Peluang Kerja Baru Sebagai Relationship Officer


Sebagian besar keluhan fresh graduate adalah susahnya mencari lowongan kerja yang sesuai dengan bidang ilmunya. Padahal zaman sekarang, sejauh lowongan kerja itu dapat dipenuhi kualifikasinya, sebaiknya segera mengirim lamaran. 


Tidak semua jenis lowongan kerja menjadikan latar belakang keilmuan sebagai syarat utama pelamar melainkan mensyaratkan keterampilan tertentu. Salah satu lowongan pekerjaan yang dapat dipenuhi oleh berbagai bidang keilmuan adalah bekerja sebagai relationship officer. 


Apa Itu Relationship Officer?

Relationship officer di sebuah perusahaan keuangan atau perbankan dapat dikatakan merupakan garda depan pelayanan. Sesuai dengan arti namanya, bersama dengan bagian marketing, relationship officer menjalin hubungan yang baik baik dengan nasabah, calon nasabah, dan juga perusahaan perbankan lain. 


Keterampilan public speaking yang baik diperlukan seorang relationship officer karena selain mempunyai tugas utama untuk menjalin hubungan dengan nasabah juga melakukan analisis kondisi nasabah. Tidak hanya itu, analisis risiko bisnis yang sedang dijalani juga menjadi bagian pekerjaannya.


Seorang relationship officer di sebuah bank juga memiliki tugas mengenalkan produk tempatnya bekerja. Hal ini tentu saja diperlukan untuk menyampaikan kepada calon nasabah produk apa yang sesuai dengan kondisi nasabah. 


Dengan pengetahuan akan produk yang baik, seorang relationship officer dapat memberikan saran dan nasihat kepada nasabah untuk memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Sebagai garda depan pelaku usaha di perusahaannya, seorang relationship officer juga diberikan target dalam pekerjaanya. Bersama dengan sales dan bagian marketing target ini harus dipenuhi dalam kurun waktu tertentu.


Peluang Kerja Sebagai Relationship Officer

Salah satu peluang kerja sebagai relationship officer yang dapat dicoba adalah Program Relationship Officer BCA. Peluang ini tidak mensyaratkan satu bidang ilmu khusus bagi calon pelamarnya. Meskipun demikian bukan berarti untuk menjadi seorang Relationship Officer BCA tidak ada seleksi khusus. Seleksi tetap dilakukan dalam beberapa tahap. Seleksi tersebut meliputi seleksi administrasi, pengetahuan akademik, dan wawancara. 


Program Relationship Officer BCA tidak meminta syarat satu bidang keilmuan khusus pada setiap pelamarnya. Asalkan belum berusian lewat dari 24 tahun dan telah lulus sarjana dengan IPK 2.75, semua fresh graduate memiliki kesempatan yang sama untuk melamar. 


Selain keterampilan public speaking seperti yang ditulis di atas, seorang calon pelamar yang akan mengikuti Program Relationship Officer BCA diharapkan setidaknya memiliki kemampuan dasar mengoperasikan Microsoft Office, baik Word maupun Excel. 


Selain itu, seorang calon pelamar juga sebaiknya adalah seorang yang mudah bergaul, ramah, supel, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Soft skill ini penting sekali bagi seorang relationship officer untuk melakukan pendekatan awal atau juga untuk menjaga hubungan baik yang telah terjalin dengan nasabah.


Keterampilan lain yang harus dimiliki seorang Relationship Officer BCA adalah kemampuan untuk melakukan analisis terhadap nasabah, baik analisis potensi maupun analisis bisnisnya. Namun, jangan khawatir, keterampilan ini dapat dipelajari oleh calon pelamar dalam masa orientasi dan pengenalan. Segera daftar, ini saatnya membangun karier di dunia perbankan dengan menjadi seorang relationship officer.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Peluang Kerja Baru Sebagai Relationship Officer"

Posting Komentar

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel