Bunda, Ini Dia Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Anak Balita Anda! - ratutips.com

Latest

Kamis, 14 Februari 2019

Bunda, Ini Dia Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Anak Balita Anda!

Bunda, Ini Dia Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Anak Balita Anda!

Mempunyai anak balita merupakan suatu kebahagiaan luar biasa yang tak ternilai harganya. Menjaga anak balita tentunya cukup menguras tenaga Anda sebagai seorang ibu. Oleh karena itu, wajib untuk Anda sebagai orangtua dapat menjaga kesehatan anak balita Anda, baik dari segi kebersihan maupun kesehatan balita Anda.

Ada beberapa cara dan tips yang ampuh untuk menjaga kesehatan anak balita Anda agar selalu sehat tanpa kekurangan suatu apapun. Apalagi jika Bunda bekerja dan jarang bertemu dengan anak Anda, tentunya menjaga kesehatan anak balita sangat penting, dan biasanya rawan terjadinya penularan penyakit jika anak balita Anda dititip di daycare. Tidak hanya di daycare saja, penularan penyakit pun dapat terjadi dirumah jika Anda tidak dapat menjaga kesehatan dan kebersihan area lingkungan rumah.

Oleh karena itu, yuk baca artikel dibawah ini agar Anda tahu tips dan cara menjaga kesehatan anak balita Anda.

1. Pastikan Imunisasi Balita Anda Lengkap

Memastikan imunisasi bayi atau balita Anda lengkap merupakan salah satu cara agar balita Anda selalu sehat dan terjaga selalu. Dengan memastikan imunisasi lengkap, tentunya balita tidak mudah terkena penyakit.

Namun, saat ini ada suplemen untuk menambah kekebalan tubuh pada bayi selain dengan imunisasi yang lengkap, yakni menggunakan stimuno untuk balita yang ampuh untuk memperkuat kekebalan tubuh pada bayi.

Seperti Anda ketahui, musim hujan pastinya akan mempermudah penularan penyakit pada bayi dan balita. Biasanya balita akan mudah terkena flu dan batuk. Dengan pemberian stimuno, insya allah akan memperkuat kekebalan tubuh pada balita sehingga balita Anda sehat dalam kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

Stimuno juga terbukti ampuh untuk mejaga daya tahan tubuh anak balita Anda, terbukti dengan pemberian stimuno, bayi tidak akan rentan terkena penyakit dan selalu sehat dalam jangka waktu yang lama.

2. Memastikan Lingkungan Tempat Bermain Bersih

Memastikan lingkungan tempat bermain bersih merupakan suatu keharusan, apalagi balita yang sangat aktif tentunya akan banyak berinteraksi dengan lingkungan sekitar, seperti bermain guling dan bantal, menjilat sprei kamar tidur dan masih banyak lagi aktivitas yang dilakukan oleh balita Anda.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengganti secara rutin sprei tempat tidur, bantal, guling, boneka, dan berbagai macam mainan agar benar-benar steril dan juga bersih. Sehingga balita Anda selalu sehat tanpa kekurangan suatu apapun.

3. Memastikan Dot Bayi dan Mainannya Bersih

Untuk Anda ibu bekerja, pastikan untuk manajemen asip yang baik dan steril, sehingga tidak ada kuman atau bakteri yang bersarang dalam asip Anda. Biasanya, jika dalam pencucian dot yang kurang bersih, akan sering terjadi kuman yang bersarang sehingga rentan bayi terkena penyakit atau diare. Oleh karena itu, pastikan kekebalan tubuhnya kuat dengan pemberian stimuno.

Selain itu, biasakan membersihkan mainan bayi secara berkala, contohnya membersihkan teether menggunakan cairan pembersih khusus bayi dan biasakan untuk merebus mainan balita yang sering kontak dengan mulut balita, sehingga dapat meminimalisir adanya kuman dan bakteri pada mainan bayi.

4. Membiasakan Mencuci Tangan dan Kaki

Balita merupakan golden age yang berarti saatnya Anda mengajarkan padanya cara terbaik agar ia terbiasa berperilaku disiplin hingga dewasa. Menerapkan kebiasaan mencuci kaki dan tangan sebelum tidur, mencuci tangan sebelum makan dan sebagainya sangat berpengaruh pada kesehatan balita Anda.

Dengan membiasakan hal tersebut, balita akan terjaga kesehatannya dan membiasakan diri untuk selalu mempunyai tangan dan kaki yang bersih sehabis aktivitasnya.

5. Menjaga Makanan Agar Benar-Benar Bersih dan Bergizi

Memastikan gizi makanan balita merupakan suatu keharusan agar semua komponen gizi yang dibutuhkan terpenuhi olehnya. Dengan begitu, balita akan selalu sehat dan kuat. Proses membuat makanan pun wajib bersih, sehingga makanan balita pun aman dan terhindar dari kuman atau bakteri yang berbahaya.

Point diatas merupakan garis besar agar balita Anda selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan pastikan atur sedini mungkin waktu jam tidur balita Anda agar waktu tidurnya terpenuhi, dengan demikian balita Anda akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Semoga bermanfaat ya Bunda!

2 komentar:

  1. Kalau dirangkum, kebersihan merupakan prasyarat mutlak untuk kesehatan balita

    BalasHapus
  2. Satu lagi, memastikan kuku anak juga bersih.. Bisa kacau kalo kotor, terus diemut-emut wkwkkw

    Tapi kenapa cuma bunda sih, bapak nya juga harus bisa jaga kesehatan anaknya lhooo

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..