Bekerja untuk Menjadi Pengusaha, Kenapa Enggak? - ratutips.com

Latest

Selasa, 12 Februari 2019

Bekerja untuk Menjadi Pengusaha, Kenapa Enggak?

Bekerja untuk Menjadi Pengusaha,Bagaimana Caranya?

Siapa sih yang tidak ingin menjadi pengusaha kaya raya seperti yang banyak orang idamkan? Banyak dari sebagian orang yang ingin menjadi pengusaha. Tentunya menjadi seorang pengusaha tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Banyak perjuangan yang harus diraih termasuk perjuangan dari segi materi. Bekerja terlebih dahulu untuk menjadi pengusaha merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan modal agar bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Lalu bagaimana cara agar Anda bisa bekerja 5 hingga 10 tahun lalu menjadi pengusaha dengan bisnis yang berkembang? Yuk baca artikel ini sampai tuntas!

1. Menabung Secara Konsisten dari Hasil Bekerja

Menabung secara konsisten selama bekerja merupakan salah satu cara mengumpulkan modal agar suatu saat bisa membuka usaha yang Anda impikan. Contohnya saja jika Anda menabung selama 5 tahun dan dalam satu bulannya Anda menabung hanya 1 juta saja per bulan, maka tabungan yang akan Anda dapatkan selama 5 tahun adalah senilai 60 juta.

Daripada Anda bergaya hidup mewah dengan menghabiskan gaji bulanan Anda, lebih baik Anda bergaya hidup sederhana untuk mendapatkan tabungan finansial dimasa depan. Dengan demikian, Anda bisa lekas pensiun dari pekerjaan Anda, lalu mengembangkan usaha dari hasil tabungan Anda selama bekerja.

2. Mencari Ide Usaha yang Inovatif dan Anti Mainstream

Saat ini, membuka usaha biasa saja jelas dan tentu sangat banyak mendapatkan persaingan. Maka tak jarang orang yang membuka usaha pun gulung tikar dan akhirnya mencari pekerjaan kembali. Ide usaha bisa Anda mulai dari hobi yang paling Anda sukai. Contoh kecilnya saja Anda bisa menjadi seorang penulis alias blogger di website Anda sendiri. Membangun website tidak serta merta Anda harus keluar dari pekerjaan. Anda bisa bekerja sambil membangun web Anda sampai benar-benar stabil.

Membangun web pun tidak selalu harus memiliki modal yang besar. Cukup mempunyai kemauan dan konsisten menulis, Anda bisa membangun website dari nol hingga menjadi website yang dikenal banyak orang. Dengan demikian, seiring berjalan waktu, website semakin terkenal, lalu banyak klien yang ingin bekerjasama dengan website Anda. Dan pundi-pundi rupiah pun lama-lama akan menghampiri Anda tanpa Anda cari.

Contoh lainnya adalah jika Anda senang dengan bakso, Anda bisa saja membuka peluang usaha restoran bakso dengan rasa yang enak dan harga yang murah. Contoh lainnya juga bisa Anda membuka usaha fashion jika Anda senang shooping dan menyukai design terbaru setiap harinya.

3. Membuka Usaha Franchise Terkenal

Membangun bisnis pun tidak harus serta merta Anda membuat bisnis dari nol. Anda pun bisa membuat bisnis franchise yang sudah terkenal. Anda tak perlu susah payah membangun bisnis dari nol, Anda cukup membeli lisensi perusahaan yang besar, lalu Anda tinggal jalankan bisnis tersebut yang sudah memiliki manajeman yang baik. Anda cukup mengeluarkan modal saja, lalu tunggu usaha tersebut berjalan dan balik modal.

Contoh kecilnya saja, banyak franchise yang mematok harga yang murah seperti the besto chicken, franchise Alfamart, bahkan franchise JnT. Semua franchise tersebut akan kecil kemungkinan Anda merugi, karena bisnis tersebut sudah memiliki brand alias memiliki nama sehingga Anda tak perlu susah payah menbangun brand dari nol. Anda cukup meneruskan dan mengikuti manajeman dan tidak lupa untuk mencari tempat strategis agar bisnis Anda berjalan dengan lancar.

Memang, menjadi pengusaha harus siap dengan segala kemungkinan terburuk yang terjadi esok, tahun depan, atau 5 tahun kedepan. Yang terpenting, selama Anda menjadi pengusaha, tetap sisihkan sebagian penghasilan dari usaha Anda untuk dana pensiun bila terjadi hal yang tidak diinginkan di hari kemudian. So, apakah Anda berniat menjadi pengusaha atau tetap menjadi pekerja?


6 komentar:

  1. Saya sih kepengennya jadi blogger dan investasi saham. Rencananya hasil ngeblog mau buat nabung saham...Aamiin.

    BalasHapus
  2. Ditempat saya yang lagi trend itu JnT, saya baru tahu jika bisnis itu di frincheskan.

    BalasHapus
  3. Betul nih mbak, kebanyakan dari kita emang bekerja untuk menjadi pengusaha wahahaha.. Termasuk saya, walaupun nabungnya susah T.T

    Paling aman untuk wirausaha itu ya franchise..

    BalasHapus
  4. awww merasa termotivasi baca artikelmu yg ini mbak, dududu
    jd pengen resign, wkwk

    BalasHapus
  5. Semoga keinginanku jadi blogger fulltime bisa terwujudkan betulan, amin.
    Namanya juga cita-cita ya, kak ..., boleh berandai-andai dan siapa tau terlaksana :)

    BalasHapus
  6. Kebanyakan sih sulit untuk melakukan hal di atas. Masalahnya bukan karena mereka tidak bisa menabung, bukan karena tidak bisa kreatif, tetapi lebih karena mereka harus keluar dari zona nyaman.

    Hal seperti ini kerap sangat menakutkan. Takut tidak ada penghasilan lah, takut tidak bisa mendapatkan kehidupan yang stabil dan nyaman lah.

    Butuh keberanian banyak sekali untuk melangkah. Banyak yang sejauh ini masih menjadikan "bisnis" dan pengusaha sebagai impian saja, walau teorinya sudah tahu betul.

    Contohnya ya saya ini.. hahahaha...

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..