Tips Sukses Menjalankan Bisnis Peralatan Rumah Tangga


Hadirnya internet telah memberikan banyak peluang untuk masyarakat yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis, karena saat ini dapat dikatakan banyak hal yang bisa menguntungkan dengan memanfaatkan peluang yang ada. 

Dari banyaknya peluang yang tersedia saat ini, salah satu peluang yang menjanjikan adalah dengan berjualan peralatan rumah tangga secara online.

Hal ini dikarenakan peralatan rumah tangga menjadi sebuah komoditas sekunder yang selalu dibutuhkan oleh setiap rumah, baik itu di daerah perkotaan maupun pedesaan.

Maka dari itu, bisnis peralatan rumah tanggal ini akan tetap berkembang dan meningkat sesuai dengan kebutuhan yang ada dari generasi ke generasi.

Serta, dengan hadirnya internet juga memberikan dampak besar pada peluang di bisnis ini karena proses dalam membangun dan memasarkan semakin lebih mudah.

Hal tersebut juga membuka pasar baru yang lebih luas dan khususnya pasar yang sulit dijangkau, jaringan internet dapat memudahkan komunikasi tanpa batas.

Ini yang membuat bisnis dengan model seperti ini semakin mudah dilakukan, karena tidak membutuhkan banyak modal untuk menyewa tempat untuk memasarkan produk-mu karena semua katalog produk dapat kamu pasarkan pada toko digital di internet.

Salah satu tempat yang bisa dimanfaatkan sebagai platform e-commerce adalah LaDaRa, karena disana kamu dapat membuka toko secara gratis dan mendapatkan pasar yang lebih luas.

Analisis Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Peralatan Rumah Tangga

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tips membangun dan menjalankan bisnis peralatan rumah tangga, namun sebelum kita berbicara lebih jauh alangkah baiknya kita menganalisa kelebihan dan kekurang bisnis ini terlebih dahulu.

Kelebihan Usaha

Usaha ini tidak membutuhkan modal besar karena bisa dilakukan secara digital, selain itu dengan menggunakan metode ini kamu juga bisa menjadikan usaha ini sebagai usaha sampingan.

Kekurangan Usaha

Karena mudahnya proses membuka bisnis dengan model seperti ini maka kamu juga harus bersiap dengan pasar yang sangat kompetitif.

Tips Memulai Bisnis Peralatan Rumah Tangga 

Nah setelah kamu mengetahui sistem dan potensi penjualan peralatan rumah tangga maka sekarang saatnya kamu menyimak tips berbisnis peralatan rumah tangga di bawah ini.


1. Analisa Pasar

Proses pertama yang penting dilakukan oleh setiap pelaku usaha adalah proses analisis pasar dimana pada proses ini kamu dituntut untuk menganalisis kompetitor-kompetitor yang ada di pasar.

Dalam hal ini kamu perlu untuk melihat kompetitor berdasarkan faktor-faktor seperti harga, kualitas produk hingga pelayanan yang mereka berikan.

Analisis ini akan sangat berguna bagi kamu untuk melihat keunikan dari produk yang kamu jual dan dapat juga sebagai tolak ukur bagi kamu untuk menentukan keunggulan apa yang ingin kamu tawarkan kepada konsumen yang berbeda dari kompetitor.


2. Analisa Konsumen 

Berbeda dengan analisis pasar yang menitikberatkan pada analisa kompetitor, analisa konsumen ini bertujuan untuk mengetahui peluang kamu untuk menjangkau konsumen.

Analisa ini bertujuan untuk melihat kemampuan dari konsumen serta selera mereka, jadi kamu dapat menentukan produk apa yang akan kamu tawarkan kepada konsumen tersebut.

Faktor-faktor yang menjadi poin dalam melakukan analisis ini adalah faktor sosial, ekonomi serta selera hingga tren yang ada di masyarakat.


3. Tentukan Target Pasar

Setelah kamu melakukan analisa pasar dan analisis konsumen maka langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar untuk peralatan rumah tangga jualan-mu.

Proses menentukan target pasar ini bisa menjadi tolak ukur untuk kamu dalam menentukan produk yang akan kamu jual.

Sebagai contoh jika kamu memilih target pasar dari kelas menengah bawah maka produk yang kamu tawarkan tentu saja yang memiliki harga murah dengan kualitas yang biasa saja.

Sebaliknya jika kamu memilih target pasar kelas atas maka kamu perlu untuk menghadirkan peralatan rumah tangga yang berkualitas dengan harga yang tentunya lumayan.


4. Tingkatkan Kualitas Tampilan Produk

Salah satu kelemahan dari metode berjualan secara online adalah konsumen tidak bisa mengecek langsung kualitas dari produk yang kamu tawarkan.

Hal itu tentu saja memiliki efek pada keputusan dan hasrat yang dimiliki konsumen untuk membeli produkmu.

Maka salah satu siasat untuk mengakali hal tersebut adalah dengan menampilkan foto produk terbaik yang akan kamu pajang pada list katalog.

Karena ketika kamu dapat menampilkan kualitas foto yang baik tentu saja dapat memiliki pengaruh pada keputusan dan hasrat konsumen untuk membeli produk-mu.


5. Lakukan Strategi Pemasaran 

Persaingan pada pasar online merupakan persaingan pasar yang ketat apalagi pada kategori produk peralatan rumah tangga. 

Hal ini disebabkan karena kemudahan proses dan murahnya biaya untuk membuka usaha tersebut secara online.

Maka agar produk yang kamu tawarkan dapat bersaing dengan para kompetitor maka kamu perlu melakukan langkah-langkah promosi yang efektif.

Salah satu caranya adalah dengan memasang iklan pada e-commerce yang memiliki fitur untuk beriklan dan salah satu e-commerce tersebut adalah LaDaRa dimana kamu dapat mengiklankan produk-mu agar dapat meningkatkan penjualan.


6. Berikan Pelayanan Aftersales

Proses transaksi tidak berhenti ketika barang dilunasi dan barang sampai di tangan konsumen, lebih dari itu untuk menjaga loyalitas konsumen kamu perlu memberikan pelayanan aftersales.

Bentuk pelayanan aftersales ini dapat berupa garansi, diskon di pembelian selanjutnya atau sekedar menjaga komunikasi yang baik.

Karena loyalitas pelanggan merupakan hal penting dalam sebuah bisnis selain itu dengan hadirnya loyalitas secara langsung maupun tidak tentu saja akan menaikan reputasi dari tokomu.

Demikianlah tips serta analisis kelebihan dan kekurangan bisnis peralatan rumah tangga yang menggunakan metode internet.

Semoga artikel ini dapat membantu serta menginspirasimu untuk membuka bisnis di kategori peralatan rumah tangga.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk " Tips Sukses Menjalankan Bisnis Peralatan Rumah Tangga"

Posting Komentar

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel