Tips dan Cara Pindah Faskes BPJS Melalui Aplikasi Mobile JKN, Gak Perlu Ribet Antri! - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Kamis, 18 Januari 2018

Tips dan Cara Pindah Faskes BPJS Melalui Aplikasi Mobile JKN, Gak Perlu Ribet Antri!


Tips dan Cara Pindah Faskes BPJS Melalui Aplikasi Mobile JKN, Gak Perlu Ribet Antri!

Di tahun 2018 ini, siapa sih yang tidak mempunyai asuransi bpjs buatan pemerintah Indonesia ini?

BPJS adalah salah satu layanan asuransi yang paling murah diantara asuransi yang lainnya. Namun dengan harga yang murah, tentunya orang berjibaku mengantri di loket-loket dan kantor cabang BPJS  lainnya untuk mendapatkan penggantian atau sekedar merubah tempat pelayanan kesehatannya atau bisa dibilang ingin merubah faskes pertamanya.

Untuk Anda yang sering pindah domisili dari satu tempat ke tempat lainnya, Anda pasti akan merasakan lelah dan letih karena Anda tidak dapat berobat menggunakan bpjs , dikarenakan alamat faskes pertamanya belum dirubah dan berisi alamat terdahulu.

Untuk itu, perlu dihimbau kepada masyarakat, bahwa saat ini ada aplikasi khusus bpjs yang mempermudah Anda untuk merubah faskes atau sekedar merubah alamat tempat tinggal. Dengan teknologi yang semakin modern ini, Anda tidak perlu lagi mengantri sana-sini untuk mendapatkan pelayanan dari cabang bpjs terdekat di kota Anda.

Namun, Anda cukup download aplikasi bpjs di handphone Anda yang bernama Mobile JKN (dapat didownload menggunakan handphone android dan handphone Iphone/IOS).

Anda langsung cari playstore kemudian ketika Mobile JKN dan langsung install saja di hp Anda. Jika Anda pengguna iphone, cari saja Apple Store lalu ketikan Mobile JKN. Dan pastinya Anda tinggal install saja.

Dan jika Anda sudah install, saatnya untuk buka aplikasi tersebut dan jangan lupa untuk memasukan data diri Anda dengan benar (login akun).

Jika sudah mempunyai username, Anda tinggal login menggunakan id atau username atau email Anda kemudian password yang sudah disinkronisasi melalui email Anda. Perlu diingat juga bahwa email dan password tersebut harus Anda ingat dan jangan sampai lupa, karena jika lupa akan mengakibatkan data hilang atau harus diisi kembali atau harus membuat username baru dan itu cukup melelahkan.

Setelah login ke aplikasi mobile JKN, otomatis, data peserta akan terupdate secara otomatis dan data tersebut sesuai dengan kartu jkn/bpjs yang Anda punya.


Cara Pindah Faskes BPJS melalui Mobile JKN

1. Masuk ke menu utama, kemudian pilih Ubah Data Peserta (pastikan Anda mempunyai paket data). Lalu dalam pilihan ubah data peserta, akan ada kolom Nomor Kartu BPJS, No Handphone, email, alamat surat, kelas faskes, dan juga klinik/ puskesmas faskes tingkat 1.

Jika Anda ingin merubah faskesnya, Anda cukup klik pada faskes tingkat 1, kemudian aktifkan location di handphone Anda. Ini bertujuan agar lokasi faskes akan muncul sesuai dengan yang diinginkan.

2. Kemudian akan ada pemberitahuan bahwa perubahan faskes (fasilitas kesehatan dapat dilakukan paling cepat 3 bulan sekali). Anda langsung saja pilih faskes sesuai dengan lokasi Anda saat ini. Usahakan memilih faskes tingkat 1 yang paling dekat dengan rumah Anda, agar suatu saat jika Anda ingin berobat lebih dekat dan mudah.



3. Setelah faskes tersebut berubah datanya, maka akan ada pemberitahuan kapan perubahan data faskes tingkat 1 tersebut mulai berlaku.

4. Jika sudah sesuai dengan tanggal masa berlakunya, Anda langsung pergi ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dari rumah Anda, sambil membawa kartu bpjs yang beralamat terdahulu, untuk diganti dengan kartu bpjs yang faskes yang terbaru.

5. Anda langsung menghampiri security disana, lalu tunjukan aplikasi perubahan faskes melalui hp Anda dan tunjukan pula kartu bpjs lama Anda.

6. Tunggu 5 menit saja, maka kartu bpjs Anda dengan faskes yang baru sudah selesai dicetak tanpa harus antri sana sini dan Anda hanya butuh 10 menit berada disana.

Bagaimana cara pindah faskes bpjs melalui aplikasi mobile jkn, sangat mudah, bukan? Oiya, selain itu juga, Anda bisa lho membayar premi bpjs melalui aplikasi mobile banking. Dan nantinya, setiap pembayaran Anda akan tercantum langsung di aplikasi Mobile JKN Anda.

Sangan terintegrasi, bukan? Jika ada yang mudah, mengapa dipersulit? Awalnya saya sempat tidak percaya, apakah benar perubahan faskes bisa dilakukan di aplikasi tanpa harus mengantri berjam-jam? Dan ternyata benar, mobile jkn sangat mempermudah Anda untuk mengurusnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya!


Artikel Terkait :



10 komentar:

  1. Enak ya mb klo ada mobile app gini.. soalnya antrian di bpjs itu kdng bikin males dulu..

    Maksih mba. Aku pemegang kartu bpjs juga soalnya

    BalasHapus
  2. Lebih mudah yach mBak cara pindahnya berkat aplikasi dari Play Store,,,, hidup Play Store. :)

    BalasHapus
  3. Jadi praktis sekali ya, Mbak..

    BalasHapus
  4. Wah aku perlu nyoba nih, dr dlu pengin pindah faskes tapi males ngurus ke kantor bpjs.. Hhh

    BalasHapus
  5. wah mudah sekali caranyaa .. maksih tipsnya haha :D

    BalasHapus
  6. Saya juga pake aplikasi ini. Jadinya lebih mudah untuk melihat status pembayaran dan lainnya.

    BalasHapus
  7. Saya belum punya aplikasinya neng vika, biar lebih gampang sebaiknya memang install ya.. nanti pelajari dulu deh, caranya...

    BalasHapus
  8. lebih mudah ya sekarang, pengalaman saya dulu harus antri berjam-jam demi mendapatkan kartu bpjs.

    saat rubah data juga gitu ngantri lagi, jadi harus ijin dari kantor.

    sekarang lebih praktis ya tinggal klik beres deh.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..