Catat nih, Ciri-ciri Universitas Swasta Terbaik

Sumber gambar : unsplash.com

Ngomongin soal Universitas Swasta terbaik, tentu setiap orang mungkin akan memiliki pendapat yang berbeda-beda. Bahkan, bila semua jawaban dikumpulkan, bisa jadi, hasilnya justru akan sangat beragam. 

Kalaupun kita membaca brosur di setiap universitas swasta, tentu yang akan kita dapati tentang keunggulan dan kelebihan dari masing-masing kampus swasta tersebut. Tentunya, cara itu tidak akan cukup banyak membantu kita dalam menemukan kampus swasta terbaik. 

Terlebih, menjelang berakhirnya tahun ajaran baru, para pelajar kelas XII SMA tentu sedang bersiap untuk menentukan dan memilih kampus mana yang akan menjadi tujuannya untuk berkuliah. Maka, bila ada yang bertujuan untuk berkuliah di kampus swasta dengan berbagai pertimbangan yang ada, maka, pastikan untuk memilih kampus swasta yang terbaik, ata setidaknya, kampus swasta yang baik. 

Kembali ke topik pembahasan tentang kampus swasta terbaik, tentu ada cara maupun kriteria yang bisa diperhatikan dalam memilih suatu kampus swasta yang baik. Cara ini akan bekerja dengan lebih baik ketimbang sekedar membaca dan mempelajar setiap brosur dari kampus swasta untuk menemukan mana kampus swasta yang terbaik. 

Cara menemukan dan menentukan mana kampus swasta yang terbaik adalah dengan memperhatikan beberapa kriteria pentingnya. Kamu perlu mempelajari berbagai kriteria yang akan dijelaskan berikut ini, analisislah dan kamu akan bisa menentukan seperti apa kampus swasta terbaik berdasarkan ciri dan kriterianya berikut ini :


Cermati Predikat Akreditas Kampus

Ciri pertama yang perlu diperhatikan untuk menilai seberapa baiknya suatu kampus swasta adalah dengan melihat Akreditasi kampus swasta tersebut. Akreditas merupakan hal paling mendasar yang harus benar-benar diperhatikan terlebih dahulu sebelum memilih kampus swasta yang akan dijadikan tujuan berkuliah. 

Akreditasi kampus merupakan kriteria penilaian yang begitu penting sebagai indikatior kita dalam menilai seberapa bagusnya mutu pendidikan yang dimiliki suatu kampus swasta. Karena, kreditasi kampus secara langsung dipantau dan diberikan oleh Pemerintah melalui lembaga bernama Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). 

Sehingga, Akreditasi Kampus yang dilakukan oleh BAN PT merupakan Validasi resmi dari lembaga pemerintahan yang memantau secara langsung kinerja dan pengelolaan kampus.

Bahkan, Akreditas kampus dalam pemmabahasan yang lebih dalam juga berperan dalam mengkaji berbagai kinerja suatu kampus swasta dalam berbagai sektor. Mulai dari izin penyelenggaraan perguruan tinggi, persyaratan dan kelayakan pergurua tinggi, kinerja perguruan tinggi, bahkan hingga efisiensinya. 

Bila suatu kampus swasta memiliki akreditasi A, maka, kampus swasta tersebut memiliki peluang besar untuk dapat dinyatakan sebagai kampus swasta terbaik. 


Prestasi Kampus dan Kiprah para Alumni

Berangkat dari pembahasan para kriteria yang pertama, dimana Akreditasi yang dilakukan oleh BAN PT turut mengkaji kinerja suatu kampus swasta di berbagai sektor. Bila suatu kampus swasta memiliki akreditas A, tentu itu dikarenakan kampus swasta tersebut memiliki kinerja yang baik dalam hal izin penyelenggaraan pendidikan, persyataran, kualitas pembelajaran, hingga efisiensinya. 

Hal tersebut biasanya akan berefek positif terhadap prestasi yang diraih kampus swasta tersebut serta kiprah para Alumninya. Sebagai contoh, buah dari Akreditas A yang dimiliki kampus Universitas Gunadarma yang diraih pada tahun 2018, kampus ini berhasil melesat hingga peringkat ke-4 sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian Webometrics. 

Selain itu, kriteria berikutnya adalah kiprah para alumninya yang berhasil bekerja dan mengisi berbagai jabatan vital di berbagai sektor untuk turut andil membangun kemajuan negara. Sebagai contoh, Universitas Gunadarma memiliki alumni bernama Johnny Swandi Sjam yang pernah menduduki jabatan sebagai Direktur Utama Indosat sejak 2007 hingga 2009. Kriteria tersebut merupakan indikator kedua untuk menilai seberapa baiknya sebuah universitas swasta. 


Fasilitas Kampus yang Memadai dan Representatif

Akumulasi dari penilaian BAN PT dalam menentukan dan memberikan suatu predikat Akreditasi terhadap suatu kampus swasta juga tak lepas dari fasilitas dan sarana pembelajarannya. Selain itu, seberapa bagusnya suatu kampus dalam memberikan fasilitas dan prasarana pembelajaran yang mumpuni juga turut serta dalam mencetak alumni yag berkualitas dan bisa berkiprah dalam mengisi berbagai sektor pekerjaan untuk turut mendukung kemajuan dan pembangunan negara.


Banyaknya Unit Pengembangan Potensi Mahasiswa

Mencetak alumni yang berkualitas dan berprestasi tak akan cukup bila suatu kampus swasta hanya dibangun dengan berpusat pada kelengkapan sarana dan fasilitas pembelajaran yang ada. Kampus juga merupakan tempat dimana mahasiswa dan mahasiswi datang dengan berbagai keragaman potensi dan bakat yang berbeda-beda. 

Maka, kriteri tambahan untuk menilai seberapa baiknya sebuah kampus swasta adalah dengan melihat berapa banyaknya jumlah unit pengembangan potensi mahasiswa yang tersedia di kampus swasta tersebut. Semakin banyak dan beragam jumlahnya, maka akan semakin bagus pula ekosistem pembelajaran dalam kampus swasta tersebut dalam mendukung perkemangan potensi para mahasiswanya diluar jam perkuliahan. 

Sebaliknya, bila sebuah kampus swasta tidak banyak memiliki unit pengembangan potensi mahasiwa, maka kampus tersebut tidak cukup bagus untuk mendukung pengembangan potensi mahasiswanya diluar kegiatan perkuliahan.

Itulah beberapa kriteria yang bisa dicatat dan diperhatikan dalam mencari universitas swasta terbaik sebagai tempat destinasi  kuliah. Semua kriteria tersebut akan saling berkaitan dan berhubungan, sehingga perlu sedikit waktu untuk mengkaji dan menemukan jawaban terbaiknya. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Catat nih, Ciri-ciri Universitas Swasta Terbaik"

Posting Komentar

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel