7 Menu Buka Puasa Paling Murah, Sehat dan Mudah Dibuat

7 Menu Buka Puasa Paling Murah, Sehat dan Mudah Dibuat

Menu Buka Puasa - Tak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan telah tiba. Itu artinya bagi umat muslim akan datang bulan penuh berkah dimana Anda harus berpuasa selama sebulan penuh lamanya. Lalu, umat muslim pun diwajibkan untuk berbuka puasa ketika adzan maghrib tiba. Dan sudah selayaknya Anda harus mempersiapkan menu buka puasa untuk keluarga Anda dirumah.

Lantas, apa saja menu buka puasa yang paling mudah dibuat, sehat, dan juga murah? Apakah bisa membuat menu buka puasa dengan waktu yang sebentar?

Mengkreasikan berbagai masakan menu buka puasa harus menjadi ide terbaik dalam memilihnya. Dengan pemilihan menu buka puasa yang sederhana dan mudah dibuat, Anda pun bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya. Dengan demikian Anda bisa fokus pada ibadah dan juga keluarga.

Tanpa perlu berlama-lama, yuk simak 7 menu buka puasa paling murah, sehat, dan juga mudah dibuat.

1. Kurma, Teh Manis Hangat, dan Es Kelapa Muda

Jangan pernah menyepelekan kekuatan memakan kurma ketika Anda berbuka puasa. Kurma dan segelas teh manis hangat mampu mengembalikan energi yang sudah hilang akibat Anda berpuasa seharian.

Bahkan Rasulullah pun sering makan kurma dan segelas teh manis hangat untuk dijadikan menu buka puasa. Anda bisa memakan kurma beberapa biji, ditambah teh manis hangat. Lebih baik lagi jika Anda membuat teh manis menggunakan gula merah.

Silahkan Anda buktikan sendiri perbedaan ketika Anda menggunakan gula merah dan gula putih. Anda akan merasa semakin bugar jika meminum segelas teh manis yang menggunakan gula merah sebagai pemanisnya.

Anda pun bisa mencoba meminum es kelapa muda sebagai menu buka puasa. Namun tetap disarankan meminum minuman hangat untuk pertama kali buka puasa. Lalu selanjutnya Anda boleh minum es kelapa muda sebagai penyegar tubuh karena mengandung banyak ion yang ampuh mengembalikan metabolisme tubuh Anda kembali menjadi sehat dan juga segar.

2. Sop Buah

7 Menu Buka Puasa Paling Murah, Sehat dan Mudah Dibuat

Membuat sop buah sebagai hidangan pembuka untuk menu buka puasa, selain menyehatkan, juga sangat murah. Anda cukup menyediakan pepaya, melon, dan semangka untuk Anda buat menjadi sop buah.

Caranya sangat mudah sekali, Anda cukup potong-potong ketiga buah diatas dengan ukuran yang agak kecil. Lalu bisa Anda siram menggunakan air susu yang sudah ditambah dengan sedikit gula putih. Lalu masukan beberapa saat kedalam kulkas hingga sop buah menjadi dingin dan siap untuk disantap.

Menu buka puasa sudah siap dihidangkan untuk keluarga Anda. Jangan lupa ya, ketika Anda berbuka, sebaiknya awali dulu dengan minum air hangat, agar organ dalam tubuh tidak kaget. Lalu beri jeda beberapa menit, barulah Anda bisa menikmati sop buah. Namun jangan terlalu dingin ya!

3. Kolak Pisang dan Aneka Kolak Lainnya

7 Menu Buka Puasa Paling Murah, Sehat dan Mudah Dibuat

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat murah dan juga kaya akan manfaat. Anda cukup keluarkan uang 10 ribu saja, Anda bisa mendapatkan pisang yang bagus, murah, sehat dan kaya akan gizi.

Caranya juga sangat mudah. Anda cukup potong-potong seruas ibu jari. Lalu siapkan gula merah, gula putih dan juga santan sebagai pelengkap kolak.

Didihkan air, kemudian masukan pisang yang sudah Anda potong-potong. Lalu tambahkan gula, test rasa. Jika dirasa sudah pas, Anda bisa tambahkan santan di akhir memasak. Kemudian matikan api.

Dan sajian menu buka puasa kolak pisang pun sudah jadi untuk menemani sebagai menu buka puasa Anda. Selain kandungan pisang yang sehat untuk tubuh, kandungan gula merah pada kolak mampu membangkitkan energi yang sudah terkuras habis selama Anda beraktivitas.

Anda pun akan kembali bersemangat dan berenergi setelah makan menu buka puasa kolak yang kaya akan gizi dan mudah dibuat. Anda bisa kreasikan pisang menjadi pisang molen atau banana roll jika Anda sudah bosan dengan menu kolak pisang.

4. Kerupuk Banjur

Sebenarnya, ini merupakan menu buka puasa yang cukup terkenal di Bandung. Karena saya memang orang Bandung, biasanya menu buka puasa seperti kerupuk banjur ini sangat sering diminati oleh berbagai macam orang. Baik itu orangtua maupun anak-anak.

Walaupun kerupuk dibilang kurang sehat dalam menu buka puasa, kerupuk banjur ini cukup membuat selera makan meningkat.

Anda cukup siapkan kerupuk kuning mentah yang biasanya ada di pasar-pasar terdekat. Lalu goreng hingga kerupuk merekah.

Anda bisa siapkan sambal untuk kerupuk banjur dengan menyiapkan oncom, bawang merah, cikur dan cabe untuk membuat sambalnya. Kemudian tambahkan air, dan kerupuk banjur pun siap untuk dihidangkan.

Jika Anda tidak sempat untuk membuat kerupuk banjur, banyak sekali yang menjual kerupuk banjur didekat rumah Anda. Selain murah, kerupuk banjur bisa menjadi teman makan menu buka puasa Anda agar lebih nikmat dan juga murah.

5. Aneka Sayuran Berkuah

7 Menu Buka Puasa Paling Murah, Sehat dan Mudah Dibuat

Menu buka puasa selanjutnya yang bisa jadi teman makan buka puasa adalah sayur sop ayam. Anda bisa sajikan menu sayur sop sebagai menu buka puasa paling murah, sehat dan mudah dibuatnya.

Anda cukup potong-potong berbagai sayuran, lalu Anda pun bisa tambahkan potongan ayam agar sop Anda lebih bergizi. Anda bisa tambahkan garam untuk mendapatkan cita rasa sop yang enak dan juga gurih.

Seperti yang Anda ketahui bahwa ketika Anda berpuasa selama hampir 12 jam lamanya, Anda akan kehausan dan memang menu terbaik untuk berbuka puasa adalah yang berkuah. Sehingga Anda pun akan sangat lega ketika makan makanan yang berkuah dan juga hangat.

Oleh karena itu, menu sayur sop ayam sangatlah baik untuk menu buka puasa Anda ketimbang makanan kering. Anda pun bisa menikmati sayur sop ayam beserta telor balado atau fuyunghai yang cara membuatnya pun tidak memerlukan waktu yang lama.

Anda bisa kreasikan membuat menu sayur lain sebagai menu buka puasa selanjutnya. Anda bisa membuat sayur lodeh, sayur bayam, dan menu sayur lain untuk menghilangkan haus setelah berpuasa seharian.

6. Aneka Gorengan

Menu buka puasa selanjutnya yang bisa jadi teman makan menu buka puasa Anda adalah aneka gorengan seperti gehu, bala-bala, bakwan jagung dan juga bakwan tahu. Anda bisa kreasikan aneka gorengan ini dan bisa Anda gado untuk menu buka puasa.

Cara membuatnya yang cukup mudah dan juga murah, membuat bala-bala dan sejenisnya sangat laku menjadi menu buka puasa. Anda bisa makan gorengan ini ditambah dengan cengek alias cabe rawit hijau untuk rasa yang lebih nikmat.

Anda bisa makan gorengan ini ditemani dengan semangkok sop buah sebagai penetralisir ataupun kolak sebagai teman makan manisnya.

Aneka gorengan seperti bakwan jagung dan sejenisnya bisa Anda jadikan teman nasi ditambah sayur sop sebagai tambahannya. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan dua menu buka puasa untuk teman makan nasi, yakni bala-bala dan juga sayur sop ayam.

Walaupun aneka gorengan kurang direkomendasikan karena mengandung minyak yang berlebih, yang terpenting gizi Anda terpenuhi dari berbagai sumber makanan lain yang mengandung banyak protein dan juga sayuran ya!

7. Kentang Balado dan Opor Ayam

Menu buka puasa yang sering dijadikan menu makanan lebaran selanjutnya adalah kentang balado dan juga opor ayam.

Menu ini sangat digemari ketika berbuka puasa. Selain membuatnya mudah, opor ayam pun mengandung protein yang tinggi untuk mengganti asupan gizi yang hilang ketika berbuka puasa.

Kentang balado pun sangat digemari sebagai salah satu menu buka puasa. Selain karena rasanya yang enak, kentang balado pun cukup mengenyangkan karena menjadi salah satu asupan karbohidrat yang baik sehingga Anda akan merasa cepat kenyang dengan rasa yang enak.

Anda bisa kreasikan menu utama kentang untuk dijadikan perkedel kentang ataupun menu lainnya. Sehingga ide membuat menu buka puasa semakin banyak dan Anda bisa mencoba 13 menu masakan rumahan yang praktis dan mudah dibuat.

Penutup

Masih sangat banyak sekali menu buka puasa yang bisa Anda buat dirumah sebagai menu buka puasa. Namun yang ditulis diatas hanyalah gambaran umum membuat menu buka puasa yang paling murah, dan juga mudah dibuat.

Sehingga Anda tak perlu susah payah menghabiskan waktu demi membuat menu buka puasa. Apalagi jika Anda ibu bekerja, Anda harus pintar-pintar memilih menu buka puasa yang praktis dan mudah dibuat.

Sehingga walaupun Anda sibuk bekerja, Anda masih mampu menyiapkan menu buka puasa untuk keluarga yang sangat Anda sayangi. 

Terimakasih telah membaca 7 menu buka puasa paling murah, sehat dan mudah dibuat. Semoga artikel yang ditulis ratutips bisa membantu Anda untuk membuat menu buka puasa yang mudah dibuat. Semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

14 Komentar untuk "7 Menu Buka Puasa Paling Murah, Sehat dan Mudah Dibuat"

  1. saya paling suka yang nomor satu bu karena memang disunnahkan makan kurma atau yang manis

    BalasHapus
  2. favorit saya kerupuk banjur,,,kalau disini biasa disebut kerupuk ojay wkwkw

    BalasHapus
  3. Mami, no 1 typo, jadi es kepala muda, ngeri banget mami kepala apaan itu yg dijadiin es hehehhee

    BalasHapus
  4. Dulu sih karena rumah masih ramai alias banyak orang, jadi masak sendiri buat buka puasa mulai dari es-es gitu, kolak, sampai makanan berat. Nah sekarang cuma berempat itu pun Mamatua nggak puasa. Indra buka puasa di luar karena ngantor sampai malem. Thika, buka puasa di kampus karena kuliah sore sampai malem. Praktis saya sendiri ini Kak Vikaaaa huhhuhu. Jadi beli saja :D

    BalasHapus
  5. aku paling suka gorengan pake sambal kacang.. hhe, gak sehat banget ya?
    jadi gak sabar nih, bulan puasa tinggal minggu depan.. :D

    BalasHapus
  6. cocok banget nih kak menu nya buat saya yang tinggal di perantauan agar bisa hemat dan bisa nabung buat ongkos mudik, makasih banyak kak buat info nya ya ;)

    BalasHapus
  7. Udah beli kurma, ngga kerasa udah mau puasa aja ya beb heheh

    BalasHapus
  8. wah jadi lebih irit nih kak kalau menu buka puasa bikin sendiri ya, tapi kalau di kost ane sering nya makanan langsung jadi :D

    BalasHapus
  9. aku penasaran ama kerupuk banjur. ntr browsing deh liat penampakannya seperti apa :). biasanya kalo puas, aku jg seringnya teh manis ama cemilan kecil. baru2 ini nyetok kurma ama krim keju, setelah liat bbrp temen makan kurma pake cream cheese. dan ternyata enak :p. ga sabar ya mau puasa gini mba.. :)

    BalasHapus
  10. Ah, ada 1 yang belum aku makan, Kerupuk Banjur. Nah kan, jadi penasaran, padahal jauh di Bandung. Huwaaa... Apalagi di makan pakai sambel... Aaah... pengen sekarang deh.
    Hehehe...
    Sisanya bolehlah, makanan sehari-hari di bulan puasa. Hihi...

    BalasHapus
  11. Tak terasa bulan Ramadhan tinggal menghitung hari saja ya Teh....
    Selamat menjalankan ibadah puasa.

    BalasHapus
  12. kesukaanku banget no.1 kak, yang penting ada teh hangat dan kurma lengkap lah acara berbuka puasa. walaupun banyak kue rasanya malah males makan, jadinya sekarang tiap orang setiap mo buka pasti di tanyain dulu mo beli apa gak. karena takut mubazir

    BalasHapus
  13. Timun suri ora ada?? Favorite saya neh dipadukan sama gorengan, mantan;MANTap tenAN.... Sunnahnya berbuka dengan kurma dan air putih,

    BalasHapus
  14. Duhh sop buah emang pas banget dimakan setelah buka puasa.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel