7 Dekorasi Rumah Paling Mudah yang Bisa Anda Tiru dengan Budget Minimalis

Dekorasi rumah saat ini bisa menjadi suatu keharusan ketika Anda memiliki rumah minimalis. Baik rumah tersebut sederhana maupun mewah, Anda sebagai empunya rumah tentunya harus bisa mendekorasi rumah agar memiliki hunian yang nyaman dan juga aman.

Banyak yang berpikir bahwa dalam melakukan dekorasi rumah secara lengkap tentunya membutuhkan biaya yang tidak murah. Pernyataan ini bisa dibilang benar, bisa juga dibilang tidak.

Karena mahal tidaknya hanya Anda yang bisa menentukan. Banyak sekali ide dekorasi rumah yang tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal, namun rumah Anda akan tertata dengan rapi sesuai dengan keinginan Anda dan juga keluarga.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara mendekorasi rumah dengan baik dan benar, dan hal ini sudah saya terapkan sendiri dan alhamdulilah berhasil. Semoga bisa Anda tiru dan bisa menjadi ilmu bagi Anda yang ingin mempercantik rumah.

Dekorasi Rumah Minimalis yang Bikin Nyaman Berlama-Lama di Rumah

Sebelum saya membahas ide bagaimana membuat dekorasi rumah semakin nyaman dan apik, Anda harus membagi beberapa dekorasi rumah sesuai dengan kebutuhan rumah.

Saya akan memberikan contoh bagaimana saya mendekor rumah sendiri dengan 7 dekorasi rumah yang berbeda-beda. Yaa walaupun belum semuanya selesai, namun setidaknya bisa memberikan gambaran pada Anda bagaimana saya mengerjakan semuanya.

1. Lihat Luas Ruangan Rumah Anda

dekorasi rumah

Sebelum memutuskan membuat dekorasi rumah sesuai dengan impian Anda, ada baiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu luasan rumah Anda. Tepatnya adalah luasan type rumah Anda.

Contoh sederhananya adalah saya memiliki rumah dengan luas tanah 72 meter dan luas bangunan sebesar 45 meter. Sebelum Anda membeli semua peralatan dekorasi, ada baiknya Anda buat kerangka alias gambaran rumah Anda. Dan bagi part ruangan sesuai dengan fungsi yang ingin Anda tonjolkan di setiap ruangan.

Contohnya saja pada ruang tamu saya yang memiliki luasan dengan panjang 3 meter dan lebar kedalam sebesar 8 meter. Saya membagi ruangan ini menjadi beberapa bagian, yakni yang pertama adalah area mainan yang hanya menghabiskan lebar 2 meter, area dapur sebesar 3 meter, dan area ruang tamu sebesar 3 meter.

Sehingga semakin detail ruangan sudah Anda bagi kedalam partnya masing-masing, Anda tidak kebingungan ketika membeli barang-barang, karena Anda sudah tahu secara detail berapa panjang sofa yang harus Anda beli, berapa meter karpet minimalis yang harus Anda beli dan lain sebagainya.

2. Perhatikan Detail Warna Rumah, Jangan Kebanyakan Warna

dekorasi rumah

Perhatikan apa yang sudah saya tulis di point nomor satu. Bahwa, ketika Anda menginginkan dekorasi rumah yang baik dan tidak terkesan acakadut. Anda wajib merencanakan warna apa yang akan mendominasi rumah Anda.

Warna dekorasi terbaik untuk saat ini agar memberikan kesan rumah minimalis adalah warna-warna pastel yang terkesan lembut dan soft, seperti biru muda, pink muda, hijau mint, bahkan warna putih, coklat dan hitam.

Sebaiknya, Anda harus benar-benar perhatikan ketika membeli barang dari awal Anda akan membangun rumah yang senada, agar tidak terkesan warna warni dalam pemilihannya.

Maksimal, warna yang bisa Anda pilih cukup 3 warna. Jika terlalu berlebihan, kesan rumah minimalisnya akan semakin berkurang.

Anda bisa cek sendiri di beberapa social media yang memberikan beberapa contoh dekorasi rumah minimalis.

3. Harus Tahu Diri Dengan Luasan Rumah Anda, Belilah Barang Sesuai Space Rumah agar Terkesan Luas dan Minimalis

Ketika Anda memutuskan untuk mendekorasi rumah minimalis dengan dekorasi rumah tipe 36 misalnya. Tolong buang jauh-jauh di pikiran Anda untuk memiliki sofa mewah yang bisa menghabiskan ruang tamu Anda.

Pemilihan sofa ataupun barang yang tidak sesuai dengan kondisi luasan rumah Anda akan memperburuk desain rumah Anda. Karena nantinya bukan hanya akan menimbulkan rumah yang pengap, akan tetapi rumah akan terlihat kecil dan juga berantakan.

Anda harus tahu diri dengan luasan rumah Anda. Ketika Anda memiliki rumah tipe 36, sebaiknya pilihlah barang-barang yang memiliki ukuran yang minimalis, sehingga rumah Anda akan terlihat besar dan tidak terlihat kecil.

Intinya adalah, barang mewah tidak akan terlihat indah jika penataan dan ukurannya pun salah dan tidak sesuai dengan luasan rumah Anda.

Berbeda halnya ketika Anda memiliki rumah yang super duper besar. Tentunya menjadi hal yang wajib bagi Anda memilih sofa berukuran besar yang memiliki harga hingga belasan juta rupiah. Karena hal itu tidak akan banyak berpengaruh pada dekorasi rumah Anda.

4. Pilih Konsep Rumah yang Sesuai Dengan Keinginan Anda dan Gue Banget

Sebelum memutuskan untuk mendekorasi rumah, ada baiknya Anda membuat kesepakatan dengan pasangan konsep apakah yang akan Anda usung dalam mendekorasi rumah.

Apakah ingin memberikan kesan rumah minimalis, ataukah ingin berkonsep home garden dan lain sebagainya.

Anda bisa melihat ide dan konsep rumah di pinterest. Biasanya, disini sangat banyak bermunculan ide dekorasi rumah yang bisa Anda tiru untuk Anda praktekan dirumah.

Di pinterest, tidak hanya tersedia konsep rumah minimalis saja, namun banyak konsep-konsep lain yang bisa membuat rumah Anda berbeda dengan rumah-rumah lain alias anti mainstream.

Oleh karena itu, untuk mencegah campur aduknya konsep rumah, ada baiknya Anda rencanakan terlebih dahulu sebelum membeli beberapa barang yang bisa membantu Anda dalam mendekorasi rumah sesuai dengan yang Anda inginkan.

5. Siapkan Budget Lebih untuk Dapur Agar Terlihat Mewah

dekorasi rumah

Sepertinya, bagian dapur merupakan salah satu bagian yang sering dianggap remeh dan tidak dihiraukan. Pasalnya, jika Anda membiarkan dapur dan tidak menjadikan dapur sebagai prioritas utama dalam mendekor rumah, rumah akan terlihat biasa saja dan no sense.

Banyak yang mendekorasi rumah dengan ina itu, tapi ketika dilihat pada bagian dapurnya. Bikin banyak orang melongo ketika melihatnya karena enggak banget.

Hal tersebut semacam nila setitik, rusak susu sebelanga. Ketika orang lain berkata "Waaa,, rumah kamu mewah bebzzz". Lalu ketika masuk ke area dapur, mereka langsung ilfeel dibuatnya.

Saya tekankan disini, bahwa mendekorasi bagian dapur merupakan hal tersulit dan termahal yang pernah saya coba karena sesuai dengan pengalaman saya.

Ada baiknya Anda mendesain dan mendekor bagian dapur menggunakan kitchen set yang sudah banyak orang gunakan. Atau setidaknya, buat dapur bersih dengan barang-barang yang sedikit, tapi sangat bermanfaat.

Banyak yang saya temui di luar sana yang memberikan area dapur menjadi area paling besar namun paling kotor dan enggak banget.

Padahal, dapur bisa dibuat seminimalis mungkin, asalkan Anda prioritaskan saja pada barang yang Anda pasti akan gunakan.

Misalnya saja Anda sudah memiliki gelas sebanyak 10 buah. Menurut saya gelas dengan jumlah 10 sudah sangat cukup apalagi jika dirumah Anda hanya 2 orang yang makan dan minum dirumah.

Daripada Anda berinvestasi gelas dan piring yang membuat dapur Anda penuh, alangkah lebih baik Anda bersabar untuk beberapa waktu. Untuk bisa mendapatkan dan memasang kitchen set yang bisa membuat rumah Anda semakin rapi dan juga menarik.

6. Buang Barang yang Sudah Tidak Terpakai, Rumah Mau Dijadikan Surga atau Neraka? :)

Beberapa kali saya intip beberapa rumah untuk saya jadikan pembelajaran dan tahu mana saja yang membuat sebuah rumah terlihat menyeramkan bahkan terkesan seperti kapal pecah.

Dan mana pula rumah yang terkesan mewah walaupun minimalis dan diisi dengan barang-barang yang bermanfaat didalamnya.

Saya menyimpulkan bahwa banyak kebiasan orang yang sering menimbun barang-barang yang sudah tidak terpakai dan menyimpannya di beberapa tempat sehingga menimbulkan kesan rumah terlihat kumuh dan juga berantakan.

Point ini jangan pernah Anda anggap remeh, karena ketika Anda menyepelekan point ini, Anda tidak akan bisa mendekorasi rumah Anda secara leluasa, karena rumah Anda sudah terlalu banyak dipenuhi barang-barang yang sudah tidak Anda pakai bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Ada baiknya Anda biasakan diri untuk membuang atau memberikan barang yang sudah tidak terpakai kepada orang lain yang membutuhkannya. Karena hal ini akan memberikan banyak ruang yang bisa Anda eksplore dan bisa Anda manfaatkan untuk fungsi lain yang lebih baik lagi.

7. Beli Peralatan Dekorasi yang Anda Butuhkan, Bukan yang Anda Inginkan

Sekali lagi saya ingatkan bahwa sebelum merencanakan untuk membeli barang yang bisa menunjang dekorasi rumah Anda, ada baiknya pikir secara matang apa saja manfaat barang tersebut dan apakah fungsinya benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Contoh kecilnya misalkan Anda ingin membeli lampu lantai dengan harga setengah juta. Namun, Anda pun perlu budget untuk membeli rak sepatu agar terlihat rapi dan minimalis.

Daripada Anda membuang uang setengah juta untuk lampu lantai yang bisa dibilang memiliki fungsi sekunder maupun tersier. Ada baiknya uang tersebut Anda gunakan untuk membeli rak sepatu yang bisa membuat rumah Anda semakin rapi dan juga lebih berfungsi, yakni untuk menyimpan sepatu.

Seperti itulah salah satu contoh bagaimana Anda harus memilih dan memilah barang yang bisa membuat dekorasi rumah Anda semakin baik dengan budget minimalis.

Selain itu juga, Anda pun harus pintar mencari toko bangunan maupun toko interior yang memiliki harga yang sangat murah. Memang ada? Jelas sangat banyak toko yang menjual interior rumah dengan harga murah namun memiliki kualitas yang baik.

Saya pun banyak mendapati harga-harga yang murah, asal jangan sampai malas mencarinya.

Sekian artikel ratutips mengenai 7 dekorasi rumah yang bisa Anda tiru dengan budget minimalis. Anda bisa melihat lagi gambar-gambar dekorasi yang banyak tersebar di jagat maya dan bisa menjadi acuan bagi Anda untuk mendekorasi rumah dengan baik dengan budget yang minim.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat bagi Anda sebelum Anda merencanakan untuk mendekorasi rumah agar semakin nyaman dan semakin betah dirumah. Anda pun bisa membaca artikel di ratutips mengenai 10 tips membangun rumah minimalis yang paling mudah dilakukan.

Semoga bermanfaat ya! Rumahku, syurgaku!
Rumahku, syurgaku!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "7 Dekorasi Rumah Paling Mudah yang Bisa Anda Tiru dengan Budget Minimalis"

  1. Masalahnya aku sama paksu hobinya nyimpen barang2 yg kadang udah ga kepake mam, soalnya bbrp kali buang barang2 yg kiranya udah ga kepake, ehh ternyata suatu hari dibutuhin, kan galau bgt, padahal rumahnya sempit bgt

    BalasHapus
  2. Wah cakep sih ini, semoga bisa kebeli dekorasinya hahaha tapi sebelum itu harus punya rumah dulu

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel