Software HR & Payroll: Solusi Cerdas Anti Telat Gajian


Pernahkah perusahaan Anda mengalami telat kirim gaji? Hal ini pasti menjadi momok bagi semua karyawan di perusahaan. Tak ada satupun karyawan yang ingin gajinya telat masuk ke rekening pribadi. 

Selain bisa merusak mood karyawan dalam bekerja, telat gajian juga membuat citra perusahaan di mata karyawan menjadi buruk. Umumnya gaji terlambat masuk ke rekening karyawan dikarenakan proses perhitungan gaji dengan cara manual. Nah, Software Payroll adalah solusinya! 


Mengenal HR & Software Payroll

Secara singkat, software HR & payroll adalah sebuah perangkat lunak yang mengolah dan menghitung komponen gaji secara otomatis selain itu proses pengelolaan data karyawan, jadwal kerja karyawan sampai proses rekrutmen menjadi lebih mudah. 

Sudah bukan rahasia umum bagi Human Resource Departement (HRD) bahwa setiap karyawan memiliki komponen gaji yang berbeda-beda. Contoh komponen gaji adalah gaji pokok, kehadiran, lembur, pajak, cuti, iuran BPJS, dan lainnya. 

Semua komponen akan diproses menjadi gaji bersih yang siap di transfer ke rekening pribadi karyawan. Dengan software payroll, HRD tidak perlu menghitung satu-satu gaji tiap karyawan karena sistem otomatis menghitung gaji semua karyawan serentak. 


Bagaimana Software ini Bekerja

Sisi unik dari software payroll adalah mampu menyesuaikan dengan regulasi perusahaan tentang penggajian bulanan. Ada perusahaan yang memulai menghitung lembur terlebih dahulu, ada pula perusahaan yang menghitung reimbursement terlebih dahulu karena pembayaran reimbursement dipisah dari gaji utama. 

Terlepas bagaimana regulasi penggajian dalam perusahaan, di bawah ini adalah cara software payroll bekerja: 


1. Hitung Reimbursement

Tahapan pertama ini tak selalu digunakan bagi setiap perusahaan. Namun, karena biasanya reimbursement dibayarkan bersamaan dengan gaji, maka hitung reimbursement adalah tahapan yang pertama. Semua biaya yang sementara dikeluarkan karyawan dan tergolong reimbursement akan dihitung berapa totalnya. 

Baca Juga: Apa Bedanya Kwitansi dan Invoice? 


2. Hitung Jam Kehadiran

Kehadiran berpengaruh terhadap gaji yang diterima karyawan. Karyawan yang datang dan bekerja sesuai jam yang ditetapkan akan memperoleh gaji yang sesuai. Sebaliknya, jika karyawan sering terlambat, akan ada sanksi yang diberikan perusahaan. Beberapa perusahaan pun memberikan tunjangan kehadiran tergantung posisi dan jabatan karyawan. Inilah pentingnya mencatatkan jam kehadiran karyawan. Data kehadiran akan terintegrasi dengan sistem software payroll.


3. Proses Payroll

Inilah dia proses terakhir yang menjadi kunci mengapa tidak pernah ada kata “telat” dalam penggajian karyawan. Komponen gaji akan dipilih terlebih dahulu melalui payroll data source. Pemilihan tersebut berlangsung singkat karena data komponen gaji terintegrasi dengan sistem payroll. Tinggal pilih payroll process, maka gaji akan diproses dan selesai! Gaji bersih masing-masing karyawan pun siap ditransfer. 


Tak Ada Lagi Telat Gajian Bersama Software HR & Payroll LinovHR

Berdasarkan penjelasan diatas, Anda pasti berpikir  bahwa penggajian menggunakan software hr payroll lebih efektif dan efisien. Penggajian menggunakan sistem manual menyita banyak waktu karena HRD harus memilih dan memasukkan komponen gaji secara manual. Itulah salah satu yang menyebabkan karyawan sering telat gajian. 

Padahal, perusahaan yang telat membayarkan gaji dapat didenda oleh pemerintah, loh! Masih berpikir untuk bertahan menggunakan penggajian manual? Yuk, beralih ke software payroll dari LinovHR! Dapatkan uji coba gratis dari kami sekarang juga! 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk " Software HR & Payroll: Solusi Cerdas Anti Telat Gajian"

Posting Komentar

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel