Kapan Seharusnya Bayi Dicukur Rambutnya Hingga Plontos Alias Gundul? - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Kamis, 01 November 2018

Kapan Seharusnya Bayi Dicukur Rambutnya Hingga Plontos Alias Gundul?

Kapan Seharusnya Bayi Dicukur Rambutnya Hingga Plontos Alias Gundul?

Memiliki buah hati merupakan anugerah dari Allah yang tak terhingga, sehingga sudah menjadi kewajiban orangtua untuk mendidik dan membesarkan anaknya dengan penuh kasih sayang.

Memiliki anak, selain harus mendidik dan membesarkannya dengan baik, juga orangtua dituntut untuk mengetahui banyak ilmu parenting, termasuk kesehatan dan sunah rasul yang harus dilakukan pada anak kita.

Setelah bayi lahir, tentunya banyak yang menyarankan agar anak melakukan aqiqah pada usia tujuh hari. Dan selain itu juga, bayi baru lahir pun lebih baik dicukur rambutnya hingga plontos alias gundul.

Lantas, kapan seharusnya bayi dicukur hingga rambutnya plontos alias gundul? Apakah hal tersebut berlaku untuk bayi laki-laki saja atau bayi perempuan juga? Jawabannya adalah dibawah ini.

Setelah bertanya-tanya pada banyak orang, terlebih bertanya pada orangtua sendiri, kapan seharusnya bayi dicukur rambutnya hingga gundul tentunya banyak menimbulkan pertanyaan, karena pendapat orang tentunya berbeda.

Namun, setelah bertanya pada ustad yang membimbing aqiqah. Bahwa aqiqah dan cukur rambut bayi sebaiknya dilakukan pada hari ketujuh setelah bayi lahir. Dan diperuntukan untuk bayi laki-laki maupun perempuan.

Mengingat hal ini, tentunya sebagai orangtua harus memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Dan alhamdulilah, pada hari ketujuh setelah Cassie lahir, saya mengadakan aqiqah untuk Cassie. Namun, ada permasalahan, yakni tidak adanya pencukur rambut profesional pada waktu itu, sehingga baby C pun belum dicukur rambut hingga saat ini di usianya yang belum genap 2 bulan.

Saya pun lantas bertanya-tanya, apa saja manfaat dari mencukur gundul rambut pada bayi. Dan ternyata, selain memang hal tersebut merupakan sunah rasul, juga bermanfaat untuk kesehatan bayi.

Rambut pada bayi yang baru lahir tentunya masih ada sisa kotoran yang menempel akibat kotoran ketika dalam rahim. Dan selain itu, jika bayi digunduli ketika masih 7 hari, bayi tersebut masih belum lincah alias banyak polah, sehingga untuk mencukurnya pun tidak terlalu sulit.

Setelah bayi semakin besar, tentunya mencukur rambut hingga plontos alias gundul akan lebih menyulitkan bagi pencukur, karena kepala bayi masih sangat empuk dan harus berhati-hati ketika mencukurnya.

Selain itu, jika dari 7 hari bayi sudah digunduli, tentunya akan ketauan, apakah kulit kepala bayi bersih atau tidak. Jadi, jika kepala bayi kurang bersih, maka kita sebagai orangtuanya dapat membersikan kotoran tersebut sedari dini.

Menurut orangtua, setelah rambut bayi dicukur, ada baiknya kita bersedekah seberat rambut bayi yang digunduli, lalu ditimbang dan dikalikan dengan harga emas atau perak pada saat ini.

Namun, sampai saat ini juga saya masih bingung, apakah hal ini wajib atau tidak. Dan masih bingung juga, apakah berat rambut tersebut dikalikan dengan harga emas atau harga perak pada saat ini. Karena harga keduanya cukup signifikan dan berbeda jauh.

Yang terpenting dilakukan saat ini adalah, bersedekahlah pada rambut bayi yang dicukur bagi yang mampu. Hal ini bertujuan selain mengikuti sunah rasul, juga untuk mendapatkan keberkahan dari Allah dan diberikan kesehatan untuk buah hati kita. Semoga tulisan ini bermanfaat ya!

Artikel Terkait :

3 komentar:

  1. Wktu itu nyari tukang cukur ga dapat, pada ga berani wkwkwk, akhirnya Aisyh dcukur sama tetangga sebelah rumah eyangnya, beliau temen eyangnya d pengajian mesjid hehe. Dia biasa nyukurin cucu-cucu nya. Btw ttg cukuran ada penjelasan fiqih nya dr Ust Abdul Somad d yutub, mom... well, disedekahkannya sifatnya bebas mau pakai satuan hitung emas atau perak (namanya jg sedekah heheh), ngga ada ketentuan yg satu lebih utama dr yg lainnya. Kalau pk emas dirasa agak memberatkan, pakailah hitungan perak. Kalau mungkin lg bnyk rejeki n mau bersedekah lebih, mangga pake emas hehehe... gmn sedekah yg terbaik yg bs diberikan aza, insyllah berkah. Wallahualambisshawab...

    BalasHapus
  2. Si Gen di plontos pas 7 hari aqiqah beb dan di gram pake perak bukan emas lho 🤗 klo beby girl suka gatega ya heheh

    BalasHapus
  3. Aku juga cukup abis kepala krucils pas 7 hr. Walopun aqiqahnya ga di hari yg sama. Yg cukur mereka 2-2 nya ama eyang papa nya yg memang jago :D. Tp kalo soal rambut ditimbang trus dibeliin emas, itu aku ga lakuin mba :D. Cukup aqiqah

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..