Cara Menidurkan Bayi dengan Cepat, Dijamin Berhasil ! - ratutips.com | Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

Latest

Jumat, 15 Maret 2019

Cara Menidurkan Bayi dengan Cepat, Dijamin Berhasil !

Cara Menidurkan Bayi dengan Cepat dan Berhasil

Memiliki bayi yang cantik atau ganteng pastinya menambah kebahagiaan bagi Bunda dan juga keluarga. Apalagi jika Anda terbiasa hidup sendiri dirumah, dan saat ini ada bayi yang dengan lucunya menemani hari-hari Bunda agar setiap harinya selalu bahagia dengan mendengar canda tawanya.

Menjadi seorang Ibu, selain harus memberikan kasih sayang yang begitu besar kepada si kecil, sang Bunda pun dituntut untuk bisa mengemong bayi alias merawat bayi dan mengetahui apa sih yang diinginkan oleh bayi. Apakah bayi saat ini ingin digendong, ataukah bayi saat ini ingin menyusui, bahkan harus mengetahui apakah bayi Anda saatnya tidur atau tidak.

Yang sering menjadi permasalahan bagi beberapa orangtua adalah, terkadang kita yang sudah lelah seharian mengurus si kecil, ingin sekali cepat beristirahat dan tidur. Sedangkan si kecil masih senang bermain dan belum ingin tidur. Padahal Bunda sudah sangat lelah untuk menemani si kecil dalam bermain sehingga Bunda ingin si kecil sesegera mungkin dapat tidur dengan nyenyak.

Lalu, bagaimanakah cara paling cepat menidurkan bayi hingga tidurnya dapat pulas berbarengan dengan Bunda? Dan apakah cara ini berhasil? Memang, setiap anak tentunya unik. Terkadang ada beberapa cara yang memang tidak berpengaruh pada bayi Anda, namun berpengaruh pada bayi lain dan sebaliknya. Namun cara dibawah ini cukup efektif untuk menidurkan bayi dengan cepat, sehingga Bunda dapat istirahat dengan waktu yang panjang tanpa perlu ada drama begadang seharian.

1. Mematikan Lampu Kamar dan Kecilkan Suara TV

Terkadang, bayi dapat antusias, mengantuk, dan sebagainya adalah tergantung dari stimulasi dari lingkungan sekitar. Jika lingkungan sekitar sangat mendukung ia tidur, maka ia pun akan tidur dengan nyenyak dan cepat.

Sama halnya jika Anda ingin bayi tidur secepatnya. Contohnya saja si kecil terbiasa tidur pukul 8 malam. Namun pada hari ini dan diwaktu yang sama, ia masih asik dengan mainannya, bahkan tidak ada tanda-tanda ingin tidur.

Tentunya Anda sebagai orangtua ingin sekali anak terbiasa tidur disiplin dan tepat waktu sehingga terbiasa hingga ia besar nanti. Nah, jika si kecil pada waktu tidurnya masih belum tidur juga, cara ampuh agar bayi dapat tidur adalah dengan mematikan tv, atau kecilkan suara tv agar ia tenang.

Baca Juga : Cara Mudah Melatih Bayi Agar Bisa Tengkurap dengan Cepat

Saya pun sering sekali mengalami hal yang sama. Terkadang jika Cassie sudah memperlihatkan tanda-tanda ingin tidur atau sudah waktunya tidur, saya sesegera mungkin mengambil remote tv untuk di-mute, sehingga ia bisa tidur dengan pulas.

Selain itu, biasanya jika hanya mengecilkan suara tv saja, si kecil masih bergerak-gerak ingin saja main jika lampu kamar masih menyala. Terkecuali jika ia benar-benar mengantuk, mungkin saja ia dapat tidur dengan lampu yang masih menyala. Cara agar ia tertidur cepat adalah dengan mematikan lampu kamar Anda.

Awalnya ia agak kaget dan mencari-cari Anda. Namun, lama-kelamaan ia akan tertidur sendiri dan ia tahu jika keadaan semakin gelap, itu artinya waktunya ia untuk tidur.

2. Menyusui Sambil Tiduran atau Tidurkan Ketika Bayi Mengantuk

Anda tentunya sangat lelah jika membiasakan si kecil tidur dengan posisi harus digendong. Alangkah lebih baik ubahlah kebiasaan tersebut dengan membiasakan si kecil tidur dan menyusui sambil Anda tidur. Hal ini dilakukan agar Anda dapat beristirahat dengan tenang dan cepat, dan begitupun bayi Anda.

Lebih baik lagi jika Anda sudah mengetahui tanda-tanda bayi sudah mengantuk, contohnya saja bayi sudah menguap, diajak mengobrol sepertinya sudah tidak menarik lagi, bahkan matanya sudah sayu dan ingin terlelap.

Untuk membiasakan agar bayi bisa tidur sendiri salah satunya adalah dengan membiasakan agar menidurkan bayi ketika ia mengantuk. Dengan demikian, ia terbiasa tidur sendiri dan tidak merepotkan Anda.

Memang, sepertinya menidurkan bayi ketika ia mengantuk terlihat sangat mudah, namun sangat sulit ketika dipraktekan. Setidaknya cara menyusui sambil tiduran pun sangat ampuh dalam menidurkan bayi. Asalkan ketika bayi sudah tidur sambil menyusui, Anda tarik sedikit demi sedikit payudara sehingga Anda secepatnya dapat tidur juga bareng dengan si kecil.

3. Pura-Pura Tidur

Ini adalah salah satu cara yang sangat ampuh agar bayi terlelap tidur tanpa harus Anda susui, salah satunya Anda harus pura-pura tidur ketika ia melihat Anda. Ini memang terlihat lucu, namun sangat berpengaruh dan efektif agar bayi dapat tidur.

Saya pun sering mempraktekan hal ini. Ketika ia sudah mengantuk, biasanya ia akan melihat ke arah kanan dan kiri, kemudian melihat Ibunya. Jangan sampai ketika si kecil melihat Anda, Anda malah mengajak ia tertawa bahkan mengajak ia mengobrol. Jika Anda lakukan hal demikian, ia akan terstimulasi untuk bangun kembali dan tidak mengantuk.

Ketika si kecil melihat Anda dengan posisi sudah mengantuk, Anda pejamkan mata saja beberapa detik, kemudian ia akan mengamati Ibunya dalam keadaan tidur, sehingga biasanya ia pun akan tertidur dengan sendirinya karena tahu bahwa Ibunya pun sudah tidur.

4. Mengatur Suhu Ruangan Kamar

Biasanya, akan ada masa ketika pada malam hari terasa sangat dingin, dan ada masanya ketika malam hari udara terasa sangat panas sehingga bayi Anda tidak nyaman dan berkeringat. Anda pun sebagai orangtua wajib mengetahui kondisi si kecil, apakah si kecil kepanasan ketika akan tidur ataukah kedinginan.

Dengan mengatur suhu seideal mungkin dan senyaman mungkin, biasanya bayi akan dengan cepat tertidur dengan pulas. Dan Anda pun bisa cepat beristirahat dan tidur di jam yang sama bersama si kecil.

Bagaimana cara dan tips menidurkan bayi dengan cepat dan mudah, apakah dapat Anda mempraktekan cara diatas pada si kecil? Semoga dengan cara-cara diatas, dapat mempermudah Anda dalam menidurkan si kecil. Dengan demikian, Anda mempunyai banyak waktu untuk beristirahat dan quality time bersama keluarga. Semoga bermanfaat Bunda!

4 komentar:

  1. anakku termasuk yg bisa tidur kalo kamar gelap mba.memang aku biasain dr bayi. supaya dia terbiasa tidur dlm keadaan gelap, yg mana lbh bgs .. pernah tuh fia nginep di rumah eyangnya, yg ternyata kalo tidur ga boleh gelap. yassalaaaam, si adek ga tidur2 di sana hahahahah. sementara si eyang beneran ga bisa tidur gelap :D

    BalasHapus
  2. Nomor 3, ntar dua-duanya jadi ketiduran..

    BalasHapus
  3. kalau ac dah hidup anak saya nggak pake lama langsung tepar semua sis

    BalasHapus
  4. Kalau punya anak bayi masih capai ya Teh krn jam tidurnya masih blum teratur....pagi2 sekali si kecil udh bangun. Nnt kalau udh gedean dikit baru lebih rileks

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..