Tips Modifikasi Mobil dengan Budget yang Minim

Bagi Anda para pecinta otomotif terutama kendaraan roda empat, pastinya tak asing lagi dengan modifikasi. Ya, modifikasi mobil banyak dilakukan oleh mereka para pecinta otomotif yang ingin kendaraannya tampil beda dan lebih ciamik.

Saat ini, tidak sedikit modifikasi mobil yang dilakukan oleh banyak orang untuk membuat tampilan kendaraan mereka jauh lebih keren dan berbeda dari biasanya. Namun, untuk bisa membuat tampilan mobil terlihat lebih keren dengan cara dimodifikasi, pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Bahkan, dana yang bisa dihabiskan untuk memodifikasi mobil bisa mencapai ratusan juta rupiah bahkan bisa lebih dari harga mobil itu sendiri. Sebuah pengeluaran yang tidak sedikit bukan?

Akan tetapi, bagi Anda yang ingin memodifikasi mobil dengan dana yang pas-pasan, hal tersebut sangat mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi jika Anda mengikuti beberapa langkah untuk modifikasi mobil yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Tentukan Tema yang Akan Dipilih 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memodifikasi sebuah mobil ialah dengan menentukan tema terlebih dahulu. Saat ini ada banyak sekali tema dari modifikasi mobil yang bisa Anda pilih. Nah, beberapa tema tersebut salah satunya adalah offroad, retro, balap JDM (Japanese Domestic Market) dan masih banyak yang lainnya.

Dengan menentukan temanya terlebih dahulu, Anda bisa memperkirakan berapa kisaran harga yang akan dihabiskan nantinya. Tentu saja, dalam memodifikasi sebuah mobil, ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Bahkan, beberapa tahap tersebut terkadang menelan biaya yang tidak sedikit.

Tak hanya itu saja, bahkan dengan menentukan temanya terlebih dahulu Anda juga bisa mencari cara untuk menekan pengeluaran agar bisa mengeluarkan dana sehemat mungkin. Jadi, jangan sampai Anda lupakan tahap pertama kali yang satu ini.

2. Memodifikasi Body Mobil

Tips Modifikasi Mobil dengan Budget yang Minim

Setelah menentukan tema untuk modifikasi, lalu tahap apa yang bisa Anda lakukan berikutnya? Tahap kedua dalam modifikasi mobil ialah dengan memodifikasi body mobil itu sendiri.

Biasanya, body mobil yang standar membuat para pemiliknya merasa bosan. Oleh karena itu, modifikasi menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membuat tampilan mobil tersebut terlihat lebih berbeda.

Nah, apabila Anda ingin mengubah tampilan dari body mobil itu sendiri, cara yang paling tepat ialah dengan menambahkan beberapa aksesoris pada bagian depan dan belakangnya.

Lalu, apa pilihan yang tepat untuk modifikasi bagian body mobil? Agar tampilan terlihat lebih keren, Anda bisa menambahkan aero kit pada bagian bodynya. Aero kit tersebut bisa Anda tambahkan pada bagian depan sampai ducktail yang ada di bagian belakang mobil.

Biasanya, memodifikasi mobil dengan menambahkan aero kit satu set ini jadi favorit sebagian besar para penggemar otomotif. Ini karena, pemasangan bagian aero kit yang satu ini sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Tak hanya itu saja, model dari aero kit itu sendiri juga akan membuat tampilan mobil terlihat lebih sporty dan keren, lho.

Selain itu, mempercantik dan modifikasi body mobil bisa Anda lakukan dengan menggunakan stickel oracal pada seluruh bagian body mobil. Biasanya, harga yang ditawarkan memang cukup mahal.

Mulai dari 500 ribu hingga 3 juta rupiah, semuanya tergantung dari seberapa banyak Anda mendesain atau memodifikasi bagian body mobil menggunakan sticker ini. Jika Anda penasaran bagaimana contoh mobil yang sudah dimodifikasi menggunakan sticker oracal, Anda bisa membaca artikel mengenai cara modifikasi mobil menggunakan sticker oracal.

3. Memodifikasi Bagian Velg Mobil

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan memodifikasi bagian velg mobil. Bagian velg mobil menjadi bagian yang paling dilirik oleh para modifikator. Oleh karena itu, velg mobil juga menjadi bagian yang penting dalam sebuah tahap modifikasi.

Biasanya, para pabrikan mobil akan mengeluarkan velg kaleng maupun racing dengan ukuran standar yakni 13 sampai 15 inchi. Model yang ada pun sangat beragam, tak heran jika para modifikator banyak yang mengincar velgnya terlebih dahulu.

Mengganti velg mobil menjadi bagian yang selalu dilakukan terutama bagi Anda yang ingin memodifikasi mobil secara standar. Biasanya, model velg mobil yang standar akan diganti dengan menggunakan velg mobil racing agar membuat tampilannya terlihat lebih keren.

Nah, bagi Anda yang ingin mengganti velg mobil, pastikan bahwa Anda mengganti ukuran dari pelk tersebut dengan naik satu step. Artinya, jika pelk mobil standar Anda memiliki ukuran 14 inci, maka Anda bisa menaikkannya menjadi 15 inch.

Untuk harga dari velg mobil tersebut biasanya tergantung pada merk serta mobilnya sendiri. Namun, harga umum dari velg mobil tersebut kisaran 8 juta rupiah hingga 16 juta rupiah.

Namun, jika budget Anda belum cukup untuk mengganti velg baru, Anda bisa memasang dop velg racing mobil yang tergolong murah. Cukup 500 ribu hingga 1 juta rupiah, tampilan mobil Anda akan terlihat keren sama seperti terlihat ganti velg mobil aslinya.

Walaupun menggunakan dop velg kaleng akan mudah copot dijalan, Anda bisa membaca artikel mengenai cara dan tips dop kaleng mobil agar kuat dijalan dan tidak mudah lepas.

4. Memodifikasi Bagian Audio Mobil

Langkah keempat yang tidak boleh Anda tinggalkan ialah dengan memodifikasi bagian audio mobil itu sendiri. Audio mobil yang satu ini merupakan bagian interior mobil.

Tentu saja, audio mobil standar memiliki kualitas yang kurang mumpuni dan biasa saja. Bagi Anda para pecinta modifikasi, bagian yang satu ini menjadi bagian yang sangat penting untuk dijamah.

Nah, dengan memodifikasi bagian audionya tersebut akan membuat bagian audionya menjadi lebih keren dengan kualitas suara yang mumpuni. Bagi Anda yang ingin mengubah audio untuk kontes, ada banyak jenis audio yang bisa dipilih. Namun, bagi Anda yang ingin menggunakannya untuk hari, tidak sedikit pula model audio yang bisa Anda dapatkan.

Lalu, berapa kisaran harga untuk satu set audio dengan kualitas bagus dan tampilan yang menarik? Biasanya, harga untuk satu set audio tersebut berkisar antara 4 juta rupiah hingga 8 juta rupiah. Hal tersebut tergantung pada merk serta konsep audio yang ingin Anda pilih.

Namun, lain halnya dengan model audio untuk mobil kontes. Harga dari model untuk mobil kontes ini sendiri bisa mencapai kisaran belasan sampai puluhan juta rupiah. Sebuah harga yang cukup fantastis untuk sebuah tampilan mobil yang ingin terlihat lebih keren dan juga berbeda.

Untuk memodifikasi sebuah mobil tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini karena harga dari beberapa bagian modifikasi tersebut memiliki harga yang tidak murah. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bisa memilih model yang kiranya cocok untuk mobil Anda.

Namun, bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan, jangan lupa untuk memilih produk yang memiliki harga lebih murah. Pilihlah model dan merk yang memiliki harga lebih terjangkau. Dengan begitu, Anda bisa memodifikasi mobil dengan harga yang lebih terjangkau.

Penutup

Nah, dengan membaca pembahasan di atas megenai tips modifikasi mobil, tentu Anda bisa memperkirakan berapa kisaran harga yang akan dihabiskan untuk memodifikasi sebuah mobil.

Bagi Anda yang ingin memodifikasi mobil untuk sebuah kontes dan memiliki dana yang lebih, tentu saja Anda bisa membuat modifikasi mobil dengan tampilan yang lebih keren.

Lakukanlah proses modifikasi secara bertahap. Jika Anda melakukannya secara langsung, tentu dana yang harus Anda habiskan jauh lebih banyak. Nah, dengan melakukan modifikasi secara bertahap hal ini dapat meminimalisir jumlah pengeluaran yang membengkak karena proses modifikasi.

Pilihlah bagian yang menurut Anda lebih penting. Biasanya, orang akan memilih bagian body ataupun velg nya terlebih dahulu. Untuk bagian interior yakni audio, mungkin Anda bisa memodifikasinya setelah semua bagian sudah di modifikasi. Dengan begitu, pengeluaran bisa Anda tekan seminimal mungkin.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda sudah memutuskan untuk memodifikasi mobil dengan budget yang minim? Pastikan bahwa Anda mengikuti beberapa langkah yang sudah disebutkan diatas untuk modifikasi mobil.

Selamat modifikasi mobil teman!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Tips Modifikasi Mobil dengan Budget yang Minim"

  1. yang bisa dilihat menurut sy utk low budget ada di modif velg nya mbak :D hehe

    BalasHapus
  2. saya sementara ini make apa adanya saja belum bisa modifikasi bu

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel