Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Cashback


Buat kamu yang sering belanja, selain mendapatkan diskon tertentu. Adanya cashback menjadi salah satu hal yang paling sering diincar. Teknik promosi cashback ini sebenarnya sudah ada cukup lama. Sama halnya seperti diskon, pun ada juga kok kelebihan dan kekurangan cashback. 

Apalagi kehadiran pembayaran digital membuat cashback kini sudah berbentuk non-tunai atau kadang bisa berupa produk. Cashback memang mampu memberikan dampak yang sangat besar dalam meningkatkan penjualan. 

Oleh karena itulah, strategi ini mulai merambah ke berbagai olshop di luar sana. Dalam artikel ini, akan kami bahas lebih detail tentang apa saja kelebihan dan kekurangan cashback agar kamu bisa menggunakannya dengan benar. 


Kelebihan Cashback

Tak hanya bermanfaat untuk penjual saja, cashback juga menguntungkan pelanggan dari berbagai sisi loh. Contohnya seperti berikut ini:

1. Bisa Membayar Lebih Murah

Tentu saja, dengan menggunakan cashback, kamu tidak perlu membayar barang sesuai dengan aslinya. Sebab, akan ada pengembalian harga dari penjual. Dengan begitu, secara tidak langsung artinya kamu sudah berhemat.

2. Bisa Mendapatkan Barang yang Diinginkan

Pernah melihat toko yang memberlakukan syarat seperti ini? Jadi, kamu harus membeli barang A dulu lalu mendapatkan cashback berupa barang B. Bagi beberapa orang yang menginginkannya tentu akan untung banyak.

3. Mendapatkan Diskon di Pembelian Selanjutnya

Kadang, cashback juga bisa berupa potongan harga atau diskon yang bisa kamu tukarkan untuk pembelian selanjutnya. Namun, pembelian harus kembali dilakukan di toko yang sama sedangkan untuk barangnya boleh berbeda. 


Kekurangan Cashback

Di samping banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh cashback, ada juga kerugian atau kekurangannya untuk pembeli. Diantaranya adalah:

1. Boros Pengeluaran

Sadar gak sih, kalau adanya cashback seperti ini justru membuat kamu semakin ketagihan untuk belanja? Bahkan, ada yang selalu checkout keranjang belanjanya setiap hari. 

Di satu sisi memang menguntungkan karena lebih hemat, tapi sisi lain untuk kamu yang sulit mengontrol keinginan untuk berbelanja justru menjadi kerugian. kamu bisa saja kalap setiap hari jika tidak sadar. 

Oleh karena itu, sebaiknya dikontrol supaya kebutuhan bulanan lainnya tidak ikut terganggu akibat cashback ini. 

2. Jika Tidak Teliti, Bisa Sering Tertipu

Nah, biasanya penjual selalu menuliskan cashbacknya dengan tulisan “Cashback 50%, maksimal Rp 5.000”. Untuk kamu yang tidak tahu apa maksud dari tulisan tersebut pastinya berpikir kalau toko memberikan cashback hingga setengah harga. Padahal, disana tertera maksimal cashback yang didapatkan justru hanya Rp 5.000.

Contohnya, belanja Rp 100.000 dengan cashback 50% maksimal Rp. 10.000. Ini artinya, kamu bisa mendapatkan cashback sebesar Rp.10.000 saja, bukan Rp 50.000.

3. Pengembalian Cashback yang Tak Terjadwal

Sebagian besar toko memberikan cashback setelah kamu menyelesaikan transaksi pembelian atau setelah barang diterima. Namun, justru ada beberapa toko yang tidak memberikan cashback setelah transaksi selesai.


Tentu saja, kamu akan merasa sangat dirugikan. Apalagi jika belanjaannya banyak dan dijanjikan dengan cashback yang lumayan besar, tentu jadi merasa terganggu. 

Nah, dalam kasus ini, penting bagi pelanggan untuk membaca syarat dan ketentuan dulu sebelum memilih cashback tersebut agar tidak terjadi hal seperti ini. 

Itu dia kelebihan dan kekurangan cashback. Semoga bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu untuk lebih berhati-hati memilih cashback yang sesuai. 

Salah satu yang kami rekomendasikan adalah belanja di merchant rekanannya GetPlus. Lalu dapatkan poin yang bisa dibelanjakan kembali. Untuk selengkapnya, kamu bisa akses aplikasi cashback yang disediakan. 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Cashback"

Posting Komentar

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel