Cara Menghilangkan Tulisan Not Secure ketika Membuka Blog atau Website Anda di Google Chrome - ratutips.com | Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

Latest

Rabu, 20 Februari 2019

Cara Menghilangkan Tulisan Not Secure ketika Membuka Blog atau Website Anda di Google Chrome

Cara Menghilangkan Tulisan Not Secure ketika Membuka Blog atau Website Anda di Google Chrome


Beberapa bulan yang lalu saya merasa kebingungan karena setiap kali membuka blog sendiri di google chrome, selalu muncul tulisan not secure pada tampilan lamannya. Padahal, website saya aman-aman saja. Dan ternyata jika blog atau website Anda mengalami hal yang serupa alias ketika website Anda dibuka di google chrome malah ada tulisan not secure, artinya website Anda belum dimigrasikan dari HTTP ke HTTPS.

Lantas, bagaimana caranya agar website Anda menjadi HTTPS? Seperti kita ketahui bahwa jika website Anda masih http, artinya data atau web Anda yang sedang dibuka tidak dienskripsi sehingga kemungkinan data Anda tidak aman dan rentan terhadap pencurian data. Oleh karena itu, untuk saat ini wajib sepertinya blog atau website Anda dimigrasikan menjadi HTTPS, agar data website Anda terkenskripsi dengan baik sehingga google pun menganggap blog Anda aman.

Awalnya saya tahu bahwa agar blog kita menjadi https, diperlukan menggunakan sertifikat SSL yang harus membayar perbulannya. Namun kali ini cara menghilangkan tulisan not secure ketika membuka blog Anda di google chrome atau migrasi blog dari HTTP ke HTTPS tanpa biaya sama sekali. Cukup Anda pantengin saja dashboard blogger Anda, lalu klik bagian Opsi. Dan disana ada tulisan HTTPS, Anda langsung rubah dari awalnya tidak menjadi ya.

Perubahan ini membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan berjam-jam. Mungkin, blog Anda pun awalnya agak loading dan lelet karena proses tersebut. Namun, kedepannya, blog Anda akan terenskripsi dan ketika dibuka di aplikasi manapun, akan ada tulisan https yang berarti blog atau website Anda telah terenskripsi dengan baik. Sehingga dengan demikian, data website Anda akan lebih aman dan google pun mengakui bahwa website Anda aman.

Mungkin sekian ulasan dan tips menghilangkan tulisan not secure ketika membuka blog Anda di chrome. Semoga bermanfaat ya! Kredit untuk beberapa web yang saya buat contoh di video, mohon maaf dan saya minta ijin untuk pembuatan videonya ya kak! Terimakasih! cc : Kak Tya dan kk Barayau.

Dibawah ini ada tutorial cara menghilangkan tulisan not secure ketika membuka blog. Dengan demikian, web Anda terenskripsi dan sudah menjadi HTTPS. Selamat mencoba!



8 komentar:

  1. Ternyata semudah itu ya mba caranya. Makasih banyak tutorial nya mba.. langsung dipraktekkan besok. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan dipraktekan mba, dijamin mudah kalo blogger mah

      Hapus
  2. enaknya pake platform blogger salah satunya ya gratis ssl seumur hidup haha, bayangkan kalo yg berbayar harus keluarin duit lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya beberapa kali liat, beli hosting gratisan SSL lho mas Viral #eh

      Hapus
  3. baru aja beberapa hari yang lalu bikin https di blog wahahahaha..

    Ntah kenapa cuma blog pun di https-in :))

    BalasHapus
  4. Syukurnya karena pakai blogger/blogspot jadi https-nya sudah oke :D

    BalasHapus
  5. Kalau punyaku dua2nya udh berubah sendiri jadi htts apa krn masih blogspot ya Teh?

    BalasHapus
  6. saya juga ganti ke https tapi gak sampai berjam-jam gitu, bahkan hitungan setelah klik mau aja gitu. hehehhe..

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..