Benarkah Selingkuh Merupakan Suatu Penyakit yang Sulit Hilang?

Selingkuh merupakan satu kata yang singkat namun sangat mengiris hati yang mendengar apalagi mengalaminya. Banyak sekali wanita maupun pria yang mengalami hal ini, bahkan saat ini tidak hanya pria saja yang doyan selingkuh, namun wanita pun sudah banyak yang melakukan selingkuh.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan selingkuh? Seperti yang dilansir oleh situs wikipedia, selingkuh merupakan salah satu aktivitas seseorang yang tidak jujur pada pasangan halalnya untuk melakukan aktivitas menyeleweng alias tidak setia pada pasangan demi tujuan dan kepuasan lahir batin.

Memang, setiap pasangan yang selingkuh akan selalu mencari kesalahan-kesalahan si pasangannya. Akan tetapi, seburuk apapun pasangan Anda, tidak seharusnya dan tidak selayaknya Anda melakukan perselingkuhan. Karena hal ini tentunya akan merugikan keutuhan rumah tangga Anda dan pasangan halal Anda.

Banyak yang mengira bahwa pasangan yang pernah ketahuan selingkuh akan berubah dan tidak selingkuh lagi. Namun faktanya, seseorang yang doyan selingkuh akan seterusnya selingkuh bahkan jika memang berubahpun, suatu saat ketika ada kesempatan akan selingkuh lagi. Benarkah demikian?

Ada beberapa rekan kerja saya yang saat itu masih bujang doyan sekali selingkuh, dan ia selalu berkata bahwa ia akan puas-puasin berselingkuh agar nanti setelah menikah akan setia dan tidak akan selingkuh lagi. Benarkah demikian?

Faktanya di lapangan, kebanyakan yang terbiasa berselingkuh ketika waktu muda, akan terbawa kebiasaan hingga menikah. Dia sudah terbiasa dengan ritme membutuhkan banyak pasangan dan tidak puas dengan satu pasangan saja.

Walaupun demikian, ada sebagian orang yang memang pernah selingkuh ketika pacaran, namun memegang komitmen untuk selalu setia ketika sudah menikah.

Lalu apakah selingkuh merupakan suatu penyakit yang sulit hilang? Bagaimana reaksi Anda jika pasangan Anda ketahuan selingkuh? Apakah Anda akan memaafkan atau Anda akan memilih jalan pisah sebagai solusi terbaik bagi rumah tangga Anda?

1. Selingkuh Terjadi Karena Adanya Kesempatan

Benarkah Selingkuh Merupakan Suatu Penyakit yang Sulit Hilang?

Segala sesuatu yang terjadi tentunya bermula dari adanya kesempatan untuk berselingkuh. Maka dari itu, banyak yang melakukan perselingkuhan awalnya karena jarak yang jauh dengan pasangan.

Walaupun memang terbukti bahwa hubungan ldr rentan terjadinya perselingkuhan. Namun diluar sana masih banyak juga yang tetap setia walaupun menjalani hubungan jarak jauh dan sulit bertemu dengan pasangan.

Banyak yang akhirnya berselingkuh karena adanya kesempatan ataupun seringnya bertemu dengan wanita atau pria lain. Dan ada juga beberapa profesi pekerjaan yang rentan terjadinya cinlok. Sulitnya menahan hawa nafsu ditambah kurang kuatnya iman pada diri seseorang yang membuat banyak orang akhirnya berselingkuh dan mencari-cari kesalahan pasangannya.

Semua aktivitas ini berkaitan satu sama lain dan saling mendukung. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari kesempatan untuk melakukan selingkuh dan perkuatlah iman Anda untuk selalu setia dan bersyukur pada pasangan halal Anda.

2. Selingkuh Karena Tidak Kuat Iman

Seseorang yang memiliki iman yang kurang kuat, akan sangat mudah digoda dan dirayu oleh orang lain yang bukan muhrimnya.

Diluar sana, tentunya banyak sekali pria maupun wanita yang lebih cantik maupun lebih tampan dari pasangan Anda. Akan tetapi, jika iman Anda kuat dan selalu mengingat istri ataupun suami, hal ini akan terbantahkan karena Anda berkomitmen akan selalu setia pada pasangan.

Sebesar apapun godaan yang mendatangi Anda, jika Anda sedang dirayu untuk berselingkuh oleh orang lain, Anda akan tetap tahan dan tidak goyah karena iman Anda kuat.

Maka carilah pasangan yang baik. Tidak hanya baik dalam bersikap dan bertutur kata, namun baik karena dekat dengan Sang Pencipta dan memiliki iman yang kuat.

3. Selingkuh karena Diselingkuhi

Point ketiga ini merupakan salah satu point yang sering sekali saya dengar di lingkungan sekitar bahkan dialami oleh kerabat dekat saya. Ia selingkuh karena diselingkuhi oleh pasangannya. Banyak yang mengambil jalan pintas untuk berselingkuh juga karena mengetahui pasangannya sudah berselingkuh.

