Cara Mudah Melatih Bayi agar Bisa Tengkurap dengan Cepat

Cara Mudah Melatih Bayi agar Bisa Tengkurap dengan Cepat

Saat ini baby C alhamdulilah sudah berusia 5 bulan, dimana perkembangannya semakin hebat dan semakin pintar. Di bulan keenam, bayi sebisa mungkin harus bisa tengkurap agar nantinya dapat mengejar perkembangan lainnya agar tidak tertinggal.

Memang, setiap bayi sangat unik. Setiap bayi pastinya memiliki perkembangan yang berbeda. Namun, kita sebagai orangtua wajib mengajarkan agar bayi kita bisa lebih baik dari semua aspek. Baby C pun dilatih untuk bisa tengkurap semenjak 4 bulan agar terbiasa untuk bisa tengkurap sendiri.

Walaupun memang ia tergolong normal, badannya cukup berisi sehingga ia agak kesulitan untuk tengkurap sendiri. Setiap bayi memang harus dibantu oleh orangtuanya agar bisa tengkurap sedikit demi sedikit. Cara melatihnya ialah dengan cara memiringkan badannya terlebih dahulu, lalu setelah seimbang, Anda bisa sedikit bantu agar bisa tengkurap dengan catatan tangan harus kedepan dan tidak terjepit badannya sendiri.

Untuk tahap awal, miringkan beberapa detik, lalu tengkurapkan beberapa menit saja dan jangan terlalu lama. Biarkan ia beradaptasi terlebih dahulu. Jika bayi belum bisa mengangkat kepala ketika tengkurap, kembalikan badannya seperti semula.

Hal ini dikhawatirkan kepalanya belum kuat sempurna. Lalu latih terus setiap hari, dari sebentar, lama-lama tambahkan durasi tengkurap hingga kepalanya sudah cukup kuat dan ia merasa sudah cukup lelah.

Anda pun harus melatih bayi tengkurap ketika mood nya bagus, sehingga belajar tengkurap serasa menyenangkan baginya. Sehingga ia ingin belajar dan terus belajar untuk bisa tengkurap sendiri.

Ketika tengkurap pun, biasakan Anda memberikan mainan didepannya agar ia antusias dan senang ketika tengkurap. Hal tersebut tentunya melatih ia untuk bersemangat ketika tengkurap dan ingin merangkak mengambil sesuatu yang menurutnya sangat menarik. Dengan demikian, ia akan terstimulasi agar bisa tengkurap sendiri.

Dibawah ini video tutorial melatih bayi agar bisa tengkurap. Semoga bermanfaat ya Bunda video dan artikel ini. Selamat mencoba!



Berlangganan update artikel terbaru via email:

21 Komentar untuk "Cara Mudah Melatih Bayi agar Bisa Tengkurap dengan Cepat"

  1. Lucunyaaaa baby Casie ..., gemas aku ngelihatnya, kak :) .
    Badannya terlihat sangat sehat dan montok hehehe ..., aktif anaknya ya, kak ?.
    Bagus gerakan responsifnya, cepat mengerti diajari mamanya.

    Salam buat adik Casie cantik.

    BalasHapus
  2. terima kasih tipsnya, amat bermanfaat untuk ibu-ibu muda

    BalasHapus
  3. Cuteness overload naaakkk

    Semoga sehat selalu dan cepat besar yaa

    Wah om jadi pengen punya dekbay juga nih. Errrr... tapi pasangan aja belum ada uhuk uhuk

    X))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada atau belum ada lebih dari satu mas.hehehehh...bercanda. :)

      Hapus
  4. wah ini toh baby casie? baru pertama kali liat fotonya.
    cantik nya si dedek, udah bisa tengkurep aja..

    sehat-sehat terus ya dek.. :)

    BalasHapus
  5. wah ini pelajaran penting nih bagi yg punya bayi yahh, btw baby c nya memang berisi ya mbak, sehat selalu bayi nya ya

    BalasHapus
  6. wah harus dipelajari ini, bntr lagi istriku lahiran hehe
    doakan ya mbak biar sehat dan lancar persalinannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin, semoga lancar maz persalinannya dan juga semoga anaknya jadi anak yg soleh dan berguna di maza depan

      Hapus
  7. Walaupun aku belum memiliki bayi, tapi cara ini cukup bermanfaat.
    Thanks for sharing today!

    BalasHapus
  8. Heeeem...si baby C dah gede, seneng ya rasanya, memang mengasuh si kecil ada tantangan tersendiri, terlebih baby anak yang pertama, gemes gemes gimana gitu...

    BalasHapus
  9. Waduh banyiya lucu hehehe pengen gendong
    Cocok untuk yang sudah punya bayi. Yang belum nanti buat bekal kalu sudah lahiran :)

    BalasHapus
  10. saya pikir tadi caranya adalah emaknya harus tengkurap juga, ternyata berbeda yach.... 😃

    BalasHapus
  11. Wahhh tinggal diajarin cara berjalan menuju ke bundanya yaa, abis itu kejer kejeran wuehehe

    BalasHapus
  12. waktu anak-anak masih bayi belum ada tutorial cara melatih bayi tengkurap, yang ada bayiku kalau pengen tengkurap malah bilang dulu ke kakeknya...begini bilangnya: Kek..kakek...aqoh boleh tengkurap nggak?...ujar bayi ku sambil mlengos

    BalasHapus
  13. Anak saya baru 10 bulan, terus saya lupa gimana awalnya ngajarin tengkurep.. wkwkwkwk

    Masyaallah, baru kali ini liat anaknya mbak Vika.. Semoga jadi anak yang sholehah dan jadi syafaat di hari akhir nanti ya.. aamiinn..

    BalasHapus
  14. Saya belum punya baby mbak, masih perjaka tingting

    BalasHapus
  15. Yaa melatih bayi untuk tengkurap memang perlu kesabaran ekstra jangan sampai ingin cepat malah membuat sibayi menjadi sakit..

    Ok thanks juga atas tutorial menariknya mbak..😄😄

    BalasHapus
  16. BTW aku selama ini mengira, tengkurap itu enggak perlu dilatih-latih. Ditunggu sampai bisa sendiri gitu. Hehehe... Untunglah anakku dulu pas 6 bulan sudah tengkurap...

    BalasHapus
  17. aduh gemes lihat modelnya pingin punya bayi lagi kalau begini

    BalasHapus
  18. Dulu gen susah banget disuruh twngkurap, sehat terus nengnong

    BalasHapus
  19. Kak Vika, saya gagal fokus sama Baby C-nya hehehe. Menggemaskan! Boleh diculik? *kabuuurrrr sebelum dilempari pete sama Kak Vika* :D Btw, terima kasih tipsnya, Kak. Sangat berguna.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel