4 Daftar Asuransi Perjalanan Terbaik dan Tips Memilihnya

Asuransi Perjalanan - Di zaman yang semakin modern ini, asuransi perjalanan menjadi salah satu jaminan yang banyak dipilih oleh sebagian besar orang. Asuransi itu sendiri ibarat sebuah tabungan masa depan yang sangat berguna pada waktu yang sangat mendesak atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebelumnya.

Asuransi pun ada berbagai macam jenisnya. Nah, salah satunya yakni asuransi perjalanan. Lalu, apa yang dimaksud dengan asuransi perjalanan itu sendiri? Nah, asuransi perjalanan adalah sebuah asuransi yang digunakan untuk memberikan perlindungan selama Anda sedang bepergian atau sedang melakukan perjalanan.

Meski asuransi yang satu ini tidak masuk dalam salah satu jenis asuransi yang wajib untuk Anda miliki, akan tetapi bagi Anda yang hobi melakukan perjalanan ke luar kota ataupun luar negeri, alangkah baiknya untuk memiliki asuransi perjalanan.

4 Daftar Asuransi Perjalanan Terbaik dan Tips Memilihnya

Adanya asuransi perjalanan membuat asuransi tersebut menjadi cukup populer di kalangan masyarakat, khususnya traveller. Alhasil, banyak sekali jenis asuransi perjalanan yang bisa Anda pilih. Tentu saja, masing-masing dari asuransi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, bagi Anda yang masih bingung untuk memilih asuransi perjalanan terbaik, Anda mungkin bisa mengikuti beberapa tips dari ratutips untuk memilih asuransi perjalanan berikut ini.

1. Besarnya Perlindungan yang Akan Diberikan

Nah, langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam memilih asuransi perjalanan terbaik adalah dengan memilih asuransi secara detail dan memperhatikan apa saja yang ditanggung. Apabila terjadi tumpang tindih dari beberapa perlindungan yang dimiliki, tentu saja hal tersebut membuatnya tampak sia-sia. Pastikan dengan baik bahwa Anda tidak membeli lagi premi yang sudah Anda punya.

Dan pastikan pua besar asuransi perjalanannya yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Lebih besar perlindungannya tentunya lebih baik, namun setara dengan premi yang akan Anda bayarkan.

2. Waktu dari Perlindungan Asuransi Perjalanan

Nah, tips selanjutnya yaitu dengan memahami waktu dari perlindungan asuransi tersebut. Pilihlah asuransi perjalanan yang memiliki waktu yang sama dengan lamanya perjalanan. Hal ini karena asuransi tersebut hanya akan menanggung resiko pada saat perjalanan saja.

Jangan sampai Anda rugi karena premi yang sudah Anda bayarkan tersebut masih tersisa untuk beberapa hari. Jadi, pastikan bahwa Anda melakukan perhitungan dengan benar.

Jika Anda melakukan perjalanan selama 5 hari misalnya, Anda pun alangkah lebih baik memiliki asuransi perjalanan yang sama, yakni 5 hari. Begitupun seterusnya, semuanya disesuaikan dengan berapa lama perjalanan yang akan Anda lalui.

3. Luas Perlindungan yang Diberikan

Umumnya, untuk  perjalanan wisata dengan risiko yang tinggi tidak dapat diproteksi oleh asuransi perjalanan itu sendiri. Seperti contohnya yaitu wisata alam liar, olahraga ekstrem ataupun pergi ke beberapa tempat yang dianggap berbahaya, seperti pergi ke daerah konflik misalnya.

Nah, untuk beberapa aktivitas ekstrim tersebut biasanya pihak asuransi akan menetapkan sebuah premi tambahan yang keberadaannya di luar premi dari asuransi perjalanan. Dan tentunya harganya pun tidak murah ya.

4. Mengungkapkan Kondisi Kesehatan yang Dialami

Perusahaan asuransi biasanya akan meminta daftar riwayat kesehatan yang Anda miliki. Nah, agar nantinya klaim yang Anda ajukan tidak ditolak, berusahalah untuk bersikap jujur tentang keadaan yang sedang Anda alami.

Dengan demikian, jika ada hal yang terjadi diluar dugaan, pihak asuransi sudah mengetahuinya dan sudah tahu betul riwayat si empunya asuransi perjalanan.

Nah, dengan mengetahui berbagai macam tips memilih asuransi perjalanan, tentu Anda bisa memilih salah satu asuransi perjalanan terbaik yang bisa memberikan premi sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Lalu, apakah asuransi perjalanan itu penting untuk Anda miliki?

Ternyata, beberapa negara yang ada di dunia telah mewajibkan para turis untuk mempunyai asuransi perjalanan. Bahkan, beberapa negara tersebut juga tidak memperbolehkan turis masuk ke negaranya jika tidak memiliki asuransi perjalanan.

Contohnya yakni yang terjadi di beberapa negara seperti di Benua Amerika, Eropa dan Asia. Mereka sudah memberlakukan aturan kepada para turis untuk wajib memiliki sebuah asuransi perjalanan apabila ingin mengunjungi negaranya tersebut. Jadi, jika perjalanan Anda ingin terlindungi dengan baik, maka mendaftarkan diri dalam asuransi perjalanan menjadi hal yang wajib untuk Anda lakukan.

Lalu, apa saja jenis asuransi terbaik yang ada di Indonesia? Berikut ini ada beberapa daftar asuransi terbaik yang bisa Anda pilih, yakni sebagai berikut.

1. Asuransi Perjalanan ACA

Asuransi perjalanan yang satu ini memiliki dua jenis asuransi di dalamnya. Yakni, Asuransi Perjalanan Individu ACA dan Asuransi Perjalanan Kelompok ACA. Kedua jenis asuransi tersebut digunakan untuk melindungi Anda dan keluarga agar tetap aman selama melakukan perjalanan.

Pastinya, dari kedua jenis asuransi yang dimiliki oleh ACA, harga dari masing-masing asuransi juga berbeda. Dimana Asuransi Perjalanan Kelompok ACA memiliki harga yang lebih mahal ketimbang dengan jenis Asuransi Perjalanan Individu. Hal ini disebabkan karena perlindungan yang ditawarkan kepada calon nasabah jauh lebih banyak.

2. Asuransi Perjalanan Zurich

Asuransi perjalanan kedua terbaik di Indonesia adalah asuransi perjalanan Zurich. Sama halnya dengan jenis asuransi sebelumnya, Asuransi Zurich juga memiliki dua jenis asuransi. Yakni Asuransi Perjalanan Individu Zurich dan Asuransi Perjalanan Kelompok Zurich.

Untuk harga yang ditawarkan pun berbeda, asuransi perjalanan kelompok memiliki harga yang lebih mahal karena perlindungan yang diberikan lebih banyak dan lebih lengkap.

Selain itu, ada juga beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari asuransi yang satu ini, yakni sebagai berikut :

1. Layanan asuransi untuk perjalanan domestic maupun internasional.
2. Memiliki layanan bantuan nasabah selama 24 jam lewat 24 Hour Zurich Worldwide Travel HelpPoint.
3. Untuk pengajuan polis asuransinya sendiri dapat dilakukan dengan cara online.
4. Proses dari klaim asuransi yang dilakukan relative cepat serta tidak sulit.
5. Memiliki harga premi perjalanan yang relatif terjangkau.
6. Ada berbagai macam produk asuransi perjalanan dan telah disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah.

3. Asuransi Perjalanan AXA

Yang ketiga ada Asuransi Perjalanan AXA. AXA sendiri juga memiliki dua jenis asuransi perjalanan yakni Asuransi Perjalanan Individu AXA dan Asuransi Perjalanan Kelompok AXA. Nah, dengan menggunakan asuransi perjalanan dari AXA ini sendiri, ternyata Anda bisa mendapatkan beberapa kelebihan seperti berikut ini.

1. Tersedianya layanan pembayaran premi yang lebih lengkap dan praktis yang bisa dilakukan lewat transfer, kartu kredit dan lain sebagainya.
2. Memberikan layanan perjalan baik domestic ataupun internasional.
3. Proses klaim asuransi yang dilakukan lebih mudah serta tidak berbelit-belit.
4. Layanan bantuan nasabah dan call center yang tersedia selama 24 jam.
5. Harga dari premi perjalanan sangat terjangkau.
6. Produk asuransi perjalanan yang tersedia memberikan manfaat yang sangat luas dengan paket yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah.

4. Asuransi Perjalanan AIG

Ada banyak asuransi perjalanan yang bisa Anda pilih karena memberikan pelayanan yang baik dengan paket perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Selain beberapa asuransi yang sudah disebutkan di atas, ada pula Asuransi Perjalanan AIG.

AIG memiliki dua jenis asuransi perjalanan, yakni Asuransi Perjalanan Individu AIG dan Asuransi Perjalanan Kelompok AIG. Dengan memilih salah satu dari kedua jenis asuransi tersebut, Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan seperti.

1. Adanya ganti rugi kematian dikarenakan kecelakaan ataupun cacat tetap selama perjalanan.
2. Adanya layanan evakuasi medis darurat serta repatriasi.
3. Adanya layanan kesehatan baik di rumah sakit Indonesia ataupun di luar negeri.
4. Terdapat sistem klaim reimbursement atau cashless yang digunakan untuk rawat inap karena sebuah penyakit.
5. Perlindungan kesehatan internasional yang ditujukan untuk ganti rugi biaya kesehatan, baik  karena sakit ataupun kecelakaan.
6. Adanya ganti rugi dari penggunaan kartu kredit secara ilegal di luar negeri.
7. Ganti rugi kehilangan dokumen penting ataupun uang.
8. Ganti rugi dari keterlambatan selama 6 jam berturut-turut.
9. Ganti rugi untuk barang bawaan yang hilang.
10. Ganti rugi untuk pembatalan perjalanan.

Nah, dengan mengetahui beberapa jenis asuransi perjalanan terbaik di Indonesia, sudah selayaknya Anda bisa menyimpulkan mana asuransi yang bisa Anda pilih untuk menemani perjalanan Anda agar selamat sampai tujuan.

Semua asuransi perjalanan ini tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan membayar preminya.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih asuransi perjalanan terbaik di Indonesia agar perjalanan Anda menyenangkan dan juga selamat! Anda pun bisa membaca artikel mengenai asuransi prudential SFA, tips mendapatkan kacamata gratis menggunakan BPJS, bahkan artikel mengenai cara pindah faskes secara online melalui aplikasi mobile JKN.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "4 Daftar Asuransi Perjalanan Terbaik dan Tips Memilihnya "

  1. wah, cocok untuk yang hobi jalan-jalan nih..
    banyak keuntungannya kalo daftar asuransi..

    BalasHapus
  2. Wah aku baru tau asuransi perjalanan sebanyak itu kak. Emang suka ditawarin pas booking via apps ya, murah ya kenapa ngga ya kak, tfs kak

    BalasHapus
  3. klaim asuransi ny gampang jg ga mba? hehe

    BalasHapus
  4. makasih kak informasinya...
    mampir ke blog ana juga yaa

    BalasHapus
  5. Wah ternyata banyak juga ya mom, hampir semua perusahaan asuransi besar puny asuransi perjalanan ternyata

    BalasHapus
  6. karena aku rutin traveling, asuransi perjalanana itu wajib banget buatku... dan keluarga juga... kalo duluuuu, aku beli asuransi perjalanan hanya kalo ke eropa ato negara2 asia timur... tp skr ini, kemanapun aku pergi, domestik/LN aku slalu beli mba... g ada yg tau kapan kita kena musibah kan... makanya utk cari aman, aku slalu pakai asuransi perjalanan jg utk keluargaku...

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel