Tips Jitu Agar Tidak Mengantuk Ketika Berkendara Mobil - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Kamis, 28 September 2017

Tips Jitu Agar Tidak Mengantuk Ketika Berkendara Mobil


Halo traveler, halo good people, siapa sih disini yang suka mengantuk di jalan? Jika Anda hanya duduk manis di dalam mobil mungkin tidak akan menjadi masalah jika Anda tertidur di jalan. Namun bagaimana jika Anda sedang menyetir mobil kemudian mengantuk sengantuk-ngantuknya hingga rasa kantuk tersebut sulit dihindari?

Saya pernah mengalaminya beberapa kali ketika berkendara pada jarak yang lumayan jauh, sekitaran 100 km. Dan ketika di pertengahan jalan, rasa kantuk sudah tidak dapat ditahan lagi dan akhirnya mau tidak mau harus mampir ke rest area daripada terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Tips Tutorial Belajar Mengemudi Mobil dengan Baik dan Cepat

Mungkin Anda pun pernah merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, bagaimana sih cara dan tips yang tepat agar terhindar dari rasa kantuk ketika mengendarai mobil? Berikut sedikit ulasan yang bisa membantu Anda agar tidak mengantuk ketika menyetir mobil adalah sebagai berikut

1. Minum Kopi 

Minum kopi adalah salah satu cara yang sangat ampuh agar Anda tidak mengantuk di jalan. Kopi yang mengandung kafein sangat berguna untuk membuat tubuh kembali prima dan rasa kantuk pun akan hilang seketika.

2. Minum Air Dingin

Apa hubungannya sih minum air dingin dengan ngantuk? Ngantuk datang ketika Anda merasa nyaman dan tidak ada yang membuat pikiran Anda menjadi fresh sehingga Anda bisa saja ketiduran ketika berkendara. Ketika Anda kelelahan dan cukup mengantuk ketika berkendara di jalan, luangkan waktu Anda untuk sekedar mampir ke warung untuk membeli minuman dingin yang segar agar Anda kembali fit dan tubuh kembali ON.

3. Istirahat Cukup

 Bisa dikatakan setiap orang yang mengantuk di jalan disebabkan karena terlalu lelah menjalani aktivitas dan perjalanan yang jauh. Jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh, alangkah lebih baik biasakan untuk istirahat yang cukup paling sedikit tidur 8 jam sehari agar Anda tidak letih dan mengantuk ketika berkendara.

4. Mendengarkan Lagu dengan Volume Keras

Halo.. siapa disini yang tidak pernah memainkan musik atau radio di dalam mobil? Walaupun Anda tidak suka mendengar radio atau musik di dalam mobil, ada baiknya jika Anda sedang berkendara dengan kecepatan yang cepat dengan jarak tempuh yang lumayan jauh, ada baiknya Anda mendengarkan volume lagu dengan sedikit agak keras. Hal ini bertujuan agar panca indera Anda tetap aktif dan tidak melamun di jalan bahkan mengantuk.

5. Mencubit Wajah dan Tangan

Jika sudah minum kopi dan istirahat yang cukup Anda masih saja mengantuk, mungkin Anda perlu sengatan lebah agar tidak mengantuk. Yap benar sekali, Anda cukup mencubit tangan Anda sekeras mungkin agar ada efek sakit dan Anda menyadari bahwa Anda sedang berkendara dengan jarak jauh, sehingga Anda tidak melamun dan tidak lagi mengantuk. Karena fokus Anda saat ini bukan rasa lelah yang ada, namun rasa sakit pada tangan sehingga Anda secara refleks tidak akan mengantuk lagi.

6. Istirahat di Rest Area

Jika tidak memungkinkan Anda melakukan diatas, alternatif paling mudah adalah Anda beristirahat sejenak di rest area terdekat dan tidur hingga Anda merasa sudah bersemangat untuk melakukan perjalanan yang jauh.

7. Mengajak Ngobrol Driver

Jika Anda mendampingi pacar Anda, atau suami Anda di jalan, ada baiknya Anda biasakan diri untuk mengajar ngobrol teman Anda yang sedang menyetir mobil. Sesekali ajak ia mengobrol agar ia tidak mengantuk di jalan dan fokus lelah dan ngantuknya teralihkan dengan mengajak ngobrol.

Kesimpulan 

Ada beberapa tips jitu agar tidak mengantuk di jalan, point diatas bisa Anda praktekan di jalan. Praktekanlah tips diatas yang memungkinkan Anda praktekan dan tidak sulit. Seperti mencubit diri sendiri, mencubit wajah, cuci muka, atau membawa minuman kopi sachet didalam mobil salah satu cara dan tips ampuh untuk menghilangkan ngantuk di jalan.

Dengan begitu, Anda dan keluarga Anda selamat di perjalanan. Selamat mencoba ! Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait



6 komentar:

  1. aku biasanya makan permen yg rasanya asem, mba. Tapi kalau tetep masih ngantuk ya aku tidur aja. Kan bukan aku yg bawa mobilnya :D

    BalasHapus
  2. Klo aku mending bubu dulu di rest area mb vik, ngantuk bikin rawan. 10 menit merem bisa jd segeran ^^

    BalasHapus
  3. Beb, aku harusnya ngajak ngobrol papi tapi aku suka syare hahahah

    BalasHapus
  4. Kalau suamiku sedang nyetir, aku usahakan tidak tidur. Aku ajak ngobrol apapun sambil mendengarkan musik. Padahal kalau perjalanan ke luar kota dan lumayan jauh, kan bikin ngantuk. Kalau istirahat seringnya di masjid. Bisa sambil selonjoran atau tidur-tiduran.

    BalasHapus
  5. Boleh nih tips nya, emang harus ada kegiatan ya, karna kalo ngelamun jadinya ngantuk

    BalasHapus
  6. 1 - 6 itu udah pernah nyoba tapi ga mempan, tapi nomor 7 itu betul banget! Tapi kalo temen disamping udah ngorok, ngorok juga deh kita (di rest area). hahaha

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..