Tentunya hal ini merupakan suatu kelakuan yang tidak patut dicontoh oleh Anda karena tidak ada kebaikan dari yang namanya perselingkuhan, apapun itu alasannya.

Ketika pasangan Anda ketahuan selingkuh, seharusnya yang Anda lakukan adalah mendoakannya agar diberikan hidayah dan berubah. Bicarakan baik-baik apa yang diinginkannya, karena jika Anda berselingkuh juga, apa bedanya Anda dengan pasangan Anda?

4. Selingkuh Karena Komunikasi yang Buruk

Setiap pasangan tentunya ingin selalu romantis untuk menjaga keutuhan rumah tangganya. Walaupun ada sebagian besar suami ataupun istri yang sering melupakan kata-kata cinta setelah mereka menikah.

Padahal, kata kata cinta wajib sekali dibangun untuk menjaga keharmonisan keluarga. Tak hanya itu, sering melakukan komunikasi yang baik pun akan menjaga pikiran pasangan dari perasaan suudzon alias buruk sangka.

Ketika Anda dan pasangan memiliki komunikasi yang buruk, biasanya akan timbul pemikiran-pemikiran buruk pada pasangan. Apakah pasangan Anda selingkuh dan lain-lain. Padahal bisa saja pasangan Anda sibuk karena pekerjaaanya.

Karena komunikasi yang buruk itulah, biasanya pasangan akan mencari celah untuk men-chat orang lain yang bukan muhrimnya.

Pada awalnya sih ingin curhat saja, tapi lama-lama, tumbuhlah chemistry yang membuat Anda berselingkuh dengan orang lain.

Maka dari itu, ada istilah "Tidak ada persahabatan diantara kedua insan yang berbeda jenis kelamin". Seburuk apapun kondisi keluarga Anda, jangan pernah cerita pada orang lain apalagi beda muhrim, karena itu sama saja dengan membuka aib atau borok rumah tangga Anda sendiri.

5. Selingkuh karena Kekurangan Pasangan

Saya sering sekali menjadi tempat curhat beberapa kerabat yang sempat berpikir bahwa pasangannya memiliki affair dengan orang lain.

Sebenarnya, kekurangan pada pasangan tidak seharusnya menjadi salah satu alasan seseorang untuk selingkuh. Karena tidak ada manusia yang sempurna, pasti ada saja kekurangan dari pasangan yang harus Anda terima.

Walaupun Anda akhirnya memilih bercerai dan menikah dengan orang lain. Pasti akan ada yang namanya kekurangan pada setiap kepribadian manusia, tergantung dari apa kekurangannya.

Jika kekurangan pasangan Anda adalah tidak terlalu tampan atau cantik, Anda harus menerimanya karena Anda pun pasti memiliki kekurangan di mata pasangan. Namun, jika kekurangan pasangan karena doyan selingkuh. Mungkin sudah saatnya Anda berpikir dua kali untuk mempertahankannya.

Banyak pasangan yang akhirnya selingkuh karena tidak puas dalam hal kepuasan lahirnya. Mungkin Anda tahu maksud dari tulisan ini. Karena sudah terbiasa mencicipi kepuasan lahir diluar, akhirnya ketika berhubungan dengan pasangan halal, ia membanding-bandingkan kepuasan antara pasangan halal dengan yang diluar.

Sekali saja Anda terjerumus dan "jajan diluar", maka selamanya Anda akan membandingkan pelayanan diluar rumah dan didalam rumah.

Maka dari itu, Allah selalu mengatakan bahwa tidak ada pacaran dalam Islam. Karena hal ini untuk menghindari seseorang membanding-bandingkan kebaikan maupun keburukan orang lain.

Karena jika sekali saja merasakan nikmat diluar, maka ia akan selamanya seperti itu dan membutuhkan pelayanan diluar ketimbang pasangan halal.

6. Selingkuh Merupakan Suatu Kebiasaan yang Sulit Hilang

Sebenarnya, selingkuh terjadi karena kebiasaan yang sulit hilang ketika masih muda. Banyak yang menghalalkan hal ini dari muda. Jadi, untuk menghilangkan kebiasannya ketika sudah menikah akan sulit hilang.

Bahkan banyak yang memilih untuk lajang hingga tua untuk berpuas diri berganti-ganti pasangan. Karena merasa tidak siap untuk berkomitmen setia pada satu pasangan saja.

Oleh karena itu, biasakanlah untuk selalu setia ketika pacaran. Karena hal ini merupakan salah satu latihan untuk selalu setia ketika sudah menikah.

Walaupun banyak yang bilang harus berpuas-puas diri sebelum menikah. Nyatanya banyak yang kejadian doyan selingkuh akibat kebiasaan selagi muda.

Walaupun ada beberapa orang yang awalnya sangat soleh atau solehah, tiba-tiba selingkuh karena pubertas kedua. Semuanya kembali lagi pada niat dan kuat tidaknya iman Anda.

Setelah mengetahui keenam hal mengenai selingkuh diatas, bagaimana caranya menghindari selingkuh?

1. Selalu Bersyukur pada Pasangan

Bersyukur merupakan salah satu cara untuk menghindari perselingkuhan. Karena dengan selalu bersyukur dengan kekurangan dan kelebihan pasangan, tentunya akan membuat keluarga selalu harmonis dan sakinah mawadah warohmah.

Karena tentunya Anda pun memiliki kekurangan. Maka dari itu bersyukurlah akan pasangan halal yang sudah menemani Anda dalam suka dan duka, karena pasangan baru pun akan memiliki kekurangan dan belum tentu bisa menerima kekurangan seperti pasangan halal Anda.

2. Selingkuh Bisa Dihindari oleh Doa Istri

Biasanya, doa istri dan feeling istri selalu benar. Ketika sang istri mengetahui wangi-wangi perselingkuhan sang suami. Cara terbaik agar suami berubah dan kembali setia pada Anda adalah dengan doa istri.

Doa istri akan selalu dikabulkan oleh Allah. Ketika Anda mengetahui tanda-tanda perselingkuhan pada pasangan, berdoalah agar pasangan diberikah hidayah dan kembali ke jalan yang benar.

Biasanya, dengan doa sang istri. Suami yang awalnya mau belok, akhirnya kembali lurus karena mengingat istri yang sudah memberikan anak-anak yang cantik, tampan dan juga baik hati.

Penutup

Sebenarnya, selingkuh bisa hilang jika Anda memang benar-benar komitmen untuk selalu setia bersama pasangan. Namun, ketika pemikiran Anda menolak hal ini dan berpikir selingkuh merupakan perbuatan yang sah dimata agama dan menyenangkan, maka selingkuh pun bisa dikategorikan suatu penyakit yang sulit hilang.

Kembali lagi pada orang tersebut menanggapi apa artinya selingkuh. Jika Anda ingin pasangan Anda setia, maka setialah pada pasangan Anda. Karena apapun yang Anda lakukan, akan menuai sesuatu di masa depannya.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Komentar untuk "Benarkah Selingkuh Merupakan Suatu Penyakit yang Sulit Hilang?"

  1. semoga aku dan pasangan dijauhkan dari penyakit selingkuh ini.. Amiinn..

    BalasHapus
  2. Semoga kita dan pasangan senantiasa dilindungi Allah dan selalu setia membangun keluarga bahagia sampai maut memisahkan..

    BalasHapus
  3. Nahloo!!..? 😱😱
    Dari penjelasan lengkap diatas mungkin bisa dijadikan pelajaran bagi yang suka selingkuh dan yang akan mau star selingkuh.😂😂 Bicara soal selingkuh biasanya wanitalah yang paling merasa dirugikan, Meski terkadang pria juga mengalami hal yang sedemikian.
    Jadi sederhananya mungkin orang yang selingkuh pada umumnya kurang merasa bersyukur pada dirinya sendiri, Ditambah kepercayaan pada dirinya serasa kurang dan terus berkurang.
    Kalau sudah seperti itu semua yang ada pada mahligai rumah tangganya akan sangat bersebrangan dari semua segi faktornya. Selalu ada saja yang kurang.😄😄
    Kebiasaan dari muda atau selama tahap pacaran doyan selingkuh mungkin itu hanya beberapa % saja terjadi.. Sisanya mungkin lebih dominan ke Karma.
    Karena pria yang seperti itu belum tentu selingkuh pas sudah punya pasangan abadi.....( Ciiee tersungging gw nih ceritanya..😂😂😂 )
    Namun intinya keutuhan rumah tangga harus di dasari Iman yang kuat serta ikhlas dan kejujuran serta kesederhanaan tanpa tedeng aling2...Meski diera sekarang hal seperti itu terkadang hanya manis dibibir saja..😄😄😄
    Namun bila yang serius tentu akan merasakan berkah rumah tangga abadi.
    Meski penyebab orang selingkuh bisa dikatakan ada positif dan negatifnya namun apa pun itu Selingkuh sesuatu hal yang tidak harus dilakukan. Terlebih cuma karena alesan ekonomi dan bla2 lainnya.😄😄
    Yang hobi berlian 30 karat saja masih suka selingkuh, Apalagi yang cuma makan pake ikan asin saja. Naahlooo!!!..😱😱😱😱
    Lhaaa kok komen gw jadi ngelantur gini yaaa.....Lebay banget gw nih Haahaaa!! 😂😂😂😂


    Janganlah kau tinggalkan Berlian indah dirumahmu demi sebuah bongkahan beling kaca yang bersinar.

    Madu memang manis namun saya manisnya madu tak akan ada wanita yang mau di madu..😱 Meski faktanya tidak selalu demikian.? 😂😂😂🏃🏃🏃🏃🏃🏃

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel