Tips Agar Puting Payudara Tidak Lecet Saat Menyusui Sang Buah Hati - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Jumat, 05 Oktober 2018

Tips Agar Puting Payudara Tidak Lecet Saat Menyusui Sang Buah Hati

Tips Agar Puting Payudara Tidak Lecet Saat Menyusui Sang Buah Hati

Perjuangan seorang Ibu tidak lepas hanya mengandung selama sembilan bulan dan melahirkan saja, akan tetapi setelah proses perjuangan melahirkan telah selesai pun, sang Ibu harus berjuang untuk memberikan ASI eksklusif bagi buah hati yang paling ia cintai.

Banyak sekali new mom yang mengeluh akan tanggung jawabnya menjadi seorang ibu. Selain masih sakitnya vagina atau perut pasca melahirkan, banyak juga new mom yang mempunyai masalah dengan puting payudaranya. Bukan lagi mengenai banyak tidaknya asi yang keluar, namun lecetnya puting payudara ketika menyusui bayi.

Dan hal tersebut tentunya sangat menyakitkan bagi sang ibu, apalagi bagi ibu yang berjuang ingin menyusui bayi dan memberikan asi ekslusif. Banyak sekali tips dan cara agar puting payudara tidak lecet saat menyusui sang buah hati, dan saya pun untuk mengetahui tips tersebut harus pergi ke beberapa dokter anak, bahkan bidan yang ahli di bidangnya. Kemudian, saya ambil kesimpulan bahwa tips ini cukup ampuh bagi Anda yang mempunyai masalah puting lecet, yakni sebagai berikut.

1. Menggunakan ASI

Pertama kali saya ke dokter anak untuk mengecek kesehatan bayi, saya langsung bertanya secara to the point, bagaimana mengatasi puting payudara yang lecet akibat menyusui. Lalu, dokter pun dengan sigap langsung memberi tahu saya, bahwa tips terbaik agar payudara tidak lecet saat menyusui bayi adalah diberikan sisa asi yang menetes pada payudara, lalu diamkan hingga kering.

Karena asi mempunyai zat anti bodi yang membuat payudara akan segera pulih jika lecet. Namun, banyak juga ibu yang melakukan hal ini, namun tidak terasa efeknya sama sekali. Jika cara pertama belum mempan, mungkin bisa Anda coba cara kedua.

2. Menggunakan Minyak Zaitun

Setelah mencoba menggunakan air asi dan ada beberapa yang tidak berefek baik, lalu bidan pun merekomendasikan untuk menggunakan minyak zaitun agar payudara tidak lecet. Caranya adalah cukup lumuri payudara menggunakan minyak zaitun sebelum memberi asi, lalu bilas atau lap menggunakan air bersih.

Hal ini membuat minyak pada puting payudara masih tetap menempel dan memberi kelembaban. Cara kedua saya lakukan dan alhamdulilah puting payudara tidak terlalu lecet dan tidak terlalu sakit.

Agar puting payudara tetap lembab, ketika Anda sedang mandi, jangan lupa pada bagian putingnya cukup dibilas menggunakan air bersih, karena jika terkena sabun, maka puting payudara akan kesat dan hilang kelembabannya.

Dan dibiasakan untuk Anda yang masih hamil untuk merawat payudara sedini mungkin dengan sering diolesi minyak zaitun agar asi lancar dan puting payudara tidak terlalu lecet saat menyusui nanti.

3. Olesi Menggunakan Mentega

Jika cara kesatu dan kedua masih belum manjur untuk menyembuhkan puting payudara yang lecet, ada baiknya Anda gunakan cara terakhir, yakni menggunakan mentega pada puting payudara. Ada beberapa teman saya yang sudah mempraktekan cara pertama, masih gagal. Dan cara keduapun, putingnya malah menjadi lebih kering.

Akhirnya saya bertanya pada bidan ahli, dan disarankan menggunakan mentega. Mentega, selain melembabkan, membuat puting payudara menjadi lebih elastis dan tidak sakit ketika akan menyusui bayi. Namun, jangan lupa untuk lap terlebih dahulu setelah menggunakan mentega.

Menurut saya, menggunakan asi memang tidak terlalu terlihat jelas perbedaannya. Namun, menggunakan minyak zaitun dan mentega sudah terbukti membuat puting payudara tidak lecet dan lebih elastis.

Jika cara kesatu, kedua, dan ketiga masih tidak berpengaruh signifikan, cara terakhir yang dilakukan adalah sambung puting payudara. Walaupun masih terasa sakit, namun tidak terlalu menyakitkan dan puting tidak terlalu lecet karena tidak langsung bersentuhan. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menyusui. Semangat untuk mengasihi ya!

Artikel Terkait :

2 komentar:

  1. Bener beb kata bidan juga pake asi btw Alhamdulillah ga pernah drama lecet n digigit sampe berdarah2, semoga Cesi juga bhaique ya beb, semngattt

    BalasHapus
  2. Oke , ilmunya sudah saya simpan di otak.
    Nanti kalau dibutuhkan saya akan manfaatkan.
    Terimakasihh

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..