyak konsumen di seluruh Indonesia, bahkan di luar negeri sekalipun.

Oleh karena itu, jika ingin memutuskan sesuatu permasalahan memanglah harus mempertimbangkan dari berbagai aspek dan mengikuti jaman yang ada.

Berikut saya akan paparkan sedikit mengenai cara dan tips agar produk kita dikenal banyak orang sebagai berikut :

 

1. Buatlah Suatu Produk Anti Mainstream

Contoh bikin suatu produk dengan nama yang unik dan membuat orang tertarik. Jika perlu kita racik sendiri dan buat sendiri produk nya dan dengan nama yang gampang diingat oleh orang.
Contoh : produk kakak saya namanya kue sabun, produk teman saya Makaroni Genre Rock dll

 

2. Buat Sistem dan Pembukuan yang Benar

Jika kita mempunyai sistem pembukuan yang baik, maka kita akan mengetahui laba dan rugi suatu usaha. Dan itu merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam menaikan brand dan membuat brand kita tidak mengalami kerugian.

Tips : Begitu banyak pengusaha yang mempunyai CEO lebih dari satu orang. CEO sendiri singkatan dari Chief Executive Officer yang berarti memimpin dan menjalankan perusahaan.

Biasanya CEO sendiri adalah yang mempunyai usaha itu sendiri. Jadi alangkah lebih baik sebelum memulai usaha untuk menaikan brand, Anda buat sistem keuangan sendiri dan alangkah lebih baik membuat satu pos keuangan.

Hal tersebut agar meminimalisir terjadinya korupsi, dalam bentuk kecil ataupun besar. Contohnya ada satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan dan jasa fitnes. Alangkah lebih baik, untuk pembayaran menginap di hotel maupun di tempat gym harus dalam satu pos.

Alasannya yang pertama adalah agar satu pos pembayaran bisa kita awasi sedemikian rupa. Kedua agar file tidak tercecer kemana-mana. Dan yang ketiga menghindari lost of money (kehilangan uang), menghilangkan data dsb.

 

3. Ikuti Sistem Marketing Jaman Sekarang

Pada tahun 2017 ini mungkin strategi marketing dari media sosial merupakan hal yang pling ampuh untuk menaikan branding produk kita. Karena kebanyakan anak jaman sekarang menggunakan media sosial sebagai media untuk membeli makanan, memesan ojek, memesan makanan dsb.

 

4. Follow Sebanyak-banyaknya dan Aktif di Media Sosial

Contohnya jika Anda mempunyai dan berkeinginan untuk memiliki usaha online shop yang tidak perlu lelah untuk melayani customer langsung. Hanya via chating Anda dapat dan bisa mendapatkan uang banyak.

Caranya sangat mudah, yakni kita harus aktif di beberapa media sosial seperti Facebook, Yahoo, Instagram, dan Twitter, Path dan masih banyak lagi media sosial yang bisa membantu untuk Anda mendapatkan follower sebanyak-banyaknya.

Anda cukup add dan follow target sesuai dengan usaha yang Anda punya, dan rajinlah memposting brand Anda, dan apa yang Anda jual. Otomatis sedikit demi sedikit Brand Anda akan dikenal banyak orang.

 

5. Bidik Target Marketing untuk Brand Kita

Jika kita punya usaha distro, tidak mungkin kita bidik bapak-bapak atau emak-emak untuk follow fan page facebook kita atau twitter kita. Bidiklah target yang tepat sesuai dengan produk yang akan kita brandingkan.

Contoh ingin membuka usaha distro, bidiklah target follower anak-anak sma, smp, atau anak kuliah. Jika Anda ingin membuka usaha online shop mainan anak, followlah ibu-ibu muda yang mempunyai anak kecil, dan otomatis barang Anda akan terjual dengan jumlah yang banyak.

 

6. Mempunyai Modal yang Kuat

Untuk membuat brand dikenal banyak orang, selain harus memperluas jaringan juga kita harus kuat dalam modal. Karena setidaknya kita harus mempunyai stock produk yang lumayan banyak untuk kita kelola dan promosikan.

Tips : Sebisa mungkin hindari meminjam pada koperasi, bank keliling dsb yang membuat Anda semakin sulit. Gunakan akal sehat dan buatlah produk yang memang sesuai dengan budget Anda.

Alangkah lebih  baik menabung dulu, setelah tabungan cukup untuk membuka usaha, baru kemudian Anda beranikan diri untuk membuat usaha dan promosikan brand Anda.

 

7. Bedakan Antara Laporan Perusahaan dengan Laporan Pengeluaran Kita

Jangan samakan pembuatan laporan perusahaan dengan laporan keuangan sehari-hari kita, agar uang tersebut tidak tercampuri dengan uang yang bukan untuk perusahaan.

Saran alangkah lebih baik membuat rekening tersendiri untuk perusahaan agar uang tersebut tidak tercampuri dengan keuangan yang lainnya.

 

8. Ambil Tim yang Solid dan Lakukan Branding Secara Spontan dan Menyeluruh

Selain tips yang disebutkan diatas, kita harus cermat menentukan orang yang bisa diajak bekerja sama untuk menaikan brand kita. Kita tidak boleh samakan antara teman dengan pekerjaan.

Tetap kita harus memilih team yang benar-benar siap bekerja dan mengembangkan usaha kita, jangan memilih team hanya karena kedekatan karena itu akan membuat kita sendiri tidak nyaman jika akan meminta atau memerintah teman sendiri untuk bekerja keras mempromosikan brand kita.

 

9. Berikan Promo dan Cash Back untuk Mengenalkan Brand pada Masyarakat

Untuk membuat brand kita dikenal banyak orang, kita harus rajin memberikan promo tiap bulannya. Agar barang dan produk kita laku terus di pasaran.

Contoh jika Anda mempunyai brand baju muslimah, dan ada barang Anda yang belum terjual dalam jangka waktu 3 bulan lamanya, alangkah lebih baik buatlah promo untuk barang-barang yang sulit terjual. Agar barang tersebut laku terjual, dan modal akan kembali pada kita.

 

10. Belajar Mengenai Neraca Keuangan dan Buat Sistem yang Menguntungkan untuk Brand Anda

Belajar mengenai neraca keuangan untuk seseorang yang memulai usaha itu adalah salah satu kewajiban yang harus kita pelajari dan praktekan pada usaha kita. Bukankah Anda ingin mempunyai usaha yang berkembang dan jelas pendapatan dan pengeluarannya dalam tiap bulannya ?

Karena banyak terjadi pada teman saya sendiri. Dia membuka usaha tanpa tahu mengenai neraca keuangan, dan akhirnya ia ditipu oleh karyawannya sendiri karena dia percaya begitu saja dengan karyawannya.

Karena kurangnya ilmu mengenai keuangan, dia tidak bisa dan tidak tahu apakah karyawannya berkata jujur atau tidak. Karena penyebab itulah, kita dituntut untuk mengetahui secara detail mengenai keuangan agar tidak ditipu dan dibohongi oleh orang lain.

Ketika keuangan Anda aman, otomatis Anda akan mudah menaikan brand Anda dan melakukan berbagai promosi di media sosial bahkan di radio-radio atau di televisi.

 

11. Pendekatan pada Banyak Orang yang Berpengaruh

Jika kita banyak membuat jaringan komunikasi dengan orang yang berpengaruh, itu akan berdampak positif pada brand kita.  Oleh karena itu, perbanyaklah menjalin komunikasi dengan orang yang berpengaruh dan mempunyai banyak relasi, otomatis Anda akan terbantu dengan jaringan yang Anda kelola tersebut.

 

12. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Jika kita membiasakan diri untuk menjalin hubungan baik dengan para konsumen yang sudah membeli produk kita, otomatis customer akan memberikan review yang positif untuk brand kita.

Malah jika kita menjalin komunikasi yang sangat baik, bisa jadi dia membantu untuk mempromosikan brand kita pada banyak orang. Tentu hal yang mudah, bukan?

 

13. Membuat Website Resmi dan Promosikan Brand Anda

Dengan membuat website resmi, itu akan banyak membantu dalam mempromosikan brand Anda agar dikenal banyak orang. Dengan mempunyai website sendiri, pandangan orang tentang brand Anda akan lebih dihargai dan dihormati oleh banyak orang.

Dengan mempunyai website, Anda akan terlihat lebih profesional dan benar-benar serius untuk memperluas branding Anda.

Atau jika Anda belum berminat untuk membuat website sendiri, perbanyaklah berkomunikasi dengan orang yang pintar mempromosikan brand Anda melalui website yang dikelola oleh orang lain yang sudah mempunyai pageviews yang lumayan banyak.

 

Kesimpulan

Memang, membuka usaha dan membuat brand kita laku keras di pasaran merupakan hal yang agak sulit untuk dipraktekan. Namun jika Anda sudah mempunyai niat dan sungguh-sungguh agar brand Anda dikenal dan mempunyai pendapatan yang besar, Anda harus bekerja lebih keras lagi dan selalu berdoa. Karena dengan berdoa, setidaknya kita sudah melakukan yang terbaik dalam hidup kita.

Jika brand kita dikenal banyak orang, otomatis pendapatan akan meningkat. Akan tetapi, kita harus membuat strategi agar brand kita tetap bertahan dengan begitu banyak persaingan yang sangat ketat.

Karena jika kita tidak bisa bertahan dan mengikuti jaman yang ada, secara perlahan brand Anda akan terlupakan begitu saja. Jadi cobalah semua tips yang sudah saya tuliskan diatas, dan jangan lupa dipraktekan dan selalu berusaha dan berdoa, karena Allah tidak pernah tidur.

Untuk semua yang mempunyai usaha kecil-kecilan, semoga bisa menjadi usaha yang sukses dan mampu bersaing dengan banyaknya brand yang sudah bertebaran di industri jagar raya tanah air ini.

Dan tidak lupa saya mengingatkan kembali mengenai keuangan. Janganlah Anda bangkrut gara-gara Anda tidak teliti dalam hal keuangan. Ingatlah dan biasakan untuk disiplin dalam melakukan hal apapun, agar brand Anda selalu kuat modal dan banyak diminati oleh orang.

Sekian artikel mengenai tips agar brand kita dikenal banyak orang, semoga bermanfaat untuk yang akan memulai usaha maupun yang sudah memulai usaha namun belum terkenal brandnya. Semoga masukan saya bermanfaat bagi Anda dan jika ada yang ingin ditanyakan atau menambahkan silahkan isi pada kolom komentar.

Terimakasih semoga bermanfaat, dan jangan lupa share ya☺☺☺☺☺


Artikel Terkait :
Beberapa Alasan Mengapa Karyawan Terbaik Resign dari Tempat ia Bekerja
Tips dan Syarat Agar Pengajuan KPR Disetujui oleh Bank
Tips Memilih Bunga KPR Termurah, Pilih KPR Bank Konvensional Atau Syariah ?
Bagaimana Cara Mengatur Gaji Agar Cukup untuk Satu Bulan Kedepan?  
Pilih menjadi Wanita Karier atau menjadi Ibu Rumah Tangga ??    


12 komentar:

  1. Nice info sist, mudah-mudahan kita diberi kemudahan dalam berusaha aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya roball alamin mbak sandra.. Semoga kita diberikan jalan terbaik untuk menjemput rezeki 😊😊😊

      Hapus
  2. Syuka deh... Gud luck buat kita semuaaa.. Semoga apa yang kita lakukan membawa keberkahan.. Aamiin
    Mbak vik, tips donk untuk pemasaran brandnya.. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya robbal alamin mbak miftha kaje heheh.. Siap mbak nti saya bkin strategi pemasaran yha.. Hehee makasih masukannya mbak 💋😊

      Hapus
  3. Kalo modal nya cuman iman dan taqwa gimana kak ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa bang hehehe harus tetep punya modal kalau semuanya mau jalan 😊😊😊

      Hapus
  4. Seems nice! :)

    anyway, i would really appreciate if you wanna let me know what do u think bout' this one :

    http://bradleykuper.blogspot.co.id/2017/01/sayap-pelindung-terbaik.html

    Feel free to comment yaa ! :)

    BalasHapus
  5. Baguuus tipsnya, kak! Thank you!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mbak .. Your welcome semoga bermanfaat ya ...

      Hapus
  6. Kereeeeen... bener2 ratu tips 😘

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..