Mengapa Vitamin C dan Zat Besi Wajib Dikonsumsi Bagi Ibu Hamil yang Akan Melahirkan? - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Jumat, 17 Agustus 2018

Mengapa Vitamin C dan Zat Besi Wajib Dikonsumsi Bagi Ibu Hamil yang Akan Melahirkan?

Mengapa Vitamin C dan Zat Besi Wajib Dikonsumsi Bagi Ibu Hamil yang Akan Melahirkan?

Sebagai ibu hamil yang akan melahirkan, tentunya banyak sekali pantangan dari makanan dan juga makanan yang wajib dikonsumsi bagi ibu hamil agar kehamilannya senantiasa sehat. Banyak sekali vitamin yang direkomendasikan untuk ibu hamil agar asupan gizi bagi ibu dan juga bayinya terpenuhi.
Semakin tua usia kehamilan, pastinya resep vitamin pun akan berubah, yang awalnya Anda akan diberikan asam folat dan vitamin D untuk perkembangan janin, namun ketika usia kehamilan sudah mendekati hpl alias mendekati waktu persalinan, Anda bukan lagi akan diberikan vitamin seperti asam folat dan vitamin D, melainkan akan diberikan asupan vitamin c dan zat besi. 

Lantas, apa saja manfaat dan peranan vitamin c dan zat besi bagi ibu hamil yang akan melahirkan? Simak ulasannya dibawah ini ya!

1. Zat Besi Berfungsi Mencegah Kekurangan Darah Semasa Melahirkan

Ketika seorang ibu melahirkan bayinya ke dunia yang indah ini, tentunya ibu hamil akan banyak kekurangan darah selama melahirkan. Akan banyak sekali darah yang keluar, sehingga tidak jarang banyak sekali ibu hamil yang mengalami anemia dan lemas setelah melahirkan.

Oleh karena itu, dokter dan bidan biasanya akan memberikan resep zat besi seperti sangobion untuk mencegah ibu yang melahirkan kekurangan darah alias anemia dan ibu hamil tetap sehat sehabis melahirkan, walaupun banyak darah yang keluar ketika melahirkan.

2. Vitamin C Membantu Penyerapan Maksimal Zat Besi

Ketika saya konsultasi beberapa hari yang lalu ke dokter dan juga ke bidan, mereka menyarankan saya untuk selalu mengkonsumsi vitamin C setelah usia kandungan saya menginjak 33 weeks. Mengapa baru sekarang saya disuruh mengkonsumsi vitamin C?

Ternyata setelah saya tanyakan apa saja fungsi vitamin c pada ibu hamil yang akan melahirkan, bahwa vitamin c yang diminum bersamaan dengan zat besi (sangobion) akan membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh, sehingga zat besi yang kita minum akan menyerap dengan sempurna karena diikat oleh vitamin C.

Oleh karena itu, dokter dan bidan tempat saya berkonsultasi selalu bilang bahwa, meminum zat besi memang harus bersamaan dengan vitamin C nya, akan penyerapannya sempurna dan ibu hamil akan kuat untuk melahirkan dan tidak takut kekurangan darah setelah melahirkan.

3. Mengapa harus Vitamin C 500 mg?

Mengapa Vitamin C dan Zat Besi Wajib Dikonsumsi Bagi Ibu Hamil yang Akan Melahirkan?

Semakin besar usia kandungan dan akan menghadapi persalinan, pastinya ibu hamil yang akan melahirkan harus benar-benar menjaga staminanya dan daya tahan tubuhnya, dan salah satunya adalah tercukupinya vitamin C. 

Vitamin C, selain membantu penyerapan maksimal zat besi yang ada pada tubuh, juga membuat daya tahan tubuh semakin baik ketika akan melahirkan. Karena seperti yang Anda ketahui bahwa, ibu hamil yang akan melahirkan akan banyak terkuras tenaganya, dan pastinya jika asupan zat besi, vitamin C, dan asupan gizi lainnya tercukupi, sang ibu akan kuat dalam proses melahirkan secara normal.

Karena kondisi tubuh yang kuat dan terbiasa mengkonsumsi vitamin C 500 mg. Akhirnya ketika saya konsultasi kembali, saya disuruh mengkonsumsi vitamin C 500 mg bersamaan dengan zat besi (sangobion) agar penyerapan sempurna dan daya tahan tubuh semakin prima, mengingat persalinan bisa dihitung jari.

Saya pilih vitalong C, selain harganya murah, juga memang direkomendasikan oleh bidan dan dokter tempat saya konsultasi. Dan saya merasa semakin sehat dan kuat mengkonsumsi vitamin C sebanyak 500 mg setiap harinya.

Dan tidak lupa juga untuk mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan agar semua asupan gizi seimbang dan melahirkan pun terasa lebih mudah dan memiliki banyak tenaga dan daya tahan tubuh yang baik, sehingga Anda merasakan mudah melahirkan secara normal. Selamat mengkonsumsi vitamin C dan zat besi bagi ibu hamil yang akan melahirkan!

Artikel Terkait :

5 komentar:

  1. Wah baru tau sis, aku cuma minum vitamin dr bidan dan dokter, ga pake vitalong c kaya kamu... Sehat terus ya bumilque

    BalasHapus
  2. Setau saya memang zat besi itu penting biat ibu hamil dan juga kita semua. Kalau dilihat produk ini cukup bagus deh.

    BalasHapus
  3. Istriku baru saja melahirkan.. selama ini cuma pake vitamin dari dokter, gk ngerti isinya apa saja hehehe

    BalasHapus
  4. kalau untuk laki-laki bisa tidak dek vika vitamin ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setauku bisa, mas.
      Aku sesekali juga minum vitamin ini buat kekebalan tubuh.

      Hapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..