Cara Memasak Terbaik Agar Nutrisi Sayuran Tidak Hilang, Direbus atau Dikukus? - ratutips.com

Latest

Rabu, 30 Januari 2019

Cara Memasak Terbaik Agar Nutrisi Sayuran Tidak Hilang, Direbus atau Dikukus?

Cara Memasak Terbaik Agar Nutrisi Sayuran Tidak Hilang, Direbus atau Dikukus?

Saat ini baby C telah memasuki usia 4 bulan dimana saya pun harus belajar untuk menyiapkan MPASI nya yang akan saya berikan di usia 6 bulan. Sebagar seorang ibu, wajib hukumnya mempelajari bagaimana cara memasak terbaik agar nutrisi sayuran tidak hilang, apakah caranya direbus ataukah dikukus.

Sebenarnya keduanya sangat menyehatkan memasak dengan cara seperti itu. Namun, ada kelebihan dan kekurangan diantara keduanya. Hal ini pun sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang diet agar mempunyai tubuh yang sehat dan juga ideal. Mengurangi konsumsi minyak dengan memakan makanan dan sayuran yang dikukus efektif sekali dalam meningkatkan kesehatan tubuh dan melangsingkan tubuh. Jadi, artikel ini tidak hanya untuk bayi saja, namun bagi Anda yang ingin diet sehat dengan merebus atau mengkukus sayuran sehat.

Merebus Sayuran akan Mengurangi Nutrisinya

Merebus sayuran dengan waktu yang lama akan sedikit merusak nutrisi pada sayuran, terlebih jika sayuran tersebut mengandung banyak vitamin c. Idealnya, merebus atau mengkukus sayuran baiknya direntang waktu 5 hingga 15 menit, sehingga nutrisi tetap terjaga selalu. Namun, kekurangan merebus sayuran yang mengandung banyak vitamin c ialah, vitamin c nya akan rusak dan larut dalam air rebusan hingga 50% sehingga nutrisinya akan berkurang dan sayang sekali untuk Anda makan.

Mengkukus Sayuran akan Tetap Menjaga Kestabilan Nutrisi dalam Sayuran

Dengan mengkukus makanan dalam tempat kukus tentunya akan lebih terjaga nutrisi dalam sayuran, karena sayuran tidak kontak secara langsung dengan air. Karena sayuran tersebut akan matang oleh uap air dari didihan air pada tempat kukusan, sehingga nutrisi sayuran akan tetap terjaga. Dan biasanya akan lebih renyah sayuran tersebut dan tetap banyak mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Memang, mengkukus sayuran tentunya akan lebih memakan waktu yang lama, namun nutrisi tidak banyak yang hilang jika cara memasaknya dengan mengkukus. Sebisa mungkin, mengkukus sayuran pun tidak perlu memotong dengan kecil-kecil, hal ini akan berpengaruh pada rusaknya gizi makanan tersebut.

Sebisa mungkin, merebus atau mengkukus pun tidak lebih dari 15 menit agar warna dari sayuran tetap bagus dan nutrisi tidak hilang. Bahkan, jika Anda memasak bayam pun, alangkah lebih baik jika air untuk kuahnya sudah mendidih, matikan kompor lalu masukan bayam. Hal ini dilakukan untuk mencegah nutrisi pada bayam rusak. Dan pastinya, warna dari daun bayam akan tetap fresh dan tidak terlalu layu.

Jadi kesimpulannya adalah, diantara kedua cara memasak diatas, jika Anda ingin nutrisi sayuran tetap stabil dan tidak rusak, biasakan untuk memasak dengan cara dikukus. Selain sayuran akan terlihat fresh, sayuran pun akan tetap renyah dan juga nutrisinya tetap ada. Disamping itu, mengkukus pun tidak akan merusak gizi makanan tersebut jika Anda tidak memotongnya terlalu kecil. Jadi, biasakan memotong sayuran setelah Anda kukus ya!

19 komentar:

  1. meski dikukus lebih menjaga nutrisi tapi lebih enak direbus menurut saya mba hehe,

    BalasHapus
  2. Pantas saja ya, orang tua jaman dulu masakan jenis apa pun leih suka dikukus ,termasuk menanak nasi menggunakan kukus.

    BalasHapus
  3. Rebus sebentar saja😀 gampang ya..

    BalasHapus
  4. Ternyata tebakannya benar, dikukus. Emak pernah bilang kalau makan sayur yang direbus, ambil airnya yang banyak. Terus minum, karena vitaminnya lari ke air. Jadi kalau ke warung, sudah kebiasaan incer air yang banyak kalau beli sayur yang dikukus.

    BalasHapus
  5. Saya biasanya merebus, ternyata bagus mengkukus ya. Segera berganti nih, biar bisa makan sayur dengan vitamin yang tinggi.

    BalasHapus
  6. kalau di suruh milih sama ibue, masak sayurannya di kukus atau di rebus, pasti jawaban mamang mah dimasaknya mendingan dipakein cintamu padaku yang tak pernah mati....pasti jawaban mamang begitu deh....

    karena admin yang nanyanya,yeah...tak jawab ajah seenak udelmu ajah deh mau diapain juga wong tugas sayah mah cuman menyantapnya sajah jeh

    BalasHapus
  7. wah aku baru tau kalau bayam masaknya harus kayak gitu. berarti selama ini aku keliru masak bayam bikin nutrisinya ilang ya. I see.. baiklah terima kasih informasinya mbak. Harus ganti cara masak sayur ini hehehe

    BalasHapus
  8. Cara agar tidak layu kalo ga ada kulkas gimana yaa, saya ga ada kulkas jadi kalau beli langsung masak deh semuanya

    BalasHapus
  9. pantes istri selalu ngekukus masakan buat anak, saya pikir ngukus ya direbus doh.. wkwkwk

    BalasHapus
  10. Jadi ternyata lebih bagus dikukus ya, saya kira sama aja mbak....
    Harus kasih tahu ibuk, biar anaknya nggak gagal diet😂😂

    BalasHapus
  11. Kalau saya lebih suka di rebus karna berkuah.. memang benar kalau nyayur bayam lebih baik didihkan dahulu air nya masukkan bayam nya asuk sebentar langsung di angkat dari kompor, diamkan semwntara jangan langsung di sajikan. Biar tingkat kematangannya lebih sempurna

    BalasHapus
  12. Waktu anak masi kecil seringnya ngukus sayuran, lama kelamaan ribet akhirnya rebus saja hehe tapi memang beda rasanya rebus dan kukus, btw salam kenal ya mba :)

    BalasHapus
  13. Kalau bikin mpasi juga selalu dikukus selain rasanya tetap terjaga... makasih tipsnya, mbak..

    BalasHapus
  14. aku punya pengalaman terkait ini nih mba..
    jadi, waktu anakku usia 8 bulan, ceritanya aku mau nyoba masak dipisah. maksudnya masak nasi + sayur nya tersendiri (dengan cara direbus) kayak kita aja gitu orang dewasa. kalau sebelum nya kan nasi tim campur gitu yaa (masak pakai slowcooker)

    setelah nyoba menu makanan seperti itu, BB anakku susah banget naiknya. trus aku konsul ke dokter. ternyata kata dokternya, itu diakibatkan karena proses pemasakan yang terlalu lama sehinnga membuat nutrisi nya banyak yg hilang. Jadinya nutrisi yg masuk ke tubuh anak juga sedikit. makanya meskipun anakku makannya banyak, tapi gak gemuk-gemuk.

    aku baru tau loh teryata sengaruh itu mbaa..
    jadilah sekarang aku tetep masak nasi tim campur + masak sayur nya juga untuk kuah nya. Jadi takut kurang nutrsi anakku..

    Nah setelah aku ubah cara masak, Alhamdulillah BB nya bisa naik mbaa. Jadi bener, usahain jangan direbus. sedih deh aku..

    maap jadi curhhat ya mba vik.. hehehe

    BalasHapus
  15. gimana kalau sekalian dimakan mental seperti dj butterfly sis

    BalasHapus
  16. nice info, thanks....btw selama ini aku masih agak serampangan kalau masak sayuran hehehe ...

    BalasHapus
  17. Jadi, mulai hari ini, harus dikukus jangan direbus! Oke, noted. Hehe. Makasih tips-nya Kakak Vika :)

    BalasHapus
  18. Wah ternyata lebih bagusan dikukus ya mom daripada direbus, oke deh aku mau mulai konsumsi makanan sehat tahun ini hehhee, thks mom

    BalasHapus
  19. Kalau utk lalapan biasanya di rmh sayurannya dikukus nnt dimakan pakai sambal asem atau bumbu kacang....kalau terpaksa harus direbus, airnya mungkin sebaiknya sedikit aja ya Teh biar nutrisinya nggak banyak kebuang.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..