Tips dan Cara Membangun Hubungan LDR agar Tetap Harmonis dan Setia

Tips dan Cara Membangun Hubungan LDR agar Tetap Harmonis dan Setia

Membangun keluarga yang selalu harmonis, setia dan jauh dari gosip miring dalam rumah tangga merupakan kewajiban dua insan yang sudah terikat dalam pernikahan. Karenanya, membangun hubungan baik itu bukan sekedar perjuangan antara salah satu pihak saja, namun keduanya pun memegang peranan penting dalam membangun hubungan yang baik untuk masa depan keluarga bersama buah hati yang paling Anda cintai.

Banyak dari pasangan yang menjadi bermasalah dikarenakan hubungan ldr yang membuat keduanya menjadi tak harmonis dan saling tak setia. Banyak alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Namun setidaknya, jika Anda pun mengalami hubungan jarak jauh atau ldr bersama pasangan, ada baiknya melakukan beberapa tips dan cara membangun hubungan ldr agar hubungan tetap selalu harmonis dan saling setia, seperti berikut ini.

1. Komunikasi Nomor 1

Banyak perceraian antar keluarga terjadi mulanya karena salah paham dan komunikasi yang tidak baik. Biasanya, ketika berpacaran sangat takut kehilangan, namun setelah naik peringkat menjadi pasangan halal, hal kecil seperti berkomunikasi romantis bersama pasangan tidak diindahkan lagi.

Akibatnya, sang istri merasa tidak disayang dan tidak diperhatikan seperti ketika pacaran dulu. Hal ini berakibat, istri sering mengeluh dan marah-marah dirumah yang menyebabkan suasana rumah tidak kondusif dan akhirnya tidak harmonis lagi.

Cara terbaik untuk membangun hubungan ldr agar tetap harmonis salah satunya adalah perbaiki cara berkomunikasi. Tetaplah berkomunikasi se-intens dan se-romantis ketika berpacaran dulu. Jangan sampai karena sudah memiliki, akhirnya disia-siakan dan tidak se-instens dan se-romantis ketika pacaran.

Berkomunikasi dengan baik ketika hubungan jarak jauh sangat berarti di sela-sela kesibukan Anda. Anda bisa melakukan video call ketika sedang ada waktu senggang, walau hanya sekedar menanyakan keadaan dan mengobrol ataupun curhat mengenai pekerjaan. Atau memberikan perhatian lebih pada pasangan seperti menanyakan tentang pekerjaanya, atau saling kirim foto walau hanya dalam chatingan saja. Karena hal tersebut akan menambah keintiman dan rasa kangen terhadap pasangan.

2. Selalu Berpikir Positif dan Percaya

Ketika salah satu pasangan sedang berada diluar kota dan jauh dari Anda, berpikir positif adalah salah satu cara membina dan membangun hubungan ldr agar tetap harmonis. Biasanya, dengan membangun pikiran positif dalam diri, akan memberikan efek yang luar biasa pada tubuh Anda.

Anda akan selalu percaya pasangan Anda selalu setia disana walaupun jarak memisahkan. Dengan begitu, pikiran negatif akan hilang dan selalu tekankan pada diri sendiri bahwa pasangan Anda sedang mencari nafkah untuk keluarga Anda dan janganlah diberi beban, terkecuali ada tanda-tanda perselingkuhan dalam hubungan Anda.

Biasanya, jika Anda terlalu sering curiga, suudzon pada pasangan yang jelas-jelas bekerja demi Anda. Akan memupuk rasa kesal pada pasangan Anda yang sudah setia, sehingga bisa jadi kebalikannya. Karena pasangan Anda terlalu sering dicurigai, malah bisa jadi akan melakukan hal tersebut.

Jadi, percayalah pada pasangan Anda dan selalu berpikiran positif agar hati selalu senang, terhindar dari stress dan selalu bersyukur dengan apa yang Anda dapatkan selama ini.

3. Saling Menghargai, Bersyukur dan Jauhi Sindir Menyindir

Ketika mendengar cerita teman yang menurut Anda sangat sempurna keluarganya, membuat Anda terkadang kesal akan kehidupan yang Anda jalani saat ini. Mengapa saya jauh dari istri saya atau sebaliknya. Hal ini tentunya akan membuat Anda depresi dan membangun rasa kesal dan rasa tidak bersyukur dalam diri Anda.

Biasanya, jika hal tersebut terjadi, Anda secara tidak langsung akan membahas hal tersebut pada pasangan Anda dan mulai membanding-bandingkan kehidupan Anda dengan kehidupan orang lain yang sempurna sehingga timbullah rasa saling tidak menghargai satu sama lain sehingga mencari kebahagiaan di tempat lain (naudzubillahimindzalik).

Tentunya hal ini patut Anda jauhi, karena hal kecil semacam ini akan sedikit demi sedikit memudarkan rasa sayang dan cinta Anda pada pasangan. Apalagi jika Anda terus mengeluh dan menyindir pasangan. Tentunya akan membuat hubungan Anda tidak harmonis yang ujung-ujungnya saling tidak peduli satu sama lain dan tidak setia.

Cara terbaik untuk selalu membangun keluarga yang harmonis disaat Anda sedang ldr dengan pasangan adalah saling menghormati dan menghargai keputusan pasangan. Bahkan bila perlu, daripada Anda kesal akan kehidupan Anda yang selalu jauh dari pasangan, lebih baik berdoa dan tetap bersyukur, karena Anda akan selalu kangen dengan pasangan dan selain itu juga, Anda harus berpikir bahwa inilah cara Tuhan memberikan rezeki bagi keluarga Anda saat ini, karena jika waktunya tiba, Anda tidak akan lagi berjauhan dengan pasangan dan selalu hidup romantis dan juga saling setia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Komentar untuk "Tips dan Cara Membangun Hubungan LDR agar Tetap Harmonis dan Setia"

  1. WowWowWowo mantul tipsnya beb, pengalaman adalah guru yang paling berharga ya beb, makasih lho udah sharing! Keep romantic

    BalasHapus
  2. masa LDR saya sudah berlalu mba.. beraat :)

    BalasHapus
  3. Saya susah kalau membangun hubungan diatas LDR mbak, soalnya kuangeenn dan cemburu mulu, hahaha....

    BalasHapus
  4. Iya ya, Kak, komunikas itu nomor satu. Jangankan yang LDR, yang deket saja kalau komunikasi mandek bisa mandek juga hubungannya #eh ... ini boekan curhat :p qiqiqiq.

    BalasHapus
  5. Sindir menyindir ini.... bahaya..:D
    So, semua points di atas emang harus digaris bawahi dalam hubungan ldr

    BalasHapus
  6. Waktu masa pacaran saya pernah nggalami LDR dua kali, memang nggak enak sih,.....
    .tapi skrg krn tehnologi udh maju asalkan ada rasa saling percaya mungkin nggak terlalu berat lah

    BalasHapus
  7. dulu sha pernah pacaran LDR, terus putus wkwkwkwk *malah curhat*

    BalasHapus
  8. Ah dripada LDR mending ntar dulu deh wkwkwk

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel