13 Kerja Sampingan yang Terbukti Mudah dan Menghasilkan Uang

Kerja Sampingan yang Menghasilkan Uang - Setiap manusia tentunya tak akan lepas dari namanya pekerjaan yang bisa menghasilkan uang untuk kehidupan sehari-harinya. Namun, banyak yang mencari kerja sampingan ketika uang sudah tidak cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Terlebih lagi saat ini terkadang pekerjaan yang sangat melelahkan tidak sebanding dengan gaji yang didapat, banyak yang mencari kerja sampingan untuk memberi makan sesuap nasi untuk anak-anak dan istrinya.

Lantas, apa saja kerja sampingan yang paling mudah dan terbukti menghasilkan uang? Apakah kerja sampingan tersebut bisa dikerjakan setelah Anda selesai bekerja?

Biasanya, kerja sampingan akan dilakukan oleh sebagian besar orang yang belum cukup dalam penghasilannya. Tidak hanya pekerja kantoran saja, bahkan sekelas mahasiswa pun sudah banyak yang mencari kerja sampingan untuk membantu orangtuanya.

Selain untuk membantu perekonomian keluarga, kerja sampingan pun terbukti dapat membantu finansial seseorang yang sedang membutuhkan banyak uang untuk menyambung hidupnya.

Yuk, simak artikel ratutips mengenai kerja sampingan yang bisa Anda lakukan dan tentunya dapat menghasilkan uang.

1. Menjadi Seorang Blogger

13 Kerja Sampingan yang Terbukti Mudah dan Menghasilkan Uang

Menjadi seorang blogger tidak hanya mengasah kemampuan untuk menulis saja, namun seorang blogger pun harus bisa mengedit template alias web designer. Kebanyakan seorang blogger bukan terlahir dari jurusan ilmu komunikasi atau jurusan bahasa, melainkan seorang blogger awalnya karena hobi membaca dan menulis.

Lantas darimana saja seorang blogger mendapatkan pundi-pundi rupiah?

Seorang blogger pemula tentunya harus mengeluarkan modal untuk membuat sebuah blogger yang terkesan profesional. Seorang blogger wajib memiliki koneksi internet untuk dapat mengakses dan menulis di laman webnya.

Biasanya, setelah blog semakin bagus dan banyak pengunjungnya, banyak klien yang akan berdatangan untuk beriklan di situs Anda. Darisitulah pundi-pundi uang akan datang.

Jadi, bukan Anda yang mencari uang lagi, namun uang yang menghampiri Anda. Anda bisa mengerjakan blog ketika Anda sudah pulang bekerja.

Anda bisa menulis 1 hingga 2 artikel setiap hari. Atau seluangnya waktu Anda. Dengan demikian, biasanya Anda pun akan mendapatkan penghasilan dari iklan Google Adsense yang sudah tayang di situs Anda.

So, Anda pun tidak hanya akan mendapatkan uang dari pekerjaan utama saja, namun Anda juga akan mendapatkan uang dari kerja sampingan Anda sebagai seorang blogger.

Jika Anda sudah menjadi blogger profesional, biasanya pendapatan Anda perbulan pun bisa mencapai puluhan juta rupiah perbulannya.

2. Jasa MUA

Jasa MUA saat ini sangat digandrungi oleh kalangan mahasiswi yang mencari uang ketika weekend tiba. Biasanya, kerja sampingan menjadi MUA ketika weekend tiba sangat menguntungkan sekali karena sama sekali tidak mengganggu pekerjaan utama Anda yang biasa Anda kerjakan dari Senin hingga Jumat.

Anda bisa menerima jasa make up setiap hari Sabtu dan Minggu. Biasanya, harga untuk make up wisuda saja sudah 200 ribu per orang lho. Bayangkan jika Anda bisa mendapatkan 1 orang saja setiap hari Sabtu Minggu, Anda sudah bisa mendapatkan 1,2 juta per bulan sebagai kerja sampingan.

Cukup menggiurkan lho bagi Anda yang hobi make up! Ayo kembangkan bakat Anda untuk mendapatkan kerja sampingan sebagai jasa make up artist.

3. Guru Les Privat

Jika Anda seorang guru honorer, wajib bagi Anda untuk memiliki kerja sampingan seperti menjadi guru les privat. Anda cukup mengeluarkan waktu 1 hingga 2 jam tiap harinya, lalu rekrut sebanyak mungkin murid untuk les privat. Pastinya akan sangat membantu finansial Anda dalam menghasilkan uang.

Saya pun tahu bahwa gaji guru honorer tidak seberapa. Namun jika Anda cerdik menjadi guru privat, biasanya per jam nya Anda akan dihargai 75 ribu hingga 100 ribu tergantung dari mata pelajaran apa yang akan Anda ajarkan.

Jika dalam 1 jam Anda bisa mengajar 2 hingga 3 orang. Anda sudah mendapatkan uang 300 ribu dalam 1 jam. Tinggal dikalikan perbulan saja Anda mampu mengajar berapa jam. Pastinya saya yakin menjadi guru les privat malah lebih besar penghasilannya ketimbang Anda menjadi guru honorer.


4. Guru Les Musik

Bagi Anda yang hobi bermusik, jangan biarkan ilmu yang Anda punya stuck pada diri Anda. Kembangkan dan asah kemampuan mengajar Anda untuk menjadi guru les musik. Di waktu luang, Anda bisa iklankan kemampuan Anda di situs Anda sendiri.

Anda bisa menentukan rate yang Anda inginkan. Biasanya, guru les privat musik harga per jamnya hampir sama dengan guru les privat mata pelajaran. Namun, jika alat musik yang diajarkannya agak rumit, biasanya harganya pun akan menyesuaikan.

Buatlah relasi sebanyak-banyaknya dan buat image Anda sebagai guru les musik yang baik dan berhasil. Sehingga tanpa mengiklankan diri Anda pun, Anda akan dikenal sebagai guru les musik dan akan banyak tawaran menjadi guru privat musik yang tentunya bisa jadi pekerjaan sampingan sehabis Anda bekerja.

5. Penulis Lepas

Siapa yang senang menulis dan ingin setiap kata-katanya bisa dibayar? Jika Anda memiliki hobi menulis dan ingin dibayar, silahkan salurkan hobi Anda menjadi penulis lepas untuk beberapa perusahaan ataupun website yang membutuhkan penulis lepas untuk mengisi konten situsnya.

Biasanya, banyak web besar yang mengandalkan penulis lepas sebagai salah satu kontributor untuk mengisi situsnya agar tetap banyak pengunjungnya.

Untuk penulis lepas sendiri, harga yang didapat memang tidak besar. Kisaran 25 ribu hingga 50 ribu rupiah untuk satu artikelnya.

Namun, jika Anda tekun menulis hingga beberapa artikel setiap harinya. Silahkan Anda hitung berapa penghasilan Anda jika dalam satu bulan Anda menulis 1 artikel setiap harinya. Anda bisa mendapatkan uang 750 ribu hanya dengan menjadi penulis lepas dan menulis 1 artikel setiap harinya.

Tentu hal ini menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang terbukti menghasilkan uang, bukan?

6. Reseller Pakaian

Jika Anda memiliki koneksi dengan grosir baju yang menawarkan Anda menjadi resselernya, hal ini sangat menguntungkan sekali bagi Anda yang sedang mencari kerja sampingan sebagai resseler pakaian.

Biasanya, Anda akan dimasukan dalam grup whatsapp oleh si empunya grosir baju tersebut. Lalu Anda tinggal unduh lagi dan promosikan produk dari grosir tersebut dengan harga yang berbeda dan disesuaikan dengan keuntungan yang Anda inginkan.

Dengan demikian, Anda tinggal upload-upload saja foto produk, dan tunggu saja hingga banyak orang akan membeli baju Anda tanpa Anda harus memproduksi atau mengambil produknya ke toko.

Anda bisa mendapatkan untung dari selisih harga yang Anda jual. Dengan demikian, kerja sampingan ini tentunya sangat tidak melelahkan namun mampu menghasilkan uang untuk Anda tanpa modal.

7. Membuat E Book

Banyak orang yang tidak mengira bahwa kerja sampingan membuat e book merupakan salah satu lahan bisnis baru untuk menghasilkan uang. Anda bisa menulis e book sendiri dengan keahlian dan ilmu yang Anda punya.

Jika Anda ahli dalam bidang akutansi, Anda bisa menulis e book mengenai 5 Strategi Belajar Akutansi dalam Waktu 7 Hari, atau membuat e book mengenai 7 Langkah Belajar Web Desain dan lain sebagainya.

Terbukti hal ini dilakukan oleh rekan saya yang seorang blogger, dia mampu menjual e book dengan harga 100 ribu per 1 ebook nya. Bayangkan oleh Anda jika dalam satu bulan saja laku 30 ebook. Dia bisa menghasilkan 3 juta rupiah dalam satu bulannya hanya dengan menjual e book pada situs webnya.

Sangat menguntungkan bukan memiliki pekerjaan sampingan menjadi pembuat e book? Apakah Anda berminat?

8. Penerjemah

Menjadi seorang penerjemah tentunya sangat banyak diincar oleh berbagai macam kalangan. Baik dari perusahaan maupun klien dari luar negeri. Tak ayal banyak yang memilih menjadi freelance penerjemah karena nilai uangnya yang cukup tinggi.

Untuk satu halaman jadi saja, biasanya dihargai 250.000 per halaman. Kebayang jika Anda mendapati project menerjemahkan satu buku dengan total 100 halaman saja, Anda akan dibayar hingga 25 juta rupiah lho!

Kerja sampingan yang cukup menakjubkan jika dilihat dari segi materinya. Namun, pastinya akan sesuai dengan tanggung jawab yang Anda dapat.

9. Membuat Aplikasi

Dewasa ini, banyak lulusan IT yang selain bekerja sebagai IT di perusahaan ternama, juga mengerjakan beberapa project alias kerja sampingan yang bisa menghasilkan uang. Salah satu contohnya adalah membuat aplikasi.

Tak tanggung-tanggung, jika Anda mahir membuat aplikasi yang keren dan sempurna, biasanya akan dihargai jutaan hingga puluhan juta lho!

Makanya saat ini jurusan IT sangat banyak digandrungi oleh para pelajar, karena ketika lulus akan mampu memberikan gaji tinggi dan bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sampingan dengan bayaran yang tinggi.

10. Web Design

Ternyata, tidak semua perusahaan mampu mengedit dan men-desain webnya sendiri sehingga tampil lebih cantik dan juga fast respon. Biasanya, perusahaan akan banyak mencari freelance web design untuk mempercantik situs webnya.

Jika Anda mampu dan mahir dalam web design, Anda bisa menjadikan web design sebagai kerja sampingan setelah Anda bekerja. Biasanya, pendapatan atau penghasilan menjadi web design tergantung dari nego Anda dengan perusahaannya.

Semakin Anda mahir, tentunya harganya pun akan semakin tinggi. Dan bayarannya pun tentunya bisa mengalahkan gaji bulanan Anda lho!

11. Youtuber

Saat ini, menjadi youtuber banyak yang menjadikannya sebagai profesi utama. Bahkan ada beberapa mahasiswa atau sebagian emak-emak muda yang menjadikan youtuber sebagai kerja sampingan di kala waktu luang tiba.

Lalu, darimana saja penghasilan youtuber? Yang pertama adalah, youtuber akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang masuk dalam videonya. Dan yang kedua, youtuber akan mendapatkan fee dari klien yang mengajak kerjasama untuk membuat kontennya alias endorse.

Biasanya, penghasilan iklan berupa uang sedangkan dari endorse, seorang youtuber tidak hanya mendapatkan uang saja, namun mendapatkan produk untuk direview olehnya di konten youtubenya.

Sungguh ini merupakan pekerjaan sampingan yang cukup mengesankan dan juga menjanjikan di masa depan!

11. Selebgram atau Buzzer

Siapa sangka menjadi selebram terbukti dapat menghasilkan uang? Menjadi selebram bisa menjadi pekerjaan sampingan bagi Anda yang hobi eksis dan selfie di berbagai kesempatan. Biasanya, selebgram akan merangkap menjadi seorang blogger kenamaan.

Namun, kedua profesi ini tentunya sangat berbeda. Jika blogger mendapatkan uang dari klien yang mengajak kerjasama menulis artikel dan iklan, namun selebgram dan buzzer benar-benar mengiklankan produk di instagram secara terang-terangan dan tentunya ini tidak gratis.

Biasanya, klien akan membayar mulai dari 150 ribu hingga 400 ribu setiap kali postingan di IG. Cukup menggiurkan bukan, Anda hanya cukup duduk manis, lalu upload foto produk dengan kata-kata manis, namun Anda bisa menghasilkan uang sebagai pekerjaan sampingan dari hanya menjadi seorang selebgram atau buzzer.

12. Jasa Mengetik 

Siapa sangka Anda hanya bisa mengetik saja bisa menghasilkan uang lho! Dan jasa mengetik ini bisa menjadi salah satu kerja sampingan yang bisa Anda pilih ketika pulang bekerja.

Memang, jasa mengetik tidak semahal menjadi seorang blogger atau selebgram. Bayarannya pun bisa terhitung murah, hanya 2000 an per lembarnya. Namun, jika Anda hanya memiliki keahlian mengetik saja, tentu hal ini tidak jadi masalah karena Anda menyukai pekerjaanya.

Jika Anda mengetik 50 lembar saja, Anda sudah mendapatkan 100 ribu rupiah. Rajin-rajinlah mengikuti project online dengan pekerjaan jasa mengetik agar Anda semakin dikenal dan banyak yang mempercayakan pekerjaan mengetik oleh Anda.

Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan uang hanya dari pekerjaan sampingan sebagai jasa mengetik.

13. Jual Makanan Home Made

Saat ini, banyak sekali yang hobi memasak akhirnya sering berjualan di pasar kaget setiap weekend dengan menu makanan andalannya. Anda bisa melakukan hal ini ketika waktu libur tiba, ketika Anda rehat dari berbagai pekerjaan Anda.

Anda bisa mengikuti dan berjualan di car free day setiap Sabtu Minggu dan berjualan makanan dan minuman yang menyegarkan. Contoh kecilnya adalah berjualan sosis bakar dan es jeruk.

Biasanya, makanan enak seperti ini banyak diburu oleh kuliner mania yang kelaparan dan kehausan. Biasanya, modalnya pun tidak terlalu besar, namun untungnya lumayan tinggi karena banyak pembeli yang membeli makanan Anda.

Anda bisa jadikan hal ini sebagai pekerjaan sampingan untuk menambah dan menghasilkan uang. Anda bisa atur sedemikian rupa harganya yang masuk akal dan murah, sehingga banyak orang yang suka dan membeli makanan Anda.

Penutup

Sebenarnya, masih banyak lagi kerja sampingan yang terbukti mudah dan menghasilkan uang, contohnya agen pulsa dan lain sebagainya. Namun, biasanya untungnya tidak seberapa dan makin banyak saingan dan saat ini pun Anda sudah bisa isi pulsa menggunakan mobile banking.

So, silahkan pilih satu dari ketiga belas kerja sampingan yang menurut Anda paling mudah dan Anda pun menyukainya. Karena segala sesuatu yang dilakukan atas dasar suka, akan berbuah manis dan tidak merasa terbebani dalam menjalaninya.

Perhitungkan juga berapa budget yang ingin Anda dapatkan dari kerja sampingan, dan sesuaikan dengan hobi dan kemampuan Anda juga ya! Selamat mencari kerja sampingan!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

12 Komentar untuk "13 Kerja Sampingan yang Terbukti Mudah dan Menghasilkan Uang"

  1. halo mas teh, saya ingin pamitan, blog saya kena jigling teh dan setelah saya pertimbangkan jadi saya non aktifkan dulu kolom komentrnya dan semoga aja yang jigling dapat balasan yang setimpal ya,...kudoakan hidupnya enggak pernah berkah,..biarlah mereka menjigling dan biarkan karma mendatangi mereka dan say juga enggak akan bw lagi mungkin dan terima kasih kepada teteh dan teman-teman yang selama ini sudah mau berkomentar di blog saya

    saya bukanlah orang yang baik tapi saya akan memberikan yang terbaik, jika mungkin ada kata-kata saya yang menyinggung perasaan dan hati, selama saya bw saya minta maaf dan saya akan tetap ngeblog

    dan bagi para pelaku jigling tunggulah karmanya

    BalasHapus
  2. Saya udah pasti milih yang momer satu dong. He..he...😁
    Yang lain kayaknya susah dan nggak bakat, walaupun dulu pernah kepikiran pengen jadi penerjemah, padahal nggak bisa bahasa inggris lho, pernah juga kepikiran jadi selebgram, tapi wong sayanya malu-malu gini, ya udah number one aja...😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mbak buat jadi selebgram, saya dukung. Hehehe

      Hapus
  3. Blogger, boleh lah.
    Tapi sepertinya yg lebih menjanjikan jadi guru les privat. Udah liat dari nyokap soalnya wkwkwkwkwk.

    BalasHapus
  4. Yaa apa pun pekerjaannya sebenarnya kembali kediri kita masing2. Dalam artian semuanya juga harus diniatkan.😄😄

    Dan dari apa yang telah dijabarkan diatas mungkin semua bisa dimanfaatkan bagi yang sedang mencari pekerjaan sampingan.😄😄

    Semangat Dan Tetap Harus Berusaha......Kate Engkong Gw...😂😂😉😂😂

    BalasHapus
  5. Ternak lele bisa juga teh heheh

    BalasHapus
  6. Kalau saya bisanya jadi narablog dan penulis lepas untuk dikirim ke media yang berhonor. Butuh waktu dan proses, hasil tidak instan tetapi insya Allah dengan kegigihan akan berbuah manis, yang penting pantang menyerah saja serta konsisten.
    Saya tidak bakat dagang hal lain, cuma bisa nulis karena sesuai hasrat. Dan juga waktu saya sebagai ibu rumah tangga terbatas, bisanya di rumah saja.

    BalasHapus
  7. Yang no.1 saya belum berhasil mba. Guru les komputer pernah saya jalani :)

    BalasHapus
  8. Jadi blogger dong kayak kak Vika ahihihi ����

    BalasHapus
  9. Maunya no 1 tapi sampai sekarang belum juga profesional hehehe.

    BalasHapus
  10. Beb aku pengen banget jadi reseller pakaian cuma aku belum yakin bisa fokus n konsisten secara saat ini anak butuh perhatian, bukan nyalahin anak, bukan tapi lebih mengukur kapasitas diri sendiri hehhe buat nulis aja kadang masih bingung ngatur waktunya ��

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel