Inilah 5 Kelebihan Memilih Rumput Taman untuk Dekorasi Rumah Anda, Intip Inspirasinya!

Rumput taman merupakan salah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan ketika Anda memutuskan untuk membuat sebuah taman di depan halaman rumah. Rumput taman, selain memiliki warna yang sangat indah dan enak dipandang mata, rumput ini pun memiliki kelebihan tersendiri jika Anda memilih ini untuk dijadikan dekorasi rumah Anda.

Anda tak perlu mengeluarkan budget berlebih untuk sekedar melakukan dekorasi luar ruangan. Cukup siapkan rumput taman, rumah pun akan sangat indah dan cantik jika ditata dengan rapi dan indah.

Anda tak perlu membeli keramik untuk sekedar mempercantik bagian luar rumah. Karena sejatinya, bagian luar rumah akan terasa lebih indah dan segar jika ditanami beberapa tanaman apalagi jika di lantai luar ditumbuhi oleh rumput taman yang indah dan juga segar.

Lalu, apa saja sih kelebihan memilih rumput taman sebagai salah satu cara untuk mempercantik bagian luar rumah Anda? Lalu apakah ada kekurangan ketika Anda memutuskan untuk memilih rumput taman sebagai pemanis dekorasi rumah Anda?

Yuk baca artikel ratutips hingga selesai!

1. Rumput Taman Memiliki Harga yang Jauh Lebih Murah Ketimbang Keramik

rumput taman

Rumput taman, selain memiliki estetika yang indah karena berwarna hijau yang membuat mata semakin segar dan tenang. Juga memiliki harga yang relatif lebih murah ketimbang membeli keramik sebagai dekorasi luar rumah Anda.

Anda bisa membandingkan harganya sendiri. Untuk keramik sendiri, biasanya jika Anda memilih keramik batu alam sebagai pilihan untuk mempercantik teras rumah. Harganya kisaran 100 ribu per meter.

Belum termasuk jasa tukang bangunan ditambah material lain yang mendukung, seperti pasir, semen dan lain sebagainya.

Sedangkan jika Anda memilih rumput taman sebagai salah satu cara untuk mempercantik teras Anda. Anda bisa menemukan harga rumput taman jepang yang memiliki daun yang lembut dan juga kecil dengan harga hanya 35 ribuan per meter.

Anda pun tak perlu menambah tek tek bengek seperti pasir dan juga semen untuk menanamnya. Anda hanya perlu membayar jasa tukang taman untuk memperindah luar ruangan Anda.

2. Rumput Taman Terbukti Mengurangi Stress Si Empunya Rumah

rumput taman

Studi kasus menunjukan, dengan adanya kolam ikan dan juga pepohonan hijau maupun rumput-rumput hijau akan sangat baik untuk kesehatan si empunya rumah.

Warna hijau sangat ampuh membuat si empunya rumah menjadi lebih tenang, hilang kecemasan akibat kelelahan bekerja. Bahkan, warna hijau dari rumput taman ini mampu membuat pemilik rumah seperti sedang berekreasi keluar rumah dan tentunya mengurangi rasa penat dan jenuh akibat kelelahan bekerja.

3. Rumput Taman Memberikan Udara Segar Karena Menghasilkan Banyak Oksigen

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa rumput maupun pepohonan yang berwarna hijau merupakan salah satu sumber dan penyedia oksigen yang utama.

Coba bayangkan oleh Anda ketika dalam rumah maupun teras halaman Anda sama sekali tidak ditumbuhi rumput taman, pastinya rumah akan terasa gersang dan juga kering.

Udara diluar rumah pun akan berasa tidak segar dan ketika Anda ingin menikmati udara segar di halaman rumah pun tidak akan terasa segar jika Anda tidak menanam rumput maupun pepohonan di sekitar rumah.

Jadi, walaupun rumput sejatinya sering disepelekan oleh sebagian besar orang karena sulit merawatnya. Namun, banyak sekali kelebihan yang ia punya.

4. Rumput Taman Sangat Mudah Dijadikan Taman Bermain Anak Anak

Biasanya, rumput taman di bagian luar rumah akan dijadikan tempat bermain anak-anak, mulai dari dibuatnya acara camping di luar rumah oleh anak maupun tempat bermain bola walau dengan lahan yang tidak terlalu luas.

Memiliki rumput taman pun terbukti membuat anak akan semakin antusias dalam bermain, karena merasa seperti di area bermainnya. Ia bisa dengan mudah mengeksplore bagian taman rumput dengan bermain bola atau sekedar main main diatas rumput.

Ini akan membuat anak serasa main di luar rumah dan tentunya sangat menyenangkan.

5. Sangat Mudah Membersihkan Rumput Taman

Tidak seperti pemasangan keramik rumah yang membutuhkan waktu, tenaga dan uang untuk membangunnya.

Berbeda halnya ketika Anda hanya memasang atau menanam rumput taman sebagai dekorasi rumah Anda. Selain harganya yang tergolong murah. Rumput taman pun sangat mudah sekali dalam merawatnya.

Anda tinggal menyediakan pemotong rumput. Dan potonglah rumput satu minggu hingga 1 bulan sekali ketika rumput sudah mulai tinggi-tinggi.

Berbeda halnya dengan keramik yang harus Anda pel setiap hari, menggunakan rumput taman sangat mudah dan jika ingin segar, cukup siram air di bagian teras rumah agar terkesan segar dan tidak gersang.

Walaupun demikian, ada beberapa kekurangan ketika Anda memutuskan untuk menjadikan rumput taman sebagai pelengkap dekorasi teras rumah Anda, yakni sebagai berikut:

1. Rumput Taman Seringkali Jadi Sarang Ee Kucing yang Tak Bertanggung Jawab

Beberapa kali saya mendapati teras rumah yang ditanami rumput dijadikan tempat ee kucing tetangga. Yasudahlah itu merupakan bonus tambahan yang tidak diduga.

Tidak hanya rumput taman saja yang dijadikan sarang eek kucing, namun ternyata teras keramik luar pun jika Anda tidak sering mengecek, bisa dijadikan tempat kucing mengeluarkan kotorannya.

Tentunya hal ini membuat Anda tidak nyaman dengan baunya. Anda cukup sering membersihkan rumput taman dan siram dengan air selang agar rumput selalu bersih dan juga segar.

2. Sering Dijadikan Tempat Bersembunyi Binatang, Termasuk Ular

Karena warnanya yang hijau dan juga lebat. Terkadang pemilik rumah lupa untuk membersihkan rumput ilalang yang biasanya ikut tumbuh di pepohonan rumah Anda.

Biasanya, jika Anda tidak telaten mengurus rumput taman yang sudah tinggi, akan dijadikan sarang hewan untuk bersembunyi.

Sebut saja ular kecil maupun hewan hewan lain yang tidak Anda inginkan akan ada di dalam rumput taman Anda.

Saya sendiri sempat melihat ada rumah yang jarang dirawat rumputnya, sehingga dijadikan sarang ular untuk bertelur dan meresahkan warga dan pemilik rumah.

Kesimpulan

Dari sekian banyak kelebihan memilih rumput taman sebagai pelengkap dekorasi rumah Anda. Ada baiknya Anda berkomitmen dulu pada diri sendiri, apakah Anda mampu merawat rumput taman tersebut?

Jika memang sanggup, rumput taman selain memberikan kesan garden pada rumah Anda juga memberikan efek tenang pada si pemilik rumah.

Namun, jika Anda jarang merawatnya, akan membuat rumah Anda dijadikan sarang hewan yang menakutkan bahkan hal yang tidak terduga sama sekali.

Jadi, mulailah berpikir untuk menjadikan rumput taman sebagai pelengkap dekorasi rumah Anda agar rumah minimalis Anda semakin indah dan juga segar!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "Inilah 5 Kelebihan Memilih Rumput Taman untuk Dekorasi Rumah Anda, Intip Inspirasinya!"

  1. Halaman depan rumah malah mau saya ganti pakai keramik, soalnya rumputnya kering, udah gitu jadi tempat ee kucing, belum lagi ada hewan-hewan lainnya, kayak jadi sarang tikus.

    Menanam rumput taman berarti harus siap dengan segala risikonya yah Mba, dan harus rajin merawatnya. Jangan sampe rumput tetangga lebih hijau, hahahahaha

    BalasHapus
  2. Saya juga lebih suka rumput taman karna alami dan enak di pandang hehe

    BalasHapus
  3. rumput taman ramah lingkungan, selain meredam panas juga tempat penyerapan air hujan. Membantu masuknya air hujan ke dalam tanah berarti menambah cadangan air tanah kita

    BalasHapus
  4. dulu pas pindah k rumah skr, udh niat aku ama suami mau bikin taman kecil. tp ternyata ga bisa, krn bawahnya itu ga memungkinkan.. aku lupa penjelasan tukangnya.. intinya ga bisa ditanamin rumput ato tumbuhan apapun.

    jdnya terpaksa kita ksih batu yg disusun berdiri jd utk refleksi juga hahahah..

    rumahku g
    ada tamannya sih mba. susah jadinya mau bikin taman :). lahannya g ada.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel