Nafsu Makan Bayi Anda Menurun? Mungkin Ini 3 Penyebab yang Sering Terabaikan

Nafsu Makan Bayi Anda Menurun? Mungkin Ini 3 Penyebab yang Sering Terabaikan

Nafsu makan pada bayi Anda menurun? Tentunya hal ini sangat sering dialami oleh Bunda yang baru memiliki anak maupun bunda yang sudah berpengalaman dan memiliki anak lebih dari satu. Biasanya, nafsu makan bayi memang sering berbeda-beda frekuensinya seiring dengan tumbuh kembang anak.

Ada yang semakin besar sulit makan, ada juga yang semakin besar ia malah semakin mudah untuk mencerna makanan sehingga nafsu makan semakin baik dan berat badannya pun ideal.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang sering terabaikan oleh orangtua yang akhirnya membuat nafsu makan pada bayi menurun. Salah satunya adalah tekstur pada makanan bayi itu sendiri.

Lalu, apa saja hal yang sering terabaikan oleh Anda sehingga nafsu makan bayi Anda menurun drastis dan apa saja yang harus diubah untuk pola makan sang anak?

1. Tekstur Makanan Menunjang pada Nafsu Makan Anak

Banyak orangtua yang tidak menyadari bahwa tekstur pada makanan bayi pun berpengaruh besar pada nafsu makan sang anak.

Seperti bayi yang menginjak 1 tahun dan akan dikenalkan pada makanan keluarga seperti nasi dan berbagai macam sayuran lainnya. Biasanya bayi awal mula perkenalan makanan akan sedikit kaget karena menemukan tekstur makanan yang lebih padat dan lebih besar, sehingga ia pun akan beradaptasi terlebih dahulu.

Banyak bayi diatas 1 tahun pun yang belum bisa makan nasi dan nasinya harus dicincang bahkan diblender, karena kemampuan bayi tentunya berbeda dalam mencerna makanan.

Jika bayi Anda ternyata belum sanggup memakan makanan dengan tekstur yang kasar, lebih baik berikan tekstur yang lebih halus.

Biasanya ia tidak nafsu makan bukan karena tidak suka makanannya. Akan tetapi tidak suka teksturnya yang terlalu padat dan sulit untuk dicerna.

2. Lebih Mengenal Makanan yang Disukai Anak dan Membuat Banyak Variasi Makanan

Cobalah bereksperimen dengan berbagai macam makanan yang mudah untuk dicerna dan juga enak. Kenalilah bayi Anda dan ingatlah apa saja makanan yang ia suka, buah-buahan yang ia suka, bahkan sayuran yang ia suka.

Biasanya, bayi diatas 1 tahun sudah mengenal rasa. Sehingga jika ia menyukai rasa dari makanan tersebut, ia akan sangat lahap memakannya.

Namun jika ia kurang suka dengan rasanya ataupun isi dari sayuran yang Anda sajikan, bisa jadi ia kurang suka dengan sayuran yang Anda hidangkan.

Dengan mengenali makanan apa saja yang ia sukai dan tidak. Akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memberikan makanan yang ia sukai, sehingga nafsu makan bayi akan naik dan berat badannya pun ideal dan perkembangannya pun tetap berjalan dengan baik.

3. Berikan Suplemen Bayi yang Ampuh Menambah Nafsu Makan pada Bayi

Terakhir, jika Anda sudah bereksperimen mengenai rasa, tekstur, dan apa yang ia suka dan yang tidak. Saatnya Anda bertindak lebih lanjut dengan memberikan suplemen bayi yang ampuh untuk menambah nafsu makan.

Namun, jika setelah pemberian suplemen tersebut bayi jadi nafsu makan. Hentikan suplemen tersebut untuk mencegah ketagihan.

Ada beberapa suplemen yang direkomendasikan dokter untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral anak. Akan tetapi yang cukup ampuh untuk membuat nafsu makan bayi melonjak naik adalah dengan memberikan Xanda Syrup.

Saya awalnya sempat pusing karena nafsu makan baby C menurun secara drastis semenjak ganti menu dari makanan yang diblender menjadi makan nasi.

Namun atas saran dokter spesialis anak yang menangani Cassie, akhirnya ia diberikan resep Xanda Syrup dan sangat terlihat hasilnya.

Ia semakin lahap memakan nasi. Bahkan, jika makanan tersebut diblender, ia bisa makan hingga 1 mangkuk penuh lho.

Sebenarnya ada merk lain yang bagus juga dan direkomendasikan dokter, seperti Apialys Drop yang bisa diminum sebanyak 8 tetes setiap harinya. Namun kembali lagi pada cocok tidaknya bayi Anda. Sehingga seluruh suplemen bayi harus sesuai dengan anjuran dokter.

Kesimpulan

Setelah mengetahui 3 penyebab utama pada nafsu makan bayi yang sering terabaikan, semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang baru memiliki bayi karena kurangnya pengalaman dan pengetahuan. 

Setidaknya, buatlah beberapa eksperimen dan kenali kesukaan bayi Anda sehingga ia akan selalu memiliki nafsu makan yang baik dan memiliki berat badan yang ideal.

Karena jika Anda biarkan begitu saja, akan menghambat perkembangan bayi karena kurangnya asupan gizi yang harus bayi dapatkan.

Selain itu, jika Anda masih bingung mengenai menu makanan. Berikut ada artikel mengenai menu mpasi bayi 6 bulan yang bergizi sehingga Bunda tak perlu bingung untuk membuatnya.

Dan bagi Anda yang masih bingung apakah susu uht baik untuk bayi atau tidak, Anda bisa membaca artikelnya disini. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "Nafsu Makan Bayi Anda Menurun? Mungkin Ini 3 Penyebab yang Sering Terabaikan"

  1. Yups pernah ngalami aku dengan hal ini seperti yang telah dijelaskan pada nomor satu mungkin sang anak yang baru berusia satu tahun perlu beradaptasi terhadap makanannya.

    Meski terkadang sedikit rewel, mungkin bagi orang tua baru atau pasangan muda. Menganggapnya anaknya cacingan. Padahal sang bayi kaget akan konsumsi makanan yang sedikit ada perubahan karena umur satu tahun memang perlu perubahan pola makan serta pengawasan orang tua secara Extra.

    BalasHapus
  2. Noted nih kl ponakanku susah makan, bisa menerapkan 3 tips di atas

    BalasHapus
  3. Mengenal makanan yang disukai anak ini sangat penting
    Wah kok saya baru tahu merk suplemen tersebut ya

    BalasHapus
  4. Wah pas bgt ma anakku yg pertama mb vik, kadang suka ogah2an maemnya, klo sudah mentok aku kasih vitamin atau pedia sure, abis itu nafsu makannya bagus lg

    BalasHapus
  5. mba vik kemarin arfan sempet susah makan juga ampe pusing aku mau nya nyusu doang. ampun deh..
    udah dikasi beberapa suplemen gak ngefek juga.

    poin nomer 2 sih penting banget. harus tau makanan kesukaannya. makanan juga kudu variasi tiap hari biar gak bosen.

    setelah tau kesukaannya alhamdulillah anaknya mau makan lagi. fiuhh..

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel