Tips dan Cara Mudah Membuat Bubur Sumsum Lembut dan Enak! - ratutips.com | Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

Latest

Jumat, 22 Februari 2019

Tips dan Cara Mudah Membuat Bubur Sumsum Lembut dan Enak!

Tips dan Cara Mudah Membuat Bubur Sumsum Lembut dan Enak!

Membuat bubur sumsum merupakan kesenangan tersendiri bagi Anda yang menyukai sajian dessert tradisional yang dibuat dari tepung beras ini. Cara membuat bubur sumsum yang mudah membuat banyak orang sering membuatnya.

Namun, terkadang kita sendiri sering menemukan bubur sumsum yang terlalu kental sehingga terkesan tidak lembut sehingga mengurangi cita rasa bubur sumsum sendiri. Setelah baca dan guggling sana sini, saya akhirnya mendapatkan komposisi bubur sumsum yang sangat lembut, yakni takaran antara tepung beras dan air adalah 1 berbanding 10.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Apakah mudah ataukah sulit? Untuk mengetahui cara membuat bubur sumsum yang lembut dan enak, yuk baca artikel ini sampai beres!

Bahan Utama

1 cup tepung beras
1 helai daun pandan
1/2 sendok teh garam
1 liter air masak
2 sun kara

Bahan Saus

200 gram gula merah (lebih bagus gula aren)
1 bungkus vanilli
3 sdm gula pasir
secukupnya garam
300 ml air masak

Cara Membuat

1. Pada bahan utama, bagi 1 liter air masak menjadi 2 bagian, yakni 500 ml di kedua wadah. Lalu pada wadah pertama, masukan 1 cup tepung beras. Saya biasanya menggunakan 1 cup gelas takar magic com yang isinya kurang lebih 100 gram. Lalu tambahkan garam pada wadah pertama, larutkan dan aduk hingga benar-benar larut.

2. Pada wadah bagian kedua yang berisi 500 ml air masak, masukan 2 buah santan kara dan daun pandan.

3. Setelah kedua wadah telah siap, panaskan kompor. Lalu didihkan wadah kedua yang sudah berisi santan kara, air, dan juga daun pandan. Lalu tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih meluap-luap, masukan wadah kesatu yang berisi air dan tepung beras yang sudah dilarutkan.

4. Aduk-aduk terus hingga mengental dan meluap-luap. Tunggu beberapa saat hingga benar-benar mendidih alias meluap-luap yang menandakan bubur sumsum sudah matang 100%. Test rasa, lalu angkat dan tiriskan.

5. Untuk membuat sausnya sendiri, siapkan wadah yang sudah diisi air masak. Lalu nyalakan kompor, panaskan air hingga mendidih. Lalu setelah mendidih, masukan gula merah yang sudah dipotong kecil-kecil hingga benar-benar larut bersama air. Setelah mencair, masukan gula pasir, garam, vanilli. Lalu test rasa. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor.

6. Siapkan piring saji, tuangkan bubur sumsum kedalam piring saji. Lalu tambahkan saus kincanya dan bisa Anda tambahkan juga susu kental manis untuk menambah cita rasa agar lebih lezat atau ditambahkan santan kental diatasnya.

Bagaimana setelah membaca tulisan diatas? Cukup mudah dan menarik bukan untuk Anda coba? Nah, jika Anda sedang ingin membuat sajian bubur sumsum dirumah dengan proses yang sangat mudah, silahkan coba saja membuatnya dirumah dan kreasikan sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Selamat memasak dan selamat mencoba!

Artikel Terkait :
Tips Membuat Ceker Mercon Enak dan Pedas!
Yuk Bikin Fuyunghai!

11 komentar:

  1. Bubur Sumsum ini makanan favorit sata Teh, dulu waktu masih tinggal di purwokerto sering beli, kalau pagi ada yg jualan keliling. Disajikan di pincuk (daun pisang). Rasanya maknyus lah

    BalasHapus
  2. mantul bubur sumsumnya dek ini lebih bervariasi dri punya saya

    BalasHapus
  3. Lumayan gampang ya mba buat nya. pas bgt besok weekend, pengen nyoba buat ah, untuk cemilan Arfan ;)

    BalasHapus
  4. Dah jarang euy makan sumsum tulang belakang, eh bubur sumsum T.T

    BalasHapus
  5. makanan favorit saya waktu masih kecil ini mbak, dikasih santan dan candil. bikin sum sum makin nikmat disantap

    BalasHapus
  6. Aduh beb inimah favorit saya banget apalagi kalo masuk kulkas dingin nyessss

    BalasHapus
  7. Dikotaku masih mudah ditemui penjual bubur sumsum, kak.
    Dan hampir tiap pagi aku beli buat sarapan, aku jarang sih makan nasi buat sarapan.

    Di artikel ini kak Vika menuliskan bahan dan resep pembuatannya, aku akan coba praktekkan buatnya.
    Buat uji coba gitu kira-kira aku bisa masak ngga hahahaa ..
    Ya, soalnya paling pinter masak cuma mie insta dan nasgor, itupun rasa nasgor buatanku ngga konsisten rasanya :D

    BalasHapus
  8. Bikin ngiler lihat fotonya. Saya sering makan bubur sum-sum tapi beli bukan buat, hehehe.

    BalasHapus
  9. Wahhh enak bangettt nih keliatannya, tapi ak alergi makan bubur dan semua makanan yang lembek lembek gitu huwaaaaa, padahal pengen banget

    BalasHapus
  10. Saya suka sekali bubur sumsum Mbak, manis,lembut dan menyegarkan... dulu saya sering beli, tapi sekarang ini jadi males beli, khawatir bubur sumsumnya ngak asli krn banyak pemanis buatan, ntr manisnya saya kebanyakkan,hahahah*canda kok*.

    BalasHapus
  11. Eeeeh? Kakak Vika, ini kan kudapan favorit saya setiap pagi dijual di pedagang favorit dan satu-satunya di Kota Ende hahaha. Mungkin ada sih di tempat lain tapi yang terenak di tempat si Mas yang jualan bareng isterinya. Dengan resep yang ada di sini, nanti mau mencoba juga :D

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..