Tips agar Doa Dapat Dengan Mudah Dikabulkan oleh Allah dengan Bernadzar - ratutips.com | Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

Latest

Rabu, 06 Maret 2019

Tips agar Doa Dapat Dengan Mudah Dikabulkan oleh Allah dengan Bernadzar

Tips agar Doa Dapat Dengan Mudah Dikabulkan oleh Allah dengan Nadzar

Saya sempat beberapa kali mendengar guru ngaji ketika saya kecil dulu, dan saya sempat bertanya pada beliau. Bagaimana bu Ustad jika ingin doa kita dikabulkan oleh Allah? Dan beliau menjawab, makanlah dengan makanan yang didapat dari yang halal dan jangan lupa untuk bernadzar. Hal itu selalu saya ingat di benak saya hingga sekarang.

Banyak hal yang bisa mempermudah doa kita didengar dan dikabulkan oleh Allah, salah satunya adalah dengan sering melakukan sholat tahajud dan berpuasa. Namun hal tersebut jangan dinomor satukan, karena nomor satu yang wajib dikerjakan adalah solat 5 waktu dan jangan pernah menyakiti hati orang lain.

Baca Yuk : Keutamaan Sholat Tahajud Agar Doa Anda Cepat Terkabul

Nah, berbicara mengenai doa, saya beberapa kali mendengar tausiah dan ceramah mengenai nadzar. Ada yang bilang nadzar tergolong makruh dan sebaiknya dihindari. Namun beberapa sumber pun bilang bahwa nadzar sah-sah saja asalkan kita jangan sampai lupa untuk membayar nadzar tersebut. Lantas apa sih nadzar itu?

Nadzar adalah sesuatu kebaikan yang akan kita lakukan jika Allah mengabulkan doa dan kehendak kita. Contoh nadzar adalah jika saya lulus dengan ipk diatas 3,5 saya mau nadzar memberikan sodaqoh sebanyak 400 ribu rupiah misalkan. Atau contohnya lagi jika saya dapat pekerjaan yang baik insya allah akan zakat sebesar 500 ribu dan puasa sebanyak 1 hari.

Bernadzar pada Allah tentunya harus dilafalkan dan juga dibayar, karena setelah kita melafalkan niat baik kita dan akhirnya doa tersebut dikabulkan oleh Allah, maka sesuatu yang awalnya tidak wajib menjadi wajib hukumnya.

Semisal Anda lulus dan ternyata ipk-nya diatas 3,5, Anda wajib hukumnya membayar nadzar dengan cara sodaqoh sebanyak 400 ribu rupiah sesuai dengan janji Anda kepada Allah (nadzar). Caranya biar Anda sendiri yang menentukan, asalkan Anda membayar sesuai dengan nadzar Anda sendiri.

Dan saya pun dulu sering mendapatkan kemudahan ketika bernadzar. Dan biasanya doa akan lebih cepat dikabulkan, asalkan jangan lupa selalu berdoa dan berusaha. Namun jika Anda sudah bernadzar namun doa tak kunjung diijabah oleh Allah, bisa jadi doa tersebut bukan ketetapan yang terbaik bagi Anda.

Bisa jadi yang baik menurut Anda, bukan yang terbaik menurut Allah. Bisa jadi yang baik menurut Anda, malah paling buruk dimata Allah dan begitu pula sebaliknya. Jadi, Anda jangan pernah berkecil hati ketika Anda sudah bernadzar namun dia tak kunjung dikabulkan. Bisa saja Allah sedang menggantikan doa Anda dengan yang lebih baik karena doa yang Anda panjatkan bisa jadi tidak baik bagi Anda kedepannya.

Jadi, berhusnudzonlah selalu kepada Allah. Karena Allah maha mengetahui yang terbaik bagi hambanya. Dan jika suatu saat Anda lupa untuk membayar nadzar yang Anda ucapkan, Anda harus membayar nadzar dengan cara berpuasa selama 3 hari atau memberi makan fakir miskin sebanyak yang Anda makan. Yuk berlomba-lomba dalam kebaikan!

Artikel Terkait :
Keutamaan Sholat Duha sebagai Pengantar Rezeki yang Halal dan Berkah

14 komentar:

  1. Wow kagum aku .. tau-tau sudah ada artikel baru lagi.
    Betul-betul kak Vika ini produktif menulis.

    Nadzar atau kaul ini juga sering dilakukan oleh warga Jawa-Tengah untuk mewujudkan janji yang sudah diucapkan dan berhasil terlaksana.
    Salah satu sepupuku pernah melakukan kaul sewaktu dia diterima di perguruan tinggi incarannya ...
    Tau ngga apa kaulnya, kak .., dia melakukan jalan kaki dari Magelang je Yogya pp.
    Wow banget kan .. rute itu ditempuh jalan kaki jauh banget loh, kak.

    BalasHapus
  2. Ya betul sekali, terkadang walau nazar kita tidak dikabulkan, bukan berarti Allah tidak mau memberikan kita jalan yang terbaik, namun ternyata Allah punya jalan lain yang lebih baik untuk kita...

    BalasHapus
  3. Nazar ditempat saya khususnya dijawa tengah sana sering sekali dilakukan,,,misalnya ada orang bernazar kalau punya rumah bakal kurban kambing 3 ekor,,,malahan pernah kakek saya bercerita ingin sembuh dari penyakit dan bernazar apabila sembuh dari penyakitnya bakal berjalan kaki dari wonogiri ke jogjakarta,,,katanya sih kalau nazarnya semakin berat bakal diijabah doanya,,,,kata orang dulu dulu sih,,,

    BalasHapus
  4. Jadi ingat, saya udah lama banget gak nadzar mba vik..
    jadi kepingin nazar lagi agar doa2ku banyak yang dikabulkan.. :)

    BalasHapus
  5. Kalau ingin bernadzar biasanya saya pilih yang mudah2 Mbak, misalnya kalau ..bla..bla..bla...maka saya akan potong telur satu biji buat dimakan sendiri,hihihi..

    bukannya apa2, saya khwatir setan selalu menghalangi kita untuk menunaikannya, kan nadzar adalah Janji kita kepada ALLAH AWT, kalau ngak ditepati bisa berabee....kita, sial seumur - umur, hahahah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. balas koment milik sendiri ahh....sebab yang punya blog sedang sibuk berdoa, hehehe.... :)

      Hapus
    2. Sini tak bantu balas kang komentarnya ekwkwk

      Hapus
    3. hahahah... Mas San dan Mas EKo, bisa guyon juga rupanya.wkwkwkwkwk......

      Hapus
  6. Sampai sekarang terkadang saya terniat juga buat nazar...

    BalasHapus
  7. Betul banget tipsnya mbak, Saya pernah juga seperti ini, selalu bernadzar dengan apa yang saya inginkan. Memang tidak langsung tapi setidaknya benar-benar terkabul

    BalasHapus
  8. sebenarnya bernadzar tidak boleh terlalu sering dilakukan

    BalasHapus
  9. Iya benar, waktu itu saya juga pernah seperti itu :) terima kasih tipsnya mbak.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..