7+ Cara Menjawab Pertanyaan Interview yang Cerdas & Brilian Agar Keterima Kerja


Cara menjawab pertanyaan interview yang baik dan benar menjadi tolak ukur seseorang bisa keterima kerja atau tidak. Pasalnya, banyak sekali calon pekerja yang gagal keterima lantaran salah dalam menjawab pertanyaan dari HRD.

Nah, lantas bagaimana cara menjawab pertanyaan interview dengan benar? Ternyata, ada trik khusus yang harus Anda tahu agar tidak salah menjawab ya!

Yuk baca artikel dari ratutips hingga selesai. Dengan demikian, Anda tidak terjebak dalam pertanyaan yang sedikit membingungkan.


Apa Kekurangan Anda?

Ini adalah pertanyaan tersulit yang penulis pernah alami. Namun, bagaimana Anda menjawabnya? Bukankah seharusnya kita menonjolkan semua value dan kelebihan yang kita punya?

Jawaban terbaik adalah ungkapkan kekurangan yang bisa menjadi salah satu kelebihan Anda. Pilih kekurangan yang tidak berkaitan sama sekali dengan pekerjaan.

Salah satu jawaban yang salah misalnya adalah hobi tidur. Tentu hobi tidur ini dapat merusak reputasi Anda ketika interview. Pasalnya jika Anda tidur menjadi kekurangan Anda, akan berpengaruh pada jam kerja. Bisa jadi Anda akan sering terlambat ke tempat kerja, bahkan bisa jadi suka tidur di ruangan.

Pilih kelemahan yang sama sekali tidak berkaitan dalam pekerjaan, contohnya adalah tidak sabar ingin menyelesaikan pekerjaan. Ini adalah kelemahan yang tentu memperkuat value Anda.

HRD akan berpikir bahwa Anda sangat telaten sehingga apapun pekerjaanya, dapat Anda selesaikan sebaik mungkin. Hal sederhana yang membuat HRD Anda terkejut dan terpukau dengan kelemahan Anda yang tentu malah menjadi salah satu kelebihan yang baik dalam segi pekerjaan.


Apa Motivasi Anda Bekerja Disini?

Motivasi bekerja tentu menjadi salah satu tolak ukur Anda keterima tidaknya bekerja di suatu perusahaan. Jika Anda kurang cakap menjawab pertanyaan ini, bisa jadi HRD akan menyimpan dokumenmu dan proses rekrutmen tidak akan dilanjutkan lagi.

Menjawab pertanyaan apa movitasi Anda bekerja disini, harus sesuai dengan logika. Jawaban yang baik adalah Anda bisa menjawab “Motivasi saya bekerja disini adalah kebetulan posisi yang dilamar sesuai dengan pengalaman yang saya punya. Dengan demikian harapan saya, saya bisa bekerja semaksimal mungkin untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan kearah lebih baik lagi.

“Selain itu juga, posisi rumah saya dengan lokasi tempat kerja sangat dekat. Sehingga saya bisa lebih maksimal dalam bekerja dan lebih berkompetisi”

Berbeda jika jawaban yang Anda lontarkan terlihat tidak sungguh-sungguh alias asal-asalan. Misalnya “Motivasi bekerja adalah untuk bekerja sebaik mungkin”. Jika jawaban terlihat asal-asalan dan sungguh-sungguh, HRD berpikir Anda tidak benar-benar ingin bekerja. Sehingga, jawaban harusnya yang terlihat sungguh-sungguh.


Coba Ceritakan Tentang Diri Kamu?

Pertanyaan yang sangat lumrah ada ketika Anda sedang melakukan proses rekrutmen bekerja. Anda bisa menjawab dengan menceritakan profil Anda sebaik mungkin dengan penyampaian yang enak dan juga informatif. 

Tonjolkan kemampuan yang Anda punya baik dalam hal akademik maupun luar akademik. Buat HRD terkagum-kagum dengan profil Anda. Sehingga Anda bisa keterima bekerja ditempat tersebut.


Apa Saja Kelebihan Kamu?

Pertanyaan ini juga sering sekali dilontarkan oleh HRD ketika melakukan proses rekrutmen karyawan baru. Anda bisa menjawab dan tonjolkan kelebihan yang benar-benar berkaitan dengan perkerjaan dan posisi yang Anda lamar. 

Contohnya jika Anda melamar untuk posisi Marketing, Anda bisa tonjolkan kelebihan Anda dalam segi komunikasi dan persuasive. Anda bisa tonjolkan kelebihan Anda dalam negosiasi dan follow up customer. Dan masih banyak lagi yang bisa Anda tonjolkan, asalkan jangan berlebihan.


Kesimpulan

Masih banyak lagi pertanyaan menjebak yang biasanya HRD lakukan untuk mengetahui bagaimana karakter Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan jawaban dan Anda bisa keterima bekerja.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7+ Cara Menjawab Pertanyaan Interview yang Cerdas & Brilian Agar Keterima Kerja"

Posting Komentar

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel