Cara Mengetahui Responsive Tidaknya Sebuah Blog Anda Menggunakan GTMetrix dan Pingdom


Tidak terasa blog ini sudah berusia 2 tahun lebih dan memiliki kurang lebih 400 artikel didalamnya. Hal tersebut tidak selalu menandakan si empunya blog bisa mengurus blognya dengan benar. Terbukti oleh saya yang sering update dan merubah kode html yang mengakibatkan blog semakin loading. Ditambah banyaknya widget untuk mempercantik penampilan ternyata justru membuat blog semakin loading dan tidak fast respon. Salah satu cara mengetahui responsive tidaknya sebuah blog, Anda bisa menggunakan website gtmetrix atau pingdom untuk mengeceknya.

Tentunya banyak sekali pembaca yang sedikit kesal jika blog yang ia kunjungi loadingnya lama. Bahkan tak jarang banyak pembaca yang akhirnya menutup blog tersebut karena loadingnya sangat lama dan beralih ke blog lain. Padahal, pembaca sangat antusias dan menunggu artikel tersebut, namun karena lamanya proses membuka artikel, akhirnya website Anda pun ditutup juga.

Lantas, bagaimana cara agar website Anda fast respon dan tidak loading lama? Saya pun sempat berpikir bahwa blog ini cukup loading dikarenakan banyaknya widget dan juga sempat saya ubah-ubah html codenya yang berakibat pembacaan javascript semakin sulit dan berakibat loading. Teman pun sempat memberitahu bahwa ia ketika mengunjungi situs saya, bisa menunggu hingga 5 detik lamanya. Akhirnya saya diberi tahu teman agar senantiasa memperbaiki blog agar lebih cepat responnya. Salah satunya adalah dengan menghapus widget yang tidak terpakai.

Cara Mengetahui Responsive Tidaknya Sebuah Blog Anda Menggunakan GTMetrix dan Pingdom

Sebelum Anda merubah tampilan website atau blog Anda, ada baiknya Anda cek terlebih dahulu apakah blog Anda fast respon atau tidak. Caranya adalah dengan mengunjungi situs gtmetrix yang bisa Anda buka d chrome, mozila, atau safari. Anda bisa cek website tersebut fast respon atau tidaknya suatu blog disana dengan cara memasukan url website Anda, kemudian tunggu beberapa saat hingga laporannya muncul.

Cara Mengetahui Responsive Tidaknya Sebuah Blog Anda Menggunakan GTMetrix dan Pingdom
Jika nilainya F, itu menandakan website Anda termasuk kedalam loading lama. Sehingga tidak menutup kemungkinan banyak pembaca yang kabur karena loading website tersebut sangat lama. Website ini pun awalnya memiliki nilai F, dengan loadin di kisaran 7 detik. Padahal, pembaca akan kabur jika blog yang sedang ia buka loading lebih dari 3 detik. Lantas, jika sudah tahu blog anda loadingnya lama, apa saja yang harus Anda lakukan agar blog dapat fast responding?

1. Hapus Widget yang Tidak Terpakai

Menghapus Widget yang tidak terpakai tentunya sangat mudah anda lakukan. Yang terpenting, hapuslah widget yang dirasa tidak terlalu penting. Hal ini cukup membuat website tidak terlalu berat, sehingga loading pun sedikit lebih cepat ketimbang sebelumnya. Awalnya saya mempunyai nilai F dengan loading kisaran 7 detik, sekarang fully loadingtimenya berkurang menjadi 3,5 s.

2. Menggunakan Lazy Load

Setelah baca di beberapa artikel mastah diluar sana, salah satu hal terpenting yang membuat website tidak loading adalah dengan memasang kode lazy load didalam template Anda. Anda bisa baca-baca di beberapa blog lanb cara memasang kode lazy load yang biasa ditaro diatas kode body. Dan hal ini cukup ampuh dalam membuat website semakin cepat dan tidak loading.

3. Biasakan Compress Picture Terlebih Dahulu

Selain beberapa hal diatas, yang membuat suatu blog loading tidaknya ialah terlalu beratnya file image yang Anda lampirkan di setiap artikel. Idealnya, gambar yang ingin Anda unduh di setiap artikel diwajibkan untuk dikompress terlebih dahulu, minimal filenya tidak lebih dari 20 kb. Dan baiknya agar website fast responsif, setiap gambar harus dikompress hingga 15 kb saja. Dengan demikian, blog tidak akan berat dan membuka artikelnya pun jadi lebih ringan.

Hal ini memang sangat melelahkan, tapi perlu dilakukan. Mengingat saya orangnya agak malas, jadi saya biasanya langsung unduh-unduh saja file gambar dengan file yang lumayan berat sehingga website saya ini loading dan memiliki page size hingga 3 mb. Padahal idealnya, semakin ringan suatu page size blog, maka semakin responsif juga blog tersebut. Saya juga masih banyak harus mempelajari cara memperingan blog ini. Semoga suhu disini pun ada yang memberi saran dan ide mengenai hal ini.

4. Menganalisa dan Membaca Keterangan GTMetrix

Membaca keterangan di Gtmetrix sangat diperlukan guna memperbaiki fast respon tidaknya blog Anda. Nanti ketika Anda cek website Anda menggunakan gtmetrix, akan ada beberapa nilai atau score yang bisa membantu Anda memperbaikinya. Jika nilai scorenya c hingga A tidak menjadi masalah, namun jika Anda menemukan beberapa pilihan yang mempunyai nilai f atau nol. Anda bisa memperbaikinya dengan cara membaca keterangan di setiap opsi di gtmetrix sehingga Anda bisa tahu darimana asal mulanya loading anda lama, apakah dari kode css yang terlalu rumit atau dari yang lain.

5.  Mengkompress Kode CSS Blog

Memang, tidak semua blogger bisa mengerti bagaimana cara membaca kode CSS, namun terkadang loading tidaknya suatu blog dikarenakan kode CSS nya yang terlalu rumit, sehingga pembacaan sulit dan membuat loading menjadi lama. Ada beberapa cara agar kode css dapat dikompress dengan cara manual atau otomatis.

Dengan cara manual tentunya lebih ribet, terkadang website kita eror jika tidak teliti. Namun ada juga cara otomatis dengan mengunjungi beberapa website seperti css kompressor yang dapat mengkompress kode css secara gratis sehingga loading blog semakin ringan dan fast respon.

6. Cek Loading Tidaknya Blog Anda Menggunakan Situs Pingdom

Situs pingdom cukup ampuh untuk mengetahui seberapa responsifkah blog Anda, apakah loadingnya lama atau cepat. Alhamdulilah, setelah mengurangi widget, dan beberapa poin diatas, blog ini bisa lebih cepat dari sebelumnya, yakni kisaran 2,32 detik untuk menampilkan suatu halaman. Sehingga pembaca tidak kabur ketika melihat blog ini.

Memang, banyak sekali cara agar website Anda semakin banyak pengunjung dengan memperhatikan loading tidaknya blog Anda, salah satunya adalah dengan mengganti template yang responsive. Namun kemarin saya coba iseng-iseng berhadiah mengganti template yang ringan, tapi ujung-ujungnya page sizenya berat. Saya pun masih mempelajari apa hal yang membuat page size terlalu berat padahal semua usaha telah dilakukan.

Dengan fast responnya suatu blog, pengunjung pun akan kembali dan kembali lagi karena blog anda sangat ringan, tidak loading lama, dan tidak memakan waktu yang banyak menunggunya. Apakah blog Anda sudah fast respon atau loading lama?



Berlangganan update artikel terbaru via email:

24 Komentar untuk "Cara Mengetahui Responsive Tidaknya Sebuah Blog Anda Menggunakan GTMetrix dan Pingdom"

  1. pertama, aku mau bilang "kerenn, 2 tahun udah 400 artikel" mantep banget.

    oya, infonya makasih banget mba vik.. auto ngecek pake situs pingdom.. hehe

    BalasHapus
  2. perlu sekali ini biasanya orang akan pergi bila loading blog kita berat

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena komennya di moderasi, jadi komen ini ngga usah di tayangkan....cuma ngingetin Akun G+ nya segera ganti dengan akun Blogger supaya blognya ngga eror, sayang dong sama AdSense nya

      Hapus
  3. wooow....infonya keren , bagus buat langkah untuk mengidentifikasi jika blog loading lelet.....

    namun saya telah mendeteksi bahwa hasil ini terkadang kurang akurat jika blog di cek secara berkala dilain waktu

    Begini...maksudnya, jika blog di cek hasil presentasinya sekian, tetapi setelah di cek beberapa sesaat menit lagi hasilnya berbeda....bagaimana ini coba....?

    jika demikian, acuan situs cek blog ini berdasarkan dari hasil secara garis besar. tidak ada scor mutlak yang bisa di tampilkan...

    namun bukan berarti tools ini tidak berfungsi, akan tetapi hasilnya kurang relevan, pokoknya cukup membantulah...

    BalasHapus
  4. Saya pikir responsive disini, seperti responsive design yang kalau website di tampilan desktop begini dan di handphone begitu.. Tadi ngecek-ngecek blog sendiri pakai aplikasi ini, banyak juga broken link didalamnya padahal dah hati-hati untuk tidak pakai broken link 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu mah buat referensi aja sih, kadang semuanya gk ngaruh juga sih, apalagi kalo trafik blog udh tinggi, gk terlalu ngaruh, yg penting blog enak dan gampang dibuka haha

      Hapus
  5. masa blog amp saya grade nya cuma D wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek lagi beberapa detik...pasti hasilnya berbeda dengan yang pertama...

      Hapus
    2. Wahhh pengen banget bikin blog jadi AMP sepertti itu, merubahnya gimana ya

      Hapus
  6. Rajin amat dirimu, mba, 2 tahun 400 an artikel wgwgw :D

    Barusan saya nyoba karena penasaran, ngapa blog saya gradenya E sama D ya wgwgw :D parahnih blog saya :D

    BalasHapus
  7. Wow makasih sis infonya, kasih tau ya kalo loading blog ku lambemreta hahah

    BalasHapus
  8. Wah, bermanfaat sekali, Mbak. Langsung ngecek blog saya sendiri...hihi

    BalasHapus
  9. Selain tools yang di sediakan oleh blogger sendiri pada laman insign.

    GTmetrix dan pingdom juga mampu meyediakan informasi terkait dengan loading serta tingkat kecepatan blog,

    Setidak nya dari hasil yang di tampilkan oleh tools diatas bisa menambah bahan evaluasi kita sebagai admin blog agar terus memperbaiki blog berkinerja semakin lebih baik

    BalasHapus
  10. blog saya lagi masalah juga nih mba. belum ketemu penyebab lalodnya

    BalasHapus
  11. Wahhh keren bnget usia blognya udah lama juga ya, saya baru 1 bulan dan semoga bisa nyusul dan bertahan deh wuehehe

    BalasHapus
  12. aku cek blogku duh msih kurang reponsifnya

    BalasHapus
  13. Kebetulan blogku ngga banyak gunain widget, kak.
    Sebenarnya dari dulu pengin juga sih tampilan blog dipasangi beberapa widget tertentu biar kelihatan kekinian gitu ..., tapi kok banyak yang bilang bikin lemot loading pagenya.

    Terimakasih infonya, kak.
    Dan salut jumlah artikel sudah mencapai angka wow ..., dalam waktu 2 tahun.

    BalasHapus
  14. Baru tau ada beginian, wkkwkwk

    BalasHapus
  15. Blog saya masih baru mbak, belum tahu saya untuk loading blognya.. Setelah ini saya cek, semoga cepat dan responsive.. Makasih tipsnya mbak...

    BalasHapus
  16. Keren, 400 artikel.. punya saya juga 400 tapi berkali lipat tahunnya, hehehe. Infonya menarik mbak, mau saya cek dulu blognya, khawatir masuk kategori lola..

    BalasHapus
  17. sejak mulai on lagingblog belum sempet ngericeking template, maklum baru beres ngurusin valid AMP...coba di riceking deh boleh di GT metrik atau Pingdomnya sama kamu....iyah...kamuuu....

    BalasHapus
  18. Terimakasih tips-nya Kakak Vika, selama ini blog saya memang jarang ada widget-widget ini itu, kecuali yang memang penting saja hehe.

    BalasHapus
  19. biasanya [ake google responsive test aja mbak... ternyata bisa pake pingdom juga. baru tau mbah. itulah kelamaan gak ngeblog jadi agak gelagapan juga sekarang. heee

    BalasHapus
  20. Trimakasih tipnya kak, perlu dicek juga nih blog saya loadingnya lemot nggak...
    Keren kak Vika artikelnya udh segitu banyaknya.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel